Bagaimana Cara Memilih Lokasi Terbaik Untuk Restoran Anda?

Bagaimana Cara Memilih Lokasi Terbaik Untuk Restoran Anda?

Lokasi sangat penting untuk kesuksesan restoran

Diposting oleh Abhi Chatterjee tanggal 11 Maret 2021

Apakah Anda sedang memikirkan tentang lokasi mana yang harus dipilih untuk restoran Anda?

Lokasi adalah salah satu faktor terpenting untuk kesuksesan restoran mana pun. Faktanya, banyak orang mengatakan bahwa lokasi adalah segalanya bagi sebuah restoran. Kami setuju dengan itu.

Itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk memilih lokasi yang tepat untuk restoran Anda.

Jadi pertanyaan utamanya adalah:

'Bagaimana Anda memilih lokasi yang cocok untuk restoran Anda?'

Pada artikel ini, kami akan memberi tahu Anda caranya.

Apa Lokasi Yang Buruk Untuk Sebuah Restoran?

Salib di suatu lokasi

Pakar restoran mengatakan bahwa lokasi yang buruk adalah salah satu alasan terbesar kegagalan restoran. Jadi mari kita bahas tiga hal yang harus Anda ingat saat memilih situs:

1. Visibilitas Restoran Yang Buruk

Jika restoran Anda tidak dapat dengan mudah dilihat dari jalan, itu adalah kerugian besar bagi restoran Anda.

Pikirkan hal ini dengan hati-hati sejenak. Bagaimana biasanya kami menemukan restoran baru?

Kemungkinan besar, kita sedang berjalan di jalan atau mengendarai mobil, dan kita melihat sebuah restoran yang menarik perhatian kita. Jika kami menyukainya, kami mengunjungi restoran.

Sekarang tentu saja jika makanannya enak umumnya teman dan keluarga kami merekomendasikannya kepada kami dan kami mencari tahu restoran baru. Namun, jika lokasinya tidak bagus, akan sulit untuk mendapatkan beberapa pelanggan pertama Anda, yang akan menyulitkan untuk mendapatkan referensi seperti itu.

Jadi jadikan prioritas untuk mendapatkan lokasi yang mudah terlihat oleh pejalan kaki dan penumpang.

Catatan penting : Jika karena alasan tertentu, mendapatkan lokasi yang baik tidak mungkin, Anda harus memperbaiki keberadaan online Anda. Daftarkan restoran Anda di Google Bisnis , buat situs web untuk restoran Anda, dan mulai terima pesanan online.

2. Fasilitas Parkir

Jika banyak pelanggan Anda menggunakan mobilnya untuk mengunjungi restoran, Anda perlu menawarkan fasilitas parkir. Meskipun restoran Anda tidak memiliki tempat parkir sendiri, harus ada tempat parkir di suatu tempat di dekatnya di mana mereka dapat memarkir mobilnya.

3. Lokalitas Buruk

Dua alasan utama mengapa lokalitas bisa menjadi salah untuk sebuah restoran:

  • Tingkat kejahatan tinggi : Ini membuat pelanggan Anda tidak nyaman mengunjungi lokasi. Ini juga bisa berisiko bagi anggota staf dan restoran Anda.
  • Lokalitas yang tidak rapi: Tidak perlu dikatakan bahwa lokalitas harus bersih. Jadi sebaiknya jangan letakkan restoran Anda terlalu dekat dengan tempat yang bau seperti pasar.

Selalu Tanyakan Hal Ini Sebelum Memilih Lokasi

Ide yang berguna

Sebelum memilih lokasi, jawab pertanyaan ini:

"Apakah restoran lain di daerah ini berhasil?"

Jika Anda mengetahui bahwa ada banyak restoran di area ini yang gagal atau tidak terlalu sukses, sebaiknya jangan memilih lokasi tersebut .

Namun, penting untuk diperhatikan bahwa jika satu atau dua restoran tidak berhasil, bukan berarti lokasinya tidak bagus. Ini juga dapat berarti bahwa restoran memiliki makanan yang buruk, layanan yang buruk, atau suasana yang tidak menyenangkan. Ada banyak alasan lain juga.

Tetapi jika beberapa restoran gagal sebelumnya, maka itu berarti ada yang salah dengan lokasinya.

Bagaimana Cara Memilih Lokasi Terbaik Untuk Restoran Anda? (7 Hal Yang Harus Anda Ketahui)

Sekarang mari kita ke fokus utama artikel ini.

Ya, memilih lokasi restoran bisa jadi sangat menantang. Jadi kami akan membantu Anda.

Berikut tujuh faktor terpenting yang perlu Anda pertimbangkan:

1: Kenali Pelanggan Potensial Anda

Seorang pelanggan di sebuah restoran

Sebelum Anda memulai restoran, mengetahui pelanggan Anda adalah salah satu hal terpenting.

Berikut beberapa pertanyaan yang perlu Anda jawab:

  1. Apa demografi pelanggan ideal Anda?
  2. Siapa yang akan menjadi pelanggan biasa Anda? (Demografi)
    • Usia
    • Kekayaan
    • Jenis kelamin
  3. Apa yang mereka suka?

Penting: Pastikan lokasi Anda sesuai dengan demografis pelanggan Anda .

Misalnya: misalkan Anda berencana meluncurkan restoran mahal. Bisakah Anda menebak lokasi mana yang harus Anda pilih?

Sederhana: pilih lokasi di mana penghuni atau pengunjung kaya secara finansial. Itu juga harus sesuai dengan preferensi mereka.

Jadi, inilah beberapa pertanyaan penting yang perlu Anda jawab:

  • Apakah lokasi tersebut memiliki cukup banyak penghuni atau orang yang mengunjunginya?
  • Bisakah orang-orang ini membeli makanan di restoran Anda?
  • Apakah lokasi Anda sesuai dengan demografi pelanggan Anda?

Ringkasan : Akan lebih bagus jika Anda memilih lokasi tempat tinggal atau kunjungan demografis target Anda. Cobalah untuk tetap berada dalam radius 3 kilometer dari tempat-tempat seperti itu.

Bagian ini juga termasuk dalam rencana bisnis Anda. Baca artikel ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara menulis rencana bisnis untuk restoran Anda .

Tujuan Jangka Panjang: Menganalisis Psikografik

Memahami demografi sangat penting untuk kesuksesan restoran Anda. Tapi ada satu hal penting yang perlu Anda pahami - psikografis.

Sementara demografi memberi tahu Anda siapa yang mengunjungi restoran Anda, analisis psikografis memberi tahu Anda mengapa mereka mengunjungi restoran Anda.

Mari saya tunjukkan sebuah contoh. Misalkan Anda meluncurkan sebuah bar dan usia rata-rata pelanggan Anda adalah 40 tahun. Namun, Anda perhatikan bahwa selama 'Happy Hours', restoran Anda dikunjungi oleh banyak pasangan muda.

Setelah melakukan beberapa penelitian, Anda menemukan bahwa mereka mengunjungi bar Anda karena mereka menyukai makanan dan harganya terjangkau. Jadi Anda memutuskan untuk mempromosikan ini lebih banyak, dan Anda meningkatkan diskon. Ini meningkatkan pendapatan Anda secara signifikan.

Mendapatkan wawasan bisnis semacam ini akan membantu Anda meningkatkan skala bisnis Anda.

2: Analisis Pesaing Anda

Sederet restoran

Sama seperti mengenal pelanggan Anda, mengetahui pesaing Anda juga penting untuk kesuksesan restoran Anda. Berikut beberapa pertanyaan yang perlu Anda tanyakan:

  1. Berapa banyak restoran populer yang ada di lokasi Anda?
  2. Berapa banyak restoran yang menjadi pesaing langsung Anda?
    (Misalkan Anda menjalankan sebuah restoran Cina. Jika ada restoran Cina lain di wilayah itu, maka restoran itu akan menjadi pesaing langsung Anda.)
  3. Apakah pesaing Anda sukses?

Sekarang setelah Anda memiliki jawaban ini, berikut adalah beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui:

  • Jika ada terlalu banyak pesaing (terutama pesaing langsung), sebaiknya tidak memilih lokasi tersebut. Ini karena pasar sudah jenuh.
  • Lebih baik jika ada lebih sedikit pesaing, tetapi restoran yang ada berkembang pesat.

Tip : Pikirkan tentang bagaimana Anda bisa menonjol dari pesaing Anda. "Mengapa pelanggan Anda memilih Anda daripada pesaing Anda?" Itulah dasar-dasar strategi pemasaran apa pun.

3: Analisis Lokasi

Ikon lokasi restoran di peta

Ada dua hal utama untuk menganalisis lokasi:

  1. Aksesibilitas lokasi
  2. Bisnis pelengkap

A. Aksesibilitas lokasi

Ini berarti betapa mudahnya mengakses lokasi Anda untuk pejalan kaki dan kendaraan.

Lalu lintas pejalan kaki: Metrik ini berarti jumlah orang yang berjalan kaki di sekitar restoran Anda dalam sehari. Lebih banyak 'pejalan kaki' meningkatkan pelanggan Anda.

Lalu lintas kendaraan: Metrik ini berarti berapa banyak kendaraan yang melewati restoran Anda dalam sehari. Lebih banyak lalu lintas kendaraan selalu diinginkan.

B. Bisnis pelengkap

Bisnis pelengkap berarti bisnis yang bukan pesaing Anda, tetapi memengaruhi bisnis Anda secara positif. Misalnya, jika ada gedung perkantoran di dekat restoran Anda, restoran Anda akan mendapatkan keuntungan darinya karena, selama jam makan siang, beberapa pekerja kantor mungkin mengunjungi restoran Anda.

Beberapa bisnis pelengkap lainnya adalah:

  • Stasiun kereta
  • Bioskop
  • Stadion olahraga
  • Pusat perbelanjaan

Tip Penting: Jangan lupa bagian ini saat bekerja menganalisis pelanggan Anda. Anda dapat menggunakan Google Maps untuk mencari tahu semua bisnis lokal terdekat.

4. Visibilitas restoran

Lokasi restoran di peta

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, pilihlah lokasi yang mudah terlihat dari jalan. Ini harus dengan mudah ditemukan di Google Maps . Tempat dengan lalu lintas tinggi cocok untuk restoran.

Ada banyak teknik yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan visibilitas restoran Anda. Misalnya, Anda dapat menggunakan papan nama elektronik yang menarik untuk menarik perhatian. Cara hebat lainnya untuk menarik perhatian adalah memiliki desain eksterior yang menarik.

Saat ini, pemasaran online adalah cara terbaik untuk meningkatkan visibilitas restoran Anda. Itulah mengapa mendaftarkan bisnis Anda di Google sangat penting. Untuk melangkah lebih jauh, Anda dapat memulai halaman Facebook dan mulai menjalankan kampanye iklan Facebook skala kecil. Jika Anda bisa membuat video tentang restoran Anda, menjalankan iklan Youtube bisa sangat menguntungkan untuk bisnis restoran Anda.

(Untuk meningkatkan visibilitas online, pelajari bagaimana Anda dapat membangun situs web untuk restoran Anda dan mulai menerima pesanan pengiriman online.)

5. Ukuran Area Itu Penting

Ukuran luas sebuah lantai

Seringkali, calon pemilik restoran baru meremehkan ruang yang dibutuhkan untuk sebuah restoran. Bukan hanya ruang makan saja yang butuh ruang.

Bahkan bistro kecil atau kedai kopi membutuhkan banyak ruang untuk dapur, peralatan, dan penyimpanan. Bahkan ruang makan pun mungkin membutuhkan ruang ekstra untuk ruang tunggu.

6. Keamanan Dan Fasilitas

Selalu pastikan bahwa bangunan yang Anda gunakan untuk restoran Anda memiliki fasilitas yang memadai. Berikut beberapa hal penting yang harus Anda periksa:

  • Kabel listrik yang tepat
  • Keamanan kebakaran yang tepat
  • Pipa yang tepat
  • Fasilitas untuk orang cacat

Apakah Anda menyewa tempat di gedung atau membangun restoran Anda sendiri, harap periksa hal-hal ini.

7. Tempat Parkir

Mobil di tempat parkir

Pentingnya tempat parkir tergantung pada demografi pelanggan Anda. Anda perlu bertanya: 'Apakah sebagian besar pelanggan saya akan menggunakan mobil untuk berkendara ke restoran saya?'

Jika Anda tidak tahu jawabannya, periksa restoran lain di daerah tersebut. Cari tahu bagaimana sebagian besar pelanggan mereka mengunjungi restoran ini. Ini akan memberi Anda gambaran tentang apa yang terjadi.

Itu juga tergantung pada lokasinya. Misalnya, jika restoran Anda terletak di dekat jalan raya atau pinggiran kota, maka jelas Anda harus menawarkan fasilitas parkir. Namun, di kota-kota yang sibuk, restoran Anda mungkin paling banyak dikunjungi oleh pejalan kaki, sehingga tempat parkir mungkin menjadi pengeluaran yang tidak perlu.

Juga, periksa apakah ada tempat parkir umum yang tersedia di dekatnya. Jika tersedia, maka Anda tidak perlu berinvestasi di tempat parkir untuk restoran Anda.

Beli atau Sewa?

Seorang pria dengan pertanyaan

Pertanyaan umum yang ditanyakan sebagian besar pemilik restoran baru adalah:

“Haruskah saya membeli atau menyewa lokasi?”

Tergantung.

Ini jelas merupakan keputusan yang baik untuk membeli lokasi jika Anda punya cukup uang. Anda juga harus berniat menjalankan bisnis restoran untuk jangka panjang. Dalam jangka panjang, membeli properti mungkin lebih ekonomis daripada menyewa.

Namun, membeli lokasi restoran membutuhkan uang yang sangat besar sebagai uang muka. Selain itu, karena ini adalah aset, Anda mungkin tidak akan mendapatkan potongan pajak.

Di sisi lain, mengambil sewa hanya membutuhkan sedikit uang deposit (biasanya sewa beberapa bulan). Ini bagus untuk wirausahawan yang memiliki anggaran rendah. Juga, perhatikan bahwa beberapa lokasi tidak dapat dibeli karena batasan pemerintah. Jadi, dalam hal ini, menyewa adalah satu-satunya pilihan. Plus, jika Anda menggunakan lokasi sewaan, Anda mungkin juga memenuhi syarat untuk potongan pajak.

Bonus : Jaringan restoran besar seperti McDonald's mengikuti strategi cerdas. McDonald's tidak hanya dalam bisnis makanan; mereka juga berkecimpung dalam bisnis real estat. Ia membeli properti, membangun restoran, dan kemudian menyewakannya kepada pewaralaba.

Contoh Persyaratan Lokasi Restoran

Ini adalah contoh praktis dari analisis lokasi. Anda dapat menggunakan ini sebagai template saat memilih lokasi restoran Anda.

Persyaratan lokasi: (Contoh)

  • Populasi minimum (Kota): 25.000 dalam radius 5 km / 3 mil
  • Luas minimum: 10.000 kaki persegi / 1.000 meter persegi
  • Parkir (jika ada): 15 slot
  • Lokasinya harus mudah dijangkau
  • Kecepatan lalu lintas maksimum yang disukai: 35 mil per jam / 60 km / jam
  • Memiliki setidaknya satu bisnis pelengkap di dekatnya
  • Tidak boleh memiliki lebih dari 3 pesaing langsung di wilayah tersebut
  • Pendapatan rumah tangga yang diinginkan: $ 30.000 - $ 70.000

Catatan : Ini tidak berarti persyaratan lokasi Anda harus persis sama dengan ini. Ini untuk memberi Anda perkiraan kasar.

Restoran Bagus Di Lokasi Buruk?

Lokasi memang penting, tetapi bukan berarti lokasi yang salah akan selalu menyebabkan restoran gagal. Meski sukses akan menantang tapi bukan tidak mungkin.

Misalnya, sebuah restoran bernama ' Kopi Underdog ' menjadi sukses meski lokasinya buruk. Bagaimana? Mereka menggunakan biji kopi berkualitas tinggi, yang lebih baik dari pesaing mereka. Juga, mereka menciptakan rambu-rambu backlit yang menarik untuk menarik perhatian pelanggan.

Tip: Cara terbaik untuk membuat restoran Anda sukses meskipun lokasinya buruk adalah dengan membangun keberadaan online dan memulai layanan pengiriman.

Namun, cobalah untuk mendapatkan lokasi terbaik yang Anda bisa.

Kembangkan bisnis makanan Anda dengan Waiterio POS

Bergabunglah dengan 40.000 restoran menggunakan sistem titik penjualan waiterio

The online ordering has been the perfect tool, especially with the ongoing COVID-19 pandemic as customers choose to limit face to face interaction. We have grown food delivery by over 112% which is solely due to the use of the free online ordering website.

- Matthew Johnson (Owner of MrBreakFastJa, Jamaica)

Download Gratis

Artikel Terbaru