Jenis Layanan Restoran: Gaya Mana yang Harus Anda Gunakan?

Jenis Layanan Restoran: Gaya Mana yang Harus Anda Gunakan?

Temukan di sini semua tentang berbagai jenis layanan restoran atau gaya layanan

Diposting oleh Victor Delgadillo tanggal 4 Oktober 2021

Anda tidak tahu apa saja jenis layanan restoran?

Tidak yakin jenis layanan apa yang harus dipilih untuk bisnis makanan Anda?

Ada beberapa jenis layanan restoran yang dapat Anda gunakan di restoran Anda, selain gaya yang paling umum saat ini - layanan gaya Amerika.

Dalam artikel ini saya akan berbicara tentang:

  • Berbagai jenis layanan yang ada
  • Kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis layanan
  • Tentang jenis layanan tidak biasa lainnya
  • Dan tentang bagaimana Anda dapat memilih jenis layanan terbaik untuk restoran Anda

Ketika Anda selesai membaca artikel ini, Anda akan memiliki pemahaman yang lengkap tentang berbagai pilihan layanan yang dapat Anda pilih untuk restoran Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengikuti panduan sederhana tentang cara memilih jenis terbaik untuk bisnis makanan Anda.

Mari kita mulai!

Jenis Gaya Layanan Restoran Yang Paling Umum

Pelayan menyajikan makanan dengan layanan gaya Amerika

Jenis gaya layanan restoran yang paling umum yang ada adalah yang sama yang telah digunakan dalam seratus tahun terakhir.

Anehnya, hanya sedikit yang berubah dalam hal menjalankan restoran dan berbagai cara di mana makanan disajikan kepada pengunjung.

Tentunya setiap jenis layanan memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus Anda pertimbangkan sebelum menerapkannya di restoran Anda.

Selanjutnya, saya akan memberi tahu Anda tentang yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Layanan Gaya Amerika

pelayan menyajikan makanan

Layanan gaya Amerika adalah gaya layanan yang paling umum digunakan saat ini di seluruh dunia. Dalam jenis layanan ini, makanan disepuh dengan cara yang spesifik dan standar dari dapur restoran.

Kemudian, disajikan oleh pelayan restoran di meja, di mana pengunjung dapat menikmatinya.

Ini adalah jenis layanan yang sederhana dan mudah.

Ini memiliki banyak keuntungan. Misalnya, membatasi jumlah makanan yang digunakan dalam penyajian karena setiap piring berukuran sama.

Selain itu, Anda dapat mengurangi kerugian dan sisa makanan, serta memudahkan penghitungan porsi, biaya makanan, dan administrasi umum dapur.

Juga, ini mengurangi kesalahan pelayan, karena mereka hanya membawa makanan ke meja dan memenuhi kebutuhan khusus pengunjung.

Keuntungan lain adalah pelanggan hanya menerima makanan, tidak berisiko membuat kesalahan, dan menikmati sepenuhnya layanan yang ditawarkan oleh restoran.

Kerugian dari jenis layanan ini adalah bahwa peran restoran tidak interaktif, tetapi diturunkan untuk menerima makanan dan menikmatinya - ini membuat pengalaman menjadi biasa dan membosankan.

Swalayan

prasmanan dengan layanan mandiri

Jenis layanan ini melibatkan restoran yang menyajikan makanan mereka dari meja atau konter dengan beberapa pilihan.

Jenis layanan ini sebagian besar digunakan di restoran prasmanan.

Keuntungan utama dari jenis layanan ini adalah tidak memerlukan banyak personel.

Selain itu, pelanggan mungkin berakhir dengan penyajian berlebihan, yang sangat bagus untuk penjualan restoran.

Di sisi lain, ini adalah jenis layanan yang berisiko karena tidak selalu mungkin untuk memastikan bahwa makanan akan dijual secara keseluruhan - meskipun ini lebih berkaitan dengan jenis restoran daripada layanannya.

Layanan Restoran Cepat Saji atau Restoran

McDonald's drive-thru

Layanan restoran cepat saji meminimalkan interaksi antara pengunjung dan pelayan - yang terakhir terkadang bahkan tidak ada di restoran jenis ini.

Jenis layanan ini dimulai ketika pelanggan muncul di konter, memesan makanan, membayar makanan, dan kemudian mengantre untuk menerima makanan mereka.

Biasanya diterapkan di rantai restoran atau waralaba seperti KFC, Burger King, dan McDonald's.

Kelemahan utama dari jenis layanan ini adalah tidak ada yang istimewa karena tidak didasarkan pada kesopanan, tetapi efisiensi dan kecepatan. Semakin cepat restoran dapat duduk untuk makan atau pergi, semakin baik.

Jenis layanan ini juga mencakup layanan langsung di mobil, yang dipopulerkan oleh McDonald's dengan drive-thru ikoniknya.

Layanan Bergaya Prancis

Piring dengan kalkun panggang

Layanan bergaya Prancis adalah salah satu jenis layanan restoran klasik yang paling menarik, tetapi saat ini jarang digunakan karena kerumitannya.

Dalam jenis layanan ini, pelayan atau server menyajikan kepada klien berbagai persiapan yang ditampilkan di piring yang dapat mereka pilih.

Restoran harus memilih makanan yang paling menarik dan menyajikannya sendiri menggunakan garpu dengan tangan kiri, dan sendok dengan tangan kanan.

Alat makan yang digunakan tidak sama dengan yang digunakan oleh rumah makan tetapi khusus digunakan untuk makanan yang akan disajikan.

Jenis layanan ini memiliki beberapa kelemahan.

Pertama-tama, ini membutuhkan banyak staf untuk layanan, karena setidaknya satu server per pelanggan di setiap meja.

Selain itu, ini rumit karena pelayan harus memperhatikan pengunjung untuk mengetahui apakah mereka menginginkan lebih banyak makanan, dan mendekatkan piring ke mereka.

Mereka juga dapat meningkatkan kerugian restoran dan sisa makanan - meskipun gaya layanan ini biasanya tidak disertai dengan teknik penghitungan biaya yang umum.

Gaya layanan ini lebih banyak digunakan di hotel dan restoran semi-swasta yang memiliki staf yang cukup untuk menawarkannya, selain bekerja dengan klien terbatas di bawah reservasi.

Layanan Bergaya Inggris

Layanan bergaya Inggris sangat mirip dengan layanan bergaya Prancis, tetapi mengubah satu detail penting - pelayan, dalam hal ini, adalah orang yang menyajikan makanan.

Jenis layanan ini memiliki kelemahan yang mirip dengan jenis layanan Prancis, ditambah lagi sedikit lebih kompleks dan memiliki aturan yang lebih spesifik.

Misalnya, hidangan yang digunakan oleh restoran harus memiliki urutan tertentu, begitu pula dengan peralatan makannya.

Selain itu, pelayan harus dilatih untuk jenis layanan ini, karena mereka dapat membuat kesalahan serius, seperti melewatkan makanan, mengotori meja, mengotori restoran, dan banyak lagi.

Jenis layanan ini juga membutuhkan banyak staf, sehingga tidak banyak digunakan - meskipun lebih banyak digunakan daripada layanan Prancis.

Layanan Guéridon

Kereta troli restoran atau gueridon

Layanan guéridon adalah jenis layanan yang hampir terlupakan, ditandai dengan penggunaan gerobak yang disebut guéridon (dalam bahasa Prancis) di mana makanan disajikan kepada pengunjung.

Makanan kemudian disajikan langsung di depan restoran oleh server atau pelayan terlatih yang memotong makanan, yang biasanya kalkun utuh atau panggang.

Jenis layanan ini memiliki banyak kelemahan. Ini membutuhkan banyak server terlatih, kerja tim, dan alat yang berbeda untuk menyajikan makanan.

Selain itu, seperti layanan bahasa Inggris atau Prancis, dibutuhkan banyak staf untuk mengulangi proses tersebut dengan pengunjung lainnya.

Jenis layanan ini hampir tidak digunakan lagi karena kerumitannya.

Jenis Layanan Restoran Lainnya

Ada banyak jenis layanan lain yang saat ini digunakan di restoran inovatif di seluruh dunia. Biasanya, ini adalah jenis layanan di restoran eksperimental atau jenis masakan mewah, seperti masakan molekuler .

Memasak dan Menyajikan secara Real-Time atau Pertunjukan Memasak

Dalam jenis layanan ini, koki bekerja langsung di depan pengunjung untuk menyiapkan hidangan. Ini adalah jenis layanan interaktif, di mana koki berbicara langsung dengan pengunjung saat menyiapkan makanan, sambil melakukan trik, seperti memamerkan keterampilan memasaknya.

Ini adalah gaya layanan yang sangat menarik dan atraktif. Namun, membutuhkan fasilitas khusus, dapur terbuka, dan di samping itu, membawa banyak risiko bagi pelanggan dan koki.

Ini juga merupakan layanan yang agak kasar.

Menyajikan Makanan Langsung di Meja

Tren menarik di berbagai jenis restoran adalah menyajikan makanan langsung di atas meja.

Ini adalah pengalaman yang sangat menarik yang tidak akan Anda temukan atau terapkan di restoran mana pun, karena ini terkait langsung dengan konsep restoran itu sendiri.

Gaya pelayanan ini melibatkan banyak persiapan khusus, dan tentu saja, beberapa batasan.

Misalnya, meja yang digunakan untuk servis harus dibersihkan secara konstan dan menyeluruh, dan juga harus terbuat dari bahan khusus yang berpori rendah - seperti talenan dan peralatan restoran lainnya .

Selain itu, di restoran jenis ini, beberapa hidangan tidak dapat disajikan, seperti krim atau sup.

Namun, ini adalah gaya layanan baru dalam industri makanan.

Bagaimana Memilih Jenis Layanan Terbaik untuk Restoran Anda?

Memilih di antara berbagai jenis layanan restoran cukup mudah.

Berikut adalah beberapa hal sederhana yang perlu dipertimbangkan ketika memilih jenis layanan yang tepat untuk restoran Anda.

Pertimbangkan Konsep Restoran Anda

Konsep restoran Anda terkait erat dengan semua detailnya, termasuk, tentu saja, layanannya. Oleh karena itu, Anda harus memilih jenis atau gaya layanan yang sesuai dengan sisa konsep dan tema restoran Anda.

Misalnya, bukan ide yang baik untuk memilih layanan bahasa Inggris untuk restoran cepat saji - itu tidak masuk akal.

Oleh karena itu, gaya layanan restoran Anda harus dirancang agar sesuai dengan restoran lainnya.

Pertimbangkan Klien Anda

Mengingat klien Anda sangat penting untuk memilih layanan yang tepat.

Misalnya, jika klien Anda adalah orang kaya yang menginginkan pengalaman yang nyaman dan personal, adalah ide yang baik untuk memilih jenis layanan di mana partisipasi mereka dikurangi untuk memesan hidangan dan mencicipinya.

Juga, Anda harus memilih jenis layanan yang disempurnakan.

Pertimbangkan Jumlah Staf yang Dibutuhkan

Jika Anda ingin memulai restoran yang membutuhkan sedikit staf, jenis layanan terbaik yang dapat Anda gunakan adalah layanan mandiri.

Di sisi lain, jika mempekerjakan banyak staf restoran tidak menjadi masalah, maka Anda dapat menggunakan jenis layanan lain.

Pertimbangkan Kompleksitas Layanan

Layanan yang kompleks melibatkan lebih banyak pekerjaan, persiapan, dan sejumlah besar variabel dibandingkan dengan layanan sederhana.

Jika Anda ingin menawarkan layanan yang mudah diatur, disiapkan, dan dijalankan, yang terbaik adalah tetap menggunakan layanan sederhana, seperti layanan gaya Amerika.

Tetapi jika Anda ingin menawarkan layanan khusus dan kompleks yang memerlukan tingkat pendidikan tertentu mengenai etiket dari server dan pengunjung, jenis layanan lain adalah pilihan terbaik.

Banyak Jenis Layanan, tetapi Pemenangnya Adalah…

Jenis layanan terbaik yang bisa Anda pilih adalah layanan ala Amerika. Jenis layanan ini adalah yang terbaik karena merupakan yang paling umum saat ini.

Ini bisa sangat bermanfaat untuk berintegrasi dengan restoran lain yang biasa digunakan oleh pengunjung.

Di sisi lain, menggunakan jenis layanan lain dapat membedakan restoran Anda dari pesaing, membantu Anda menawarkan pengalaman unik kepada pengunjung Anda, dan dengan mudah menyoroti restoran Anda.

Tentu saja, Anda harus mempertimbangkan aspek-aspek yang disebutkan di atas untuk membuat keputusan yang tepat.

Keputusan ini dapat sangat mempengaruhi restoran Anda, jadi Anda harus memilih layanan yang diterima oleh sebagian besar tamu Anda.

Sudahkah Anda memilih jenis layanan untuk restoran Anda?

Kembangkan bisnis makanan Anda dengan Waiterio POS

Bergabunglah dengan 40.000 restoran menggunakan sistem titik penjualan waiterio

The online ordering has been the perfect tool, especially with the ongoing COVID-19 pandemic as customers choose to limit face to face interaction. We have grown food delivery by over 112% which is solely due to the use of the free online ordering website.

- Matthew Johnson (Owner of MrBreakFastJa, Jamaica)

Download Gratis

Artikel Terbaru