Staf Restoran: Sumber Daya atau Malah Masalah Terbesar?

Staf Restoran: Sumber Daya atau Malah Masalah Terbesar?

staf bisa menciptakan atau menyelesaikan masalah

Diposting oleh Michael Elkins tanggal 19 Desember 2017

Masalah dan solusi bisa timbul di saat mencari dan mengelola staf restoran. Bila kamu bekerja dengan baik dan profesional, staf restoranmu bisa terdorong untuk setia bekerja denganmu. Tim restoranmu bisa menjadi sumber daya paling berharga. Bila ingin mendapat hasil yang memuaskan, tunjuk temanmu yang berpengalaman sebagai duta guna menarik calon pelamar kerja yang profesional. Itulah mengapa pada saat menyusun rencana bisnis, kamu perlu membuat rencana untuk mencari dan mengelola staf restoran.

Mengatasi Kelemahan Sebagai Pemilik Restoran

Hal pertama dan terpenting yang perlu dilakukan sebelum mencari dan mempekerjakan staf adalah mencari tahu apa yang kurang dari restoranmu. Bila kamu tipe orang yang suka bekerja di bagian belakang seperti menciptakan menu atau melatih chef lain, berarti kamu perlu mencari orang yang paham marketing, bisa menggunakan software bisnis, atau yang bisa memimpin staf di bagian depan. Beberapa pemilik restoran suka berinteraksi dengan pengunjung. Bila kamu tidak suka berinteraksi dengan pengunjung, berarti kamu perlu menunjuk orang lain untuk mengisi posisi tersebut. Begitu pula sebaliknya, bila kamu suka menyapa pengunjung dan mengatur tempat duduk mereka, berarti kamu perlu orang yang cakap dalam memimpin di bagian dapur.

Bagian penting dalam merencanakan SDM: mencari tahu staf seperti apa yang dibutuhkan, keterampilan apa yang harus mereka kuasai, dan pelatihan apa yang bisa kamu berikan untuk mengembangkan karier mereka. Setiap tim membutuhkan seorang manajer. Kamu perlu memahami struktur organisasi. Namun, itu bukan berarti staf restoran tidak boleh menghubungimu atau direktur utama secara langsung bila ada masalah yang perlu dibahas, hanya saja lebih baik bila mereka menghubungi atasan mereka terlebih dahulu perihal masalah umum.

Menggunakan Teknologi untuk Mengelola Staf Restoran

Teknologi bisa membantumu mengelola staf restoran dan memperlancar operasi bisnis. Software bisa digunakan untuk menghitung gaji karyawan, pajak, dan membuat laporan asuransi resmi secara otomatis. Hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak) yang bagus juga bisa membuat restoranmu menjadi ternama, sehingga calon pelamar kerja yang terampil tertarik untuk bekerja di restoranmu. Aplikasi CRM dan ERP bisa membantu memperkirakan jumlah staf yang dibutuhkan berdasarkan musim, hari libur, festival lokal, dan jam kerja. Kamu butuh staf yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tanpa perlu mengeluarkan uang lebih. Selain itu, staf restoranmu tidak akan senang bila terlalu banyak pegawai. Sebab, mereka tidak akan mendapat uang tips yang banyak.

Namun, dengan menginstal aplikasi POS yang mudah dan nyaman digunakan, kamu bisa mengelola pesanan, membuat laporan, mengatur tempat duduk, dan menerima pembayaran dengan lebih mudah dan efektif. Waiterio menawarkan paket gratis untuk restoran kecil yang menerima kurang dari 100 pesanan setiap bulannya. Selain itu, Waiterio juga menawarkan paket berlangganan untuk beberapa mata uang. Aplikasi Waiterio mudah dipelajari sehingga staf restoranmu tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mempelajarinya.

Masalah Generasi Milenial

Restoran di seluruh penjuru dunia mengalami kesulitan dalam mencari pelamar kerja. Promosi tetaplah cara yang paling efektif untuk mencari staf restoran, namun seiring berkembangnya teknologi cara melakukan promosi sudah tidak sama lagi. Dengan adanya media sosial, jaringan pertemanan dan asosiasi, lowongan kerja di internet, dan penyedia jasa profesional, promosi yang tadinya mulut-ke-mulut berubah menjadi promosi berbasis media dengan menggunakan teknologi digital. Sebuah penelitian oleh Jobvite menemukan bahwa : untuk mempekerjakan calon pelamar yang mempunyai surat rekomendasi, uang dan waktu yang perlu kamu habiskan akan lebih sedikit dibanding mempekerjakan calon pelamar biasa. Selain itu, calon pelamar yang mempunyai surat rekomendasi cenderung lebih setia dan lebih puas dengan pekerjaannya.

Generasi milenial lebih peduli pada tempat kerja mereka dan konsep restoran dibandingkan besaran upah yang didapat. Upah di restoran umumnya besar--terutama untuk posisi chef selebriti dan yang membutuhkan keterampilan khusus. Namun, generasi milenial lebih tertarik pada jadwal yang fleksibel, asal usul pemasok bahan, dan tempat kerja yang multikultural. Banyak milenial yang lebih peduli pada prospek kerja dan pendapat teman mereka tentang pekerjaannya dibandingkan upah dan bonus yang didapat.

Bergabunglah dengan kami

Mencari dan Mempekerjakan Staf Restoran

Kamu perlu menciptakan tempat kerja yang asyik untuk menarik calon pelamar kerja yang berpengalaman. Restoranmu akan mendapat nilai tambah bila kamu membuat situs web di mana staf restoran bisa mengakses rekam jejak, mengubah informasi pribadi, meminta cuti, dan mendapatkan informasi mengenai bonus. Dengan begitu, generasi milenial yang suka bermain komputer menjadi tertarik untuk bekerja di restoranmu.

Generasi milenial diperkirakan akan mengisi 75% tenaga kerja dunia di tahun 2025. Oleh karena itu, kamu perlu mencari secara efektif. Cara terbaik untuk mencari dan mempekerjakan staf restoran adalah:

  • Tulis Deskripsi Pekerjaan secara Menarik

    Untuk mencari tenaga kerja secara efektif, kamu perlu mengutarakan nilai jual restoranmu. Kamu perlu menulis deskripsi pekerjaan dengan jelas dan menarik.

  • Gunakan Situs Web untuk Mencari Pelamar Kerja

    Generasi milenial lebih suka kerja di restoran yang tempat kerjanya nyaman. Oeh karena itu, gunakan situs web kamu untuk memberi tahu keuntungan yang bisa didapat bila bekerja di restoranmu.

  • Berperan Aktif di Media Sosial

    Media sosial adalah sarana yang penting untuk membuat restoranmu menjadi ternama dan mencari pegawai. Selain itu, manajer HRD bisa menggunakan media sosial untuk mencari informasi lebih dalam mengenai calon pelamar.

  • Incar dan Evaluasi Pelamar Kerja

    Kamu bisa menggunakan teknologi digital untuk menilai kemampuan dan sikap pelamar kerja.

  • Peduli Terhadap Isu dan Peristiwa yang Terjadi di Sekitar

    Kamu bisa mendapatkan banyak manfaat dengan membantu mengatasi isu sosial yang sedang ramai di kalangan pengunjung dan calon pelamar kerja.

  • Dorong Staf yang Ada untuk Mempromosikan Restoranmu

    Staf yang setia bisa memposting konten menarik mengenai restoranmu di media sosial, sehingga calon pelamar tertarik untuk bekerja di restoranmu.

  • Saring Calon Pelamar dengan Ponsel

    Kamu perlu membuat daftar mengenai apa saja kriteria yang dibutuhkan oleh masing-masing posisi di restoran.

  • Cari Tahu Staf yang Layak untuk Naik Jabatan

    Semakin cepat, semakin baik karena dengan begitu mereka bisa merasa lebih puas dengan pekerjaan mereka.

  • Simpan Berkas dari Calon Pelamar

    Simpan informasi penting saat menerima berkas dari pelamar. Mungkin sekarang kamu belum butuh chef, namun suatu saat bisa saja butuh. Oleh karena itu, simpan informasi penting sehingga bila dibutuhkan, kamu bisa menghubungi calon pelamar tersebut tanpa harus mencari lagi.

  • Beri Pelatihan dan Mentoring

    Kamu bisa menciptakan program "belajar secara mandiri" demi menghemat pengeluaran untuk melatih staf restoran. Materi yang diberikan bisa berupa tulisan, latihan, video, foto, dan lain-lain. Tugaskan mentor atau pelatih untuk membantu staf baru dalam mempelajari tugasnya.

  • Apresiasi Staf Restoran

    Bila kamu ingin staf restoran membantumu dalam proses perekrutan, kamu perlu mendorong mereka. Kamu bisa mengapresiasi usaha mereka dalam bersosialiasi dengan memberi hadiah dan menciptakan tempat kerja yang multikultural. Kamu juga bisa mendorong staf restoran untuk berempati kepada orang lain dari budaya dan latar sosial yang berbeda.

Resiko dan Keselamatan Kerja

Pemilik restoran harus siap menghadapi beragam masalah keselamatan kerja. Resiko yang umum dihadapi restoran adalah: peralatan yang rusak atau sudah tua, masalah kebersihan, keselamatan kerja, dan kesehatan makanan. Karyawan bar kemungkinan harus berurusan dengan pengunjung yang mabuk dan berisik. Selain itu, bartender tidak boleh memberikan minuman alkohol kepada anak di bawah umur dan pengunjung yang sudah mabuk berat karena beresiko menimbulkan masalah seperti kecelakaan akibat mabuk, perkelahian, dll. Bila salah satu staf restoranmu mengganggu atau merundung pengunjung lain, bisa-bisa kamu terjerat kasus dan dilaporkan ke pengadilan.

Resiko, asuransi, dan keselamatan kerja merupakan hal penting untuk melindungi pengunjung dan staf restoran. Cara terbaik agar sukses dalam mencari staf dan membangun kesetiaan adalah menciptakan tempat kerja yang aman, menarik, dan peduli terhadap pegawainya. Selain itu, kamu bisa mendapatkan pelanggan setia.

Tempat kerja yang menarik tidak hanya penting bagi staf baru, namun juga bagi staf yang sudah berpengalaman. Untuk membuat staf restoran setia dan bangga bekerja denganmu, kamu perlu mengapresiasi mereka dengan memberi kenaikan jabatan, gaji, dan tanggung jawab. Selain itu, mereka juga bisa membantu menyukseskan program penting. Intinya, doronglah rasa kebersamaan dalam tim, utamakan kesinambungan dan tempat sekitar, ciptakan jadwal kerja yang fleksibel, dan hadapi kasus hukum dengan tepat.

Kembangkan bisnis makanan Anda dengan Waiterio POS

Bergabunglah dengan 40.000 restoran menggunakan sistem titik penjualan waiterio

The online ordering has been the perfect tool, especially with the ongoing COVID-19 pandemic as customers choose to limit face to face interaction. We have grown food delivery by over 112% which is solely due to the use of the free online ordering website.

- Matthew Johnson (Owner of MrBreakFastJa, Jamaica)

Download Gratis

Artikel Terbaru