Meminimalisir Kerugian Restoran dengan Asuransi

Meminimalisir Kerugian Restoran dengan Asuransi

asuransi dapat melindungi aset restoran

Diposting oleh Michael Elkins tanggal 9 April 2018

Banyak pemilik restoran yang menganggap biaya asuransi sebagai beban berat. Namun dengan asuransi yang tetap, kerugian restoran dapat diminimalisir. Beberapa resiko umum yang dapat menghancurkan bisnis restoran: kesehatan, keamanan, dan bencana. Di sinilah pentingnya asuransi untuk mengantisipasi ancaman tersebut. Menurut sebuah penelitian, tercatat 2,9 juta laporan kecelakaan di tempat kerja pada tahun 2015 di Amerika Serikat. 2,8 juta di antaranya terjadi di bidang jasa seperti restoran, bar, hotel, dan rumah makan.

Contoh kecelakaan yang umum terjadi di restoran di antaranya adalah terpeleset dan jatuh. Restoran biasanya menggunakan bahan kimia yang berbahaya seperti amonia, pemutih, dan pembersih oven yang mengandung zat kaustik. Setiap chef dapat memberi saksi bahwa luka bakar, luka iris, dan luka goresan adalah bagian dari pekerjaan. Karyawan baru sering membuat kesalahan saat mengoperasikan mesin pemotong dan mesin berbahaya lainnya. Tong yang berisi minyak goreng panas dapat menimbulkan resiko kecelakaan.

Resiko Restoran yang Perlu Dilindungi dengan Asuransi

Ada banyak resiko kerugian yang dihadapi restoran, di antaranya adalah bencana alam, kehilangan pendapatan, kebakaran, pencurian, kaca pecah secara tidak sengaja, dan liabilitas, baik untuk karyawan maupun pelanggan. Untungnya, banyak perusahaan yang menawarkan asuransi untuk melindungi restoran dari resiko-resiko di atas. Sebutan untuk asuransi berbeda-beda di setiap negara, namun yang paling umum yaitu:

  • Asuransi Lialibilitas

    Jenis asuransi ini adalah yang paling umum untuk restoran. Sebagian besar lokalitas mewajibkan kamu untuk membeli asuransi liabilitas. Asuransi ini melindungimu dari liabilitas, perkara hukum, dan kerusakan properti akibat kegiatan operasional restoran dan pegawai.

  • Otomotif

    Apabila kamu membawa makanan dengan mobil atau truk perusahaan, kamu membutuhkan asuransi kecelakaan untuk melindungimu dari kerugian akibat kecelakaan.

  • Kompensasi Pekerja

    Kompensasi pekerja adalah hal yang umum di restoran. Yang termasuk dalam kompensasi ini: terpeleset, jatuh, teriris benda tajam, lecet dan nyeri otot karena mengangkat beban berat atau makanan dalam jumlah banyak secara terus-menerus saat bekerja. Pegawai juga bisa terluka akibat kekerasan fisik yang dilakukan oleh pegawai lain atau pengunjung restoran.

  • Asuransi Pengangguran dan Disabilitas

    Asuransi ini dapat dipasangkan dengan kompensasi pekerja walau sebetulnya keduanya berbeda. Perlindungan asuransi ini berlaku untuk pegawai yang terkena PHK atau pegawai yang menjadi cacat, baik secara permanen atau sementara, karena pekerjaan.

  • Kehilangan Pegawai Penting

    Hilangnya chef atau pegawai penting karena sakit atau kecelakaan dapat melukai bisnis restoranmu atau malah membuat restoranmu terpaksa harus tutup. Asuransi jenis ini dapat membantumu membayar tagihan atau mencari talenta baru. Walaupun tidak umum bagi restoran, namun asuransi ini penting apabila restoranmu memiliki seleb chef.

  • Asuransi Properti Komersial

    Asuransi ini sudah termasuk perlindungan dari kerugian akibat bencana alam, kebakaran, pencurian, dan tindak kejahatan lainnya. Asuransi ini juga sudah mencangkup peralatan komersial seperti oven, pemanggan, dan perkakas dapur. Terkadang, jendela yang rusak tidak ditutupi oleh asuransi ini kecuali bila kamu membayar lebih. Kebijakan untuk asuransi bencana alam, seperti banjir, juga biasanya berbeda-beda karena sejumlah daerah lebih sering dilanda banjir bila dibandingkan daerah lain. Asuransi properti sudah termasuk perlindungan karya seni dan barang koleksi berharga. Beberapa masalah, seperti kerugian akibat gempa bumi dan padam listrik, tidak ditutupi secara langsung oleh asuransi kecuali bila kamu membeli asuransi yang berbeda.

  • Kontaminasi Makanan

    Kontaminasi makanan dapat terjadi akibat kelalaian pegawai atau pihak ketiga. Karena itulah, keamanan pangan sangat penting. Asuransi dapat melindungi restoranmu dari kerugian akibat kontaminasi makanan. Apabila listrik mati, kamu bisa mendapatkan dana dari asuransi untuk menutupi kerugian makanan di mesin pendingin.

  • Gugatan Pemecatan

    Salah satu resiko yang sedang meningkat saat ini di setiap bisnis adalah saat pegawai membuat gugatan tentang pemecatan sepihak atau pelecehan seksual. Asuransi lialibilitas penting bagi bisnismu apabila kamu kemungkinan besar akan menghadapi gugatan hukum seperti ini. Sebagai contoh, bar yang pegawainya memakai pakaian seksi memiliki kemungkinan lebih besar untuk menerima gugatan seperti ini.

  • Masalah Saluran Pembuangan

    Masalah saluran pembuangan dapat menghancurkan bisnismu. Apabila saluran pembuangan air tiba-tiba berhenti, dapurmu akan dipenuhi genangan air. Minyak goreng organik adalah penyebab umum mengapa saluran air tersumbat. Selain itu, memanggil jasa tukang pipa tidak akan mengatasi masalah. Beberapa sabun cuci piring mengandung bahan kimia dapat menghasilkan residu yang dapat membuat pipa jadi lebih sempit. Sering melakukan pemeliharaan adalah langkah terbaik untuk mencegah masalah ini, namun asuransi business interruption dapat menutupi kerugian akibat masalah ini.

  • Liabilitas Minuman Keras

    Apabila kamu menjual, menuangkan, atau memproduksi minuman alkohol, kamu dapat dikenakan pasal minuman keras. Sebagai contoh, bila kamu menyajikan minuman beralkohol kepada pelanggan yang mabuk atau di bawah umur, kamu bisa dituntut atas semua pelanggaran yang dia lakukan. Asuransi liabilitas minuman keras dapat melindungimu dari gugatan hukum dan menanggung biaya yang perlu kamu keluarkan di peradilan.

  • Asuransi Business Interruption

    Asuransi ini melindungimu dari berbagai ancaman yang dapat menutup restoranmu. Sistem POS milikmu – beserta catatan perusahaan lainnya – dapat digunakan untuk mengkonfirmasi penghasilanmu saat kamu ingin mengklaim asuransi.

kaca hitam

Sebagian besar asuransi sejenis ini sudah termasuk dalam paket asuransi standar untuk restoran, sehingga biaya per bulannya tidak terlalu mahal. Apabila kamu perlu asuransi khusus - seperti asuransi banjir di daerah yang rawan – sebagian besar yuridiksi menawarkan asuransi yang sudah disubsidi oleh pemerintah daerah, pemerintah provinsi, atau pemerintah pusat.

Lindungi Kesehatanmu Sendiri

Kamu perlu membeli asuransi kesehatan untuk dirimu sendiri bila kamu memiliki bisnis restoran karena biaya kesehatan dapat menjadi tanggung jawab restoranmu. Banyak pemilik restoran yang menjadi bangkrut karena harus mengeluarkan biaya besar untuk kesehatan.

Kerugian restoran dapat diminimalisir dengan perencanaan asuransi yang matang. Meskipun kamu memiliki pendapatan lain – seperti dari bisnis katering ataupun layanan pesan antar – asuransi yang tepat tentu dapat melindungi aset dan bisnismu.

Kembangkan bisnis makanan Anda dengan Waiterio POS

Bergabunglah dengan 40.000 restoran menggunakan sistem titik penjualan waiterio

The online ordering has been the perfect tool, especially with the ongoing COVID-19 pandemic as customers choose to limit face to face interaction. We have grown food delivery by over 112% which is solely due to the use of the free online ordering website.

- Matthew Johnson (Owner of MrBreakFastJa, Jamaica)

Download Gratis

Artikel Terbaru