Memulai Layanan Pesan Antar di Restoran

Memulai Layanan Pesan Antar di Restoran

kembangkan restoranmu dengan layanan pesan antar

Diposting oleh Michael Elkins tanggal 16 April 2018

Layanan pesan-antar telah menjadi fenomena global. Di zaman sekarang, layanan pesan-antar tidak cuma terbatas untuk pizza saja. Generasi milenial terutama suka memesan makanan melalui ponsel mereka. Penelitian terbaru tentang restoran di Eropa, Amerika Serikat, Asia, dan Timur Tengah menemukan bahwa platform teratas untuk layanan pesan antar di intenet telah bernilai lebih dari $1 miliar dolar Amerika. Sementara itu, pangsa pasar untuk layanan pesan-antar di seluruh dunia bernilai sebesar €83 miliar euro. Angka ini hanya mewakili 1% dari total pasar makanan yang diperkirakan akan tumbuh sebesar 3,5% atau lebih setiap tahunnya dalam lima tahun ke depan.

Sekarang ini, pemilik restoran harus membayar sewa lebih mahal dan menghadapi persaingan yang lebih ketat. Padahal beberapa dekade yang lalu, restoran teratas lebih memilih untuk memperluas ukuran restoran, namun sekarang mereka mengubah restoran mereka menjadi lebih kecil dan luwes. Restoran yang sukses di zaman sekarang lebih mementingkan efisiensi, sehingga pergantian meja pengunjung lebih cepat dan bisa menghasilkan pendapatan lebih dari layanan seperti katering, pesan-antar, dan penjualan merchandise. Pemilik restoran di zaman sekarang bisa mendapatkan penghasilan lebih dengan cara menawarkan layanan katering dan layanan pesan-antar. Apabila kamu belum punya modal untuk membuka layanan pesan-antar sendiri, kamu bisa bekerja sama dengan pihak ketiga.

Menggunakan Layanan Pesan-Antar dari Pihak Ketiga

Perusahaan-perusahaan besar telah menyadari betapa pentingnya layanan pesan-antar untuk restoran di masa sekarang. Banyak dari mereka yang menawarkan layanan pesan-antar untuk restoran yang belum siap untuk mengelola layanan pesan-antar sendiri. Perusahaan-perusahaan tersebut adalah GO-FOOD, GrabFood, dan lain-lain termasuk layanan pesan-antar lokal.

Sebelum memilih layanan pesan-antar dari pihak ketiga, cari tahu dulu biaya, seberapa cepat pesanan diantarkan, dan sejauh mana radius untuk pengiriman. Pelanggan akan meminta tanggung jawabmu bila pesanannya telat, makanannya dingin, driver-nya tidak sopan, dan masalah lainnya. Oleh sebab itu, kamu harus mencari tahu seberapa bagus kinerja platform tersebut untuk restoran lain di wilayahmu.

Manfaat dari layanan pesan-antar pihak ketiga adalah kamu bisa mengiklankan restoranmu secara gratis. Apabila kamu tidak menggunakan salah satu platform layanan pesan-antar yang populer, kamu bisa kehilangan pangsa pasar (market share) dari pesaing terbesarmu. Namun, kamu harus membayar biaya pengiriman untuk menggunakan platform dari pihak ketiga. Restoran yang menjual makanan spesial bisa menyediakan layanan pesan-antar sendiri tanpa harus mengorbankan sebagian keuntungan untuk pihak ketiga. Entah mau menggunakan layanan pesan-antar sendiri atau bekerja sama dengan dari pihak ketiga, opsi pesan-antar bisa menarik pelanggan baru, meningkatkan penjualan, dan membuat restoranmu lebih terkenal.

pengiriman pizza

Menyediakan Layanan Pesan-Antar Sendiri

Menyediakan layanan pesan-antar tidaklah sulit. Kamu cuma perlu menugaskan staf restoranmu untuk mengantarkan makanan ke rumah atau kantor di daerah sekitar. Mengantarkan makanan dengan motor adalah opsi yang populer. Cara termudah untuk mengantarkan pesanan adalah memilih area pengiriman, waktu, dan menu makanan. Kamu bisa membagikan selebaran ke area sekitar. Sebelum memperluas area dan waktu pengiriman, coba terapkan dulu layanan pesan-antar untuk area yang lebih kecil dan waktu yang lebih terbatas.

Merekrut Driver Pengiriman

Apabila restoranmu jarang mendapat pesanan, kamu bisa menggunakan layanan pesan-antar dari pihak ketiga sehingga kamu tidak perlu susah-payah merekrut driver. Kamu juga bisa merekrut driver dan melatih dia untuk melakukan tugas pengiriman dan tugas restoran lainnya. Untuk opsi ketiga, kamu bisa merekrut driver sebagai pegawai independen, bukan pegawai full-time. Driver tersebut bertanggung jawab untuk mengembangkan bisnismu, mencari pelanggan baru, dan membuat pelanggan tetap senang.

Keputusanmu dalam merekrut driver bergantung pada seberapa besar kendali yang kamu inginkan. Jangan lupa bahwa pelangganmu akan memperlakukan layanan pesan-antar sebagai fitur tambahan restoranmu. Selain itu, kamu perlu mempertimbangkan biaya untuk merekrut dan melatih driver. Kamu harus selalu berkonsultasi dengan pengacara sebelum memulai layanan baru di restoranmu.

Cara Mempersiapkan Layanan Pesan-Antar

Kamu harus mulai dengan waspada karena layanan pesan-antar bisa menimbulkan sejumlah masalah. Apabila pesanan delivery datang pada saat yang sama dengan pesanan biasa, staf dapurmu akan kebanjiran pesanan. Hal ini akan terjadi sesekali. Kamu bisa mengatasi masalah ini dengan cara melatih dan mengatur jadwal stafmu secara cermat. Untungnya, cuaca buruk biasanya akan meningkatkan permintaan pesan-antar (delivery), sementara cuaca cerah akan meningkatkan pesanan langsung di restoran. Biasanya, pesanan langsung di restoran dan pesanan delivery saling melengkapi satu sama lain.

Kamu mungkin membutuhkan area terpisah untuk mengumpulkan dan mengirimkan pesanan. Selain itu, kamu harus mengirimkan pesanan dalam keadaan masih hangat. Driver-mu harus punya cara untuk menjaga makanan tetap utuh dan hangat saat diantarkan.

Layanan pesan-antar juga membuatmu mempunyai kewajiban baru - seperti keselamatan pengemudi, suhu makanan, dan kecelakaan pihak ketiga. Apabila nama restoranmu terpampang di kendaraan, bersiaplah untuk menangani keluhan tentang pengemudi (driver). Bisa saja ada pelanggan yang merasa tidak senang dengan driver-mu. Kamu membutuhkan metode untuk mengelola driver dan rute pengiriman. Meskipun kamu menggunakan layanan pesan-antar dari pihak ketiga, restoranmu tetap akan mengalami kerugian bila mendapat reputasi jelek akibat layanan ini.

Mempromosikan Layanan Pesan-Antar di Restoranmu

Kamu perlu menyediakan menu yang bisa dipesan-antar. Lalu, menu tersebut bisa kamu posting di media online. Kamu juga bisa mempromosikan layanan pesan-antar di papan tradisional, papan digital, hotel sekitar, dan toko ritel. Apabila kamu baru memulai layanan pesan-antar, cobalah beriklan di koran dan majalah lokal.

Sistem POS di ponselmu bisa digunakan untuk mengelola pesanan delivery. Dengan sistem POS, kamu bisa meminimalisir kesalahan dan melacak semua pesanan. Teknologi ini dibuat untuk mempermudah kamu dalam mengelola restoranmu. Fitur pengingat yang proaktif juga bisa memberi tahu konsumen tentang bumbu yang tersedia, bagaimana makanannya dimasak, dan memperbolehkan konsumen untuk mengganti bahan makanan saat mereka sedang diet khusus.

Kamu bisa menggunakan menu engineering untuk menentukan menu mana yang bisa dipesan-antar, sehingga cuma tersedia menu yang paling populer dan menguntungkan saja. Apabila restoranmu sudah berkembang, kamu bisa beralih dari layanan pesan-antar pihak ketiga dan menyediakan layanan pesan-antarmu sendiri. Selain itu, kamu juga bisa memperluas jangkauan pengiriman dan menyediakan menu yang lebih komplit seiring berjalannya waktu. Apabila ada permintaan besar untuk makanan di daerah terpencil, kamu bisa mempertimbangkan untuk membuka kios, restoran kecil, atau truk makanan.

Sekitar 70% makanan diperkirakan akan dikonsumsi di luar restoran pada tahun 2020. Oleh sebab itu, kamu perlu menyesuaikan restoranmu agar dapat menerima pesanan dari luar seperti pesanan katering, pesanan delivery, dan pesanan untuk dibawa pulang. Kamu bisa mengantarkan pesanan dengan berjalan kaki, menggunakan motor, atau mobil. Karena layanan pesan-antar semakin lazim, kamu jadi perlu mempromosikan menu restoranmu di berbagai media online.

Kembangkan bisnis makanan Anda dengan Waiterio POS

Bergabunglah dengan 40.000 restoran menggunakan sistem titik penjualan waiterio

The online ordering has been the perfect tool, especially with the ongoing COVID-19 pandemic as customers choose to limit face to face interaction. We have grown food delivery by over 112% which is solely due to the use of the free online ordering website.

- Matthew Johnson (Owner of MrBreakFastJa, Jamaica)

Download Gratis

Artikel Terbaru