Bagaimana Cara Mendesain Denah Lantai Restoran [Contoh & Tips]

Bagaimana Cara Mendesain Denah Lantai Restoran [Contoh & Tips]

Buat denah lantai yang terorganisir untuk restoran Anda

Diposting oleh Katarina Nikolic tanggal 13 Oktober 2022

Ingin membuat denah lantai yang bagus untuk restoran Anda?

Banyak faktor penting yang dapat membuat sebuah restoran menjadi sukses. Denah lantai yang dirancang dengan baik adalah salah satu faktor penyebabnya.

Artikel ini akan membahas secara singkat tentang apa itu denah lantai dan mengapa Anda perlu memilikinya. Kemudian, kami akan mengajari Anda cara mendesain denah lantai restoran menggunakan banyak contoh yang praktis.

Apa Itu Denah Lantai Restoran?

Denah lantai restoran generik

Denah lantai restoran adalah peta ruangan di dalam ruang Anda yang disertai dengan furnitur dan elemen lainnya. Termasuk ruang tunggu, ruang makan, dapur, penyimpanan, kamar kecil, bar, terminal POS, area staf, dll. Denah lantai restoran membantu Anda menempatkan semua elemen dalam urutan yang benar dan memaksimalkan fungsi ruang Anda.

Sangat penting membuat jalur untuk kelancaran pergerakan anggota staf dan tamu Anda. Buat pengaturan meja sedemikian rupa sehingga tamu merasa nyaman dan memiliki rasa privasi.

Mengapa penting untuk memiliki denah lantai?

Denah lantai restoran memberi Anda gambaran tentang seluruh ruang Anda. Ini juga dapat memberi Anda gambaran tentang cara mendapatkan penggunaan terbaik dari ruang Anda dan juga membuat jalur untuk memudahkan pergerakan pelanggan dan karyawan. Anda selalu dapat mengubahnya ketika ada ruang untuk perbaikan.

Pengunjung menyukai privasi saat makan dan lebih sedikit meja yang berada di sekitarnya. Sementara pemilik restoran menyukai lebih banyak keuntungan dan lebih banyak meja yang berada di ruang makan. Anda dapat memperbaiki masalah itu dengan menawarkan berbagai jenis area tempat duduk.

Tata Letak Restoran dan Pedoman Keselamatan Menjaga Jarak (Setelah Covid)

Ilustrasi daftar periksa

Covid-19 telah mempengaruhi restoran secara signifikan, untuk membantu industri ini bertahan, para pemilik restoran perlu mengambil beberapa tindakan. Berikut adalah beberapa langkah penting:

  • Restoran harus menjaga jarak antar meja (biasanya sekitar 6 kaki)
  • Akan lebih baik jika Anda menawarkan opsi takeaway
  • Memungkinkan tamu memesan makanan terlebih dahulu untuk menghindari menunggu
  • Jika memungkinkan, buat pembatas antar meja saat meja terlalu dekat
  • Batasi jumlah orang per meja
  • Menawarkan tempat duduk di luar ruangan
  • Gunakan kartu kredit daripada uang tunai
  • Sediakan menu digital - pindai kode QR untuk menghindari menu yang disentuh ratusan kali selama masa pakainya.
    (Tips: Dengan sistem POS yang bagus seperti Waiterio , staf Anda dapat menerima pesanan makanan langsung dari tablet atau smartphone. Ini akan menjadi pilihan yang jauh lebih aman untuk restoran Anda.)

3 Software Terbaik Untuk Membuat Denah Lantai Restoran

Saat ini, ketika teknologi telah berkembang untuk membuat segala sesuatu di ponsel atau komputer, Anda tidak perlu arsitek dan perencana mahal untuk menggambar denah restoran Anda.

Anda dapat menggunakan beberapa perangkat lunak, menjadi kreatif dan membuat perubahan pada denah restoran Anda sebanyak yang Anda inginkan. Berikut adalah beberapa program terbaik yang dapat Anda gunakan:

1. CAD PRO

Digunakan di seluruh dunia dengan lebih dari 2,5 juta pengguna, tetapi membutuhkan beberapa keterampilan dan pengetahuan dasar. Software ini menawarkan paket sampel dan banyak fitur gratis yang berguna, tetapi seluruh paket berlangganan adalah Rp1.45 Juta.

2. RoomSketcher

Software ini lebih ramah dengan pengguna, dan Anda tidak memerlukan pengetahuan sebelumnya untuk mulai menggunakan program ini. Memiliki basis dengan banyak tata letak, contoh, tampilan 2D, 3D, dan 360 derajat, dll. Perangkat lunak ini menawarkan paket gratis dengan beberapa alat penting dan paket berlangganannya seharga Rp710k atau Rp1.43 Juta.

3. Smartdraw

Memiliki banyak template yang dapat Anda gunakan untuk menggambar denah restoran Anda. Kompatibel dengan Windows dan Mac. SmartDraw menawarkan uji coba gratis dan kemudian dihargai Rp144k per bulan.

Denah Lantai Restoran Dengan Contoh

Tergantung pada ukuran restoran Anda, jumlah ruangan dan elemen di dalamnya dapat bervariasi. Berikut adalah beberapa saran dan contoh dari kami tentang cara memanfaatkan ruang Anda sebaik mungkin.

1. Ruang Makan

Ruang makan adalah bagian paling penting dari rencana restoran, dan harus menempati sebagian besar ruang di restoran Anda (60% - 40% dari total ruang restoran). Ruang makan menghasilkan uang, sehingga perlu menawarkan pengalaman luar biasa kepada tamu restoran Anda. 40% lainnya adalah wilayah BOH; ruang staf, gudang, dan dapur.

Seperti yang sudah disebutkan, jarak antar meja penting karena orang menyukai privasi saat makan. Pencahayaan dan musik, warna dinding dan perabotan, kenyamanan kursi - adalah elemen yang mempengaruhi keseluruhan pengalaman dan suasana kuliner.

Bergantung pada konsep Anda, Anda akan mengatur semua elemen itu agar cocok terlihat bersama dan pertahankan itu; karena itulah yang akan menjadi merek dagang Anda. Anda dapat meletakkan lukisan atau tanda atau menghias salah satu dinding agar unik dan mengesankan. Dengan cara ini, orang dapat mengambil gambar restoran Anda dan membagikannya di media sosial. Hal ini akan membuat restoran Anda populer.

Seberapa besar seharusnya ruang makan?

Bentuk dan ukuran kursi dan meja Anda dapat mempengaruhi penggunaan ruang di dalam restoran Anda. Namun, Anda dapat mencampur gaya tempat duduk yang berbeda di dalam restoran Anda untuk memaksimalkan ruang yang Anda miliki.

Posisikan meja Anda sehingga pelayan dapat dengan mudah melewati dan mendekati setiap meja tanpa mengganggu para tamu di meja sekitarnya. Miliki meja samping di setiap area di mana pelayan Anda dapat menyimpan peralatan makan dan piring tambahan untuk sementara. Hal ini untuk menghindari pelayan yang berlarian di sekitar ruang makan, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi tamu saat makan.

Ada baiknya memiliki area terisolasi untuk pebisnis yang menyukai privasi. Beberapa tempat duduk di bar juga sangat penting; karena sebagian orang suka duduk di bar.

Bar bisa juga digunakan sebagai ruang tunggu. Dalam hal ini, campur dengan meja untuk dua, empat, atau enam orang. Anda juga dapat menempatkan meja khusus untuk komunitas yang bisa menjadi sangat populer. Misalkan ada berbagai tempat duduk; ini akan memberi tamu berbagai pilihan di mana mereka merasa nyaman ketika duduk. Juga, pertimbangkan kebutuhan untuk penyandang disabilitas saat memposisikan meja Anda.

Denah lantai ruang makan restoran

Kredit Gambar: CAD PRO

2. Dapur Restoran

Lihatlah laju aliran makanan dan stasiun yang berbeda di dapur. Di dapur, Anda memiliki area memasak, inventaris, dan penyimpanan. Stasiun kerja atau persiapan harus berada di tengah, sehingga koki dan staf dapat saling berhadapan.

Pengaturan semacam ini akan mencegah anggota staf saling bertabrakan saat bekerja. Dengan cara ini, aliran makanan lebih lancar dan lebih efisien. Ini akan meminimalkan kemungkinan kecelakaan di dalam dapur.

Denah lantai dapur restoran

Kredit gambar: smartdraw

3. Ruang Tunggu

Saat merancang denah restoran, jangan mengabaikan ruang tunggu. Ruang tunggu adalah tempat tamu Anda menunggu sebelum mereka dapat duduk di restoran. Itu sangat tidak nyaman dan dapat mengecewakan bagi pelanggan.

Jadi paling tidak yang bisa Anda lakukan adalah memberi mereka kursi dan meja bar yang nyaman alih-alih membuat mereka berdiri dan menghalangi jalan ke pintu masuk restoran. Pilihan lain selain ruang tunggu adalah menawarkan kursi kepada pelanggan Anda di bar jika ada cukup ruang.

4. Area Makan Luar Ruangan

Aset besar untuk sebuah restoran adalah memiliki ruang makan di luar ruangan. Ini sangat baik untuk hari-hari ketika cuaca bagus. Ini juga cocok untuk menangani masalah dan pembatasan COVID19.

Ruang makan di luar ruangan Anda harus menjadi perpanjangan dari ruang makan Anda untuk meningkatkan efisiensi pergerakan para pelayan. Ini juga dapat membantu para pelayan untuk memiliki gambaran yang jelas tentang area di luar ruangan. Skenario yang sempurna adalah memiliki area yang berorientasi taman; estetis dan memberikan privasi dan kenyamanan bagi pengunjung Anda.

Jika ruang makan luar ruangan Anda menghadap ke jalan, dengan frekuensi lalu lintas dan orang yang tinggi, beberapa jenis penghalang diperlukan untuk mengisolasi ruang makan dari kesibukan luar.

Anda dapat melakukannya dengan menutupi area dengan kaca atau membangun semacam platform dengan pagar di sekitarnya. Anda juga dapat mengelilingi ruang makan dengan beberapa tanaman dan vegetasi yang cukup tinggi untuk menghalangi jalan dan mengisolasi pengunjung Anda dari aktivitas jalanan yang sibuk.

Denah lantai untuk ruang makan outdoor restoran

Kredit Gambar: Cad Pro

5. Denah lantai bar

Saat membuat denah restoran untuk bagian bar, usahakan untuk memaksimalkan kapasitas tempat duduk untuk bar. Seperti yang sudah disebutkan, beberapa tamu suka duduk di bar, tetapi bar Anda juga dapat menjadi ruang tunggu jika Anda tidak memilikinya.

Bar yang besar dan kursi bar yang nyaman memberikan citra yang sangat baik dan berkontribusi pada suasana yang santai. Bar dan area tempat duduk juga harus diposisikan sedemikian rupa sehingga para tamu tidak menghadap ke ruang makan lainnya.

Bar merupakan area yang biasanya hanya menyediakan minuman. Oleh karena itu para tamu sering dilayani hanya oleh para bartender. Ada kasus di mana bar juga menyajikan makanan, tetapi dalam banyak kasus, para pelayan terkonsentrasi hanya di ruang makan.

Bar berbentuk lurus dan persegi mungkin tampak menggunakan lebih banyak ruang, tetapi Anda dapat memanfaatkannya sepenuhnya. Dalam hal ini, Anda dapat menempatkan lebih banyak tempat duduk di sekitar bar dan memiliki ruang kerja yang lebih besar untuk bartender di dalam bar. Meskipun bar berbentuk bundar mungkin terlihat lebih efisien, namun bar tersebut meninggalkan banyak ruangan kosong dan tidak dapat digunakan dengan efisien.

Denah lantai bar restoran

Kredit gambar: Senaterace

6. Denah Kamar Kecil

Pastikan bahwa rencana restoran Anda memiliki posisi dan tanda yang jelas untuk menghindari tamu Anda berkeliaran. Dengan cara ini, mereka tidak akan memasuki ruang staf atau bertanya kepada pelayan sepanjang waktu. Toilet harus mudah untuk didekati dari ruang makan tetapi masih cukup jauh dari ruang makan karena tidak ada yang mau duduk di sebelah toilet. Hindari menempatkan meja di sebelah pintu masuk toilet.

Toilet harus bersih, terawat, dan terbagi untuk tuan dan nyonya; ini memiliki dampak yang cukup besar pada pengalaman tamu secara keseluruhan di kamar mandi. Perawatan yang baik dan ruang yang layak di kamar kecil Anda adalah keuntungan besar.

Menawarkan penawaran pelengkap seperti semir sepatu, pembalut, deodoran, permen, atau sesuatu yang dapat disajikan sendiri oleh tamu; detail seperti ini dihormati dan memengaruhi pengalaman tamu secara keseluruhan. Memiliki satu kabin untuk tamu penyandang disabilitas.

Denah lantai toilet umum restoran

Kredit gambar - smartdraw

7. Pintu Masuk

Pintu masuk sangat penting karena akan membuat kesan pertama. Pintu masuk Anda harus menarik banyak orang, bukan hanya mereka yang sengaja datang ke restoran Anda. Oleh karena itu, bagian depan harus otentik dan menarik untuk menarik orang berjalan di jalan.

Sama halnya dengan ruang makan, pintu masuk harus memberikan kesan jernih, tenang dan suasana hangat. Tempatkan penyambut tamu untuk menyambut setiap tamu dengan hangat dan mengantar mereka ke meja yang tersedia.

Tata letak tergantung pada konsep keseluruhan restoran Anda, tetapi menarik dan lugas adalah apa yang disukai banyak orang.

Letakkan menu Anda di depan pintu masuk agar calon pengunjung tahu apa yang Anda tawarkan. Dengan begitu, Anda membuat mereka berhenti sejenak di depan restoran Anda sebelum memutuskan untuk masuk. Jika memungkinkan, tempatkan penyambut yang dapat membantu mereka menelusuri menu dan menyajikan penawaran restoran, tetapi hanya jika mereka melihat minat oleh potensi pelanggan untuk restoran Anda.

Berdiri di depan dan "berteriak" pada tamu untuk datang ke restoran Anda bisa sangat menjengkelkan dan menjijikkan. Ini biasanya ditemukan di daerah yang penuh dengan turis, di mana semua restoran menawarkan menu yang kurang lebih sama.

Memiliki area resepsi kecil, di mana Anda dapat menyambut tamu dan mengambil mantel mereka. Pintu masuk harus setinggi jalan atau satu atau dua anak tangga ke pintu utama. Pintu masuk di mana tangga mengarah ke bawah permukaan jalan ke ruang bawah tanah, tidak cukup terlihat dan dapat diakses.

8. Pintu Keluar Darurat

Saat merencanakan pintu keluar darurat di denah lantai restoran Anda, petakan semua pintu keluar yang Anda miliki. Maka Anda harus membuatnya terlihat oleh semua orang. Selama proses evakuasi, tanda keluar dapat sangat membantu untuk mengosongkan restoran dengan cepat dan efisien.

Biasanya, pintu keluar darurat ini tidak digunakan sama sekali, jadi karyawan menggunakannya untuk tujuan lain, dan dengan begitu, mereka mungkin memblokir pintu keluar tersebut. Pastikan untuk membuatnya jelas dan dapat dilewati. Setiap ruangan di dalam restoran harus memiliki pintu keluar darurat untuk menghindari siapa pun terjebak saat terjadi kecelakaan. Juga, setiap ruangan harus memiliki alat pemadam kebakaran.

Apakah pintu keluar adalah jendela atau pintu, setiap ruangan membutuhkannya. Latih karyawan Anda untuk keadaan darurat dan atur latihan kebakaran sehingga mereka dapat mempersiapkan diri untuk situasi seperti itu.

Denah lantai untuk pintu keluar darurat restoran

Kredit gambar: smartdraw

9. Ruang Staf/Ruang Pribadi

Saat membuat denah restoran, pastikan untuk mengelompokkan semua area pribadi. Biasanya, ruang staf akan berada di sebelah area dapur atau kantor. Pastikan Anda memiliki cukup ruang bagi staf Anda untuk dapat beristirahat selama waktu istirahat.

Denah Lantai Untuk Restoran Kecil

Anda harus kreatif dalam kekurangan ruang dan menarik pusat perhatian dari ketidaksempurnaan Anda ke kekuatan Anda - kreativitas dan apa yang Anda tawarkan. Restoran membutuhkan banyak ruangan dan elemen yang berbeda. Namun, Anda dapat menggabungkan beberapa ruangan dan mengatur beberapa ruangan untuk menghemat ruang.

Jika ruangnya kecil, pastikan langit-langitnya tinggi karena akan membuat ruangan terlihat lebih besar secara visual dan lebih nyaman.

Berikut beberapa contoh desain restoran kecil yang kreatif:

Berikut contoh denah untuk restoran kecil:

Denah lantai untuk restoran kecil

Kredit gambar: CAD PRO

6 Tips Mendesain Tata Letak Denah Lantai Restoran Anda

Mendesain denah restoran memang tidak mudah, apalagi jika Anda memulainya dari awal. Ada begitu banyak hal yang perlu Anda lakukan, dan Anda akan merasa bahwa Anda tidak tahu harus mulai dari mana. Ini adalah proses yang sulit yang membutuhkan banyak organisasi dan waktu; namun, berikut adalah beberapa tips yang mungkin dapat membantu Anda selama proses tersebut.

  1. Aturan 60:40 untuk ruang : Staf depan (FOH) idealnya 60% dari ruang restoran Anda, dan bagian belakang harus 40%
  2. Ketahui tentang peraturan pemerintah : Sebelum membuat rencana restoran, pastikan untuk memeriksa semua persyaratan dengan pemerintah setempat karena dalam beberapa kasus, Anda perlu mendapatkan izin dan menyerahkan rencana tersebut.
  3. Buat rencana jangka panjang : Saat mendesain restoran Anda, Anda harus mempertimbangkan rencana jangka pendek dan jangka panjang Anda. Bahan yang ingin Anda gunakan, renovasi yang mungkin Anda miliki di masa depan. Apakah Anda akan berinvestasi dalam bahan terbaik dan menghindari perbaikan di masa mendatang, atau akankah Anda membangun restoran Anda selangkah demi selangkah sambil bekerja dan menghasilkan keuntungan?
  4. Pahami restoran Anda dari sudut pandang pelanggan : Ciptakan pengalaman hebat bagi tamu Anda, namun tetap fokus pada efisiensi dan turunkan biaya. Selama proses perancangan, tempatkan diri Anda pada posisi tamu Anda dan lihat ruang Anda dari mata tamu untuk melihat apa yang hilang atau apa yang bisa diperbaiki.
  5. Efisiensi sangat penting : Alur kerja yang efisien penting untuk memungkinkan staf yang melayani Anda memiliki jalur yang jelas dari ruang makan ke dapur. Fungsionalitas harus diutamakan daripada estetika.
  6. Aksesibilitas : Membuat restoran dapat diakses oleh setiap tamu Anda. Tambahkan ruang untuk kursi roda di samping tangga Anda.
Kembangkan bisnis makanan Anda dengan Waiterio POS

Bergabunglah dengan 40.000 restoran menggunakan sistem titik penjualan waiterio

The online ordering has been the perfect tool, especially with the ongoing COVID-19 pandemic as customers choose to limit face to face interaction. We have grown food delivery by over 112% which is solely due to the use of the free online ordering website.

- Matthew Johnson (Owner of MrBreakFastJa, Jamaica)

Download Gratis

Artikel Terbaru