Teknologi yang Penting untuk Restoran di Zaman Sekarang

Teknologi yang Penting untuk Restoran di Zaman Sekarang

bijak berinvestasi dalam teknologi serbaguna

Diposting oleh Michael Elkins tanggal 13 Desember 2017

Kamu tidak perlu ruang kendali (command center) digital untuk menggunakan teknologi secara efektif guna melambungkan nama, mempromosikan restoran, dan berinteraksi dengan pelanggan. Namun, memahami peran teknologi untuk restoran di zaman sekarang sangatlah penting. Teknologi yang dimaksud yaitu teknologi digital dan teknologi non-digital seperti peralatan canggih. Namun, artikel ini akan berfokus pada teknologi digital. Peralatan canggih memang menarik, tetapi tidak begitu penting bagi chef yang sudah berpengalaman dan pintar mencari jalan keluar.

Teknologi bisa mendorong komunikasi dua arah dan membuka peluang untuk mendapat penghasilan tambahan seperti dari layanan katering. Terdapat peluang yang sangat besar untuk melakukan promosi di media sosial, seperti menyelenggarakan kontes fotografi yang bisa mendorong orang untuk mengundang temannya untuk berkumpul di restoranmu, serta membagikan ulasan dan foto di media sosial.

Pada tahap perencanaan, kamu diminta untuk memilih teknologi yang akan dipakai untuk mempromosikan restoranmu. Paling tidak, kamu perlu sistem point-of-sale (POS), situs web yang responsif, dan aplikasi manajemen. Kamu bisa menambahkan teknologi lain seiring berkembangnya restoranmu, tetapi akan lebih mudah bila kamu mengutamakan teknologi yang penting dulu guna memanfaatkan internet marketing.

Memberi Pengalaman yang Luar Biasa bagi Pelanggan

Saat ini bagi sebagian besar orang, pengalaman pelanggan lebih penting dari rasa makanan. Pengalaman pelanggan mencakup semua aspek operasi restoran, mulai dari komunikasi dua-arah sampai memberikan informasi secara real-time mengenai bahan makanan dan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Karena itulah saat ini, banyak pelanggan yang lebih tertarik pada proses daripada hasil. Teknologi digital diperlukan untuk memberi pengalaman yang luar biasa bagi pelanggan restoran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi restoran bisa memberi pengalaman yang luar biasa bagi pelanggan. Teknologi bisa mempercepat proses pemesanan, mengurangi kesalahan, memberikan pengalihan selagi pelanggan menunggu untuk diberi tempat duduk, dan memungkinkan mereka untuk terhubung dengan media sosial favorit saat bersantap. Pelanggan bisa membaca ulasan dari pengunjung lain secara real-time, menerima bonus dan hadiah, serta mempercepat transaksi di bagian layanan tanpa turun (drive-thru). Penggunaan teknologi untuk memberi pengalaman pelanggan yang luar biasa yaitu:

  • Menggunakan Layar Digital untuk Menampilkan Menu dan Promosi

    Dengan layar menu digital, kamu bisa mempromosikan menu tertentu dan mengubah atau menampilkan informasi seperti menu spesial hari ini secara mudah. Menu digital bisa mempercepat proses pemesanan dan membantu mendapat keuntungan lebih cepat. Bila punya lebih dari satu restoran, kamu bisa mengelola setiap restoran dan mengendalikan pesan di sejumlah layar.

    Salah satu manfaat terbesar dari layar digital yaitu bisa menawarkan menu tertentu kepada pengunjung secara tidak langsung. Kita tidak bisa terus-menerus mengandalkan staf restoran untuk menawarkan menu tertentu. Dengan layar digital, kamu bisa menawarkan menu, merchandise, dan layanan lain seperti layanan pesan-antar, katering, atau food truck.

  • Menambah Hiburan yang Ada

    Setiap restoran membutuhkan sound system untuk musik pengiring. Namun saat ini, banyak restoran yang sudah menyediakan hiburan lain seperti bermain game sambil menunggu, postingan langsung di media social, karaoke, laporan berita dan informasi pariwisata lokal.

    Biasanya TV layar lebar sering digunakan untuk menampilkan pertandingan olahraga. Kamu juga bisa menggunakan teknologi ini untuk memberi ucapan selamat kepada pelanggan yang sedang berulang tahun atau merayakan sesuatu.

  • Memperlancar Komunikasi di Restoran

    Teknologi bisa memperlancar komunikasi antarstaf restoran. Staf di bagian dapur bisa memberi tahu pramusaji saat menu tertentu sudah habis. Selain itu, keluhan pelanggan bisa segera disampaikan ke manajer.

  • Tips, Trik, dan Video Tutorial dari Chef Restoranmu

    Semakin banyak chef selebriti yang merekam video tentang proses memasak beserta resepnya. Beberapa ada yang menawarkan kelas memasak dan tips dalam menggunakan peralatan memasak. Kamu bisa menggunakan teknologi di bidang perfilman dan/atau membuat ruang khusus untuk kelas memasak.

  • Memposting Konten di Media Sosial Secara Real-Time

    Kamu bisa memposting ulasan, testimoni, dan informasi mengenai berbagai jenis hidangan di halaman media sosialmu. Postingan berupa menu spesial hari ini juga bisa mendorong pelanggan untuk mengambil foto dan membagikannya di media sosial.

  • Memberikan Penawaran dan Kupon

    Kamu bisa menggunakan teknologi untuk mengingatkan pelanggan restoranmu saat ada promo atau penawaran khusus. Kamu juga bisa mengincar orang di sekitar yang GPS-nya sedang aktif.

  • Layanan Tanpa-Turun yang Lebih Baik

    Dengan teknologi digital, pelanggan bisa memesan menu sebelum tiba di bagian layanan tanpa-turun untuk mempercepat transaksi. Pelanggan bisa menghemat bensin dengan menunggu pesanan di tempat parkir.

gunakan ponsel sebagai sistem POS

Sistem POS--Tulang Punggung Teknologi Digital

Menurut sebuah penelitian yang ditulis di artikel tentang tren teknologi restoran, 65% pelanggan lebih suka membayar dengan kartu kredit atau debit untuk menu yang harganya murah, seperti kopi. Sementara itu, 90% pelanggan lebih suka menggunakan uang asli untuk membayar menu yang harganya mahal. Metode pembayaran yang mudah bisa mempercepat proses pemesanan dan transaksi, sehingga sistem POS bisa meningkatkan hasil penjualan dengan mudah.

Namun sayangnya, beberapa sistem POS membutuhkan investasi yang lumayan besar dalam perangkat keras seperti tablet, stasiun pemesanan, dan printer. Karena itu, sistem POS dari Waiterio sangat ideal untuk pemula dan restoran menengah ke bawah. Sistem POS Waiterio mudah digunakan sehingga tidak butuh waktu lama untuk mempelajarinya. Staf restoran bisa mengunduh aplikasi ini di ponsel mereka sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk sistem POS.

Kamu bisa menggunakan ponsel yang relatif murah untuk menerima pesanan, meneruskan pesanan ke staf lain, mengelola tempat duduk secara lebih efektif, menerima pembayaran, dan mengurangi antrean panjang di bagian kasir, yang manamemperlancar dan membuat strategi desain restoran dan pola kerja jadi lebih sederhana. Itulah kegunaan dari teknologi hemat biaya: mendapat keuntungan dengan aplikasi yang lebih murah dan mudah digunakan. Keuntungan lain dari sistem POS yang serbaguna yaitu:

  • Pelanggan bisa memesan sesuai jadwal mereka.
  • Pemesanan melalui ponsel bisa mengurangi kesalahan dan mempercepat transaksi.
  • Kamu bisa mengubah harga dan menambah menu makanan dengan mudah.
  • Staf restoran bisa menerima pesanan lebih cepat dan menghabiskan waktu lebih banyak berinteraksi dengan pelanggan.

Teknologi digital bisa memberikan pengalaman yang luar biasa bagi pelanggan, namun infrastruktur pendukungnya perlu dibangun sebagai bagian integral dari desain dan strategi restoran. Dengan teknologi, restoran bisa berbagi informasi di berbagai platform. Karena itu, kamu perlu data yang banyak saat membuka bisnis baru.

Teknologi hanyalah sebagian masalah yang dihadapi restoran. Kita akan membahas separuhnya lagi, yaitu masalah SDM, di artikel berikutnya. Rintangan besar pasti muncul saat mencari, melatih, dan mengelola staf restoran. Namun, dengan teknologi yang tepat, kamu bisa mempermudah dan membuat proses rekrutmen, pelatihan, dan manajemen SDM jadi serba otomatis.

Kembangkan bisnis makanan Anda dengan Waiterio POS

Bergabunglah dengan 40.000 restoran menggunakan sistem titik penjualan waiterio

The online ordering has been the perfect tool, especially with the ongoing COVID-19 pandemic as customers choose to limit face to face interaction. We have grown food delivery by over 112% which is solely due to the use of the free online ordering website.

- Matthew Johnson (Owner of MrBreakFastJa, Jamaica)

Download Gratis

Artikel Terbaru