Manfaat dari Bisnis Food Truck

Manfaat dari Bisnis Food Truck

mulai bisnis makanan dengan mudah

Diposting oleh Michael Elkins tanggal 23 April 2018

Bisnis Food Truck adalah cara yang bagus untuk memulai bisnis restoran. Namun, Food Truck juga bisa digunakan untuk memperluas jangkauan restoran yang sudah ada. Dengan Food Truck, kamu bisa menjangkau area yang terlalu jauh untuk menarik pelanggan atau mengantar pesanan. Restoran dapat menarik minat orang di seluruh penjuru kota dengan menjual menu paling populer melalui Food Truck. Cara ini dapat meningkatkan penjualan dan meningkatkan jumlah pelanggan yang berkunjung ke restoranmu.

Sebagai strategi rintisan, Food Truck sama sekali tidak merugikan. Hal ini karena biaya investasinya yang rendah dan sifatnya yang tidak terpaku di satu tempat. Kalau hasil penjualan tidak memuaskan, kamu bisa mencari lokasi lain yang lebih baik. Di AS, Food Truck bisa mendapat penghasilan sebesar $2.000 saat jam sibuk. Food Truck yang sukses juga bisa mendatangkan pesanan katering dan menarik minat pelanggan baru untuk berkunjung ke restoranmu. Ditambah lagi, gaji staf dan biaya operasinya jauh lebih rendah dibandingkan restoran, sehingga kamu akan mendapat keuntungan lebih banyak dari hasil penjualan.

Memulai Bisnis Food Truck

Memulai bisnis Food Truck tidak serumit memulai restoran dengan konsep brick-and-mortar, namun tetap ada beberapa isu penting yang perlu diperhatikan saat merencanakan bisnismu.

Membangun Profil dan Keuntungan Restoranmu

Salah satu keuntungan terbesar dari Food Truck adalah sifatnya yang fleksibel. Kalau kamu punya restoran, kamu bisa menjangkau wilayah baru, memasarkan makanan unik di berbagai penjuru kota, dan berpartisipasi di festival dan pameran lokal dengan menggunakan Food Truck. Food Truck berperan sebagai alat promosi berjalan yang dapat digunakan untuk memasarkan bisnismu 24/7.

Biaya perawatan truk dan penyimpanan makanan berkurang drastis karena kamu sudah memiliki lokasi untuk menyimpan dan menyiapkan makanan. Kamu bisa beriklan untuk mempromosikan bisnis Food Truck-mu.

Pendanaan Bisnis Food Truck

Kalau kamu tidak punya banyak modal, Food Truck jauh lebih murah daripada restoran dengan konsep brick-and-mortar. Kamu bahkan bisa menyewa truk bekas dari pebisnis yang sudah pensiun. Tergantung peraturan setempat, kamu mungkin bisa mulai dari truk yang kecil.

Biaya rata-rata untuk memulai bisnis Food Truck berkisar antara $15.000 dan $100.000 USD, namun kamu mungkin perlu mengeluarkan uang lebih untuk mendesain ulang truk, memenuhi peraturan kesehatan dan regulasi bisnis, atau memuaskan pelanggan kelas atas. Berikut ini adalah rincian biaya awal untuk membuka bisnis Food Truck:

  • Membeli atau menyewakan truk
  • Memodifikasi hidangan untuk memenuhi peraturan kesehatan setempat
  • Membeli perangkat untuk sistem POS di ponsel yang sederhana dan terjangkau
  • Berlangganan layanan Internet nirkabel yang andal
  • Membuat atau memperbarui situs web restoranmu
  • Mendesain bagian eksterior truk untuk menarik pengunjung
  • Memperoleh aplikasi untuk akuntansi dan perlengkapan kantor
  • Menyewa pengacara untuk permasalahan hukum dan saran
  • Membayar biaya lisensi dan izin

Rasio kredit yang baik dapat membantumu mendapatkan pinjaman modal. Namun untuk orang yang rasio kreditnya jelek, ada beberapa cara untuk mendanai bisnis Food Truck-mu. Beberapa di antaranya adalah:

  • Mencari investor atau mitra keuangan
  • Menggunakan opsi urun dana untuk membiayai bisnismu dengan banyak investor kecil
  • Meminjam modal dari jaringan pinjaman peer-to-peer
  • Mulai dari yang kecil seperti truk trailer atau stan di pasar lokal
  • Mengoperasikan bisnis Food Truck untuk sebuah restoran
  • Melakukan negosiasi dengan pemilik untuk menyewa Food Truck
  • Mencari sponsor untuk Food Truck yang menyediakan layanan lokal

Kamu perlu meneliti peraturan setempat tentang menjual makanan di luar ruangan. Beberapa daerah tidak mengizinkan Food Truck untuk beroperasi di sebagian atau semua jalan umum, jadi kamu harus mencari pemilik bangunan yang mau mengizinkan kamu untuk berjualan di properti mereka - seperti di tempat parkir di mal, museum, pabrik, dan tempat lainnya. Beberapa daerah tidak mengizinkan Food Truck berjualan di dekat sebuah restoran. Berjualan di dekat sebuah restoran bisa menimbulkan persaingan tidak sehat, perang harga, dan kabar buruk meskipun secara hukum sah-sah saja.

truk makanan boulangerie alsacience hitam

Keamanan Pangan

Keamanan pangan merupakan masalah yang perlu diperhatikan, baik oleh Food Truck maupun restoran. Di Food Truck, ruang penyimpanan sangat terbatas, jadi kamu harus menyimpan persediaan di suatu tempat yang disetujui oleh pihak berwenang.

Biaya Operasional untuk Food Truck

Biaya operasional Food Truck tidak jauh berbeda dari restoran biasa. Berikut biaya operasional untuk Food Truck:

  • Asuransi bisnis dan truk
  • Tempat penyimpanan makanan dan persediaan
  • Biaya komisaris untuk menyimpan makanan, melakukan persiapan dan pembersihan, serta membersihkan truk
  • Perawatan truk - termasuk pekerjaan mekanik, pembersihan, pengecatan, mendesain truk dan menyediakan lampu kalau truk mau digunakan pada malam hari
  • Biaya propana, bahan bakar dan/atau generator
  • Upah pegawai
  • Biaya untuk memproses pembayaran

Daftar di belum mencakup semuanya, cuma mencakup yang paling penting saja. Biaya yang mesti dikeluarkan berbeda-beda tergantung dari jenis hidangan, peraturan kesehatan, izin bisnis setempat, dan kriteria lainnya.

Memasarkan Bisnis Food Truck

Memasarkan Food Truck sebenarnya tidak begitu sulit. Kamu bisa mendekorasi trukmu untuk dijadikan tempat beriklan. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan media sosial dan teknologi GPS untuk memberi tahu orang di sekitar bahwa Food Truck-mu akan menjual sarapan, makan siang, atau makan malam. Kamu bisa menggunakan media sosial semacam Hootsuite untuk memantau rumor di internet mengenai makanan dan bisnis Food Truck-mu. Beberapa cara terbaik dan paling murah untuk memasarkan Food Truck di antaranya:

  • Cari tahu pameran, festival, acara galang dana, dan perayaan khusus di daerah setempat di mana kamu boleh berjualan.
  • Posting foto tentang menu spesial hari ini di internet.
  • Bagikan selebaran dan kartu nama di tempat kamu akan berjualan.
  • Tawarkan sampel hidangan yang keuntungannya tinggi dan tidak umum.
  • Bagikan berita atau ulasan positif mengenai Food Truck-mu di media sosial dan situs web milikmu.
  • Tawarkan makanan gratis untuk blogger dan pengulas makanan setempat.

Memilih Komisari atau Bantuan

Bisnis Food Truck membutuhkan kerja keras, perawatan preventif, dan cara-cara kreatif untuk menyimpan dan mempersiapkan makanan, namun ada pilihan yang dapat membuat tugas-tugas ini menjadi lebih mudah bagi calon pengusaha. Komisioner Food Truck bukan hal yang tidak lazim lagi. Banyak dari mereka yang menyediakan jasa untuk pengusaha Food Truck seperti memberi masukan tentang bisnis, membantu mencari pelanggan, dan mengakses fasilitas dapur komersial di mana staf-mu dapat mempersiapkan dan menyimpan makanan. Komisari yang profesional dapat memberimu saran mengenai sertifikasi, pelatihan keamanan pangan, dan strategi bisnis untuk mengembangkan perusahaanmu.

Layanan depot sudah termasuk tempat truk di mana kamu dapat membersihkan ruang kerja dan alamat fisik untuk memesan persediaan. Kamu dapat menyimpan persediaan yang tidak dapat dibawa oleh truk. Staf komersial ini dapat menerima peralatanmu sehingga kamu bisa bekerja tanpa gangguan. Kamu juga bisa mendapat akses ke peralatan restoran komersial, panci, wajan, dan barang-barang kecil untuk mempercepat persiapan makanan. Restoran yang ada memiliki opsi tersendiri untuk mengelola proses persiapan dan penyimpanan makanan dengan aman.

Food Truck adalah cara tercepat dan termudah untuk menjadi pengusaha makanan. Selain itu, Food Truck juga merupakan cara yang bagus untuk mempromosikan dan memperluas restoranmu.

Kembangkan bisnis makanan Anda dengan Waiterio POS

Bergabunglah dengan 40.000 restoran menggunakan sistem titik penjualan waiterio

The online ordering has been the perfect tool, especially with the ongoing COVID-19 pandemic as customers choose to limit face to face interaction. We have grown food delivery by over 112% which is solely due to the use of the free online ordering website.

- Matthew Johnson (Owner of MrBreakFastJa, Jamaica)

Download Gratis

Artikel Terbaru