Bagaimana Membuat Menu Untuk Restoran Anda

Bagaimana Membuat Menu Untuk Restoran Anda

Bagaimana caranya agar Anda bisa membuat menu yang fantastis

Diposting oleh Abhi Chatterjee tanggal 24 Oktober 2022

Memiliki menu yang dirancang dengan baik untuk restoran sangatlah penting untuk bisnis Anda. Menu yang enak dapat meningkatkan keuntungan restoran Anda sebesar 10% - 15%.

Menu restoran bertanggung jawab untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda. Menu juga dapat membantu Anda meningkatkan keuntungan restoran Anda.

Jadi, bagaimana caranya agar Anda dapat membuat menu yang fantastis untuk restoran Anda?

Dalam artikel ini, kami akan mengajari cara membuat menu yang sangat baik untuk restoran Anda.

Bagaimana Cara Membuat Menu?

Membuat menu untuk restoran tidak sesulit yang Anda pikirkan. Saat ini, ada banyak program perangkat lunak komputer yang memudahkan proses ini. Berikut adalah metode sederhana yang dapat Anda ikuti saat mendesain menu:

  • Buat daftar : Tuliskan nama semua hidangan restoran Anda di spreadsheet. (Gunakan Google Sheets )
  • Tetapkan harga: Tetapkan harga item menu Anda sesuai dengan biaya makanan dan margin keuntungan Anda .
  • Kategorikan : Buatlah satu bagian untuk setiap kategori seperti sarapan, makan siang, makan malam, makanan pembuka, makanan penutup, dll. Tempatkan hidangan Anda pada kategori yang tepat.
  • Tentukan tata letak untuk menu Anda : Kami akan membicarakannya nanti dalam artikel ini.
  • Gunakan perangkat lunak pembuat menu : Ada banyak perangkat lunak pembuat menu gratis di internet yang akan membantu Anda dalam membuat menu yang menakjubkan untuk restoran Anda. Kami akan menyebutkan beberapa perangkat lunak pembuat menu nanti di artikel ini.
  • Unduh menu Anda : Setelah Anda merancang menu Anda secara online, Anda dapat mengunduhnya sebagai file PDF dan kemudian mencetaknya. Cetak menu sebanyak yang Anda butuhkan.
  • Gunakan sampul menu bermerek: Dapatkan beberapa sampul menu bermerek berkualitas tinggi untuk restoran Anda. Lalu masukkan menu Anda di dalamnya.

Dengan langkah-langkah ini, Anda dapat membuat menu restoran Anda sendiri.

Tapi, mendesain menu Anda dengan benar juga merupakan bagian yang penting. Menu yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan pendapatan dan keuntungan restoran Anda.

Mari kita bicara tentang bagaimana caranya agar Anda dapat membuat menu yang ideal untuk restoran Anda.

Bagaimana Merancang Tata Letak Menu Anda?

menu restoran

Saat pelanggan melihat menu restoran Anda, perhatian mereka tertuju pada beberapa area tertentu dari menu Anda. Ini adalah area di mana Anda harus meletakkan item menu Anda yang paling menguntungkan / terlaris.

Misalnya, makanan pembuka umumnya memiliki margin keuntungan yang tinggi, jadi menempatkannya di area ini akan meningkatkan penjualan makanan pembuka dan menghasilkan lebih banyak keuntungan untuk restoran Anda.

Ada tiga area menu Anda yang paling banyak mendapat perhatian dari pelanggan Anda. Ini disebut 'Segitiga Emas' oleh para psikolog.

Berikut tiga bagian terpenting dari menu Anda:

  1. Tengah : Sebagian besar pelanggan pertama kali akan melihat bagian tengah menu Anda. Ini adalah tempat yang bagus untuk menyoroti hidangan spesial restoran Anda.
  2. Kanan Atas : Sudut kanan atas halaman juga menarik banyak perhatian - ini adalah tempat yang pelanggan Anda lihat setelah mereka melihat bagian tengah menu. Merupakan ide yang bagus untuk menempatkan item hidangan utama Anda di sini.
  3. Kiri Atas : Banyak pelanggan melihat sudut kiri atas setelah mereka melihat sudut kanan atas. Anda dapat menempatkan barang-barang yang sangat menguntungkan seperti makanan pembuka di tempat ini.

Aturan utama: Rancang menu Anda untuk menonjolkan dan menarik perhatian pelanggan ke hidangan yang terbaik dan yang paling menguntungkan Anda.

Tip untuk membuat tata letak menu

Berikut beberapa hal yang perlu diingat saat membuat tata letak menu Anda:

  • Jika restoran Anda menawarkan berbagai macam minuman, sebaiknya buatlah menu yang terpisah untuk jenis minuman Anda. Ini akan menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik.
  • Untuk barang terlaris Anda yang sangat menguntungkan, sebaiknya letakkan hiasan kotak di sekelilingnya untuk menyorot barang-barang ini.
  • Jika restoran Anda memiliki banyak hidangan vegetarian, vegan, atau bebas gluten, Anda harus menambahkan pada bagian terpisah untuk item-item menu ini. Ini akan mempermudah pelanggan Anda dalam menemukan hidangan spesial tersebut.

Berapa halaman seharusnya menu Anda dibuat?

Ukuran menu Anda tergantung pada jenis restoran Anda. Namun, sebaiknya buat menu Anda sesingkat mungkin. Menu yang panjang hanya akan membingungkan pelanggan Anda.

Bagaimana cara menulis deskripsi pada menu?

Penjelasan singkat tentang item makanan selalu dapat membangkitkan semangat di benak pelanggan. Jadi, tulis deskripsi item menu yang singkat dan menarik. Anda harus selalu melakukannya, terutama untuk hidangan spesial Anda.

3 Perangkat Lunak Pembuat Menu

Cara terbaik untuk membuat menu Anda adalah dengan mendesainnya secara online menggunakan perangkat lunak dan kemudian mengunduhnya sebagai file PDF. Setelah Anda memiliki file PDF, Anda dapat mencetak sebanyak yang Anda butuhkan. Berikut adalah 3 software pembuat menu gratis terbaik:

1. Canva

canva-menu-templates

Canva adalah perangkat lunak desain grafis gratis dan populer yang menawarkan berbagai macam template menu yang dapat Anda pilih. Pilih template desain menu yang sesuai dengan konsep restoran Anda.

2. Flipsnack

Situs web desain grafis yang populer. Mereka menawarkan beberapa template menu yang tampak bagus untuk restoran Anda.

3. MustHaveMenus

Mereka mengkhususkan diri dalam template menu untuk restoran. Mereka menawarkan berbagai macam pilihan menu untuk berbagai jenis restoran.

Bagaimana cara menetapkan harga untuk item menu Anda?

Tetapkan harga makanan Anda sesuai dengan biaya bahan Anda. Ada baiknya Anda menetapkan harga makanan Anda sehingga harga makanan Anda 25% -35% dari harga jual makanan.

Misalnya, jika harga bahan untuk burger adalah Rp30k, kita dapat menetapkan harga burger menjadi Rp105k agar menguntungkan.

Untuk lebih jelasnya, lihat artikel ini tentang menghitung biaya makanan restoran . Juga, lihat artikel ini tentang teknik pada menu .

Mencetak Menu Anda

Unduh menu sebagai PDF, dan itu akan siap untuk dicetak. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Ukuran menu

Berikut beberapa ukuran umum menu restoran:

  • Menu Makan Siang: 8,5 ”x 11” | 21,5 cm x 28 cm
  • Menu Makan Malam: 8,5 ”x 11” | 21.5cm x 28cm ATAU 11 "x 17" | 28cm x 43cm
  • Menu Bar atau Menu Makanan Penutup: 4,25 ”x 11” | 11cm x 28cm

Berapa banyak menu yang dibutuhkan restoran Anda?

Tergantung pada jenis menu dan kapasitas tempat duduk restoran Anda. Berikut tabel untuk menjawab pertanyaan ini:

  • Menu Sarapan: 80% dari kapasitas tempat duduk restoran Anda
  • Menu Makan Siang: 80% dari kapasitas tempat duduk restoran Anda
  • Menu Makan Malam: 80% dari kapasitas tempat duduk restoran Anda
  • Menu Makanan Penutup: 50% dari kapasitas tempat duduk restoran Anda
  • Menu Bar: 50% dari kapasitas tempat duduk restoran Anda

Tips Lainnya Untuk Membuat Menu Anda

Berikut beberapa tip yang perlu diingat saat membuat menu restoran Anda:

  1. Gunakan gambar yang berkualitas tinggi untuk membuat menu Anda agar terlihat menarik.
  2. Jangan fokus pada ikon mata uang; lebih baik tidak menggunakannya.
  3. Gunakan kotak khusus untuk menyorot item menu tertentu.
  4. Gunakan tipografi yang sesuai dengan gaya restoran Anda.
  5. Gunakan warna yang sesuai untuk mengekspresikan tema restoran Anda.

Tip Bonus: Mulai Menerima Pesanan Online

Setelah pandemi, menerima pesanan online untuk bisnis makanan Anda menjadi sangat penting. Ini karena banyak pelanggan yang memesan pengiriman atau takeaway secara online.

Jadi, alangkah baiknya jika Anda memiliki situs web restoran yang dapat menampilkan menu Anda secara online. Untuk hal ini, Anda perlu:

  • Daftarkan bisnis Anda di 'Google Bisnisku' agar pelanggan dapat menemukan Anda secara online
  • Bangun situs web restoran Anda untuk mulai menerima pesanan online

Jika Anda menginginkan metode yang sangat mudah untuk membangun situs web restoran Anda, Anda dapat menggunakan pembuat situs web restoran Waiterio. Pembuat situs web kami secara otomatis membuatkan situs web untuk Anda; yang perlu Anda lakukan hanyalah memasukkan beberapa detail dasar.

Coba pembuat situs web restoran kami secara gratis.

Kembangkan bisnis makanan Anda dengan Waiterio POS

Bergabunglah dengan 40.000 restoran menggunakan sistem titik penjualan waiterio

The online ordering has been the perfect tool, especially with the ongoing COVID-19 pandemic as customers choose to limit face to face interaction. We have grown food delivery by over 112% which is solely due to the use of the free online ordering website.

- Matthew Johnson (Owner of MrBreakFastJa, Jamaica)

Download Gratis

Artikel Terbaru