Cara Membeli Restoran yang Ada [Panduan Lengkap]

Cara Membeli Restoran yang Ada [Panduan Lengkap]

Periksa langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk membeli restoran

Diposting oleh Victor Delgadillo tanggal 12 Mei 2022

Apakah Anda berasal dari artikel kami tentang membeli restoran yang sudah ada vs. mulai dari nol ?

Jika demikian, itu karena Anda memutuskan bahwa membeli restoran lebih masuk akal daripada memulai dari awal. Tapi… Bagaimana cara membeli restoran?

Membeli restoran adalah ide yang sangat bagus, penuh dengan keuntungan, dan jika dilakukan dengan baik, dapat menimbulkan beberapa risiko yang dapat berubah menjadi masalah besar.

Dalam panduan ini, saya akan berbicara kepada Anda tentang:

  • Cara membeli restoran.
  • Langkah-langkah yang harus Anda ikuti.
  • Informasi yang harus Anda teliti dan dapatkan.
  • Dan juga sedikit tentang pola pikir yang harus Anda miliki untuk berhasil membeli restoran.

Panduan ini akan membawa Anda dari keputusan untuk membeli bisnis makanan yang sudah ada hingga pembuatan berbagai proses dan sistem untuk menjamin keberhasilannya saat jatuh ke tangan Anda.

Ketika datang ke bisnis, meninggalkan hal-hal kebetulan bukanlah ide yang baik. Itulah mengapa semakin jelas jalur Anda dalam jenis investasi ini, semakin mudah Anda dapat menjamin bahwa itu akan berhasil. Mari kita mulai membuka jalan!

Restoran Apa yang Harus Dibeli?

Menulis analisis swot

Jika Anda memiliki ide untuk membeli restoran, itu karena Anda mungkin sudah memilikinya. Namun, terkadang restoran yang dijual adalah untuk alasan negatif – tugas Anda untuk mencari tahu apakah itu yang terjadi dengan panduan ini.

Itulah mengapa penting bagi Anda untuk menambahkan berbagai restoran ke daftar Anda atau setidaknya lebih dari satu. Juga, ingatlah bahwa Anda dapat menanyakan restoran mana pun yang Anda kunjungi untuk dijual . Anda dapat meminta pertemuan informal atau formal dengan pemilik restoran saat ini untuk mengetahui apakah ada kemungkinan mereka akan menjual bisnis mereka yang berharga kepada Anda.

Tentu saja, ini adalah masalah yang harus ditangani dengan bijaksana, hormat, tanpa tergesa-gesa, dan menyadari bahwa pemilik tidak berkewajiban untuk menjualnya hanya karena Anda dapat atau ingin membelinya.

Berpikir seperti ini akan membantu Anda mengeksplorasi pilihan Anda dengan lebih baik!

Buat Kriteria Pembelian, Tentukan Alasan Anda, dan Analisis Berbagai Peluang

Sekarang setelah Anda memutuskan bahwa membeli restoran terdengar seperti ide yang lebih baik daripada memulai dari awal, Anda harus mulai menggali lebih dalam.

Pada judul kali ini, saya akan membahas tentang tiga hal pertama yang harus Anda pertimbangkan sebelum kehabisan untuk membeli restoran pertama yang sepertinya bagus dan terjangkau. Perlu dicatat bahwa Anda tidak akan menerapkan kriteria ini sampai Anda memiliki gambaran lengkap dari setiap restoran. Maksud saya, informasi yang akan Anda dapatkan dari restoran nanti, seperti penagihan, margin keuntungan, biaya operasional saat ini, dan banyak lagi.

Buat Kriteria Pemilihan untuk Membeli Restoran yang Paling Sesuai

menganalisis alasan mengapa Anda ingin membeli restoran

Sangat penting bagi Anda untuk membuat semacam kriteria atau pedoman pemilihan untuk merampingkan pembelian sehingga Anda dapat bergerak maju. Langkah ini sederhana, tetapi itu tidak membuatnya kurang penting.

Kriteria pemilihan adalah daftar persyaratan yang harus dipenuhi oleh restoran yang bersangkutan agar Anda dapat mengambil keputusan untuk membelinya.

Beberapa persyaratan yang hampir wajib adalah:

  • Lokasi yang bagus.
  • Bahwa itu bukan bisnis yang gagal atau memiliki reputasi buruk.
  • Miliki basis pelanggan yang dapat Anda manfaatkan.
  • Bahwa ia memiliki semua izin terkini (atau setidaknya infrastruktur yang akan dengan mudah mendapatkannya).
  • Bahwa pemiliknya memberi Anda akses ke semua nomor penting bisnis.
  • Pemilik Anda juga memberi Anda izin untuk melakukan penilaian independen.
  • Bahwa harga beli tidak jauh di atas valuasi yang Anda dapatkan.

Persyaratan lain yang dapat Anda tambahkan lebih terkait dengan preferensi atau batas investasi Anda, seperti biaya total pembelian atau transfer, atau restoran tersebut terletak di area tertentu.

Ingatlah bahwa kriteria pembelian bergantung pada Anda dan pengalaman Anda. Beberapa orang bahkan memasukkan sebagai persyaratan bahwa pemilik sebelumnya membantu mereka melalui transisi bahkan ke klausul non-persaingan. Dengan demikian, pengusaha memastikan bahwa lebih mudah untuk beradaptasi dengan beban kerja baru mereka.

Tentukan Alasan atau Tujuan Anda untuk Membeli

Penetapan tujuan sangat penting dalam bisnis restoran

Anda tidak dapat berasumsi bahwa membeli restoran yang sudah ada lebih menguntungkan daripada memulai bisnis baru – pada kenyataannya, seringkali tidak demikian. Membeli restoran yang sudah ada berisiko jika restoran tersebut memiliki masalah reputasi, utang, dan lainnya.

Itu sebabnya Anda harus menentukan alasan Anda membeli restoran yang sudah ada.

Ada alasan yang tidak cukup baik dalam hal investasi yang layak. Anda harus menganalisis alasan Anda dengan sangat baik untuk memastikan bahwa itu bukan keputusan yang terburu-buru!

Beberapa alasan bagus untuk membeli restoran adalah:

  • Mengetahui dengan data yang dapat diverifikasi bahwa restoran memiliki potensi untuk ditingkatkan di bawah perintah Anda.
  • Mengetahui bahwa dengan strategi pemasaran yang baik restoran akan jauh lebih sukses.
  • Mengetahui bahwa penawaran gastronomi itu spesial dan dengan beberapa modifikasi Anda dapat meningkatkan margin keuntungan.

Anda juga dapat membeli restoran yang memenuhi semua persyaratan hanya untuk mempertahankan infrastrukturnya – peralatan, staf, ruang bisnis, dan lainnya – untuk membuat restoran baru dari sana.

Namun, sangat penting untuk mengenali peluang yang nyata, menguntungkan, dan layak dalam matematika sulit .

Sejalan dengan pemikiran ini, saya ingin menyebutkan bahwa membeli restoran karena murah, karena cantik, atau sejenisnya adalah ide yang sangat buruk. Idealisasi tanpa dasar tidak menghasilkan bisnis yang sukses!

Alasan Hindari Membeli Restoran

Bendera merah yang mungkin menunjukkan bahwa membeli bisnis bukanlah ide yang baik

Dalam kriteria pembelian Anda, mungkin juga ada persyaratan untuk mengesampingkan berbagai pilihan restoran yang tersedia di pasar. Nyatanya, hal yang paling banyak Anda lakukan di sepanjang panduan ini adalah mengesampingkan opsi . Dari daftar 50 restoran, Anda harus menyisakan antara 1 dan 3 opsi – jika Anda mendapatkan ikatan rangkap tiga ini, semoga berhasil memutuskan mana yang akan dibeli .

Alasan paling jelas untuk tidak membeli restoran yang sudah ada adalah:

  • Penolakan pemilik saat ini untuk berbagi informasi tentang restoran atau mengizinkan Anda membuat evaluasi independen dengan pakar atau konsultan. Ini akan membantu Anda mengesampingkan setidaknya 50% dari pilihan Anda.
  • Bahwa restoran tersebut memiliki reputasi buruk, berada di lokasi yang buruk, atau memiliki banyak persaingan.
  • Bahwa restoran tersebut memiliki hutang, menunggak pajak, sewa, atau tidak memiliki izin usaha.
  • Bahwa peralatan atau furnitur sangat rusak, tua, atau biaya renovasi secara umum sangat tinggi.

Catatan: Semakin panjang daftar tanda bahaya yang harus dihindari, semakin mudah bagi Anda untuk mengesampingkan ide dan mempersempit daftar pilihan. Tetap saja, ada baiknya meninggalkan ruang untuk kegagalan. Restoran yang sempurna tidak untuk dijual!

Analisis Berbagai Peluang Secara Menyeluruh

Sekarang tibalah salah satu bagian paling membosankan dari keseluruhan proses – analisis peluang. Ini adalah proses yang membosankan, tetapi tujuannya adalah untuk melindungi setiap sen investasi Anda dalam jangka pendek dan panjang.

Anda harus menganalisis berbagai peluang dengan mempertimbangkan persyaratan dan tujuan atau alasan di balik pembelian. Disarankan agar Anda melakukan analisis SWOT klasik. Anda harus memasukkan sebanyak mungkin informasi faktual dan relevan.

Sebagai aturan umum, penting bagi Anda untuk mendapatkan informasi dari pemilik restoran pada saat ini – meskipun teman terbaik Anda dalam jenis transaksi ini adalah akuntan Anda .

Selain informasi tersebut, Anda juga harus mendedikasikan sumber daya untuk menjalankan rencana bisnis dan analisis pasar yang lengkap. Jika pemilik restoran memberi Anda informasi serupa, Anda dapat menerimanya, tetapi sangat penting bagi Anda untuk membuat visi Anda sendiri . Ini sangat penting karena perspektif bisnis Anda jauh lebih penting – pemilik saat ini tidak begitu penting.

Teliti dan Dapatkan Semua Informasi yang Diperlukan

Nomor restoran penting yang perlu Anda ketahui sebelum membeli bisnis

Informasi yang dibutuhkan sebelum membeli restoran harus sedetail mungkin. Itulah mengapa proses membeli restoran yang sudah ada bisa memakan waktu selama mendirikan bisnis baru – yaitu, jika Anda peduli untuk melakukan yang terbaik.

Sekarang saya akan memberi Anda daftar semua informasi yang harus Anda peroleh dan bagaimana atau dari siapa Anda bisa mendapatkannya.

Nomor Restoran

Nomor untuk restoran adalah:

  • Margin penjualan selama 12 bulan terakhir.
  • Rata-rata penjualan tahunan, setengah tahunan, triwulanan, bulanan, mingguan, dan harian.
  • Margin keuntungan.
  • Penghasilan rata-rata tahunan, setengah tahunan, triwulanan, bulanan, mingguan, dan harian. Sebaiknya minta laporan keuangan untuk mengonfirmasi semua informasi ini. Namun, tidak semua orang mau berbagi begitu banyak.
  • Biaya operasional restoran. Ini termasuk biaya bahan, persediaan non-makanan, produk yang dapat digunakan kembali, layanan (listrik, gas, air), sewa, layanan profesional (akuntan, pengacara, penasihat, dll.), dan banyak lagi.
  • Utang restoran. Ini termasuk hutang dengan pemasok, hutang bank untuk pinjaman bisnis, hutang sewa, hutang dengan layanan publik atau swasta, dan banyak lagi.

Anda dapat memperoleh informasi ini dari pemilik restoran atau dari akuntan atau administratornya. Ingatlah bahwa untuk menjadi transaksi tanpa data tersembunyi, sangat penting untuk menganalisis informasi ini. Jika pemilik restoran tidak memberi Anda akses ke semua informasi ini, buang seluruh opsi, karena Anda akan kehilangan uang dengan membeli secara membabi buta.

Data lain yang berguna bagi Anda adalah biaya rata-rata untuk setiap pembelian, biaya rata-rata menu, dan banyak lagi.

Aliran Pelanggan: Pelanggan Rata-Rata per Hari dan Minggu

aliran pelanggan restoran

Informasi ini terkadang diabaikan oleh pengusaha yang ingin membeli restoran. Namun, sangat penting jika mereka berharap untuk mulai bekerja . Jika Anda memiliki informasi ini sejak awal, Anda dapat mengetahui dengan pasti apa langkah Anda selanjutnya dalam hal rencana bisnis, promosi yang dapat Anda buat, dan strategi pemasaran yang dapat meningkatkan angka-angka di atas.

Anda harus mendapatkan informasi ini dari orang yang berbeda, seperti server atau juru masak, dan Anda juga harus membandingkannya dengan laporan penjualan.

Anda juga dapat menghitungnya dengan angka harian dan mingguan restoran, tetapi ada baiknya meluangkan waktu untuk mendengarkan karyawan.

Proyeksi Pertumbuhan

Setelah Anda mendapatkan semua informasi di atas, Anda akan memiliki hampir semua yang Anda butuhkan untuk membuat proyeksi pertumbuhan dalam jangka pendek, menengah, dan panjang.

Untuk itu, Anda harus memperhatikan detail seperti pengeluaran rata-rata per pelanggan, biaya menu rata-rata, jumlah pelanggan harian, dan banyak lagi.

Dengan informasi tersebut, Anda akan dapat membuat proyeksi andal yang memberi Anda informasi tentang apa yang dapat Anda peroleh dari uang.

Perlu dicatat bahwa angka-angka ini hanya akan memberi Anda proyeksi berdasarkan model manajemen pemilik saat ini. Namun, jika mereka cukup bagus, itu akan berfungsi sebagai cara untuk menegaskan kembali bahwa itu adalah investasi yang bagus. Anda juga dapat mulai membuat rencana yang memungkinkan Anda untuk meningkatkan jumlah tersebut dan mengukur pertumbuhan bisnis setelah berada di tangan Anda.

Keadaan Pemasaran Restoran Saat Ini

Banyak orang tidak menganggap pemasaran sebagai faktor penting saat melakukan jenis transaksi ini. Namun, pemasaran sangat penting untuk restoran, dan untuk industri perhotelan pada umumnya.

Melihat sekilas, jika bisa, nomor pemasaran restoran dapat membantu Anda memahami mengapa restoran memiliki potensi yang belum dimanfaatkan. Misalnya, strategi pemasaran mungkin tidak lengkap atau tidak efektif. Semahal apapun untuk melakukan pemasaran yang efektif, Anda bahkan dapat menggunakan informasi ini untuk menghilangkan ide membeli restoran sama sekali. Ini, tentu saja, jika biaya strategi pemasaran baru sangat tinggi bila ditambah dengan kelemahan restoran atau biayanya.

Selain itu, jika Anda melakukan riset pasar dan menggabungkannya dengan informasi yang sudah tersedia, Anda mungkin dapat membuat strategi yang jauh lebih efektif untuk bisnis Anda. Atau Anda bahkan mungkin memutuskan untuk melakukan sesuatu yang lebih drastis, seperti memperbaharui semua branding dan pemasaran restoran secara umum jika biayanya tidak terlalu tinggi saat Anda menambahkannya ke biaya restoran.

Kinerja dan Kepuasan Karyawan

Karyawan yang efisien dari restoran yang Anda rencanakan untuk dibeli

Kepuasan karyawan, dulu dan sekarang, adalah faktor lain yang perlu dipertimbangkan sebelumnya. Sebuah restoran mungkin tampak tidak memiliki masalah, tetapi dikenal di kalangan juru masak atau pramusaji sebagai "tempat yang buruk untuk bekerja". Ini dapat membuat proses perekrutan menjadi lebih sulit nantinya jika Anda memutuskan untuk memperbarui daftar gaji Anda.

Penting juga bagi Anda untuk memiliki informasi tentang kinerja karyawan restoran saat ini. Banyak pengusaha membuat kesalahan dengan membeli restoran tanpa memperhitungkannya. Dengan demikian, dua kesalahan yang lebih serius dapat dilakukan:

  • Melepaskan karyawan yang membuat restoran itu luar biasa.
  • Pertahankan karyawan yang membuat restoran berantakan.

Tentu, Anda dapat memecat dan mempekerjakan karyawan sesuai keinginan Anda, tetapi semakin cepat Anda membuat keputusan yang tepat, semakin mudah proses transisi ke manajemen restoran.

Data seperti ini harus Anda dapatkan dari kedua sisi mata uang: sisi administrasi dan karyawan secara langsung . Sering kali, kami memutuskan untuk mendengarkan sisi mana yang lebih nyaman. Namun, mendengarkan kedua belah pihak dapat membantu Anda membuat keputusan yang tepat.

Misalnya, pihak administrasi mungkin mengeluh bahwa karyawan bukan yang paling efisien, sementara mereka memiliki penanganan jadwal dan pembayaran gaji yang buruk.

Di sisi lain, karyawan mungkin mengeluh bahwa mereka tidak memiliki kondisi kerja terbaik untuk bekerja lebih baik ketika langkah-langkah telah diambil untuk mengatasi masalah tersebut berkali-kali di masa lalu. Dalam hal ini, mungkin masalahnya adalah karyawan.

Kepuasan pelanggan

pelanggan yang puas dengan layanan dan produk restoran Anda

Dan yang tak kalah pentingnya, kepuasan pelanggan dan reputasi restoran. Ini mungkin informasi yang paling sulit diperoleh, terutama karena satu-satunya sumber yang dapat dipercaya mungkin adalah pelanggan itu sendiri.

Anggap saja seperti ini:

  • Pemilik restoran ingin menjualnya.
  • Semua karyawan restoran ingin mempertahankan pekerjaannya.
  • Manajer atau akuntan tidak peduli!

Ada konflik kepentingan di mana-mana, jadi sumber langsungnya adalah yang paling bisa diandalkan – pelanggan. Informasi ini dapat diperoleh dengan melakukan survei di jejaring sosial, survei di forum atau halaman web lokal, mencari di halaman ulasan seperti Yelp atau Google Bisnisku atau Facebook, dan lainnya.

Anda juga dapat melakukannya secara langsung. Namun, orang mungkin berada di bawah tekanan lebih untuk mengatakan bahwa restoran itu bagus jika mereka berdiri di depannya .

Proses Pembelian dan Pengalihan Hukum

Sangat penting untuk mencari penasihat hukum saat membeli bisnis

Sekarang setelah Anda memiliki semua informasi yang diperlukan, saatnya untuk mulai membuat kontrak transfer atau penjualan. Penting bagi Anda untuk mencari nasihat hukum di negara Anda, karena proses ini berbeda-beda tergantung di mana Anda berada. Selain itu, Anda harus menyelidiki apakah restoran atau elemen lain dari merek tersebut terdaftar. Anda tidak ingin salah membayar biaya penggunaan bahkan setelah membeli yang lainnya.

Anda juga harus menulis kontrak penjualan yang mencakup berbagai aspek restoran dengan sangat spesifik – kesalahan pengabaian cukup umum terjadi.

Misalnya, Anda harus memasukkan dalam kontrak bahwa pemilik restoran atau pemegang izin restoran, akan mengalihkan izin tersebut kepada Anda, jika memungkinkan di negara Anda. Ini akan menghindari restoran yang sudah ada yang harus memperbarui semua izin atas nama Anda – meskipun sekali lagi, tergantung di mana Anda tinggal, Anda mungkin tidak punya pilihan.

Kecuali jika Anda membuat kesepakatan yang cerdas, seperti menjalin kemitraan dengan pemilik restoran saat ini, sehingga Anda dapat membeli persentasenya nanti.

Ada banyak cara Anda dapat melakukan ini secara legal, tetapi dengan cerdas, dan agar Anda memiliki lebih banyak pro daripada kontra di akhir pembelian – tentu saja tanpa membuat marah pemilik restoran.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar Anda mencari nasihat hukum dari orang yang berpengalaman dalam transfer dan penjualan bisnis seperti ini. Dengan cara ini dia dapat menerapkan semua trik yang dia miliki untuk Anda memaksimalkan peluang dan menghindari risiko tersembunyi.

Buat Proses untuk Transisi yang Lancar (Dan Sertakan Pemilik Sebelumnya, jika Memungkinkan)

Jika Anda ingin bertransisi untuk menjalankan bisnis dengan sukses, Anda tidak bisa begitu saja membuang semua informasi dan pengalaman yang diperoleh pemilik sebelumnya saat menjalankan restoran. Lagi pula, sampai pada titik di mana Anda mulai berjalan, orang itu adalah satu-satunya yang tahu bagaimana menjalankan bisnis tersebut.

Oleh karena itu, disarankan agar saat Anda menegosiasikan pembelian dan persyaratan kontrak, Anda membuat perjanjian untuk peralihan dan perubahan kepemilikan.

Ini untuk memastikan bahwa Anda sepenuhnya memahami proses yang dilakukan oleh pemilik sebelumnya, bahwa Anda mempelajari masing-masing, dan bahwa Anda dapat mengambil alih ketika waktunya tiba.

Tentu saja, Anda dapat melakukan perubahan untuk meningkatkan berbagai proses yang terjadi di restoran nantinya. Tetapi membuat rencana transisi dapat membantu Anda menyesuaikan alur kerja, karyawan, manajemen sumber daya keuangan, hubungan vendor, dan lainnya dengan lebih baik.

Catatan: Ini sangat penting jika Anda memiliki sedikit atau tidak ada pengalaman dalam bisnis makanan. Bahkan jika Anda memiliki pengalaman di bisnis lain, restoran memiliki tantangan unik yang hanya bisa dipahami jika Anda memiliki pengalaman. Apa yang lebih baik daripada memiliki pemilik sebelumnya sebagai mentor saat Anda belajar mengendalikan restoran baru Anda?

Penciptaan Tujuan dan Area Fokus

Restoran itu sudah menjadi milik Anda. Kedua belah pihak telah menandatangani kontrak, transaksi telah dilakukan, dan Anda harus mulai menjalankan restoran Anda.

Jika Anda telah memperoleh semua informasi yang telah saya sebutkan sejauh ini, Anda dapat dengan mudah membuat rencana tindakan dengan keputusan administratif pertama yang harus Anda buat untuk mulai bekerja .

Kami telah membuat artikel yang cukup komprehensif berdasarkan pembuatan tujuan untuk restoran Anda . Ini akan berguna bagi Anda untuk mengidentifikasi, dengan pengetahuan yang Anda miliki tentang restoran tersebut, area fokus berbeda yang harus Anda perhatikan lebih lanjut.

Sangat penting untuk memperhatikan detail, dan terhadap penilaian yang lebih baik, lakukan sedikit manajemen mikro – setidaknya terapkan pengamatan yang cermat terhadap semua proses.

Kemudian, Anda dapat membuat strategi untuk meningkatkan proses berdasarkan apa yang telah Anda amati. Fokus saja melakukan pelatihan baru untuk seluruh tenaga kerja, tanpa menerapkan sanksi yang mengganggu atau koreksi individu. Ini hanya menyebabkan kelelahan mental karyawan dan kualitas lingkungan kerja yang lebih rendah.

Buka Restoran Anda!

Disarankan juga, jika Anda melakukan perubahan pada merek bisnis atau jika Anda membuka yang baru dari infrastruktur yang lama, Anda melakukan grand opening restoran baru Anda . Ini akan membantu Anda membangun kembali basis pelanggan Anda dengan mudah.

Mulai Operasikan Restoran Anda

Meskipun saya ingin membuat panduan ini sedetail mungkin, saya tidak dapat menyangkal dorongan saya untuk memberi tahu Anda bahwa ini bukanlah segalanya – Anda harus menyisakan ruang untuk intuisi jiwa kewirausahaan Anda.

Jika ada sesuatu yang tidak dapat dijelaskan dalam usaha jenis ini, itu adalah perasaan melihat restoran dan berpikir “sesuatu memberi tahu saya bahwa restoran ini adalah tambang emas”. Inilah yang terjadi ketika Anda ingin memulai bisnis, dan panduan seperti ini, yang memperhatikan begitu banyak detail, bisa menjadi batasan.

Itulah mengapa saya mengundang Anda untuk menemukan keseimbangan dan meninggalkan, antara data, spreadsheet, survei, dan persentase, sedikit ruang untuk intuisi Anda. Jika suatu usaha memberi Anda semua lampu hijau dalam aspek teknis, dan juga dalam intuisi, tentunya itu akan menjadi tambang emas .

Apakah Anda pikir sudah waktunya untuk berinvestasi di restoran di pojok itu? Semoga beruntung!

Kembangkan bisnis makanan Anda dengan Waiterio POS

Bergabunglah dengan 40.000 restoran menggunakan sistem titik penjualan waiterio

The online ordering has been the perfect tool, especially with the ongoing COVID-19 pandemic as customers choose to limit face to face interaction. We have grown food delivery by over 112% which is solely due to the use of the free online ordering website.

- Matthew Johnson (Owner of MrBreakFastJa, Jamaica)

Download Gratis

Artikel Terbaru