Ide Pemasaran Digital untuk Restoranmu

Ide Pemasaran Digital untuk Restoranmu

menggunakan internet untuk mempromosikan restoran

Diposting oleh Michael Elkins tanggal 19 Februari 2018

Restoran sukses di zaman sekarang umumnya mempromosikan restorannya melalui iklan organik dan iklan berbayar. Pemasaran digital (digital marketing) dianggap sangat penting karena orang-orang dapat menggunakan GPS di ponsel mereka untuk mencari restoran atau toko terdekat, memeriksa menu yang ada di restoran dan membaca ulasan. Pengunjung restoran dapat menggunakan ponselnya untuk memesan tempat, memesan makanan untuk dibawa pulang atau diantarkan ke rumahnya. Metode digital juga dapat dimanfaatkan untuk mencari pegawai, meningkatkan kesetiaan pelanggan dan melambungkan nama restoranmu.

Kamu perlu mengoptimalkan restoranmu di mesin pencari untuk memaksimalkan potensi restoranmu. Idealnya, nama restoranmu harus muncul di paling atas di Search Engine Return Page (halaman balik mesin pencari), atau disingkat SERP. Contoh dari pencarian organik adalah saat orang mengetik frasa kata kunci seperti "restoran pizza" atau "restoran fusion terdekat" di mesin pencari, nama restoranmu muncul di daftar teratas. Proses mengoptimalkan restoranmu agar muncul di daftar teratas mesin pencari disebut Search Engine Optimization, atau disingkat SEO. Pemasaran digital terbagi menjadi dua: iklan berbayar dan iklan organik (SEO)

Harga untuk iklan berbayar biasa dihitung melalui jumlah klik, atau disebut Pay-per-Click (PPP). Metode ini efektif untuk meningkatkan Web Traffic (jumlah kunjungan ke web-mu) dengan cepat. Kamu hanya mengeluarkan uang saat ada orang yang mengeklik iklanmu. Kamu bisa menulis sendiri iklannya atau menyewa seorang copywriter. Kamu perlu membuat iklan yang menarik perhatian. Tulis deskipsi restoranmu dengan tepat dan gunakan kata kunci yang kemungkinan besar akan diketik orang di mesin pencari. Iklan berbayar di mesin pencari adalah pemasaran digital paling populer ke-4 bagi restoran.

Pemasaran SEO

Tidak seperti iklan berbayar, iklan organik (SEO) mungkin membutuhkan waktu untuk membuahkan hasil. Namun, metode ini dapat menarik pelanggan secara stabil. Kunci keberhasilan metode ini adalah tulis profil restoranmu secara menarik di internet. Optimalkan konten di situsmu untuk mesin pencari dengan mengikuti panduan dari Google dan mesin pencari lainnya. Google adalah mesin pencari paling populer, jadi sebagian besar pemilik restoran mengoptimalkan situs restorannya untuk mesin pencari Google. Kamu bisa menemukan informasi mengenai panduan SEO Google dengan mengeklik tautan ini.

Contoh dari Off-page SEO adalah mempublikasikan nama restoranmu di forum lain seperti media sosial, situs ulasan restoran, organisasi bisnis, perusahaan kupon dan media lokal. Iklan organik (SEO) memang gratis, namun kamu tetap perlu mengeluarkan uang untuk membuat konten baru di situsmu, meneliti di internet dan menjalin hubungan dengan calon pelanggan. Tips di bawah ini dapat membantumu meningkatkan jumlah Web Traffic (kunjungan web) dan jumlah pesanan di restoranmu:

Mengklaim Listing Gratis

Kutipan lokal sangat penting untuk membangun profil restoranmu di internet. Yang termasuk kutipan lokal: listing, mention dan tautan website menuju situs lain. Listing, daftar bisnis, situs ulasan restoran seperti Yelp, Google Maps dan media lokal seperti surat kabar, majalah, dll, semua itu dapat kamu temukan di direktori online.

Sebagian besar situs di atas menawarkan listing gratis untuk bisnis lokal, dan banyak dari mereka yang menampilkan informasi dari sumber lain tanpa memverifikasi terlebih dahulu apakah informasinya masih valid dan akurat. Oleh karena itu, kamu perlu memeriksa informasi restoranmu di internet. Dengan bagi, kamu bisa memperbaiki informasi yang salah, memperbarui kontak dan memberikan tanggapan terhadap ulasan negatif, postingan blog dan artikel berita.

Sebuah studi menemukan bahwa konsumen menghargai restoran yang tanggap dalam menanggapi keluhan. Dengan memantau reputasi restoran, kamu dapat memberi tanggapan terhadap ulasan negatif dan membuat konsumen terkesan karena dedikasimu terhadap pelayanan konsumen.

Mengoptimalkan Pemasaran Digital Lokal untuk Restoran

Ada banyak peluang pemasaran lokal yang tersedia secara online. Kamu dapat menggunakan teknologi GPS untuk mempromosikan menu sarapan, makan siang dan makan malam di restoranmu ke konsumen terdekat. Kalau kamu sudah mengklaim listing gratis di internet, cara ini dapat mengantarkan pelanggan reguler dan turis ke pintu restoranmu. Pemasaran lokal adalah cara yang bagus untuk mempromosikan menu spesial, menu baru, acara restoran seperti acara mencicipi dan pesta keberhasilan. Kamu juga dapat mempromosikan restoranmu ke pabrik dan kantor terdekat. Kalau kamu mendapat izin untuk promosi di festival, pertandingan olahraga dan sekolah, promosikan restoranmu dengan konten menarik tentang menu, staf, bahan makanan dan cerita menarik di balik layar.

Melakukan Promosi di Media Sosial

Langkah pertama untuk mempromosikan restoran di media sosial adalah memilih platform yang paling penting. Kalau target audience-mu adalah pegawai kantoran, beriklan di LinkedIn adalah pilihan yang bagus. Platform seperti Facebook, Twitter dan Instragram sangat cocok untuk semua jenis restoran karena kamu dapat memilih target pelanggan, memposting foto dan video makananmu yang menggugah selera, dan menulis konten menarik yang kemungkinan besar akan dibagikan target audience-mu kepada teman-temannya.

Tempatkan selalu tombol "share" di tempat yang mudah terlihat di situs web-mu. Sesuaikan konten dengan platform-nya, seperti memilih konten visual untuk Instagram, Facebook dan Pinterest. Pesan singkat sangat ideal untuk promosi di Twitter. Kalau punya daftar email yang para pemiliknya setuju untuk dikirim pesan SMS, kamu bisa mengirim pesan promo berdasarkan waktu seperti menu spesial harian, informasi tentang acara yang akan datang, dll.

buku catatan jejaring sosial Facebook Instagram

Menggunakan Website untuk Mempromosikan Menu

Ada dua alasan mengapa situs web restoranmu harus berfungsi, mudah dinavigasi, dan berisi konten berkualitas. Alasan pertama yaitu: calon konsumen hanya tahu restoranmu dari apa yang mereka lihat di internet, sehingga desain website sangatlah penting untuk memberikan kesan pertama. Alasan kedua yaitu: desain responsif, kemudahan navigasi, dan konten berkualitas sangat penting kalau kamu ingin website-mu muncul paling atas di pencarian SEO.

Website di zaman sekarang perlu dioptimalkan untuk ponsel. Konsep ini disebut desain responsif, dan itu berarti tampilan website-mu harus terlihat rapi di semua jenis layar dan browser. Sebagai contoh, di layar ponsel yang cenderung kecil, tombol besar dapat membantu konsumen melakukan reservasi dan memesan makanan lebih mudah. Kalau website-mu lemot atau tidak berfungsi, kamu akan kehilangan pelanggan.

Memposting menu di website sendiri dan platform lain juga tidak kalah penting. Menu restoran adalah alat promosi paling penting. Oleh sebab itu, posting foto makanan yang menggugah selera serta penjelasannya yang menarik untuk meningkatkan jumlah penjualan.

Kamu juga dapat menggunakan papan elektronik untuk menampilkan menu, promo spesial dan konten agar pengunjung restoranmu dapat membacanya saat berada di ruang makan. Kualitas tulisan menentukan tingkat respons pembaca.

Siaran Pers dan Postingan Blog

Siaran pers dapat menjadi alat pemasaran digital yang efektif. Kunci keberhasilannya yaitu kamu harus memberikan siaran pers yang layak diberitakan. Sebagai contoh, kamu dapat mengumumkan menu baru, perubahan staf, atau prestasi restoran. Kamu dapat menulis siaran pers tentang berbagai jenis makanan dan minuman. Informasi gizi dan diet juga termasuk topik yang populer.

Pesan Promosi Khusus

Dengan menggunakan analisis pemasaran inbound, kamu dapat mendata demografi pelangganmu dengan sangat akurat. Dengan ini, kamu dapat menyesuaikan pesan promosi berdasarkan data pelanggan. Sebagai contoh, kamu dapat mengirim email berisi kupon kepada pelanggan yang berulang tahun, memberi ucapan selamat kepada pasangan di hari jadi mereka, menawarkan restoran sebagai tempat untuk pesta kelulusan sekolah, dan mengincar konsumen berdasarkan preferensi makanan, jenis kelamin, umur, pendapatan dan data lain.

Membuat Program Berhadiah dengan Laporan Internal Otomatis

Semenjak pemasaran digital menjadi lazim, program berhadiah telah mengalami beberapa perubahan. Dulu, program berhadiah ditandai dengan pemberian kupon. Namun karena terlalu banyak kupon, orang-orang jadi berhenti menggunakannya. Dengan teknologi digital, kamu dapat mencatat data pengujung secara otomatis melalui sistem POS-mu. Hal ini mudah dilakukan kalau kamu menggunakan sistem POS seperti Waiterio yang simple dan murah. Dengan sistem POS Waiterio, kamu dapat mengelola program berhadiah dengan cara mencatat data pengujung secara otomatis. Teknologi digital memungkinkan kamu untuk menawarkan berbagai insentif dan memberi konsumen pilihan untuk mengklaim hadiah.

Membangun Jaringan di Internet untuk Meningkatkan Penjualan

Dengan meluangkan waktu untuk membangun jaringan di internet, kamu dapat meningkatkan penjualan dan membangun kesetiaan pelanggan. Sebagai contoh, kalau kamu punya bar bertema olahraga, kamu dapat memposting artikel atau beriklan di situs yang berkaitan dengan olahraga. Kamu juga dapat bergabung dengan organisasi bisnis di daerah sekitar, dan mengikuti pertemuan untuk para pemilik bisnis. Kamu dapat meminta orang-orang di organisasi bisnis untuk mempromosikan restoranmu di salah satu surat kabar mereka. Selain itu, banyak organisasi bisnis yang memberikan akses ke daftar fax dan email anggota mereka, yang dapat kamu manfaatkan untuk mempromosikan restoranmu.

Banyak pemilik restoran yang bekerja sama dengan perusahaan lain, dan mempromosikannya di internet. Kamu dapat bekerja sama dengan perusahaan mana saja yang memuji restoranmu. Contoh dari promosi ini yaitu:

  • Bekerja sama dengan perusahaan ride-hailing app seperti GO-JEK.
  • Bekerja sama dengan toko bunga atau perusahaan permen untuk mempromosikan acara-acara khusus seperti Hari Valentine.
  • Menyediakan paket wisata yang sudah meliputi biaya makan, hotel, tiket museum dan atraksi lokal.
  • Mempromosikan merchandise tim olahraga lokal dan mengundang salah satu atletnya untuk tampil di restoranmu.
  • Mengadakan acara amal di mana sebagian hasil penjualan akan disumbangkan untuk orang yang membutuhkan.

Berikut adalah ide untuk mempromosikan restoranmu secara online, baik di website sendiri maupun di platform media sosial. Kamu juga dapat melakukan promosi di media lokal atau dengan cara gerilya.

Rating di Situs Ulasan dan Kupon

Situs ulasan restoran dan perusahaan kupon bertujuan untuk mempromosikan restoran, memposting menu, dan memberi tahu kalau ada promo seperti promo harian. Ulasan dapat berdampak positif atau negatif, namun kamu dapat meminimalisir dampak negatif dengan tanggap memberikan respons terhadap ulasan buruk atau keluhan pelanggan.

Terlepas dari suka atau tidak, situs ulasan seperti Yelp sangat penting bagi pemilik restoran. Pemilik restoran yang cerdas akan memanfaatkan ulasan bagus sebaik mungkin, dan meminimalisir dampak dari ulasan negatif. Kamu dapat mengaktifkan nama restoranmu di Google Alert, sehingga kamu dapat memantau apa yang dikatakan orang lain tentang restoranmu.

Semakin lama kamu menghabiskan waktu untuk SEO, maka profil restoranmu di internet akan semakin kuat. Kunci keberhasilannya adalah memposting konten baru secara berkala, mengawasi reputasi restoranmu di internet, membangung jaringan secara efektif, dan melakukan promosi di media sosial.

Kembangkan bisnis makanan Anda dengan Waiterio POS

Bergabunglah dengan 40.000 restoran menggunakan sistem titik penjualan waiterio

The online ordering has been the perfect tool, especially with the ongoing COVID-19 pandemic as customers choose to limit face to face interaction. We have grown food delivery by over 112% which is solely due to the use of the free online ordering website.

- Matthew Johnson (Owner of MrBreakFastJa, Jamaica)

Download Gratis

Artikel Terbaru