Menggunakan Papan Elektronik untuk Mempromosikan Restoran

Menggunakan Papan Elektronik untuk Mempromosikan Restoran

papan elektronik tidak kalah penting dari menu marketing

Diposting oleh Michael Elkins tanggal 2 Februari 2018

Papan rumahan merupakan alat wajib restoran selama beberapa dekade terakhir ini. Akan tetapi, papan elektronik di zaman sekarang memberikan banyak manfaat di bidang marketing dan pengalaman pelanggan yang luar biasa. Papan ini mempunyai sebutan yang berbeda-beda seperti papan digital, papan reklame elektronik, dan lain-lain. Akan tetapi, teknologi yang digunakan tetap sama - untuk menampilkan informasi, menu, dan konten terbaru lainnya. Malahan, papan reklame elektronik, seperti yang ada di Time Square Kota New York dan pusat perkotaan lainnya, pada dasarnya menggunakan teknologi yang sama. Dengan sistem yang tepat, kamu bisa menyalakan beberapa papan di satu lokasi atau lebih.

Kamu bisa menghubungkan papan digital ke monitor besar untuk menampilkan informasi mengenai menu spesial hari ini, pesan iklan, serta foto, video, dan ulasan dari pengunjung. Alat pemutar digital bisa mengaktifkan beberapa peranti digital seperti papan promo, papan menu, papan direktori dan pengumuman di mana manajer bisa mempromosikan menu yang tidak begitu laku, memberi tahu pengunjung mengenai acara yang akan datang, serta membagikan postingan media sosial kiriman pengunjung. Postingan tersebut bisa berupa foto makanan, video acara spesial, dan ulasan makanan di restoranmu.

Manfaat papan elektronik bisa dilihat dengan jelas di pusat kota-kota besar di seluruh dunia, namun beberapa kota melarang penggunaan papan reklame elektronik karena terlalu menarik banyak perhatian sehingga membahayakan keselamatan pengemudi. Akan tetapi, restoran adalah platform ideal bagi papan digital karena bisa digunakan sebagai sarana untuk marketing, menyampaikan informasi, dan membangun loyalitas pelanggan. Manfaat dari papan digital yaitu kamu bisa menampilkan foto dari pelanggan, dan pesan digital bisa dihubungkan ke monitor besar untuk menampilkan gambar kreatif, pemandangan, atraksi lokal, dan kegiatan acara. Berbeda dengan foto dan lukisan statis, papan digitalmu bisa menjadi bagian dari infrastruktur digital restoran yang selalu berubah-ubah.

Nilai Tambah dari Papan Digital

Kamu bisa mengelola pesan, papan menu, dan konten digital dari mana saja asalkan ada koneksi internet yang bagus. Kamu tidak perlu memikirkan soal salah cetak, ongkos kirim, dan informasi jadul di papan menu bila beralih menggunakan teknologi digital. Kamu bisa mem-posting konten bernilai lebih, trivia, dan hiburan internet lainnya. Berikut adalah keuntungan utama dari beralih ke papan digital:

  • Mempromosikan Menu Lain sebagai Tambahan

    Walau kamu sering meminta staf restoran untuk mempromosikan menu lain sebagai tambahan, pasti akan ada celah dalam teknik penjualan tersebut. Papan digital bisa digunakan untuk membantu staf dalam mempromosikan hidangan entree, penutup (desert), dan pembuka (appetizer) yang spesial.

  • Mengubah Menu dengan Mudah

    Kamu bisa menambahkan foto dan menu baru atau mengganti harga dengan beberapa klik saja.

  • Memposting Informasi mengenai Gizi

    Peraturan global tentang informasi gizi terkait menu makanan berkembang dengan cepat. Kamu bisa mem-posting informasi mengenai kalori dan gizi yang ada pada menu restoranmu untuk mematuhi peraturan pemerintah setempat.

  • Mengubah Menu Berdasarkan Waktu

    Apabila restoranmu menawarkan reservasi (early bird) makan malam spesial, harga di papan restoranmu bisa disesuaikan berdasarkan waktu. Tidak sulit untuk mengubah menu sarapan, makan siang, dan makan malam. Di malam hari, kamu bisa mempromosikan hiburan live atau bar-mu dengan teknik molecular mixology-nya yang menjadi andalan restoranmu.

  • Menampilkan Pesan dari Rekan Bisnis

    Restoran sering kali berkolaborasi dengan toko ritel, bioskop, teater, dan kelompok masyarakat terdekat. Kamu bisa mempromosikan kerja sama ini di papan digital atau mendorong pengunjung restoranmu untuk membantu kegiatan amal.

  • Melatih Staf Restoranmu

    Kamu bisa membuat pustaka yang berisi materi pelatihan, lalu menyiarkan materi tersebut melalui monitor digital sehingga mereka bisa berlatih tanpa perlu mengakses sistem komputermu.

  • Menyampaikan Informasi Penting

    Kamu bisa menggunakan papan menu untuk menyampaikan informasi penting seperti perkiraan waktu tunggu. Papan menu juga bisa digunakan untuk menampilkan konten bernilai lebih sehingga pengunjung restoranmu punya tidak merasa bosan saat menunggu makanan.

papan digital buka 24 jam

Ganti Papan Tradisional dengan Teknologi Elektronik

Papan digital adalah papan yang bisa diubah di mana kamu bisa menampilkan informasi di jendela restoranmu untuk menarik perhatian orang yang lewat, mempromosikan promo media sosial, menambah jumlah pengunjung, dan mendapatkan pendapatan lain seperti dari layanan lain dan merchandise. Kamu bisa menampilkan video yang memperlihatkan bagaimana makanan di restoranmu dibuat atau hidangan, teknik kuliner, dan pencapaian restoranmu. Lebih dari 40 persen pembeli mengatakan bahwa mereka lebih cenderung membeli sesuatu bila ada informasi mengenai barang tersebut di dekat titik pembelian. Oleh sebab itu, kamu harus menyampaikan informasi yang menarik dan meyakinkan perihal restoranmu sesering mungkin.

Memberikan Pengalaman Pelanggan yang Luar Biasa

Pelanggan baru sering memiliki pertanyaan seputar restoranmu - bagaimana konsepnya dan berasal dari mana bahan makanannya. Kamu bisa menyampaikan informasi seputar hal tersebut melalui papan digital terpusat. Papan bisa digunakan sebagai alat promosi baik di dalam maupun di luar ruangan dan untuk memberi tahu mengenai perubahan menu musiman, kontes media sosial, dan program hadiah bagi pelanggan setia. Daripada melihat ponsel saat menunggu pesanan kopi atau makanan, pelangganmu bisa mencari tahu asal mula biji kopi yang digunakan atau bahan apa saja yang disuplai oleh petani lokal.

Membuat Layanan Tanpa Turun (Drive-Through) Menjadi Lebih Nyaman

Layanan tanpa turun (drive-thru) sering dianggap buruk oleh pelanggan karena membuang-buang bensin. Sistem papan digital yang responsif di jendela drive-thru bisa mempercepat proses pemesanan. Kamu bahkan bisa melakukan promosi kepada pengemudi sekitar dengan teknologi GPS. Apabila cuacanya sedang panas atau dingin, kamu bisa mempromosikan makanan hangat atau minuman dingin. Papan konfirmasi digital bisa meminimalisir kesalahan, dan banyak layanan drive-thru yang meminta pembeli untuk menunggu pesanan di tempat parkir daripada membuang-buang bensin.

Mencoba Konten dan Menyempurnakan Pesan Promosi

Papan digital bisa menjadi salah satu alat promosi yang paling berharga bagimu kecuali untuk menu dan staf. Kamu bisa mencoba beberapa versi pesan promosi tanpa perlu mengeluarkan ongkos cetak, ongkos kirim, ongkos ruangan, dan ongkos pengawasan respons. Sebuah penelitian oleh Arbitron menemukan bahwa media digital di tempat umum menarik lebih banyak pelanggan daripada postingan video di Facebook atau internet.

Papan digital bisa digunakan untuk mempromosikan acara-acara khusus di restoran seperti promosi Karnaval dan Hari Valentine. Kamu bisa menciptakan pengalaman pelanggan yang luar biasa dengan pesan digital yang tepat waktu, meningkatkan jumlah cek, melakukan komunikasi dua-arah dengan pelanggan, dan membangun koneksi dengan komunitas melalui postingan di koran lokal. Tidak ada alat marketing lain - selain menu - yang dapat memberikan hasil yang sebanding atas investasimu.

Kembangkan bisnis makanan Anda dengan Waiterio POS

Bergabunglah dengan 40.000 restoran menggunakan sistem titik penjualan waiterio

The online ordering has been the perfect tool, especially with the ongoing COVID-19 pandemic as customers choose to limit face to face interaction. We have grown food delivery by over 112% which is solely due to the use of the free online ordering website.

- Matthew Johnson (Owner of MrBreakFastJa, Jamaica)

Download Gratis

Artikel Terbaru