Bagaimana Cara Membuat Program Loyalitas untuk Restoran Anda?

Bagaimana Cara Membuat Program Loyalitas untuk Restoran Anda?

Pelajari di sini cara membuat program loyalitas yang efektif untuk restoran Anda!

Diposting oleh Victor Delgadillo tanggal 18 November 2022

Apakah Anda menginginkan sebagian dari manfaat yang dapat ditawarkan oleh program loyalitas ke restoran Anda, tetapi tidak tahu cara menerapkannya?

Program loyalitas sekarang menjadi pokok di restoran rantai besar, yang mendapatkan manfaat dari komunitas yang dibangun dengan baik. Masalahnya, program loyalitas tidak terlalu sulit untuk diterapkan – restoran Anda tidak harus menjadi rantai makanan cepat saji raksasa untuk menerapkannya. Pada artikel ini, saya akan memberi tahu Anda tentang:

  • Program loyalitas pelanggan restoran.
  • Manfaat mereka.
  • Dan bagaimana menerapkannya dengan mudah di restoran Anda.

Saya akan berbagi dengan Anda proses yang dapat Anda gunakan untuk membuat program loyalitas restoran yang efektif dalam beberapa langkah. Jika Anda menerapkannya dengan benar, restoran Anda dapat memperoleh keuntungan besar dari peningkatan kinerja bisnis, retensi pelanggan, dan banyak lagi. Mari cari tahu cara kerjanya!

Apa Itu Program Loyalitas Restoran?

tangan memegang hadiah

Program loyalitas restoran adalah taktik pemasaran khusus yang dapat meningkatkan tingkat retensi pelanggan dan bisnis berulang restoran Anda.

Bagaimana?

Mereka bertujuan memberi penghargaan kepada pelanggan atas perilaku dan praktik pengeluaran tertentu, sekaligus membuat pelanggan Anda lebih memilih restoran Anda karena lebih nyaman bagi mereka. Sebelum Anda dapat menerapkan program loyalitas dalam bisnis Anda, Anda harus menyempurnakan pengalaman yang ditawarkan restoran Anda. Program loyalitas memberi penghargaan kepada pelanggan dan membuat mereka merasa istimewa karena memenuhi kriteria tertentu, misalnya:

  • Berlangganan buletin Anda.
  • Dapatkan poin dengan membelanjakan uang di restoran Anda.
  • Memiliki kartu punch.
  • Atau bahkan mengenakan pakaian tertentu.

Masalahnya, hanya pelanggan biasa yang akan memanfaatkan hal ini karena mereka menyukai restoran Anda. Program loyalitas memudahkan mereka untuk menyukai restoran Anda karena menawarkan keuntungan yang dapat mereka manfaatkan. Pelanggan lain yang tidak memanfaatkan hadiah ini mungkin ingin ikut bersenang-senang karena tampaknya layak bagi mereka, yang sekali lagi, memulai siklus loyalitas dan retensi pelanggan.

Ini memiliki 2 keuntungan besar:

  1. Menghargai pelanggan reguler
  2. Mendorong pelanggan non-reguler untuk menjadi pelanggan tetap Anda

Strategi ini awalnya tidak diterapkan di restoran , tetapi telah berhasil diperkenalkan di tahun-tahun berikutnya. Saat ini, ada seluruh situs web yang didedikasikan untuk membantu Anda mengeksploitasi program loyalitas restoran terbaik yang tersedia di sekitar Anda. Itulah mengapa Anda tidak boleh melewatkan kesempatan menggunakan program loyalitas dalam bisnis makanan Anda, baik itu makanan cepat saji, keluarga, atau santapan lezat.

Manfaat Program Loyalitas Di Restoran

pelayan menawarkan jabat tangan kepada pelanggan

Program loyalitas pelanggan membantu restoran dalam berbagai cara. Seperti yang saya sebutkan, mereka dapat meningkatkan retensi pelanggan, mengulang bisnis, dan bahkan meningkatkan profitabilitas restoran Anda. Juga, mereka membantu restoran Anda:

  • Pertahankan keterlibatan pelanggan Anda dengan merek Anda.
  • Buat mereka puas dengan layanannya.
  • Tampil beda dari restoran lain di area ini dengan menawarkan sesuatu yang berbeda dan menarik.
  • Dan juga membantu Anda membangun komunitas di sekitar bisnis Anda.

Program loyalitas yang disesuaikan juga membantu untuk mendapatkan pelanggan baru jika Anda berada di area kota yang sangat kompetitif. Dan bagian terbaiknya adalah Anda dapat membuatnya untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang mungkin dimiliki restoran Anda. Namun, program loyalitas restoran bisa menjadi pedang bermata dua jika tidak dibuat dengan benar. Misalnya, situs web yang sama yang saya sebutkan juga terkenal karena mengeksploitasi peringatan dalam strategi yang tidak jelas. Itu bisa meninggalkan restoran Anda dalam debu dalam hal profitabilitas.

Bagaimana Cara Membuat Program Loyalitas yang Efektif untuk Restoran Anda?

Sekarang, mari kita bicara bisnis. Membuat program loyalitas restoran yang efektif bukanlah tugas yang mudah, terutama jika Anda ingin bermain aman. Di bawah ini saya berbicara tentang langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk membuat strategi yang dapat diterapkan di restoran Anda. Pastikan untuk memberikan perhatian khusus pada setiap langkah agar tidak jatuh ke dalam perangkap yang membuat restoran Anda merugi.

1. Pelajari Bisnis Anda

mempelajari restoran secara mendalam sebelum menerapkan strategi

Langkah pertama adalah mempelajari bisnis Anda secara ekstensif. Langkah ini penting untuk membantu Anda memahami area bisnis mana yang perlu lebih diperhatikan. Restoran Anda harus sehalus kelereng untuk pelanggan Anda! Itu harus:

  • Memiliki layanan pelanggan yang luar biasa.
  • Makanan enak.
  • Kondisi sanitasi untuk layanan.
  • Menu bagus yang selalu membuat mereka ingin mencoba lebih banyak.
  • Harga bagus jika dibandingkan dengan pesaing Anda, atau harga yang tampak adil untuk pengalaman yang Anda tawarkan.

Tentu saja, jika Anda menjalankan restoran setiap hari, Anda mungkin sudah mengetahui informasi yang perlu Anda kumpulkan. Informasi yang mana? Nah, itu tergantung pada tujuan yang ingin Anda capai, yang membawa kita ke langkah selanjutnya.

2. Tetapkan Tujuan Untuk Program Loyalitas Anda

Menetapkan tujuan untuk program loyalitas Anda diperlukan – Anda perlu membidik sesuatu dengan strategi Anda sehingga terbatas. Saya akan memberi Anda beberapa contoh.

  • Katakanlah restoran Anda baru di kota, dan area bisnis Anda yang ingin Anda tingkatkan adalah perolehan pelanggan. Mendapatkan klien baru sangat penting untuk bisnis baru! Itu akan menjadi tujuan Anda.
  • Katakanlah bisnis Anda tidak menghasilkan keuntungan sebanyak yang Anda inginkan. Pelanggan Anda tampaknya puas, tetapi persentase bisnis berulang rendah. Anda perlu membuat pelanggan Anda kembali lebih sering dan membelanjakan lebih banyak di restoran Anda!

Untuk keduanya, ada informasi khusus yang perlu Anda ketahui, tetapi hanya Anda yang tahu tujuan apa yang ingin Anda tetapkan. Sekarang datang bagaimana .

3. Pelajari Logistik

wi-fi gratis masuk di restoran

Sekarang saatnya bertanya apa yang diperlukan untuk menawarkan program loyalitas di restoran Anda. Anda perlu bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan ini:

  • Apakah sistem POS Anda mendukung program loyalitas? Misalnya, POS Waiterio mendukung voucher dan diskon.
  • Apakah Anda harus melengkapi program loyalitas dengan strategi atau layanan pemasaran lainnya , misalnya pemasaran email, layanan berlangganan, wi-fi gratis, atau lainnya?
  • Bagaimana program loyalitas memengaruhi profitabilitas restoran Anda?
  • Bagaimana strategi tersebut memengaruhi restoran dan staf Anda?

Beberapa restoran menawarkan wi-fi gratis, yang hanya tersedia untuk pelanggan yang membagikan email mereka, yang juga digunakan untuk melacak data pelanggan mereka. Restoran lain menggunakan perangkat lunak loyalitas pihak ketiga untuk membuat promosi berbasis poin. Beberapa restoran menambahkan router wi-fi dan menyewa penyedia internet untuk mulai menawarkan wi-fi gratis. Semua biaya itu pasti berdampak pada restoran Anda. Terkadang, promosi juga dapat mengubah cara kerja bisnis Anda, yang pasti akan memengaruhi staf restoran Anda.

Anda dapat menambahkan lebih banyak pertanyaan ke proses – saya menyebutkan ini karena Anda mungkin memiliki masalah khusus, seperti bagaimana strategi Anda memengaruhi manajemen inventaris Anda. Itu pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri setelah Anda mengetahui apa yang akan Anda lakukan secara khusus, yang merupakan langkah selanjutnya.

4. Cari Tahu Strategi Efektif Untuk Restoran Anda

membuat strategi yang berbeda di laptop

Ini mungkin tampak seperti saran umum tetapi dengarkan saya. Strategi yang efektif tidak mudah didapat, itulah sebabnya saya tidak dapat membagikan kepada Anda template khusus untuk diikuti – tidak semua restoran sama! Itu sebabnya Anda harus belajar:

  • Pelanggan Anda.
  • Apa yang mendorong mereka ke restoran Anda?
  • Dan tambahkan lebih banyak rasa pada tawaran yang membawa mereka.

Mengetahui pelanggan Anda akan membantu Anda mengatasinya dengan benar dan mengemas penawaran. Ini juga akan membantu Anda mengetahui apa yang mendorong mereka ke restoran Anda – makanan, layanan, lokasi, harga, dan banyak lagi. Itu bisa apa saja, tetapi Anda perlu mencari tahu apa kekuatan pendorong di balik pelanggan spesifik Anda. Setelah Anda mengetahuinya, Anda harus menggandakannya dengan meningkatkannya dengan program loyalitas sehingga restoran Anda tampak lebih nyaman daripada yang lain. Anda dapat mempelajari apa yang ada di restoran Anda dengan menerapkan survei kepuasan pelanggan. Untuk mengukur baik, saya akan memberikan 3 contoh.

Contoh 1

milenial di restoran mewah dengan makanan yang disajikan dengan baik

Katakanlah pelanggan Anda adalah orang berusia di bawah 40 tahun yang tertarik dengan makanan baru yang ditawarkan restoran Anda. Jika yang membawa mereka ke restoran Anda adalah banyaknya penawaran, inovasi, dan sebagainya, munculkan ide untuk menggandakannya. Bisa jadi seperti “ pelanggan yang menghabiskan X di restoran dalam jangka waktu X mendapatkan akses ke sesi eksperimen pribadi di mana koki menyajikan hidangan baru yang akan kami tambahkan ke menu di masa mendatang ”. Ini cocok untuk para pecinta kuliner yang menyukai pengalaman baru. Apalagi jika bisa menambahkan unsur “private” yang selalu membuat orang merasa istimewa. Karena sebagian besar pelanggan Anda adalah bagian dari segmen ini, keuntungan Anda kemungkinan besar akan meningkat – mengingat tidak ada kesalahan dalam praktik penetapan harga Anda.

Contoh 2

sekelompok teman dan keluarga di sebuah restoran

Katakanlah sebagian besar basis pelanggan Anda adalah keluarga dan sekelompok teman yang pergi ke restoran Anda untuk menikmati makanan lezat dan harga terjangkau. Jadi, Anda memiliki makanan lezat dan harga terjangkau – gandakan itu! Bisa jadi seperti “ grup yang terdiri dari 3 orang atau lebih dapat mendaftar. Grup yang membelanjakan jumlah X mendapatkan poin, yang dapat ditukarkan dengan jumlah X untuk penawaran makanan grup X”. Ini akan membantu restoran Anda mendapatkan klien baru, dan meningkatkan bisnis berulang, dan tiket rata-rata dengan mempromosikan pilihan grup.

Contoh 3

pekerja perusahaan mengadakan pertemuan di restoran

Katakanlah setengah dari pelanggan Anda adalah karyawan korporat yang bekerja di dekat restoran Anda – mereka pergi ke sana hanya karena sangat nyaman dan makanannya cukup enak. Di sini Anda dapat memanfaatkan kondisi tertentu, yaitu pelanggan Anda adalah pekerja kantoran. Program loyalitas bisa seperti " pelanggan yang memakai dasi mendapat diskon 5% untuk makanan mereka". Sesuatu yang kecil seperti ini dapat membuat pelanggan kantor Anda yang bekerja keras tersenyum, yang pasti akan mempromosikan bisnis Anda dan meningkatkan bisnis yang berulang. Hal yang baik tentang strategi seperti ini adalah mereka tidak benar-benar membutuhkan banyak peralatan atau perangkat lunak yang mewah!

5. Tetapkan Aturan

Hal penting lainnya adalah menuliskan aturan yang berlaku untuk program loyalitas. Tanpa aturan, segala sesuatunya dapat berjalan di luar proporsi. Misalnya, dengan poin sistem, Anda tidak dapat membiarkan pelanggan Anda mendapatkan poin tak terbatas – mereka dapat menemukan cara untuk mengeksploitasi ini sampai semuanya berjalan ke arah yang salah. Contoh lain adalah membatasi hari dimana mereka dapat menukarkan poin mereka dengan makanan gratis. Dan Anda selalu dapat membatasi hadiahnya. Jangan menawarkan poin yang dapat ditukarkan untuk semua item di menu. Alih-alih, pilih item tertentu yang berada di titik tengah antara yang diinginkan pelanggan Anda dan yang memberikan terlalu banyak menyebabkan restoran Anda kehilangan uang. Ya, terkadang Anda akan mengalami sedikit kerugian jika menawarkan hal-hal seperti itu, tetapi ingatlah bahwa itu semua atas nama bisnis berulang dan loyalitas pelanggan, yang dapat meningkatkan keuntungan restoran Anda dalam jangka panjang.

6. Terapkan Strategi, Belajar Dari Kesalahan Anda, Dan Ulangi

mempelajari hasil program loyalitas

Sekarang, ingat ketika saya menyebutkan bahwa menetapkan tujuan membuat strategi menjadi terbatas? Nah, pada tahap ini, Anda harus menerapkan strategi yang Anda buat untuk jangka waktu tertentu, dan menunggu. Setelah periode berakhir, Anda harus mempelajari hasilnya untuk melihat apakah Anda mencapai tujuan yang Anda tetapkan untuk dicapai. Ini benar-benar proses yang tidak pernah berakhir, karena Anda dapat belajar dari kesalahan Anda, mengumpulkan lebih banyak informasi, dan menghasilkan strategi baru.

Prosesnya harus seperti ini:

  • Pelajari berapa banyak pelanggan yang bergabung dengan program loyalitas Anda.
  • Pelajari lagi bagaimana hal ini memengaruhi restoran Anda. Sebelumnya teoretis, sekarang praktis karena Anda memiliki informasi nyata untuk dimainkan. Faktor kunci untuk dipelajari adalah keuntungan, kepuasan pelanggan, persentase bisnis berulang, dan lainnya.
  • Pelajari cara untuk meningkatkan program loyalitas Anda. Anda juga harus mempertimbangkan untuk menambahkan hal-hal baru, membuat promosi baru, dan menjaga agar penawaran tetap segar. Dengan begitu Anda dapat terus menarik pelanggan baru untuk bergabung dengan program loyalitas Anda.

Yang penting adalah Anda menyadari bahwa ini adalah proses siklus, dan meskipun terjadi kesalahan, Anda dapat mencobanya lagi lain kali. Tentu saja, akan ideal untuk melakukannya pertama kali – tetapi tidak selalu demikian. Sesuatu yang sepertinya dilupakan orang adalah merek besar seperti Wendy's, Burger King, dan McDonald's telah ada selama bertahun-tahun. Mereka memiliki banyak waktu untuk memikirkan strategi mereka, belajar dari kesalahan mereka, dan memulai dari awal beberapa kali.

Tip #1 Untuk Restoran Kecil – Jadikan Program Loyalitas Anda Lebih Kecil!

saran untuk restoran kecil: mulai dari yang kecil

Jika Anda tertarik untuk menerapkan program loyalitas di restoran Anda, tetapi tidak ingin mengacaukannya, Anda selalu dapat memulai dari yang kecil. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menyederhanakan program loyalitas Anda. Berikut adalah beberapa tips:

  • Gunakan kekuatan survei! Survei kepuasan pelanggan sangat bagus untuk menangkap informasi penting tentang restoran Anda. Ini dapat membantu Anda mengatasi hal-hal buruk, seperti kesalahan umum yang dilakukan pelayan Anda, atau juga mempelajari apa yang disukai pelanggan dari menu Anda.
  • Terapkan strategi hanya selama satu bulan untuk melihat bagaimana kelanjutannya. Itu dapat membantu Anda memodifikasinya sehingga lebih disesuaikan dengan pelanggan Anda, yang dapat menghemat banyak uang, waktu, dan tenaga.
  • Segmentasikan pelanggan Anda dan tawarkan program ke segmen tertentu. Ini akan membuatnya lebih murah untuk Anda karena sampel target akan lebih kecil. Anda juga bisa melakukannya dengan membuat layanan langganan, bisa dalam bentuk langganan email, menggunakan POS Anda untuk melacak data pelanggan, atau menggunakan layanan pihak ketiga seperti punchh atau loyalty gator .
  • Hindari menawarkan sesuatu yang terlalu besar, mahal, atau sulit diterapkan di restoran Anda. Anda tidak perlu membangun kembali dapur Anda untuk mengakomodasi program loyalitas pelanggan Anda. Hal terbaiknya adalah Anda dapat menyesuaikannya untuk mulai menawarkan apa yang sudah Anda miliki.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah Anda tidak boleh memiliki masalah di restoran Anda yang dapat menimbulkan konsekuensi dalam jangka panjang. Misalnya, jika Anda tidak memiliki hubungan yang baik dengan pemasok Anda, Anda memiliki layanan pelanggan yang buruk, atau manajemen inventaris yang buruk, Anda dapat menciptakan masalah yang lebih besar di restoran Anda. Dan Anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk melihatnya! Itulah mengapa rantai restoran besar memiliki keuntungan jutaan dan miliaran dolar untuk menebus kesalahan mereka, tetapi Anda tidak harus membuat kesalahan sebesar itu di restoran Anda sejak awal.

Apakah Restoran Anda Siap Untuk Program Loyalitas?

Semua restoran yang berusia lebih dari satu tahun harus memiliki program loyalitas. Bahkan, restoran baru pun bisa memilikinya. Dengan begitu Anda dapat mulai membangun basis pelanggan Anda dari awal, yang akan berdampak besar pada bisnis berulang, profitabilitas, dan kepuasan pelanggan. Terakhir, saya ingin menyebutkan bahwa tidak ada program loyalitas yang lebih baik daripada layanan ramah kelas atas. Jika Anda memiliki staf front-of-house yang kurang terlatih atau tidak bahagia, tidak mungkin program loyalitas dapat memperbaiki restoran Anda. Jadi, apakah program loyalitas akan membantu atau menghancurkan restoran Anda?

Kembangkan bisnis makanan Anda dengan Waiterio POS

Bergabunglah dengan 40.000 restoran menggunakan sistem titik penjualan waiterio

The online ordering has been the perfect tool, especially with the ongoing COVID-19 pandemic as customers choose to limit face to face interaction. We have grown food delivery by over 112% which is solely due to the use of the free online ordering website.

- Matthew Johnson (Owner of MrBreakFastJa, Jamaica)

Download Gratis

Artikel Terbaru