Jenis Menu Restoran: Bagaimana Memilih yang Terbaik?

Jenis Menu Restoran: Bagaimana Memilih yang Terbaik?

Pelajari di sini tentang berbagai jenis menu restoran

Diposting oleh Victor Delgadillo tanggal 7 Oktober 2021

Anda tidak tahu berbagai jenis menu restoran?

Tidak yakin jenis menu apa yang harus dipilih untuk bisnis Anda?

Ada beberapa jenis menu restoran yang bisa Anda pilih untuk restoran Anda.

Menu restoran merupakan bagian penting dari strategi penjualan, jadi memilih jenis menu terbaik sangat penting untuk bisnis Anda.

Pada artikel ini, saya akan berbicara tentang:

  • Berbagai jenis menu restoran
  • Kelebihan dan kekurangan mereka
  • Dan semua yang harus Anda pertimbangkan untuk memilih jenis terbaik untuk bisnis Anda

Setelah Anda selesai membaca artikel ini, Anda akan mengetahui berbagai jenis menu, dan Anda akan mengetahui jenis menu terbaik yang dapat Anda gunakan di restoran Anda.

Mari kita mulai!

Jenis Menu Restoran

Dua jenis menu restoran

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, ada banyak jenis menu restoran.

Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang membuatnya sempurna untuk jenis restoran tertentu, dan pilihan yang buruk untuk jenis lainnya.

Juga, dalam pengalaman saya dan menurut penelitian saya, sebenarnya tidak ada klasifikasi yang berguna untuk berbagai jenis menu yang ada.

Oleh karena itu, saya telah membuat klasifikasi yang mudah dipahami, dan yang membantu wirausahawan baru memutuskan jenis menu yang terbaik.

Saya telah mengklasifikasikan berbagai jenis menu restoran menjadi empat kategori

  • Menu statis
  • Menu dinamis
  • Menu sesuai dengan makanan yang ditawarkan
  • Dan terakhir, menu fisik atau digital.

Selanjutnya, saya memberi tahu Anda secara mendalam tentang masing-masing jenis.

Menu Dinamis

Menu dinamis adalah menu yang tidak memiliki elemen atau item konstan dalam komposisinya.

Jenis utama menu dinamis adalah menu hari ini dan menu siklus.

Menu Hari Ini

Menu hari ini dan spesial hari ini

Menu hari ini adalah mereka yang menawarkan hidangan individu atau hidangan yang berbeda setiap hari.

Keunggulan menu jenis ini bermacam-macam.

Mereka adalah salah satu menu yang paling menarik dan serbaguna, karena mereka memungkinkan koki dan juru masak untuk memiliki kebebasan kreatif tentang apa yang disiapkan setiap hari.

Menu-menu ini juga bagus jika Anda memiliki restoran dengan beragam pilihan bahan yang dapat Anda gunakan, karena kemungkinannya tidak terbatas.

Perlu dicatat bahwa ini adalah jenis menu yang membuat restoran dengan penawaran gastronomi cukup luas dan unik untuk menarik para penikmat, kritikus, pecinta kuliner, dan banyak lagi.

Di sisi lain, ia memiliki dua kelemahan yang dapat menghilangkan opsi dengan segera.

Misalnya, koki dan juru masak harus memiliki banyak pengalaman dan kreativitas setiap saat untuk menjalankannya — kreativitas habis dan pengalaman tidak selalu tersedia.

Karena kelemahan-kelemahan ini, ada kemungkinan bahwa pelaksanaan hidangan tidak selalu cukup baik, dan menu hari itu tidak terlalu layak.

Menu Siklus

Jenis menu siklik

Menu siklis adalah menu yang, seperti namanya, berulang dalam pola siklus selama periode waktu tertentu.

Menu siklis memenuhi syarat sebagai menu campuran karena sebagian besar merupakan menu statis yang ekstensif, dan hanya sebagian dari menu yang digunakan setiap hari.

Inilah yang membuatnya dinamis — rotasi piringan.

Salah satu keunggulan utama dari menu jenis ini adalah membuat pelanggan tetap tertarik.

Banyak pelanggan mungkin memiliki hidangan favorit, sehingga Anda dapat yakin bahwa mereka akan kembali jika sudah tersedia.

Juga, karena memutar piring, itu membuat menu tetap menarik.

Ini juga membuat pekerjaan tetap menarik dan merupakan menu yang bagus jika Anda ingin membuat rotasi posisi di dalam dapur restoran sehingga semua juru masak tahu cara menyiapkan hidangan yang berbeda.

Di sisi lain, ini adalah jenis menu yang berisiko, karena kurangnya konsistensi dapat mengasingkan pelanggan yang memiliki hidangan favorit, tetapi yang tidak dapat memilikinya kapan pun mereka mau, tetapi pada hari-hari tertentu.

Menu Statis

Menu restoran statis

Menu statis adalah yang paling banyak digunakan di industri restoran.

Secara umum, mereka lebih mudah dirawat, lebih mudah untuk mengintegrasikan bahan-bahan yang tersedia secara luas, dan bagus untuk membuat pelanggan senang dengan hidangan yang sama.

Ada juga lebih banyak jenis menu statis:

  • Menu klasik
  • Menu tetap atau menu prix fixe
  • Menu ala carte
  • Mencicipi menu
  • Menu katering

Perlu dicatat bahwa menu statis tidak digunakan tanpa batas waktu, tetapi dapat diubah kapan saja tergantung pada kenyamanan perubahan.

Menu Klasik

menu klasik restoran & bar

Menu statis klasik adalah jenis yang dapat Anda temukan di sebagian besar jenis restoran saat ini.

Ini adalah menu dengan ukuran berbeda yang memiliki hidangan khusus untuk layanan restoran.

Ini tidak berubah kecuali jika diterapkan dalam hubungannya dengan hari khusus, bahwa itu adalah hidangan khusus yang berubah setiap hari.

Jenis menu ini sangat bagus karena memerlukan sedikit perawatan dan dapat diterapkan di mana saja dengan akses ke bahan yang sama sepanjang tahun.

Mereka juga sangat baik untuk membangun loyalitas pelanggan di restoran Anda, terutama jika semua hidangan di menu sangat bagus dalam hal kualitas — belum lagi profitabilitas.

Di sisi lain, jenis menu ini tidak terbatas, dan bukanlah ide yang baik untuk percaya bahwa penjualan akan selalu baik. Sebaiknya pertimbangkan untuk menambahkan hidangan baru atau mempelajari penjualan setiap hidangan dan menghilangkan yang paling sedikit terjual untuk mengoptimalkan menu.

Selain itu, pelanggan dapat bosan dengan penawaran kuliner yang sama, jadi ada baiknya untuk memvariasikan berbagai hal dengan membuat menu baru, tentu saja menambahkan hidangan favorit pelanggan tetap Anda.

Menu Tetap atau Menu Prix Fixe

mencicipi menu atau menu prix fixe

Menu tetap, harga tetap, atau menu prix fixe, adalah menu yang memiliki rangkaian hidangan dan harga yang ditentukan.

Mereka biasanya terdiri dari makanan pembuka, sup atau salad, makanan pembuka, hidangan utama, dan makanan penutup. Mereka mungkin memiliki pilihan yang berbeda untuk setiap jenis hidangan, tetapi harga akhir telah dihitung sehingga selalu sama.

Jenis menu ini sangat mirip dengan mencicipi menu. Perbedaan utama adalah bahwa hidangan pada menu pencicipan terdiri dari lebih banyak hidangan, dan tujuannya adalah untuk menyajikan hidangan terbaik yang dibuat oleh koki kepada pengunjung.

Di sisi lain, hidangan harga tetap dimaksudkan untuk menawarkan makanan yang sama kepada semua pengunjung, dengan harga yang sama.

Menu la carte

Menu la carte adalah menu yang menempatkan setiap hidangan satu per satu pada menu, baik itu kontur, hidangan utama atau makanan pembuka, dan banyak lagi. Semua ditampilkan secara individual dan dengan harganya.

Ini memberi pengunjung kebebasan untuk memutuskan apa yang ingin mereka makan, tanpa harus memilih hidangan yang telah ditentukan sebelumnya.

Keuntungan utama dari jenis menu ini adalah bahwa mereka sangat serbaguna, yang dihargai oleh pelanggan.

Ini juga memastikan hidangan berkualitas tinggi, karena masing-masing dibuat secara individual, dan dapat disempurnakan.

Di sisi lain, jenis menu ini bukan yang paling cocok untuk semua dapur restoran. Ini akan membutuhkan organisasi, persiapan, dan kerja tim yang sangat baik sehingga setiap hidangan siap pada waktu yang sama.

Hal ini dapat memperumit proses memasak, karena beberapa stasiun akan diperlukan untuk memenuhi setiap pesanan — meskipun ini juga tergantung pada seberapa luas menunya.

Ini juga dapat meningkatkan kesulitan layanan, karena lebih banyak pelayan akan diperlukan untuk menyajikan hidangan yang berbeda, tergantung pada pesanan — beberapa jenis layanan restoran lebih cocok untuk jenis menu ini.

Mencicipi Menu

Menu mencicipi terdiri, seperti yang saya sebutkan sebelumnya, dari berbagai hidangan yang dipilih oleh koki untuk menyenangkan pengunjung dengan pengalaman, keterampilan, dan tekniknya.

Selain itu, setiap hidangan telah dibuat untuk menyelaraskan satu sama lain dan untuk menawarkan pengalaman yang homogen dan mengesankan bagi setiap klien.

Keuntungan utama dari jenis menu ini adalah memiliki banyak hidangan — yang mungkin atau mungkin tidak diatur untuk menawarkan pengalaman tertentu.

Keuntungan lainnya adalah bahwa ini adalah menu yang dibuat untuk menyenangkan pelanggan dengan semua persiapan, sehingga masing-masing memiliki kualitas tinggi dan menciptakan kesan yang baik pada pengunjung.

Menu mencicipi menghasilkan banyak keuntungan bagi restoran, karena tergantung pada komposisinya, dan karena digunakan di restoran haute cuisine, harganya bisa mahal.

Ada beberapa kelemahan untuk jenis menu ini.

Yang utama adalah bahwa mereka tidak dapat digunakan di semua restoran.

Mereka biasanya digunakan di restoran berkualitas tinggi, yang juga memiliki banyak peralatan dan personel untuk melakukannya tanpa masalah.

Menu Katering

Menu katering digunakan dalam acara oleh restoran atau layanan yang didedikasikan hanya untuk katering.

Menu-menu ini bersifat statis karena terdiri dari pilihan hidangan tertentu yang direncanakan berdasarkan selera penyelenggara acara, yang pada gilirannya dapat didasarkan pada selera para tamu yang menghadiri acara tersebut.

Dalam kebanyakan kasus, ini adalah hidangan yang disiapkan sebelum acara untuk menawarkan pengalaman gastronomi yang baik tanpa penundaan.

Perlu dicatat bahwa mereka dapat menjadi menu dari berbagai jenis atau gaya kuliner, dan dalam beberapa kasus, mereka tidak digunakan untuk memuaskan pengunjung, tetapi sebagai bagian tambahan dari acara tersebut — meskipun hal ini tidak selalu terjadi.

Menu katering tidak memiliki keunggulan khusus, karena merupakan layanan acara yang mungkin ditawarkan hanya sekali, dan menu tidak terlalu tergantung pada restoran atau katering, tetapi pada pelanggan.

Menu Sesuai Jenis Makanan

Kategori ini meliputi menu dessert, menu anak-anak, dan menu minuman. Beberapa di antaranya dibagi menjadi subkategori yang akan saya ceritakan nanti.

Menu Makanan Penutup

menu makanan penutup

Menu makanan penutup adalah menu yang, seperti namanya, terdiri dari makanan yang dianggap sebagai makanan penutup — yang mencakup sejumlah besar persiapan.

Menu dessert bisa bermacam-macam jenisnya, seperti fixed, tasting, dan lebih dari yang disebutkan di atas.

Satu-satunya perbedaan adalah bahwa mereka hanya terdiri dari makanan penutup.

Keunggulan menu jenis ini memang menarik. Ada, misalnya, restoran berbasis makanan penutup, yang memungkinkan menu makanan penutup mengambil keuntungan dari jenis menu lain yang menjadi dasarnya.

Juga, memiliki menu makanan penutup yang terpisah di restoran Anda sangat bagus jika Anda memiliki berbagai macam makanan penutup lezat yang dapat memuaskan pengunjung Anda.

Namun, terkadang memiliki menu makanan penutup tidak diperlukan, terutama jika Anda tidak memiliki banyak makanan penutup untuk ditawarkan di restoran Anda — dalam hal ini Anda dapat menambahkannya ke menu utama Anda.

Menu untuk Anak

Menu untuk anak-anak terdiri dari makanan yang dianggap menarik bagi si kecil. Juga, mereka dapat dibuat dari makanan sehat untuk anak-anak , yang juga dapat memuaskan selera yang paling sulit.

Hidangan pada jenis menu ini sederhana, mudah disiapkan, tidak banyak bumbu, dan biasanya kombinasi yang berhasil.

Keuntungan utama dari menawarkan menu eksklusif untuk anak-anak adalah Anda memberikan ketenangan pikiran bagi orang dewasa dalam keluarga karena mereka tahu bahwa mereka dapat membawa si kecil ke restoran Anda dan mereka akan menemukan pilihan yang cocok untuk anak-anak di sana.

Ini tidak wajib, namun, tidak ada kerugian yang mencolok dari menawarkan menu jenis ini di bisnis Anda.

Menu Minuman

Menu minuman

Menu minuman terdiri dari semua jenis sediaan cair yang dapat Anda tawarkan kepada tamu Anda.

Oleh karena itu, mereka dapat dibagi menjadi beberapa subkategori tergantung pada jenis minumannya:

  • minuman beralkohol atau minuman keras
  • anggur
  • koktail beralkohol
  • koktail atau mocktail non-alkohol
  • smoothie atau milkshake
  • smoothie
  • jus atau jus alami
  • minuman komersial
  • Menu minuman campur

Sebagian besar restoran tidak menawarkan menu terpisah untuk minuman. Namun, jika ini adalah bar restoran, kemungkinan besar menu terpisah akan ditawarkan untuk minuman.

Beberapa restoran fine dining juga memiliki menu spirit, menu cocktail, menu wine, dan lainnya di restoran yang sama.

Di restoran biasa lebih banyak ditemukan menu minuman komersial bahkan menu campuran dengan berbagai jenis minuman.

Menu jenis ini tidak memiliki banyak keuntungan kecuali tentu saja bisnis Anda mendapat untung dari penjualan minuman — yang sangat mungkin terjadi jika Anda menjual minuman keras!

Menu Fisik dan Digital

Kategori keempat mencakup menu fisik dan digital, yang dapat berupa salah satu dari jenis menu ini, dengan satu-satunya perbedaan adalah format yang digunakan.

Menu Fisik

Menu fisik paling banyak digunakan di semua jenis restoran.

Mereka dapat menggunakan berbagai jenis tata letak, seperti menu lembar tunggal, menu triptych, menu buku, dan banyak lagi.

Mereka murah (walaupun ini tergantung pada kualitasnya), mudah digunakan, dan mudah diganti.

Meski begitu, mereka merupakan pengeluaran konstan untuk restoran Anda, karena pencetakan menu baru.

Menu Digital

menu digital di media sosial

Menu digital adalah menu yang dapat dilihat di semua jenis perangkat digital, seperti komputer, laptop, telepon, dan tablet.

Jenis menu ini dapat dibagi menjadi beberapa kategori tergantung pada format digital yang dipilih:

  • Menu dalam format gambar JPG atau PNG — sempurna untuk diposting di jejaring sosial.
  • Menu dalam format PDF — format siap cetak yang dapat Anda lihat dalam definisi tinggi menggunakan pembaca PDF.
  • Aplikasi menu untuk smartphone.
  • Situs web restoran Anda .

Masing-masing jenis menu ini memiliki manfaat yang berbeda, seperti menawarkan pesanan online, menarik pelanggan, atau dapat diunduh oleh tamu Anda untuk memesan kapan saja.

Saat ini, memiliki menu digital sangat penting untuk setiap restoran karena berbagai alasan, seperti untuk menghindari penularan Covid-19, atau karena popularitas format pemesanan dan pengiriman online.

Anda tidak menawarkan pesanan dan pengiriman online di restoran Anda? Cobalah POS Waiterio dan atur situs web Anda dalam beberapa menit!

Bagaimana Memilih Jenis Menu Terbaik untuk Restoran Anda?

Memilih jenis menu terbaik untuk restoran Anda melibatkan banyak hal — mulai dari konsep restoran Anda hingga jenis pengunjung yang Anda miliki atau harapkan.

Ada baiknya untuk mempertimbangkan:

  • Kemudahan penggunaan
  • Preferensi audiens target Anda
  • Profitabilitas menu yang ingin Anda terapkan
  • Jika Anda memiliki semua peralatan yang diperlukan agar menu dapat bertahan dan berkelanjutan
  • Investasi yang harus Anda lakukan untuk mengimplementasikan menu
  • Dan banyak lagi

Dan itu bahkan tidak mencakup pentingnya rekayasa menu dan desain menu.

Namun, ini adalah masalah yang kompleks, yang dapat menjadi perbedaan antara memiliki penjualan yang baik dan memiliki restoran yang gagal setelah beberapa bulan.

Sudahkah Anda memilih menu yang tepat untuk restoran Anda?

Kembangkan bisnis makanan Anda dengan Waiterio POS

Bergabunglah dengan 40.000 restoran menggunakan sistem titik penjualan waiterio

The online ordering has been the perfect tool, especially with the ongoing COVID-19 pandemic as customers choose to limit face to face interaction. We have grown food delivery by over 112% which is solely due to the use of the free online ordering website.

- Matthew Johnson (Owner of MrBreakFastJa, Jamaica)

Download Gratis

Artikel Terbaru