5 Tips Mengoptimalkan Keuntungan Restoran Anda

5 Tips Mengoptimalkan Keuntungan Restoran Anda

5 tips dan perubahan kecil yang dapat mengoptimalkan keuntungan restoran Anda!

Diposting oleh Victor Delgadillo tanggal 21 November 2022

Apakah Anda ingin meningkatkan keuntungan restoran Anda, tetapi tidak tahu harus mulai dari mana? Lima tips ini akan membantu!

Industri restoran pasca-pandemi adalah medan perang saat ini. Di seluruh dunia, pemilik dan manajer sama-sama tidak yakin dengan setiap langkah yang mereka ambil. Industri ini melawan balik dengan banyak hal, dan bahkan pemilik restoran berpengalaman pun mengalami masalah. Tetap saja, masih ada harapan, karena bahkan pada saat-saat ini Anda dapat menemukan restoran yang bagus dan berkembang. Apa kesamaan mereka? Pada artikel ini, saya akan memberi tahu Anda tentang 5 strategi berbeda yang digunakan restoran berkembang untuk meningkatkan keuntungan mereka. Mari kita mulai!

Tidak Semua Restoran Dibuat Sama

bentuk berbeda yang melambangkan restoran berbeda

Mari kita mulai dengan menyatakan yang sudah jelas. Tidak semua restoran sama, jadi semua tips untuk mengoptimalkan margin keuntungan restoran ini mungkin tidak berlaku di semua situasi. Namun, kami telah memastikan untuk memasukkan beberapa strategi. Semakin baik Anda mengetahui bisnis Anda dan keadaan industri saat ini di area lokal Anda, semakin siap Anda untuk menerapkan salah satu atau semuanya.

1. Optimalkan Karyawan dan Jadwal

Kiat pertama adalah agar Anda mengontrol apa yang paling Anda kendalikan, yaitu karyawan Anda, jadwal, dan jam kerja. Ini adalah tip variabel karena saya tidak bisa memberi tahu semua orang untuk melakukan sesuatu yang spesifik. Pada dasarnya, ada dua opsi:

  • Jika Anda merasa restoran Anda tidak memerlukan pengoptimalan dalam hal ini, dan Anda senang dengan produktivitas staf Anda, biarkan saja.
  • Jika Anda merasa memerlukan beberapa pengoptimalan, lanjutkan dan terapkan pengoptimalan berikut.

Itu adalah tip sederhana yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan produktivitas dan nilai yang Anda dapatkan dari staf Anda.

Area Pertama yang Dioptimalkan Adalah Staf

anggota staf restoran memegang hidangan restoran

Ada dua cara untuk mengoptimalkan staf Anda. Melepaskan beberapa karyawan Anda adalah salah satunya, tetapi itu bukan keputusan yang mudah. Sejujurnya, saya tidak menyarankan Anda berpikir untuk melepaskan karyawan Anda kecuali jika benar-benar diperlukan. Artinya cara lain yang lebih baik, yaitu meningkatkan produktivitas per karyawan. Anda dapat melakukan keduanya, tetapi cobalah untuk melakukannya tanpa jatuh ke dalam praktik buruk seperti kekurangan staf dan terlalu banyak mempekerjakan karyawan Anda. Untuk mencapai itu, solusinya adalah:

  • Untuk mengetahui dengan tepat jumlah pekerjaan yang perlu Anda tutupi di restoran Anda.
  • Untuk memiliki beberapa karyawan kartu liar untuk berjaga-jaga jika ambang itu terpenuhi.
  • Dan untuk mengoptimalkan alur kerja di restoran Anda.

Berbicara tentang mengoptimalkan alur kerja, cara termudah untuk mengoptimalkannya adalah dengan menggunakan perangkat lunak modern seperti Waiterio. Anda mendapatkan alat seperti swalayan dengan kode QR dan bahkan situs web gratis. Ini bisa menjadi pengubah permainan jika Anda menggunakannya dengan baik. Itu adalah alat yang membuat dapur hantu menjadi bisnis yang sangat layak! Saat ini, strategi seperti ini dapat diterapkan di hampir setiap restoran karena evolusi industri.

Area Kedua untuk Dioptimalkan Adalah Jadwal

jadwal restoran

Mengoptimalkan staf Anda bukanlah solusi lengkap tanpa mengoptimalkan jadwal. Mengoptimalkan jadwal restoran Anda memungkinkan Anda memanfaatkan jam kerja yang tinggi. Ini sangat bergantung pada jenis restoran dan pelanggan yang Anda miliki, jadi pastikan untuk memikirkannya dengan matang. Ide bagus lainnya adalah membicarakan hal ini dengan staf Anda karena itu akan memberi mereka pilihan untuk membuat jadwal fleksibel mereka sendiri – tentu saja jika Anda terbuka untuk melakukannya. Misalnya, Anda dapat memilih untuk membuka dan menutup bisnis Anda satu jam kemudian, atau sebaliknya, memiliki jadwal variabel untuk hari yang berbeda dalam seminggu atau sebulan, dan banyak lagi. Kedua area fokus ini saling melengkapi, jadi melakukan yang satu tanpa yang lain mungkin sia-sia.

2. Optimalkan Menu Anda di Perjalanan

Pelanggan membaca menu kode qr restoran di atas meja

Menjaga kelincahan menu Anda sangat penting di saat-saat ini. Harga inventaris Anda mungkin berubah setiap hari karena pergeseran permintaan. Itu sebabnya Anda harus tetap memperhatikan:

  • Manajemen persediaan
  • Dan hubungan pemasok

Tanpa terlalu banyak detail, Anda dapat mengoptimalkan inventaris Anda dengan:

  • Menerapkan metode manajemen persediaan masuk pertama keluar pertama.
  • Menjalankan inventaris dengan ketat berdasarkan perubahan permintaan konsumen.
  • Dan tetap memperhatikan harga.

Titik fokus terakhir ini berarti berhubungan erat dengan pemasok Anda. Dalam beberapa kasus, disarankan untuk mempekerjakan seseorang untuk fokus hanya pada tugas pengelolaan sumber daya ini. Apa hubungannya ini dengan menu Anda? Nah, menangani inventaris dan hubungan pemasok dengan benar berarti Anda dapat:

  • Geser harga menu Anda.
  • Sembunyikan item menu untuk sementara atau hapus hidangan secara strategis dari menu jika harganya terlalu mahal.
  • Dan pertahankan rotasi hidangan yang bagus.

Ini akan menjadi tip yang sulit untuk diterapkan. Jika Anda memiliki koki yang berpengalaman dan serba bisa, maka Anda akan dapat melakukannya dengan mudah. Ini juga akan mencerminkan basis pelanggan Anda. Jika restoran Anda, misalnya, adalah bisnis yang memberikan stabilitas kepada pelanggannya, lebih baik menaikkan harga dan mempertahankan menu Anda. Jika restoran Anda adalah pusat penawaran makanan yang mengejutkan atau eksperimental, maka tip ini mungkin merupakan strategi yang sempurna untuk mengikuti rantai pasokan yang tidak stabil.

3. Selesaikan Masalah dengan Prioritas Tinggi Terlebih Dahulu

Tangan mengukur dengan alat kata soal melambangkan mengukur suatu soal di restoran

Jika ada hal yang selalu benar saat menjalankan bisnis, adalah akan ada masalah yang tidak terduga. Itu sebabnya Anda harus menyelesaikan masalah dengan prioritas tinggi saat masalah itu tiba. Masalah sebenarnya dengan pendekatan ini adalah mengetahui mana yang berprioritas tinggi. Itulah mengapa tip akurat di balik ini adalah agar Anda membuat sistem untuk mencari tahu apa tindakan terbaik untuk setiap skenario. Ada sistem tiga langkah sederhana untuk ini yang mungkin cocok untuk Anda:

  • Pelajari masalah yang dihadapi secara mendalam.
  • Pelajari kemungkinan konsekuensi yang akan ditimbulkan oleh masalah jika Anda tidak menyelesaikannya dengan cepat. Anda juga harus mempelajari konsekuensi jangka pendek, menengah, dan panjang, sehingga Anda tahu berapa banyak waktu yang Anda miliki sebelum menjadi bencana besar.
  • Munculkan solusi yang memungkinkan restoran Anda mengalami kerusakan seminimal mungkin.

Langkah-langkah ini sederhana secara teori, tetapi mungkin membutuhkan banyak waktu untuk menguasainya dalam praktik. Anda tetap tidak boleh membiarkan masalah kecil menumpuk atau Anda akan menciptakan masalah yang mengakhiri bisnis dalam jangka panjang.

4. Berinisiatif Beradaptasi dengan Tren Industri

Pria membaca metrik tren industri di tablet

Mengambil tren industri restoran dalam bisnis Anda terasa seperti pertaruhan, terutama jika menyangkut sistem yang mahal, perubahan yang terlalu dalam sehingga tidak dapat diurungkan, dan banyak lagi. Namun, tren industri restoran yang akan tetap ada mudah diidentifikasi: mereka selalu mendapat dukungan yang baik di berbagai belahan dunia . Itu sebabnya Anda harus mengikuti tren industri restoran . Kunci untuk mengetahui kapan menerapkan tren baru adalah dengan menjawab pertanyaan seperti:

  • Apakah tren tersebut muncul di berbagai negara?
  • Apakah tren tersebut diterapkan di beberapa tempat yang mirip dengan kota Anda?
  • Dan tentu saja, dapatkah Anda menerapkan tren tersebut ke restoran Anda secara efisien? Ini adalah pertanyaan tersulit untuk dijawab karena Anda harus mengetahui kondisi bisnis Anda saat ini dengan sangat baik untuk memutuskan. Juga, Anda harus tahu basis pelanggan Anda!

Lagi pula, jika itu bekerja di suatu tempat di mana kondisinya sama dengan area lokal restoran Anda, melamar tanpa berpikir dua kali adalah ide yang bagus. Anda juga dapat mempelajari apakah pesaing Anda menerapkan taktik baru yang sedang tren di bagian lain negara Anda. Terkadang, Anda tidak benar-benar perlu pergi ke seluruh dunia untuk menemukan tren yang perlu dikembangkan oleh restoran Anda. Namun, mereka bisa menjadi sumber inspirasi yang hebat!

5. Gunakan Layanan Pihak Ketiga yang Nyaman

Kata tidak nyaman ditulis pada kertas yang telah disobek untuk menunjukkan kata nyaman saja

Layanan, aplikasi, perangkat lunak, dan bahkan layanan yang lebih mendasar seperti pembersihan, dry-cleaning, akuntansi, hukum, dan lainnya sangat penting saat menjalankan restoran saat ini. Anda perlu mengikuti terlalu banyak hal, mulai dari upaya pemasaran hingga kepuasan pelanggan, sambil menjalankan operasi dasar restoran Anda. Wajar saja, masyarakat, kebiasaan konsumen, dan lainnya berubah. Jika Anda merasa terlalu banyak mengikuti hal-hal yang berlebihan, maka menyederhanakan beberapa area seperti perangkat lunak POS Anda mungkin bisa membantu. Di situlah Waiterio masuk. Restoran dari semua ukuran membutuhkan kebebasan dan keserbagunaan, jadi kami memutuskan untuk membuat POS yang memberi Anda hal itu. Dengan POS Waiterio , Anda akan dapat:

  • Periksa laporan penjualan kapan pun Anda mau.
  • Simpan semua data penjualan restoran Anda dengan aman di cloud.
  • Kelola penjualan dari berbagai saluran, seperti penjualan online, takeout, dan pengiriman.
  • Ekspor laporan dalam spreadsheet yang bermanfaat.
  • Sederhanakan proses penjualan di restoran Anda dan lainnya.

Dari interaksi pertama hingga terakhir dengan pelanggan Anda, Waiterio dapat membuatnya lebih cepat dan lebih efisien. Jika Anda memerlukan sistem POS baru, coba Waiterio. Kami memiliki uji coba gratis !

Perubahan Kecil Dapat Menghasilkan Manfaat Besar untuk Restoran Anda dalam Jangka Panjang!

Tips sederhana itu tidak mudah diterapkan. Seperti yang saya katakan, Anda harus mengetahui bisnis Anda untuk mengetahui apakah itu berlaku. Anda juga harus mengetahui basis pelanggan dan karyawan Anda – pastikan untuk menyertakan mereka dalam proses pengambilan keputusan untuk meningkatkan hasil Anda. Jika tidak, perubahan yang tampaknya kecil ini dapat menjadi masalah yang lebih besar, seperti Anda harus memperbarui staf BOH atau FOH Anda sepenuhnya, atau harus menghitung ulang setiap harga di menu Anda. Itu bisa menyita waktu Anda, jadi pastikan restoran Anda siap untuk perubahan ini terlebih dahulu. Lihat artikel kami tentang menetapkan tujuan untuk restoran Anda untuk informasi lebih lanjut.

Kembangkan bisnis makanan Anda dengan Waiterio POS

Bergabunglah dengan 40.000 restoran menggunakan sistem titik penjualan waiterio

The online ordering has been the perfect tool, especially with the ongoing COVID-19 pandemic as customers choose to limit face to face interaction. We have grown food delivery by over 112% which is solely due to the use of the free online ordering website.

- Matthew Johnson (Owner of MrBreakFastJa, Jamaica)

Download Gratis

Artikel Terbaru