Cara Membangun Bisnis Katering

Cara Membangun Bisnis Katering

menghasilkan pendapatan lebih tambahan untuk restoranmu

Diposting oleh Michael Elkins tanggal 2 April 2018

Bisnis katering bisa menambah penghasilan restoranmu dan juga sangat berguna untuk restoran kecil yang jumlah tempat duduknya terbatas. Kekurangan tempat duduk adalah masalah yang umum dihadapi oleh semua restoran, namun masalah ini semakin serius di restoran kecil. Dengan membuka bisnis katering, kamu bisa menambah penghasilan dan keuntungan restoranmu dengan sangat besar. Penelitian terbaru menemukan bahwa bisnis katering saat ini sedang booming di Amerika Serikat.

Tergantung dari jenis hidangannya, kamu mungkin perlu menyiapkan perlengkapan khusus seperti meja prasmanan, gelas, taplak meja, serbet, hiasan meja, dan bumbu-bumbu. Kamu akan membutuhkan meja khusus untuk piring kotor dan menjaga temperatur makanan saat akan dihidangkan. Peti kemas, seperti merek Cambros, bisa digunakan untuk menjaga makanan tetap hangat atau dingin.

Salah satu solusinya adalah dengan memodifikasi mobil van atau Food Truck agar bisa digunakan untuk menghangatkan makanan secara langsung di tempat. Chafing dish (pemanas makanan) diperlukan untuk menjaga makanan agar tetap hangat. Sebagai pemilik restoran, kamu mungkin sudah punya semua peralatan di atas, sehingga biaya investasi yang perlu dikeluarkan tidak begitu besar.

Kamu bisa meminta staf restoranmu di waktu lenggang untuk mengurus pekerjaan katering, sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk mempekerjakan karyawan baru. Tergantung dari jenis hidangannya, kamu bisa mengirim pelayan restoranmu untuk event seperti fine-dining (makan malam mewah) atau prasmanan. Namun, ada juga strategi katering yang simpel di mana pengunjung bisa mengambil makanannya sendiri, tanpa perlu dibantu disajikan oleh pelayan. Cara ini bagus untuk kamu yang ingin memulai bisnis katering tanpa mengeluarkan banyak biaya. Kamu bisa memperluas bisnis kateringmu saat sudah berkembang nanti.

Menciptakan Menu untuk Katering

Terkadang, kamu akan menerima pesanan katering untuk makanan yang tidak biasa disajikan di restoranmu. Namun, menu restoranmu tetap harus dipakai sebagai templat untuk paket katering. Pelanggan setia restoranmu adalah bakal calon pembeli yang paling menjanjikan karena mereka sudah menyukai makananmu. Kamu juga perlu mencoba membuat makanan dari bahan yang sudah sering kamu pesan. Menu untuk katering tidak akan membatasi bisnismu. Sebalinya, menu katering akan mempromosikan bisnismu. Kamu bisa menawarkan paket katering untuk berbagai macam acara seperti pernikahan, pertandingan olahraga, pesta, dan acara penggalangan dana.

Menawarkan Paket Katering

Kamu bisa menawarkan paket katering yang berfokus pada menu sarapan, makan siang, makan malam, atau appetizer (penggugah selera). Hidangannya tidak perlu mewah-mewah; malah, katering untuk hidangan kasual meningkat sebesar 14% di 2016, sementara katering untuk hidangan fast-casual (cepat saji dan kasual) meningkat sebesar 11%..

Berikut beberapa ide untuk paket katering yang umum:

  • Hors D'oeuvres (Hidangan Pembuka)

    Kamu bisa sajikan hidangan pembuka (appetizer) yang paling laris di restoranmu sebagai menu katering.

  • Dessert Trays (Hidangan Pencuci Mulut)

    Menu ini bisa berupa kue pastri mini, kue kering, praline, dan kue brownies yang dipotong menjadi empat bagian. Menu ini cocok untuk hadiah saat hari libur, dan sebagian besar kue tidak perlu disimpan di tempat dingin terus-terusan. Perusahaan lokal akan sering memesan menu ini sebagai hadiah untuk karyawan dan pelanggan terbaik mereka.

  • Nasi Bungkus

    Nasi bungkus adalah paket katering paling simpel untuk acara seperti rapat perusahaan dan makan siang. Yang kamu perlu hidangkan adalah nasi, daging ayam, kerupuk, mie bihun, dll. Untuk pencuci mulut, kamu bisa tambahkan kue bolu, buah pisang, dan agar-agar. Nasi bungkus bisa disiapkan sehari atau satu malam sebelumnya dengan cara disimpan dalam kulkas. Untuk minumannya, kamu bisa sajikan minuman mineral seperti aqua gelas.

  • Prasmanan

    Kamu bisa memilih beberapa makanan terbaikmu untuk disajikan di prasmanan. Kamu bisa menaruh makananmu di meja prasmanan sehingga staf kateringmu bisa dengan mudah melayani pelanggan di sebuah acara. Kamu biasanya akan menerima pesanan prasmanan untuk acara pernikahan.

  • Pesta

    Tergantung dari jenis pesta, kamu bisa menyajikan makanan berupa entrée, buah-buahan, sayur-sayuran, makanan penutup, dan minuman. Namun, kamu perlu mencari tahu peraturan mengenai minuman beralkohol di daerahmu untuk memastikan bahwa kamu diperbolehkan secara hukum untuk menyajikan minuman beralkohol untuk katering.

Pertandingan Olahraga

Pertandingan olahraga adalah acara populer untuk katering. Penduduk Amerika Serikat sering mengadakan pesta untuk tailgating, playoff dan Super Bowl. Sementara di benua Eropa, pesta dadakan sering diselenggarakan di bar favorit dekat stadion atau di rumah pribadi di mana kawan-kawan mereka berkumpul untuk menyaksikan pertandingan olahraga di televisi.

pelayan mempersiapkan meja

Melatih Staf Restoranmu

Staf restoran bisa menjadi asetmu yang paling berharga bila dikelola dengan efektif. Pelayan restoranmu tidak akan mau menjalankan tugas katering tanpa uang tambahan. Solusi terbaiknya adalah dengan memberikan uang tip lebih atau bonus tambahan untuk membuatnya senang. Staf restoran yang tidak senang bisa menyebabkan berbagai macam masalah bila tetap dipaksa untuk melakukan tugas katering.

Semua staf restoranmu harus dilatih agar bisa menjawab permintaan katering. Karena itu, menciptakan menu untuk katering sangatlah penting. Setiap staf restoran diperbolehkan menjawab permintaan katering secara langsung di tempat sehingga pelanggan tidak akan menghubungi restoran lain. Sebagian besar pelanggan tidak suka menunggu jawaban dan konfirmasi. Oleh sebab itu, melatih staf restoran agar bisa menjawab permintaan katering sangatlah bermanfaat.

Mempromosikan Bisnis Katering

Prospek bisnis kateringmu tidak akan bertahan lama kecuali bila kamu menawarkan makanan khusus yang sangat langka. Kamu perlu mempromosikan bisnis kateringmu di semua platform sehingga orang-orang tahu bahwa layanan katering adalah bagian penting dari restoranmu. Restoran yang sukses menjalankan layanan katering biasanya melakukan hal berikut ini:

  • Menunjuk seseorang sebagai manajer untuk katering atau event.
  • Menerima pesanan katering melalui ponsel secara rutin.
  • Menjaga hubungan baik dengan pelanggan katering, dan secara aktif mempromosikan layanan katering untuk acara khusus atau perayaan hari libur.
  • Mencari tahu pendapat pelanggan mengenai layanan katering di restoranmu.
  • Terbuka terhadap komplain, meminta maaf dan berusaha untuk memperbaikinya.

Memberi Bonus untuk Pelanggan Setia Katering

Kamu bisa memberikan bonus guna mendorong para pebisnis dan individu agar lebih sering memesan layanan katering di restoranmu. Beberapa sistem POS bisa digunakan untuk mendata dan mengelola program bonus secara otomatis, namun kamu juga bisa mendata pelanggan setia secara otomatis dengan sistem POS yang simpel serta mengirim pesan promosi dan informasi mengenai bonus dan insentif.

Kesempatan Bagus untuk Katering

Acara untuk perayaan hari libur, pertandingan olahraga, open house (gelar griya), rapat bisnis, pesta perusahaan dan piknik adalah beberapa contoh acara yang bisa dimanfaatkan oleh layanan katering. Kunci keberhasilannya yaitu kamu harus mempromosikan layanan katering di semua platform. Kamu harus membuat menu katering dan brosur, mempromosikan layanan katering di website dan daftar menu restoranmu. Apabila kamu punya papan elektronik, kamu bisa mempromosikan layanan katering di layar yang besar. Promosi di papan tradisional juga boleh, dan kamu bisa dengan mudah memperbesar daftar menu menjadi sebesar poster di tempat fotocopy terdekat. Kamu juga bisa memberikan brosur secara langsung kepada perusahaan di daerahmu. Kamu juga bisa ikut organisasi bisnis di daerahmu guna mempromosikan layanan kateringmu karena banyak di antara mereka yang bersedia mengiklankan layanan kateringmu di surat kabar secara cuma-cuma.

Memulai layanan katering tidaklah sulit. Kamu cuma perlu menawarkan makanan dalam porsi besar dengan harga spesial. Kamu tidak akan menduga seberapa besar keuntungan dari layanan katering guna meningkatkan penjualan di restoranmu.

Kembangkan bisnis makanan Anda dengan Waiterio POS

Bergabunglah dengan 40.000 restoran menggunakan sistem titik penjualan waiterio

The online ordering has been the perfect tool, especially with the ongoing COVID-19 pandemic as customers choose to limit face to face interaction. We have grown food delivery by over 112% which is solely due to the use of the free online ordering website.

- Matthew Johnson (Owner of MrBreakFastJa, Jamaica)

Download Gratis

Artikel Terbaru