Memilih Sistem POS Terbaik untuk Restoran

Memilih Sistem POS Terbaik untuk Restoran

restoran sering mendapat manfaat dari sistem sederhana

Diposting oleh Michael Elkins tanggal 5 Maret 2018

Coba ketik istilah "sistem POS" di Google. Kamu akan mendapat beberapa jawaban yang bikin pusing. Di masa kini, Sistem POS harus mempunyai fitur-fitur canggih yang bisa dipakai untuk menerima berbagai macam pembayaran, melacak peralatan, terintegrasi dengan perangkat lunak ERP agar bisa menerima pembayaran secara online, dan fitur-fitur lain seperti pengelolaan meja, integrasi CRM untuk mengirim pesan promosi berdasarkan ordering habit (kebiasaan saat memesan). Namun sayangnya, kamu harus merogoh kocek yang besar untuk sistem POS yang canggih beserta peralatan-peralatannya. Beberapa sistem POS malah sulit dipelajari dan membutuhkan monitor khusus dengan tombol berwarna. Terus terang, restoran kecil bisa mendapat manfaat dari sistem POS yang simpel yang bisa diakses dari ponsel dan tablet. Harganya pun lebih terjangkau, dan sistem ini juga mudah diubah dan diperbarui.

Beberapa sistem POS bisa didapat dengan cara disewa; beberapa lainnya didapat dengan cara dibeli. Kamu perlu mempertimbangkan penghasilanmu di tahun-tahun awal saat membuka bisnis atau memilih sistem POS pertamamu.

Namun, restoran waralaba terpaksa harus membeli sistem POS dari vendor yang sudah disetujui. Hal ini bisa menambah biaya pengeluaran operasional untuk restoran waralaba, dan perlu dipertimbangkan saat memilih antara mendirikan restoran sendiri atau restoran waralaba.

Biaya untuk Sistem POS

Sistem POS kini semakin bertambah banyak dan semakin terjangkau bila dibandingkan masa lalu. Sebuah artikel merangkum harga rata-rata sistem POS berdasarkan fitur-fiturnya seperti fitur pembayaran mobile. Harga untuk fitur ini berkisar antara 1.75% sampai 2.75%. Beberapa fitur menerapkan harga tetap di samping persentase jumlah pembelian yang rendah.

Harga untuk perangkat keras seperti mesin kasir, monitor dan printer bisa mencapai jutaan rupiah. Oleh karena itu, beli atau sewa perangkat keras yang sesuai dengan keadaan finansialmu. Sejumlah restoran mencoba mengatasi masalah ini dengan cara melobi kebijakan pajak yang memungkinkan mereka untuk membebankan biaya pajak kartu kredit kepada konsumen. Di Amerika Serikat, 40 negara bagian akan segera mengizinkan insentif ini. Oleh karena itu, mengeluarkan uang untuk sistem POS terlihat menggiurkan.

Malahan, sekitar 92% restoran di dunia menerima pembayaran melalui kartu kredit dan kartu debit, sehingga orang-orang tidak perlu lagi membawa uang tunai untuk bersantap di restoran. Sekitar 81% uang yang dihabiskan di restoran full-service di Amerika dibayar melalui kartu debit, kartu kredit atau kartu prabayar. Beberapa restoran lebih suka pembayaran tunai dihilangkan. Banyak restoran menganggap bahwa: menyediakan sistem pembayaran terpisah untuk uang tunai, menghitung uang tunai, menyimpan uang di kasir untuk kembalian, dan pergi tiap hari ke bank itu sebagai kegiatan yang merepotkan karena uang tunai hanya menyumbang sekitar 10% hingga 20% dari total penghasilan.

Pengamatan Pribadi Saya Tentang Sistem POS

Ketika dulu saya membeli restoran saat zaman awal perkembangan teknologi komputer, kartu kredit sangat populer namun tidak begitu penting. Saya dulu membeli restoran di pusat kota, tepatnya di pasar petani. Orang-orang di sana sebagian besar punya uang lebih. Pelanggan restoran saya adalah pekerja kantoran, dan sebagian besar dari mereka bisa dengan mudah membayar lewat cek. Saya terkena chargeback beberapa kali karena kurang dana, sehingga saya bisa menghindar dari biaya pajak kartu kredit.

Meski begitu, saya tetap yakin bahwa penyebab restoran saya bangkrut adalah karena dulu saya tidak menerima pembayaran melalui kartu kredit. Lebih tepatnya, saya merugi karena kehilangan pesanan dari gerombolan, perusahaan yang memesan tempat untuk rapat, dan turis. Hal ini disebabkan karena mereka cuma mau membayar melalui kartu kredit. Pemakaian kartu kredit sudah berkembang pesat semenjak tahun 2004, tahun terakhir restoran saya beroperasi. Kini, restoran menyediakan lebih banyak layanan seperti katering, pesan-antar, acara khusus, dan merchandise bermerek. Oleh karena itu, penting bagi restoran di masa kini untuk menerima pembayaran melalui kartu kredit bila ingin tetap bisa bersaing dengan restoran lain. Bahkan, Food Truck pun ikut merasakan manfaat dari kartu kredit dan kartu debit.

Masalah dalam Memilih Sistem POS yang Tepat

Kita juga perlu melatih staf restoran agar mereka bisa mengoperasikan sistem POS. Semakin rumit sistemnya, semakin banyak pula latihan yang dibutuhkan. Hal ini tentu tidak pas bagi restoran kecil yang upah stafnya tidak begitu besar. Oleh karena itu, sistem POS yang simpel dan mudah dipelajari sangat pas untuk restoran rintisan. Bila restoranmu sudah berkembang, kamu bisa berpindah ke sistem POS yang lebih kompleks.

wanita di kafe menggunakan laptop dan smartphone

Alasan Kenapa Waiterio Merupakan Sistem POS Ideal untuk Restoran Rintisan

Staf restoranmu bisa mempelajarinya cepat. Selain itu, mereka bisa mengubah harga dan menambahkan menu baru dengan sistem POS yang harganya paling terjangkau. Staf restoranmu bisa mencatat pesanan melalui ponsel - sehingga mengurangi biaya pengeluaran untuk perangkat keras - dan restoran yang benar-benar kecil bahkan bisa mendapatkan paket gratis, dengan batasan maksimal sampai 100 pesanan per bulan. Ada juga paket yang tidak memerlukan komitmen jangka panjang, sehingga kamu bisa mengoperasikan restoran musiman dan berhenti berlangganan ketika musim berakhir.

Biaya berlangganan akan dikenakan sebulan sekali pada hari yang sama. Paket yang ditawarkan bermacam-macam tergantung dari mata uang dan lokasi restoranmu. Paket sudah termasuk sistem POS untuk Amerika Serikat, Britania Raya, Eropa dan lokasi lainnya di lebih dari 70 negara. Sistem POS Waiterio bisa diunduh untuk Windows, Mac OS X, Android dan iOS. Jika Anda berencana menggunakan ponsel untuk server untuk menerima pesanan, Anda perlu menghubungkan ponsel ke server untuk mengirimkan pesanan ke printer thermal untuk mengirim salinan pesanan ke berbagai stasiun di dapur atau bar.

Fitur-fitur dari sistem POS Waiterio meliputi:

  • Cetak Invoice

    Kamu bisa mencetak invoice (faktur) dengan printer kasir terhubung atau printer inkjet bersama di Google Cloud Print.

  • Catatan Laporan

    Kamu bisa meninjau menu yang paling populer dan menggunakan informasi tersebut untuk mengelola perlengkapan, rekayasa menu dan strategi lain untuk meningkatkan penjualan kotor.

  • Pengelolaan Tempat Duduk

    Kamu bisa menyesuaikan pengaturan tempat duduk dengan template yang mudah dipakai untuk mengelola penempatan tempat duduk secara lebih efektif, mengosongkan tempat duduk untuk reservasi, dan mempercepat pergantian konsumen. Segera setelah pramusaji menerima pesanan, pesanan itu akan disampaikan ke dapur dan bar. Pramusaji bisa menagih pembayaran di meja, sehingga pergantian konsumen jadi lebih cepat.

  • Mudah Digunakan

    Sistem POS Waiterio mudah dipelajari, sehingga tidak membutuhkan banyak latihan agar bisa menggunakannya. Meskipun pesanan cuma bisa dibaca saat offline, namun kamu tetap bisa memproses pesanan saat gangguan layanan.

  • Tersedia dalam Berbagai Bahasa

    Sistem POS Waiterio tersedia dalam berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Arab, bahasa Perancis, bahasa Spanyol, bahasa Jerman, bahasa Italia, bahasa Rusia, bahasa Polandia, bahasa Norwegia, bahasa Mandarin, bahasa Yunani, bahasa Jepang, bahasa Vietnam, bahasa Turki, bahasa Korea, bahasa Swedia, bahasa Ceska, bahasa Ibrani, bahasa Hungaria, bahasa Katala, bahasa Denmark, bahasa Belanda, bahasa Finlandia, bahasa Romania, bahasa Kroasia, bahasa Thailand, bahasa Slowakia, bahasa Melayu, dan bahasa Ukraina.

  • Tersedia Lisensi Seumur Hidup

    Lisensi seumur hidup bisa didapatkan bila kamu berlangganan paket Extra Large untuk restoran. Sebagai contoh, lisensi untuk setahun dikenakan harga $159 USD, sementara lisensi seumur hidup dikenakan biaya 10 kali lipat, yaitu $1,590 USD. Paket ini cuma bisa dibeli melalui transfer lewat Paypal. Namun dengan paket ini, restoranmu menjadi bisa menerima pembayaran melalui transfer Paypal

Waiterio menyarankan penggunanya untuk terhubung dengan koneksi cepat DSL dengan router Wifi yang bagus agar tidak terjadi masalah koneksi. Solusi lainnya adalah dengan nirkabel 3G/4G dengan kartu sim di setiap perangkat yang terhubung, lalu dibagikan melalui router Wi-Fi.

Sangat penting untuk membeli sistem POS yang punya fitur untuk menerima pembayaran melalui kartu kredit dan kartu debit meskipun kamu tidak punya peralatan mewah - masalah dan harga - dari sistem POS yang lebih canggih. Andai saja dulu saya menerima pembayaran kartu kredit, restoran saya pasti masih berdiri sampai sekarang.

Kembangkan bisnis makanan Anda dengan Waiterio POS

Bergabunglah dengan 40.000 restoran menggunakan sistem titik penjualan waiterio

The online ordering has been the perfect tool, especially with the ongoing COVID-19 pandemic as customers choose to limit face to face interaction. We have grown food delivery by over 112% which is solely due to the use of the free online ordering website.

- Matthew Johnson (Owner of MrBreakFastJa, Jamaica)

Download Gratis

Artikel Terbaru