Keuntungan Menyusun Rencana Bisnis yang Profesional untuk Restoran

Keuntungan Menyusun Rencana Bisnis yang Profesional untuk Restoran

rencana bisnis membutuhkan penelitian yang mendalam

Diposting oleh Michael Elkins tanggal 9 Desember 2017

Butuh kerja keras untuk membuka bisnis restoran. Impianmu tidak akan berubah menjadi bisnis yang menguntungkan bila hanya bermodalkan hobi memasak dan menghibur orang. Itulah alasan utama mengapa kamu perlu menyusun rencana bisnis. Pada umumnya, rencana bisnis disusun untuk mendapat bantuan modal atau meyakinkan calon investor. Namun, meskipun kamu tidak butuh bantuan modal, rencana bisnis tetap berguna untuk mengenali dan mengatasi masalah secara proaktif.

Beberapa manfaat dari menyusun rencana bisnis adalah: mendapat suntikan dana, memahami masalah yang akan muncul saat membuka restoran, dan mempelajari detail penting seperti konsep, nilai inti perusahaan, dan strategi bisnis. Rencana bisnis berfungsi sebagai peta yang bisa membantu restoranmu saat memasuki wilayah baru. Setelah mendirikan restoran, kamu bisa melihat kembali rencana bisnis untuk melihat apakah restoranmu sudah di jalan yang benar atau perlu ada perubahan strategi.

Bagian-bagian Penting dalam Rencana Bisnis

Rencana bisnis umumnya menggunakan format standar untuk membantu petugas pemberi pinjaman dan investor mendapatkan informasi penting yang mereka butuhkan. Informasi penting tersebut yaitu rincian bisnis, dana awal, konsep, pengalaman, dan informasi keuangan. Bagian-bagian penting yang harus disertakan dalam rencana bisnis:

Ringkasan Eksekutif

Ringkasan eksekutif adalah bagian pendahuluan yang isinya berupa rangkuman mengenai rencanamu secara keseluruhan. Di bagian ini, kamu harus bisa menarik perhatian pembaca dengan ide restoranmu. Kamu perlu menuliskan gaya restoran, lokasi, target pelanggan, dan alasan mengapa kamu pantas untuk menjalankan restoran. Hal lain yang perlu dicantumkan yaitu: berapa banyak dana yang kamu dan rekanmu punya, berapa banyak yang sisa dana yang dibutuhkan, dan kira-kira kapan bisa balik modal.

Konsep

Konsep inti dan tujuan perusahaan harus mudah dipahami oleh pembaca. Sebagai contoh, tujuan perusahaan Applebee adalah berkontribusi pada "pertumbuhan, kebahagiaan, dan peningkatan kualitas hidup semua orang yang kita sentuh." Perusahaan ini mempunyai lebih dari 1,500 restoran di seluruh penjuru dunia.

Konsep restoran bisa restoran cepat saji, restoran keluarga, restoran gourmet, restoran kasual-cepat saji, atau restoran mewah. Membaca rencana bisnis milik restoran lain bisa membantumu mendapat pemahaman yang baik tentang gaya penulisan, pilihan tata letak dan teknologi yang akan dibutuhkan restoranmu.

Desain

Desain restoran mencakup bagian interior dan eksterior. Menu, warna perusahaan, logo, dan pilihan menu yang bisa dimakan di rumah juga termasuk bagian dari desain restoran. Semua hal tersebut bisa melambungkan nama restoranmu. Kamu perlu mencantumkan biaya yang dibutuhkan untuk membeli peralatan, mendekorasi, menggaji pegawai, dan menyewa jasa desain.

Menu dan Layanan

Kamu harus mencamtumkan secara detail jenis makanan dan minuman yang ingin disajikan dan bagaimana cara penyajiannya. Jelaskan apa yang unik dari restoranmu dan mengapa keunikan tersebut akan sukses di daerah tempat restoranmu beroperasi. Sertakan contoh menu beserta perkiraan harganya dan biaya untuk membeli bahannya. Sekarang ini, restoran yang menggunakan bahan dari pemasok dan petani lokal sedang ngetren. Karena itu, cantumkan bahan lokal ke dalam rencanamu. Kamu harus membuat analisis biaya secara terperinci. Pada tahap ini, kamu harus menyewa desainer untuk membuat logo restoran sehingga bisa dimasukkan ke dalam rencana bisnis.

kalkulator anggaran restoran

Anggaran

Kamu perlu merencanakan anggaran secara terperinci. Anggaran yang perlu dicantumkan yakni: biaya operasi, biaya sewa bangunan, pengeluaran untuk gaji pegawai, pajak, biaya desain dan renovasi, biaya pemasaran, biaya untuk sistem POS, biaya untuk asuransi, dan bagaimana rencanamu dalam mencegah pemborosan, pencurian, dan kerugian. Kamu perlu memperlihatkan kepada calon pemberi pinjaman dan pemegang saham bahwa kamu berusaha keras dalam merencanakan anggaran. Biaya untuk bahan makanan bisa berkisar antara 20 sampai 35 persen. Restoran pizza umumnya membutuhkan biaya paling sedikit untuk bahan makanan, sementara restoran mewah membutuhkan biaya paling besar.

Analisis SWOT

Setiap restoran pasti akan menghadapi tantangan dan peluang. Dengan perencanaan yang bagus, kamu bisa menemukan strength (kelebihan), weakness (kelemahan), opportunity (peluang), dan threat (ancaman). Metode ini disebut analisis SWOT. Analisis SWOT penting dilakukan, baik untuk diri sendiri atau calon pemberi pinjaman.

Contoh dari strength (kelebihan) yaitu memiliki jaringan luas dan banyak teman, lokasi, pengalaman, dll. Weakness (kelemahan) contohnya adalah tidak punya pengalaman dalam menjalankan bisnis atau terlalu banyak saingan di sekitar. Opportunity (peluang) contohnya yaitu tambahan pendapatan dari layanan pesan-antar, katering, penjualan merchandise baik secara offline maupun online. Contoh threat (ancaman) adalah kehilangan pemasok lama, bencana alam, tindakan sainganmu, atau apa yang akan terjadi bila kamu tidak bisa bekerja. Kamu harus mencantumkan strategi (misalnya membeli asuransi) untuk menghadapi ancaman yang sering muncul.

Strategi Pemasaran

Promosi dari mulut-ke-mulut sudah tidak ada. Tetangga sebelah saja menggunakan HP mereka untuk mencari tahu restoran. Bisa jadi pelangganmu menghabiskan banyak waktu di media sosial. Oleh karena itu, kamu harus terhubung dengan mereka. Sebelum membuka restoran, susun rencana untuk mempromosikan restoranmu dan rencana untuk menjaga momentum setelah membuka restoran.

Sekarang adalah saat yang tepat bila kamu ingin menyewa tim Humas atau biro iklan karena kamu bisa mencantumkannya di rencana bisnis. Kamu juga harus menyewa pengacara untuk membantu menentukan struktur bisnis dan berurusan dengan masalah hukum. Kamu juga bisa meminta pendapat dan saran dari pengacara tentang rencana bisnismu.

Lakukan percobaan untuk mencari tahu jenis publikasi yang sering dibaca target pelangganmu, serta media sosial yang mereka gunakan. Selain itu, kamu bisa memberi hadiah atau diskon untuk pelanggan yang setia.

Akuntan, Spesialis, dan Konsultan

Kamu tidak bisa melakukan semuanya sendiri. Karena itu, kamu harus mencari orang yang bisa melakukan tugas tertentu seperti mendesain website, mempromosikan restoran, dan mengelola keuangan. Akuntan sangat berguna untuk membantumu dalam urusan keuangan dan anggaran. Kamu juga bisa menyewa penulis profesional untuk membuat rencana bisnis. Namun, ada banyak contoh rencana bisnis di internet yang bisa membantumu dalam hal ini.

Hal yang perlu diketahui akuntan: berapa banyak kursi yang ada di restoranmu, berapa rata-rata jumlah pelanggan, berapa tingkat pertukaran karyawan, resiko dari strategi manajemen dan rencana pemasaran. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan akuntan membuat perkiraan yang akurat dan masuk akal.

Di zaman sekarang, hampir semua restoran diwajibkan untuk mempunyai aplikasi Customer Relationship Managemen (CRM) dan Enterprise Resource Planning (ERP.). ERP adalah sistem akuntasi tradisional untuk pegawai restoran yang bekerja di balik layar.

Sentuhan Akhir

Sebenarnya tidak ada sentuhan "akhir" karena rencana bisnismu tidak akan pernah selesai. Kamu harus memperbarui rencana bisnis secara berkala saat ada informasi baru. Namun, menyusun rencana bisnis yang tata bahasanya bagus, penulisannya benar, dan tata letaknya menarik sangatlah penting. Baca lagi rencana bisnismu dengan seksama untuk mencari kesalahan eja, tata bahasa, dan ketik.

Gaya penulisan itu penting. Oleh karena itu, buatlah dokumen rencana bisnis yang profesional, akurat, masuk akal, dan menarik. Rencana bisnis yang baik adalah yang tulisannya jelas, meyakinkan, dan relatif formal. Hindari penggunaan kalimat yang terkesan sombong, ceroboh, atau kudet. Kamu sedang berurusan dengan pebisnis. Karena itu, pastikan kamu mencamtumkan informasi yang mereka butuhkan.

Kembangkan bisnis makanan Anda dengan Waiterio POS

Bergabunglah dengan 40.000 restoran menggunakan sistem titik penjualan waiterio

The online ordering has been the perfect tool, especially with the ongoing COVID-19 pandemic as customers choose to limit face to face interaction. We have grown food delivery by over 112% which is solely due to the use of the free online ordering website.

- Matthew Johnson (Owner of MrBreakFastJa, Jamaica)

Download Gratis

Artikel Terbaru