Misi, Visi, dan Nilai Restoran: Bagaimana Menulisnya?

Misi, Visi, dan Nilai Restoran: Bagaimana Menulisnya?

Bagaimana menulis pernyataan misi, visi, dan nilai restoran Anda.

Diposting oleh Victor Delgadillo tanggal 16 Oktober 2021

Anda tidak tahu bagaimana menulis misi dan visi sebuah restoran?

Misi dan visi sebuah restoran adalah aspek penting dari identitas bisnis Anda.

Mereka akan memberi tahu karyawan Anda, pelanggan Anda, dan seluruh dunia tentang tujuan yang mendorong restoran Anda, dan bagaimana Anda berencana untuk mencapainya.

Dalam artikel ini, saya akan berbicara dengan Anda tentang:

  • Pentingnya misi dan visi restoran
  • Bagaimana cara menulis yang terbaik?
  • Tentang beberapa contoh misi dan visi restoran
  • Dan lebih banyak pertimbangan

Sangat penting bagi Anda untuk menentukan aspek-aspek restoran Anda dan mendistribusikannya di tempat-tempat strategis — jejaring sosial, halaman web , di restoran Anda, di tawaran pekerjaan Anda, dan banyak lagi.

Mari kita mulai!

Pentingnya Misi Restoran

toko kue kecil

Pentingnya misi restoran sederhana: ini tentang tujuan yang ingin Anda capai dengan restoran Anda.

Sebuah restoran dapat memiliki banyak tujuan, namun, tujuan yang disebutkan dalam misi restoran Anda memiliki konotasi lain.

Ini adalah tujuan restoran Anda dalam kaitannya dengan karyawan Anda , pelanggan Anda , komunitas lokal , dan banyak lagi.

Misi restoran adalah bagaimana Anda membuat niat Anda diketahui.

Anda tidak bisa hanya mengatakan bahwa Anda telah membuat restoran untuk menghasilkan uang untuk diri sendiri dan keluarga Anda — itu akan menjadi kejatuhan Anda, bahkan jika itu benar.

Beberapa tujuan umum mungkin:

  • Buat restoran yang berharga di kancah kuliner lokal
  • Ciptakan sumber pekerjaan untuk sebanyak mungkin orang
  • Bantu pertumbuhan pariwisata di wilayah Anda
  • Dan banyak lagi

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah bahwa misi restoran Anda harus asli sehingga dapat memberikan dampak nyata bagi pembacanya.

Dengan pernyataan misi yang baik dan otentik, restoran Anda dapat menarik investor, mitra, pelanggan dengan cita-cita yang sama, dan banyak lagi.

Itu menjadikan misi bisnis Anda sebagai metode atau alat untuk menciptakan koneksi dengan orang-orang di sekitar bisnis Anda.

Pentingnya Visi Restoran

Visi sebuah restoran adalah cara Anda memproyeksikan perubahan masa depan di lingkungan sekitar restoran Anda berkat fakta bahwa itu ada dan Anda telah mencapai semua tujuan Anda.

Jika misi Anda adalah, misalnya, untuk menciptakan restoran di mana semua orang dapat berkumpul bersama tanpa diskriminasi apa pun, maka visinya adalah cara Anda memproyeksikan perubahan besar dalam masyarakat karena Anda mencapai tujuan itu.

Tidak hanya tujuan bisnis Anda yang dapat menarik pengikut — visi restoran juga dapat melakukannya.

Visi yang benar akan membantu pengunjung Anda, pelanggan, karyawan, dan lainnya untuk memvisualisasikan masa depan dan dampak restoran Anda terhadapnya, sekaligus membuat mereka tetap termotivasi untuk mendukung bisnis Anda.

Bagaimana Menulis Misi Restoran?

jurnal catatan misi

Menulis misi restoran sebenarnya agak sulit.

Ini adalah bagian teks yang harus berisi kurang dari 100 kata dan maksimal tiga baris yang kuat.

Masalah sebenarnya muncul ketika Anda menyadari bahwa teks kecil seperti itu harus menjawab beberapa pertanyaan , harus persuasif , mudah diingat , dan berdampak .

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda gunakan untuk menulis pernyataan misi restoran Anda.

1. Buat dan Jawab Pertanyaan

Misi restoran Anda harus menjawab pertanyaan tertentu tentang bisnis Anda. Anda harus bertanya pada diri sendiri:

  • Apa jenis restoran yang Anda miliki?
  • Siapa target audiens Anda?
  • Apa kebutuhan mereka?
  • Bagaimana Anda berencana untuk membantu audiens target Anda?
  • Bagaimana restoran Anda dapat memperbaiki situasi mereka?
  • Seperti apa daerah Anda?
  • Bagaimana restoran Anda meningkatkan lokalitas Anda?

Anda dapat mencoba menjawab pertanyaan sebanyak yang Anda inginkan, tetapi ini akan membantu Anda memulai.

Ada baiknya untuk menjawab setiap pertanyaan secara singkat.

2. Pilih Perasaan yang Ingin Anda Sampaikan

Emosi yang disampaikan oleh misi Anda sangat penting karena itulah yang dapat memberdayakan pelanggan untuk mendukung restoran Anda.

Anda dapat memilih perasaan apa pun yang Anda inginkan, seperti menulis teks yang menunjukkan rasa lapar Anda untuk berinovasi dan mengubah dunia atau menciptakan kesadaran akan masalah sosial dengan rasa kewajiban .

Ingatlah bahwa ini akan menjadi sentimen yang akan Anda gunakan untuk terhubung dengan audiens target Anda, jadi mempelajarinya secara mendalam terlebih dahulu adalah ide yang bagus.

3. Satukan Semuanya

Pada langkah ketiga ini, Anda cukup menulis semuanya bersama-sama dalam satu teks — tidak masalah panjang total di awal.

Anda harus menulis:

  • Jawaban untuk setiap pertanyaan
  • Menulis menggunakan perasaan yang Anda pilih untuk disampaikan
  • Dan kemudian tulis ulang seolah-olah itu adalah pidato singkat di depan tamu Anda

Setelah ini, itu akan hampir siap.

4. Ringkas

Pada langkah terakhir, Anda harus meringkas, memotong, melewati, dan mempersingkat misi menjadi tiga baris yang jumlah totalnya kurang dari 100 kata.

Ini adalah bagian tersulit, karena kecuali Anda dapat merangkum semua yang telah Anda tulis dalam banyak kata ini — sebaiknya lebih sedikit — Anda harus berpikir keras tentang apa hal terpenting yang harus Anda katakan.

Bagaimana Menulis Visi Restoran?

Orang yang menulis misi restoran

Visi sebuah restoran sedikit lebih mudah untuk ditulis. Ini adalah teks yang menggambarkan masa depan di mana Anda telah memenuhi misi restoran Anda — jadi ini agak hipotetis.

Ingatlah bahwa masa depan ini harus dimulai dari misi restoran Anda, jadi Anda harus terlebih dahulu menentukan misi yang unik, realistis, dapat dicapai, dan berdampak positif.

Kemudian bayangkan saja sebuah dunia di mana Anda telah mencapai tujuan tersebut, dan pikirkan tentang bagaimana masa depan hipotetis itu lebih baik bagi komunitas, untuk tamu Anda, dan banyak lagi.

Contoh Misi dan Visi Restoran

Sekarang saya akan memberikan beberapa contoh misi dan visi restoran. Semuanya adalah restoran imajiner, jadi saya akan memberi Anda penjelasan singkat tentang restoran yang dimaksud agar Anda lebih memahami konteksnya.

Contoh Misi Restoran

dokumen penandatanganan orang

Contoh pertama adalah misi restoran makanan sehat pertama yang terletak di sebuah kota di pedalaman suatu negara, jauh dari sorotan ibu kota.

Misi kami adalah membawa makanan sehat ke kota, menawarkan alternatif terjangkau yang meningkatkan kualitas hidup masyarakat, dan pada saat yang sama, mengajari tamu kami pentingnya nutrisi yang baik.

Dalam misi ini Anda akan dapat menemukan beberapa tujuan:

  • Yang pertama adalah membawa makanan sehat ke tempat di mana pilihan itu tidak ada.
  • Yang kedua adalah restoran yang mudah diakses, dengan harga murah untuk masyarakat umum.
  • Dan yang ketiga adalah bahwa restoran akan berfungsi untuk mendidik pengunjung tentang nutrisi dalam beberapa cara.

Contoh kedua adalah misi sebuah restoran makanan fusion yang terletak di kota perbatasan di Meksiko, dengan Amerika Serikat beberapa kilometer jauhnya.

Kami ingin menawarkan makanan fusion yang menunjukkan pertukaran budaya antara Meksiko dan tetangga kami di Amerika Serikat, untuk menyatukan orang-orang kami dengan makanan enak — kami akan melayani semua orang secara setara!

Misi ini juga memberikan informasi tentang restoran:

  • Pertama, ini memperkuat fakta bahwa ini adalah restoran makanan fusion.
  • Tersirat bahwa itu adalah restoran yang mendukung pertukaran budaya antara negara-negara tetangga ini.
  • Juga, Anda akan menemukan makanan fusion antara keahlian memasak Amerika dan Meksiko di dalamnya.
  • Ini adalah restoran yang berusaha menyatukan dua orang dengan makanan enak yang dihasilkan dari campuran masakannya.
  • Dan akhirnya, ini adalah restoran yang tidak akan memiliki preferensi di antara pelanggan dari kedua negara, karena mereka semua akan diperlakukan dengan cara yang sama.

Contoh ketiga adalah misi restoran masakan haute yang terletak di daerah yang sangat turis di Brasil.

Kami ingin membuat restoran yang memperkenalkan makanan gourmet kepada generasi baru, tanpa harga tinggi, kepura-puraan, dan prasangka. Hanya getaran yang bagus!

Misi ini mengacu pada hambatan masuk yang mungkin dimiliki beberapa restoran fine dining bagi kaum muda.

Misi ini ditulis langsung untuk pengunjung restoran, yang dapat merasakan hambatan ini di restoran mewah yang telah ada di pasar selama bertahun-tahun dan sering dikunjungi oleh orang tua yang mungkin, pada gilirannya, menganggap orang muda tidak layak memasuki restoran semacam itu.

Contoh Visi Restoran

mata biru mewakili visi restoran

Untuk contoh ini, saya akan menggunakan restoran fiktif yang sama, dalam urutan yang sama.

Contoh pertama adalah:

Visi kami untuk masa depan adalah membantu menciptakan daerah yang lebih sehat, lebih sadar nutrisi, dan bahwa kota kami memiliki pilihan yang dapat diandalkan dan murah untuk makan enak, tanpa mengorbankan kenikmatan makan.

Contoh kedua adalah:

Kami ingin membantu menghilangkan perbedaan yang dirasakan antara budaya negara kami dan menciptakan kota yang lebih bersatu, tanpa prasangka atau xenofobia. Mari berbagi kemanusiaan!

Contoh ketiga adalah:

Kami memimpikan dunia di mana masakan haute dibagikan dan dapat diakses oleh semua orang, tanpa memandang jenis kelamin, identitas gender, asal, usia, posisi sosial, dan hak istimewa.

Apa yang dibagikan oleh semua contoh ini adalah bahwa mereka menciptakan citra harapan untuk perubahan, umumnya positif, dan bermanfaat bagi masyarakat dan pelanggan mereka.

Pertimbangan lainnya

Jadikan salsa bukan tanda perang dan nilai restoran

Beberapa perusahaan juga memutuskan untuk menambahkan nilai yang mendorong tindakan mereka. Ini jarang terjadi, namun menjadi semakin penting.

Mengapa? Karena perusahaan saat ini berusaha untuk memisahkan diri dari kurangnya kemanusiaan dan dari yang dianggap sebagai perusahaan besar dengan dampak negatif pada masyarakat.

Itulah mengapa berbicara tentang nilai-nilai yang mendorong bisnis Anda dapat membantu Anda terhubung dengan audiens target Anda dengan lebih mudah, sekaligus menarik orang-orang dengan nilai yang sama untuk menjadi bagian dari tim Anda.

Hal lain yang harus Anda pertimbangkan adalah bahwa misi, visi, atau nilai tidak hanya untuk orang-orang yang akan mengunjungi restoran Anda.

Sebaliknya, ide-ide ini akan membantu Anda membangun dukungan, investor yang berpikiran sama, karyawan berkualitas tinggi, dan banyak lagi.

Selain itu, sangat penting bahwa semua yang Anda tulis adalah bagian nyata dari keputusan bisnis Anda — tidak bisa hanya kata-kata indah tanpa tindakan yang membuktikan posisi Anda.

Anda bahkan dapat mendedikasikan misi, visi, dan nilai Anda untuk secara aktif membantu masyarakat, baik itu dengan tindakan di restoran Anda, mendukung tujuan sosial, organisasi penting, dan bahkan mengambil tindakan di luar restoran Anda.

Ini juga bisa menjadi sumbangan untuk tujuan penting atau pekerjaan sosial bagi komunitas di sekitar restoran Anda.

Apa yang Anda capai dengan ini? Bedakan restoran Anda dari perusahaan yang hanya mencari uang! Bahkan jika itu yang Anda inginkan, bukanlah ide yang baik untuk menjadi satu-satunya motivasi Anda — terutama karena dunia sedang berpaling dari perusahaan dengan motif egois.

Jadikan Misi, Visi, dan Nilai Anda Menonjol untuk Bisnis Anda

Misi, visi, dan nilai bisnis Anda dapat membedakan restoran Anda dari pesaing. Entah karena motivasi restoran Anda sejalan dengan motivasi tamu Anda, atau karena Anda mendukung tujuan nilai sosial .

Aspek-aspek bisnis Anda ini bukan hanya strategi branding lainnya, tetapi juga harus otentik, dapat dicapai, dan terlihat melalui tindakan Anda.

Sudahkah Anda membuat misi, visi, dan nilai Anda?

Kembangkan bisnis makanan Anda dengan Waiterio POS

Bergabunglah dengan 40.000 restoran menggunakan sistem titik penjualan waiterio

The online ordering has been the perfect tool, especially with the ongoing COVID-19 pandemic as customers choose to limit face to face interaction. We have grown food delivery by over 112% which is solely due to the use of the free online ordering website.

- Matthew Johnson (Owner of MrBreakFastJa, Jamaica)

Download Gratis

Artikel Terbaru