Jenis Restoran: Bagaimana Memilih Jenis Terbaik untuk Dibuka?

Jenis Restoran: Bagaimana Memilih Jenis Terbaik untuk Dibuka?

Pelajari di sini semua tentang berbagai jenis restoran!

Diposting oleh Victor Delgadillo tanggal 4 Oktober 2021

Tahukah Anda apa saja jenis-jenis restoran?

Anda tidak yakin restoran seperti apa yang harus Anda buka?

Restoran adalah bisnis di mana semua jenis makanan disajikan dan pengalaman diciptakan untuk pengunjung — mereka adalah salah satu jenis bisnis yang paling umum.

Namun, ada lebih banyak jenis restoran daripada yang Anda kira. Dalam artikel ini saya akan berbicara tentang:

  • Berbagai jenis restoran yang ada
  • Tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis
  • Dan tentang bagaimana memilih jenis restoran terbaik untuk dibuka

Artikel ini akan menjawab keraguan Anda tentang berbagai jenis restoran, Ini akan meningkatkan pemahaman Anda tentang model bisnis ini, dan membantu Anda memutuskan jenis restoran yang ingin Anda buka.

Ayo mulai!

Apa Jenis Restoran Yang Paling Umum?

Ada banyak jenis restoran, tetapi yang paling terkenal atau umum adalah makanan cepat saji dan masakan haute — konsep yang lebih sering berlawanan.

Selain itu, seperti yang akan Anda pelajari di artikel ini, ada lebih banyak jenis bisnis makanan yang memiliki penawaran berbeda, model bisnis, strategi pemasaran , bagan organisasi , dan banyak lagi.

Saya tidak bisa menyebutkan di sini semua jenis bisnis makanan yang ada — ada jenis restoran yang tidak terlalu terkenal di luar tempat asalnya, jadi mungkin terlalu banyak untuk dihitung.

Tetapi saya akan memberi Anda daftar yang paling penting yang dapat Anda temukan di seluruh dunia.

Restoran Haute Cuisine atau Gourmet

hidangan restoran mewah

Masakan haute atau restoran gourmet adalah restoran yang menyajikan hidangan paling mewah, memiliki suasana santai, dan memiliki harga tinggi untuk setiap hidangan.

Di dalamnya, Anda akan menemukan layanan yang sangat khusus dan klien elit yang memungkinkan diri mereka untuk memiliki pengalaman ini.

Dalam beberapa kasus, restoran masakan haute tidak mahal tetapi memiliki eksponen keahlian memasak terbaik di dapur, yang membuat makan di restoran menjadi pengalaman yang unik.

Manfaat dan Kerugian Restoran Haute Cuisine

Sebuah restoran gourmet memiliki keunggulan tertentu. Misalnya, keuntungan utama adalah bahwa mereka mungkin memiliki harga yang lebih tinggi daripada restoran biasa.

Juga, mereka menarik lebih banyak pengunjung yang menghabiskan lebih banyak secara umum, sehingga restoran ini memiliki margin keuntungan yang besar.

Namun, di antara kelemahan memiliki restoran haute cuisine adalah biaya perawatannya yang mahal. Mereka mungkin mahal untuk dirawat karena mereka memiliki piring dengan bahan-bahan mahal atau mereka memiliki daftar anggur premium yang luas.

Ini meminimalkan total pendapatan restoran kecuali jika Anda memiliki harga yang jauh lebih tinggi untuk memaksimalkan pendapatan, yang dapat berdampak negatif bagi persepsi pelanggan terhadap tempat tersebut.

Akhirnya, restoran-restoran ini harus mempertahankan standar kualitas yang tinggi, dan kesalahan minimum dapat menyebabkan banyak masalah dalam hal reputasi dan kritik.

Restoran Hotel

aula restoran hotel

Restoran hotel adalah jenis bisnis makanan lain yang harus mempertahankan standar kualitas tinggi. Ini adalah restoran yang terintegrasi ke dalam gedung yang sama dengan hotel, sehingga mereka dapat menawarkan layanan kamar, tetapi juga cenderung kepada pelanggan tetap.

Jenis restoran ini memiliki dapur yang lebih besar, yang lebih lengkap, dan memiliki lebih banyak staf untuk menjaga kualitas layanan setiap saat.

Harus bisa menyediakan makanan untuk walk-in dinner, acara khusus seperti pernikahan, dan juga menyiapkan hidangan untuk tamu hotel.

Keuntungan dan Kerugian Restoran Hotel

Restoran hotel memiliki kelemahan yang jelas, karena mahal untuk dirawat karena banyaknya peralatan, banyak personel, volume bahan dan produk untuk layanan, dan banyak lagi.

Juga, jika itu adalah hotel dengan reputasi baik, restoran harus memiliki hidangan dengan kualitas yang lebih baik, yang membawa kerugian yang serupa dengan masakan haute atau restoran gourmet.

Kerugian lainnya adalah arus pelanggan bisa sangat bervariasi, misalnya pada musim sepi.

Di sisi lain, keuntungannya adalah restoran jenis ini memiliki aliran makan malam yang lebih tinggi, dan jika itu adalah hotel yang terkenal dengan restorannya, alirannya bahkan lebih besar.

Mereka juga bisa mendapat jaminan keuntungan karena tamu hotel, yang merupakan sumber keuntungan besar saat high season, apalagi jika mereka berada di kawasan wisata.

Restoran cepat saji

restoran cepat saji klasik

Restoran kasual atau restoran cepat saji sangat umum, dan mereka adalah model bisnis yang relatif sederhana.

Mereka memiliki menu yang dikurangi, berdasarkan resep cepat yang mudah disiapkan dan juga lezat.

Mereka memiliki reputasi buruk karena mereka menyiapkan makanan yang menenangkan atau makanan sampah, tetapi tidak semuanya menyajikan makanan jenis ini.

Juga, restoran cepat saji telah mengurangi staf karena proses memasaknya sangat standar dan otomatis.

Mereka adalah konsep terkenal yang digunakan di seluruh dunia karena relatif mudah untuk membuat rantai restoran atau waralaba dari mereka.

Kelebihan dan Kekurangan Restoran Cepat Saji

Kerugian dari restoran cepat saji adalah bahwa mereka adalah restoran dengan keuntungan yang lebih rendah — mereka biasanya bertujuan untuk memaksimalkan volume penjualan, daripada harga dan keuntungan per hidangan.

Ini adalah senjata bermata dua karena volume penjualan bergantung pada banyak faktor, seperti strategi pemasaran yang digunakan, kualitas piring vs. biayanya, dan efisiensi manajemen restoran.

Oleh karena itu, relatif mudah kehilangan uang jika Anda memiliki restoran cepat saji yang tidak dikelola dengan baik.

Di sisi lain, jika Anda memiliki restoran kasual dengan manajemen persediaan dan biaya yang baik, Anda mungkin memiliki resep untuk sukses.

Juga, jika hidangan yang Anda tawarkan bagus, cantik, dan murah, penjualannya mungkin akan bagus. Keuntungan lainnya adalah jenis restoran ini terukur, sehingga Anda dapat memulai dengan lebih sedikit peralatan dapur dan staf, dan mengubah restoran Anda menjadi rantai atau waralaba jika berhasil dalam jangka panjang.

Rantai Restoran

rantai restoran McDonald's klasik

Rantai restoran adalah "restoran standar" atau waralaba. Contoh termudah adalah McDonald's yang sangat terkenal , yang merupakan restoran cepat saji dan waralaba.

Jenis restoran ini ada di seluruh dunia dan menjual semua jenis makanan, tidak hanya makanan enak atau makanan sampah.

Anda dapat membuka rantai restoran dengan relatif mudah dan membeli lisensi untuk menggunakan merek dan melakukan investasi standar dalam peralatan.

Dengan demikian, Anda hanya perlu memastikan bahwa Anda mengikuti langkah-langkah yang ditetapkan oleh rantai untuk mencapai kesuksesan, yang jauh lebih mudah daripada membuat konsep restoran dan rencana bisnis untuk restoran Anda.

Manfaat dan Kerugian dari Restoran Waralaba

Kerugian utama dari jenis bisnis ini adalah mereka tidak meninggalkan banyak ruang untuk kreativitas — jika Anda ingin membuat restoran asli, konsep, dan model bisnis yang unik, ini bukan jenis bisnis yang ingin Anda buka.

Juga, beberapa waralaba sangat mahal 0, terutama yang paling sukses.

Di sisi lain, keuntungan utama dari restoran berantai adalah bahwa mereka adalah model bisnis yang dicoba dan diuji, dan mereka bekerja — sehingga potensi keberhasilan sebagian dijamin.

Restoran Bar

Restoran dengan bar

Bar-restoran adalah bisnis makanan yang membagi operasinya dalam menyiapkan makanan dan menjual minuman beralkohol. Penting untuk digarisbawahi bahwa mereka berbeda dari restoran umum yang menyajikan minuman beralkohol. Restoran bar memiliki pendekatan yang lebih langsung untuk menjual minuman keras.

Jenis restoran ini sangat sukses karena mereka menggunakan campuran yang hampir sempurna — alkohol dan makanan.

Biasanya bar-restoran membagi fungsi bar dan fungsi restoran dengan 50/50.

Jadi, mereka memiliki dua model bisnis bersama di satu tempat.

Keuntungan dan Kerugian dari Restoran Bar

Memutuskan apakah akan membuka restobar atau restoran biasa adalah keputusan yang rumit karena memiliki banyak kelemahan, tetapi juga banyak keuntungan.

Kerugian yang paling umum adalah bahwa mereka memiliki persediaan yang kompleks, Anda harus membeli makanan dan bahan-bahan, tetapi juga minuman beralkohol dan bahan-bahan lain untuk koktail.

Selain itu, jenis bisnis ini memerlukan izin khusus bagi restoran untuk menjual alkohol — yang mungkin berbeda dari restoran biasa. Di beberapa tempat, restoran umum dapat menjual bir atau anggur komersial dengan kadar alkohol rendah tanpa izin.

Namun, karena jenis bisnis ini berfokus setidaknya 50% pada penjualan minuman beralkohol dengan kadar yang berbeda, mereka akan memerlukan izin khusus untuk beroperasi. Kerugian umum lainnya adalah bahwa harga minuman beralkohol tinggi, Anda harus berurusan dengan orang mabuk, bahwa Anda harus memiliki staf khusus dan relatif besar untuk dapur dan bar, antara lain.

Namun, manfaatnya juga banyak. Sebuah restobar menjual makanan dan minuman beralkohol — dan yang sangat cocok. Oleh karena itu, penjualan dan pendapatan yang baik dijamin untuk jenis bisnis ini. Juga, biaya koktail khusus dan bahkan minuman keras kering sangat tinggi, yang juga meningkatkan keuntungan.

Jenis usaha ini juga bisa mendapatkan banyak keuntungan dari musim yang berbeda, dari turis yang melimpah, dan lokasi yang luar biasa, misalnya jika dekat dengan pantai.

Prasmanan

Makanan restoran prasmanan

Restoran buffet memiliki model bisnis yang berbeda dengan restoran tradisional.

Dalam prasmanan, setiap orang meletakkan di piring mereka apa yang mereka inginkan dan dapat memilih antara persiapan yang berbeda, dan kemudian staf menambahkan total biaya berdasarkan biaya per persiapan atau per berat.

Jenis bisnis ini adalah layanan mandiri, karena tidak memerlukan karyawan untuk menyajikan makanan, atau mengantarkan makanan ke meja — pelanggan bertanggung jawab atas kedua langkah tersebut.

Ini mengurangi staf restoran jenis ini.

Manfaat dan Kerugian Prasmanan

Kerugian dari jenis restoran ini spesifik — mereka dapat menghasilkan kerugian, mereka dapat membuang terlalu banyak makanan, dan mereka tidak sepopuler restoran biasa.

Ini juga dapat menghasilkan lebih sedikit keuntungan, terutama karena biaya makanan lebih rendah.

Keuntungannya tidak banyak, tetapi sangat bagus.

Misalnya, prasmanan tidak membutuhkan staf FOH , mereka hanya membutuhkan staf memasak, dan orang yang bertanggung jawab untuk menghitung biaya setiap piring.

Selain itu, Anda dapat memiliki staf dengan persiapan yang lebih sedikit dan piring yang lebih sederhana, yang mengurangi biaya tenaga kerja dan biaya bahan.

Restoran Masakan Khas

Restoran masakan khas kasual

Restoran masakan khas sangat menarik, karena menawarkan pengalaman kuliner yang unik, dan memenuhi syarat sebagai proyek gairah.

Mereka bisa berupa restoran masakan kelas atas atau restoran keluarga yang memiliki koki yang luar biasa.

Plus, definisi masakan penulis adalah bahwa setiap piring berasal dari kreativitas koki secara langsung dan proposal kuliner aslinya.

Dalam beberapa tahun terakhir, restoran-restoran ini menjadi tren karena banyak koki terkenal dari berbagai belahan dunia telah mencatat nama mereka dalam ingatan para kritikus kuliner dan makan malam dengan hidangan yang luar biasa.

Keuntungan dan Kerugian dari Signature Restaurant

Restoran masakan khas adalah tempat ajaib di mana Anda dapat menciptakan pengalaman kuliner baru, tetapi mereka datang dengan beberapa kelemahan yang menghilangkan semua keajaiban dalam bisnis.

Misalnya, jenis restoran ini membutuhkan koki dengan banyak pengalaman, keserbagunaan dan kreativitas, dan banyak hasrat untuk memasak — semuanya untuk menciptakan penawaran kuliner yang orisinal.

Ini adalah kesulitan terbesar — membuat hidangan baru saat ini seperti menemukan elemen baru dari tabel periodik.

Kesulitan lain adalah bahwa jenis restoran ini didasarkan pada popularitas koki, yang merupakan tantangan yang sulit untuk dihadapi. Seorang koki bisa menjadi hebat, tetapi tidak masalah sama sekali jika dia tidak cukup terkenal untuk menciptakan aliran pelanggan untuk mempertahankan restoran.

Restoran-restoran ini juga memiliki manajemen inventaris yang kompleks, terutama jika mereka memiliki menu dinamis yang berubah setiap hari, minggu, bulan.

Namun, restoran masakan khas adalah proyek yang sempurna untuk koki.

Jika Anda seorang koki, Anda akan melihat keuntungan dari tidak bergantung pada orang lain untuk membuat hidangan, bermain dengan kreativitas kuliner Anda, dan menyenangkan makan malam Anda dengan makanan lezat yang Anda buat untuk mereka.

Restoran Bertema

Restoran bertema makan klasik

Restoran bertema fokus pada eksplorasi tema tertentu dari budaya umum atau budaya pop saat ini, tren, seperti restoran berdasarkan film, serial animasi, atau bahkan pada konsep tertentu, seperti alien atau ninja.

Mereka adalah restoran yang sangat menarik yang dapat berfungsi seperti yang lain, tetapi mereka memiliki pendekatan yang berbeda mengenai konsep bisnis, pemasaran, dan setiap elemen dari bisnis makanan.

Manfaat dan Kerugian Restoran Bertema

Restoran bertema sangat menarik, tetapi mereka memiliki kelemahan yang sangat besar — mereka dapat keluar dari mode dengan sangat cepat.

Restoran bertema harus memiliki tema yang telah dipelajari dan ditentukan sebelum menjadi proyek yang layak. Selain itu, restoran jenis ini harus memiliki strategi renovasi atau strategi untuk mempertahankan konsep yang relevan dari waktu ke waktu, menciptakan pengalaman baru, bermain dengan detail lain seperti menu, dekorasi, layanan, dan lainnya.

Namun, restoran ini dapat memiliki keuntungan yang baik juga.

Beberapa dari mereka dapat menjadi tren dan menarik banyak pelanggan dalam waktu singkat, dapat mempertahankan basis pelanggan yang stabil jika itu adalah tema yang terkenal, dan dapat menjadi satu-satunya eksponen tema tertentu jika cukup orisinal.

Restoran Fusion

Hidangan makanan fusion

Restoran fusion memiliki penawaran kuliner yang memadukan dua atau lebih gaya kuliner dari budaya atau jenis yang berbeda.

Misalnya, Anda dapat memiliki restoran yang memadukan makanan Jepang dan makanan Hindu, atau makanan Vietnam dan makanan Meksiko — kombinasinya benar-benar tidak ada habisnya.

Terlepas dari detail ini, restoran fusion dapat berfungsi sebagai restoran lain dan bahkan diklasifikasikan sebagai jenis restoran lain, seperti makanan cepat saji, masakan kasual atau masakan haute.

Manfaat dan Kerugian Restoran Fusion

Restoran fusion memiliki kelemahan besar — mereka harus didefinisikan dengan baik, diuji, dan dipelajari sebelum dibuka. Mengapa?

Ada kemungkinan bahwa sebuah restoran terdengar seperti ide yang bagus dalam teori, tetapi mungkin saja jatuh ke dalam praktik karena kurangnya popularitas.

Kerugian lain adalah bahwa mungkin ada batasan tertentu mengenai bahan-bahan tertentu. Beberapa bahan hanya dapat ditemukan di tempat asalnya, yang dapat meningkatkan biaya operasional jika Anda mengimpor atau membeli produk impor dari pasar khusus.

Keuntungan dari jenis restoran ini adalah mereka dapat menggunakan banyak gaya kuliner untuk membuat hidangan asli, mereka bisa sangat terkenal karena orisinal atau memiliki hidangan lezat, dan dapat menarik semua jenis makan malam untuk mencari penawaran masakan baru.

Bagaimana Saya Dapat Memilih Jenis Restoran Terbaik?

Mempelajari opsi dan pemasaran jenis restoran

Pertanyaan ini sulit dijawab, terutama karena ada begitu banyak detail yang perlu dipertimbangkan.

Anda harus bertanya pada diri sendiri tiga pertanyaan:

Apa Tujuan yang Ingin Anda Capai dengan Membuka Restoran?

Apakah Anda ingin mendapatkan uang atau ingin menawarkan hidangan lezat dengan harga terjangkau? Yang benar adalah bahwa dengan setiap jenis restoran Anda dapat mencapai beberapa tujuan, tetapi tidak semuanya.

Misalnya, jika Anda ingin menghasilkan uang, membuka bar restoran atau makanan cepat saji adalah pilihan terbaik.

Tetapi jika Anda ingin menawarkan piring lezat dengan harga terjangkau, lebih baik memiliki restoran prasmanan atau restoran keluarga kasual.

Anda harus menentukan tujuan Anda sebelum memutuskan model bisnis tertentu.

Di Mana Anda Tinggal dan Jenis Restoran Apa yang Paling Terkenal di Wilayah Anda?

Lokasi restoran

Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda perlu mempelajari berbagai restoran yang dapat Anda temukan di wilayah Anda. Sangat penting untuk mengetahui persaingan, apakah bisnis Anda layak, dan lebih terkait dengan pertanyaan berikut.

Apakah Ada Pasar untuk Jenis Restoran yang Ingin Anda Buka?

Apakah Anda ingin membuka restoran masakan haute di kota kecil di pedalaman negara Anda? Itu mungkin bukan ide yang bagus! Mengapa?

Sebelum membuka restoran, Anda harus memperkirakan kemungkinan keberhasilan dan potensi restoran dengan mempelajari pasar lokal.

Jika jenis restoran yang ingin Anda buka tidak memiliki publik yang nyata di wilayah Anda, Anda akan kehilangan semua investasi Anda dan tidak akan menghasilkan satu sen pun!

Memilih jenis restoran yang sempurna adalah tugas yang sulit — ada banyak variabel yang perlu dipertimbangkan. Anda harus mempelajari sebanyak mungkin variabel untuk dapat melakukan investasi yang membuahkan hasil.

Jika Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan itu dengan benar, Anda akan dapat membuat rencana bisnis untuk restoran Anda dan mulai menetapkan fondasi untuk bisnis yang sangat sukses.

Kembangkan bisnis makanan Anda dengan Waiterio POS

Bergabunglah dengan 40.000 restoran menggunakan sistem titik penjualan waiterio

The online ordering has been the perfect tool, especially with the ongoing COVID-19 pandemic as customers choose to limit face to face interaction. We have grown food delivery by over 112% which is solely due to the use of the free online ordering website.

- Matthew Johnson (Owner of MrBreakFastJa, Jamaica)

Download Gratis

Artikel Terbaru