Otomasi Restoran: 4 Cara Otomasi Menumbuhkan Restoran Anda

Otomasi Restoran: 4 Cara Otomasi Menumbuhkan Restoran Anda

Otomatisasi restoran sedang tren - apakah restoran Anda otomatis? Anda harus mulai mengotomatiskannya sekarang!

Diposting oleh Victor Delgadillo tanggal 21 Juli 2022

Otomatisasi bisnis adalah salah satu hal yang terdengar seperti kemungkinan yang jauh bagi beberapa pemilik restoran. Kami di sini untuk memberi tahu Anda bahwa itu bukan!

Sebenarnya, pemilik restoran yang terhormat, Anda tidak perlu pergi dan membeli robot impor, mewah, dan mahal untuk mulai mengotomatisasi bisnis Anda. Selain itu, mengotomatiskan restoran bukanlah hal baru sama sekali — ini adalah proses yang telah dibuat sejak restoran ada.

Pada artikel ini, saya akan memberi tahu Anda tentang:

  • 4 cara berbeda otomatisasi dapat membantu restoran Anda tumbuh.
  • Dan tentang bagaimana Anda dapat mulai mengotomatisasi restoran Anda dengan mudah.

Jika Anda di sini karena Anda khawatir restoran Anda sedikit tertinggal, maka Anda berhasil tepat waktu. Bagian terbaiknya adalah Anda tertarik untuk mencari tahu bagaimana Anda bisa menggali restoran Anda. Kami benar-benar tidak dapat membantu seseorang yang tidak menginginkan bantuan, jadi keberadaan Anda di sini adalah langkah awal yang bagus. Mari kita masuk ke dalamnya!

Apa itu Otomasi?

gambar otomatisasi bekerja bergandengan tangan dengan produktivitas

Otomasi adalah proses mengubah tugas yang membutuhkan intervensi, menjadi proses yang mulus dan efisien yang dapat Anda amati dari kejauhan. Ini seperti mengendarai sepeda! Setelah Anda tahu, Anda sebenarnya tidak perlu tahu lagi karena Anda bisa mengayuh dengan mulus.

Sekarang, otomatisasi restoran jauh lebih kompleks daripada mengendarai sepeda atau menggunakan kalkulator daripada pulpen dan kertas. Restoran adalah bisnis yang sangat kompleks yang menangani banyak data , staf, inventaris, hubungan pelanggan, dan sebagainya. Itu sebabnya saat ini, di era AI, kita menjadi lebih mudah dari sebelumnya. AI datang untuk merevolusi industri restoran dengan menangani banyak proses yang sebagian besar virtual untuk Anda.

Ada sedikit batasan untuk hal-hal yang dapat Anda otomatisasi di restoran. Meskipun saya sebutkan Anda tidak perlu membeli robot produksi untuk menangani dapur restoran Anda, Anda pasti memiliki pilihan sekarang.

4 Cara Otomasi Mengembangkan Restoran Anda

Setelah semua ini, yang perlu Anda ketahui adalah memahami otomatisasi dan menerapkannya di restoran Anda dapat memberi Anda keuntungan yang luar biasa. Dalam industri yang sekompetitif ini, Anda membutuhkan setiap ons berat yang dapat Anda letakkan di timbangan Anda. Dalam beberapa kasus, Anda membutuhkannya hanya untuk mendapat kesempatan!

Jika Anda masih belum yakin dengan fakta-fakta ini, saya akan memberi tahu Anda empat lagi yang akan melakukan trik untuk mengubah Anda menjadi penggemar otomasi nomor satu.

1. Mencari dan Memahami Data Konsumsi Pelanggan untuk Benar-Benar Memuaskan Kebutuhannya

memahami data restoran adalah kunci untuk memuaskan pelanggan saat ini

Setelah seharian melayani di restoran Anda, ada lusinan nomor yang bisa luput dari perhatian mata telanjang. Iblis ada di detailnya jika Anda ingin melompat menjauh dari pesaing Anda. Itulah mengapa memahami metrik pelanggan sangat penting — tetapi pertama-tama, Anda perlu menemukan data tersebut. Beberapa nomor penting adalah:

  • Waktu rata-rata yang dihabiskan pelanggan untuk melihat-lihat menu Anda.
  • Waktu yang dibutuhkan bagi mereka untuk menyelesaikan hidangan mereka.
  • Waktu yang mereka habiskan setelah menghabiskan makanan mereka.
  • Biaya tiket rata-rata restoran Anda dan per meja.
  • Tip rata-rata yang ditinggalkan pelanggan Anda setelah servis.
  • Jumlah pesanan yang Anda dapatkan dari berbagai saluran, seperti pesanan online, pesanan dibawa pulang, makan cepat, reservasi per hari atau jam, dan lainnya.

Masing-masing angka ini memiliki arti yang berbeda, yang pada akhirnya dapat diubah menjadi pertanyaan:

  • Apakah menu Anda terlalu panjang atau terlalu pendek?
  • Apakah piring Anda terlalu besar?
  • Apakah restoran Anda mengundang pelanggan untuk menginap? Apakah Anda ingin mereka pergi lebih cepat untuk menawarkan meja? Apakah Anda perlu membuat lounge setelah makan?
  • Apakah tiket rata-rata Anda cukup? Apakah Anda perlu menaikkan harga?
  • Apakah pelanggan Anda puas dengan layanan sebelum pergi?
  • Apakah saluran Anda efektif untuk menarik pelanggan? Apakah Anda perlu menambahkan saluran baru atau menghilangkannya?

Sebagian besar pemilik restoran tidak menyadari hal ini. Dan faktanya, itu bagus, karena mengikuti data itu atau memiliki seseorang yang berdedikasi hanya untuk mengamati dan menuliskan masing-masing adalah omong kosong. Atau paling tidak, stres .

Saat itulah seorang pengamat dalam kegelapan, gaya kakak, sangat berguna. Ada beberapa aplikasi luar biasa di luar sana yang dapat membantu Anda mengetahui dengan tepat data itu. Bahkan jika Anda tidak ingin membayar untuk aplikasi yang mahal, Anda dapat melakukannya dengan cara kuno — mendelegasikannya. Kemudian, buat spreadsheet dengan semua data, dan mulailah membuat eksperimen untuk mencari tahu apa yang terbaik untuk pelanggan Anda atau untuk tujuan restoran Anda.

2. Merangkul Self-Service untuk Percepatan Operasional FOH

kode QR restoran adalah bagian dari berbagai cara untuk mengotomatiskan layanan restoran Anda

Kita sekarang hidup dalam realitas pasca-pandemi, dan tidak ada yang bisa mengubahnya. Itulah mengapa kita tidak bisa menyingkirkan swalayan sebagai tren, semuanya. Restoran memiliki layanan mandiri dalam dosis tinggi dalam dekade terakhir - milik Anda tidak? Lihat Waiterio POS !

Mengesampingkan promosi diri, swalayan akan tetap ada. Dan itu dapat membantu restoran Anda dengan cara yang benar-benar luar biasa.

Masalahnya, swalayan datang ke restoran dalam berbagai bentuk dan ukuran:

  • Pemesanan kode QR dari tabel.
  • Pemesanan online untuk takeout dan pengiriman.
  • Kios swalayan.
  • Tablet atau perangkat yang diletakkan di atas meja untuk tujuan ini.
  • Dan tentu saja, KDS dan printer termal terhubung ke solusi POS Anda untuk mengirimkan informasi ini langsung ke dapur.

Bagaimana otomatisasi ini? Nah, bagian otomatisasi adalah di mana Anda tidak lagi membutuhkan pelayan untuk menerima pesanan secara langsung, dan pelanggan melakukannya sendiri — ahem , secara otomatis. Mengadopsi jenis teknologi ini di restoran Anda bukan tidak mungkin atau bahkan sulit karena ada banyak metode berbeda.

Anda dapat mengambil rute yang sulit dan membuat situs web khusus, atau cukup berlangganan salah satu paket berbayar kami untuk menyelesaikannya dengan beberapa klik. Ini akan meningkatkan restoran Anda dalam banyak hal:

  • Ini akan mempercepat proses pengambilan pesanan Anda.
  • Ini akan memberi lebih banyak kontrol kepada pelanggan Anda.
  • Anda dapat memanfaatkan sepenuhnya rekayasa menu dan praktik persuasi.
  • Anda dapat meningkatkan tagihan rata-rata di seluruh saluran yang berbeda.
  • Dan Anda dapat menghemat uang untuk biaya penggajian — Anda tidak memerlukan banyak pelayan!

Beberapa restoran menganggap ini sangat nyaman sehingga mereka telah menata ulang layanan mereka untuk mengakomodasi ini dengan lebih baik dan memanfaatkan kegemaran swalayan.

Tentu saja, beberapa solusi terlalu mahal. Namun, itu tidak mengubah banyak merek terkenal, seperti Mcdonald's, berinvestasi besar-besaran dalam otomatisasi AI sejak 2019 . Itu akan meningkatkan efisiensi penjualan dan operasi, menurunkan biaya penggajian, dan pada akhirnya meningkatkan laba mentah. Anda juga dapat memiliki sebagian kecil dari manfaat ini di restoran Anda!

3. Mengoptimalkan Manajemen Staf untuk Menghemat Biaya Penggajian

manajemen staf restoran adalah kunci untuk memotong biaya dan mengoptimalkan keuntungan restoran Anda

Manajemen staf tidak pernah sepenting hari ini. Di tahun-tahun sebelumnya, ketika biaya penggajian tidak setinggi hari ini, pemilik restoran mampu memiliki bisnis dengan lusinan karyawan yang tidak melakukan apa-apa selama hari-hari sepi pelanggan.

Hari-hari seperti itu sudah berakhir. Pemilik dan manajer sama-sama sekarang memahami bahwa banyak personel tidak sama dengan efisiensi. Di sisi lain, mereka memahami bahwa staf yang terlalu sedikit juga tidak sama dengan efisiensi. Mengingat kekurangan staf masih terjadi, ini bisa menjadi tindakan penyeimbang yang sulit. Data seperti ini dapat membantu Anda menemukan apa yang terbaik untuk bisnis Anda:

  • Pelanggan rata-rata per hari.
  • Tren lalu lintas tinggi dan rendah per hari.
  • Jumlah rata-rata sampul per hari.
  • Data tren konsumsi, seperti elemen menu mana yang lebih disukai pada hari tertentu dalam seminggu, tren reservasi, jumlah kursi yang ditempati per meja, dan lainnya.

Setelah Anda memahami ini, Anda dapat mengoptimalkan jam kerja restoran, dan jadwal staf, serta menyesuaikan menu Anda untuk setiap hari dalam seminggu. Ini akan membantu Anda mengurangi jam kerja staf tepat di mana mereka harus dipotong untuk mengoptimalkan pendapatan Anda. Tentu saja, ada batasan cara mengatur jadwal staf Anda. Itulah mengapa penting untuk menggabungkan teknik ini dengan kepemimpinan yang lembut . Perpaduan antara efisiensi dan empati akan memberikan hasil yang luar biasa pada restoran Anda!

4. Meningkatkan Manajemen Persediaan Dengan Tren Konsumsi

mengelola inventaris restoran Anda adalah sesuatu dari masa lalu. Sekarang, Anda dapat mengotomatiskannya dengan mudah menggunakan aplikasi manajemen inventaris!

Masalah rantai pasokan masih berpengaruh penuh di seluruh industri — itulah salah satu dari banyak masalah yang tersisa untuk kita selesaikan setelah pandemi. Itu sebabnya Anda harus ketat dengan pemasok Anda, dan bahkan lebih ketat lagi dengan tren konsumsi pelanggan Anda. Informasi yang sama yang disebutkan di atas juga dapat membantu Anda mengetahui cara terbaik untuk mengoptimalkan pola pembelian, hubungan Anda dengan penyedia, dan banyak lagi.

Data penting lainnya yang perlu diketahui adalah:

  • Seberapa baik kinerja setiap hidangan di menu Anda?
  • Seberapa efektif sistem manajemen inventaris Anda saat ini?
  • Berapa banyak uang atau stok yang akan terbuang percuma?
  • Berapa lama pemasok Anda menanggapi atau memenuhi kebutuhan Anda?
  • Rata-rata berapa lama setiap barang yang Anda pesan bertahan?
  • Dan banyak lagi.

Mengetahui semua hal ini telah menjadi renungan selama bertahun-tahun. Tapi sekarang, penting untuk mengoordinasikan pesanan dengan pemasok Anda agar restoran Anda berjalan lancar. Untuk menangani semua ini, Anda hanya perlu menemukan sistem manajemen inventaris yang memiliki fitur manajemen hubungan pasokan. Beberapa aplikasi didukung AI, artinya mereka memahami tren konsumsi pelanggan Anda dan menyiapkan restoran Anda untuk efisiensi operasional penuh saat dibutuhkan. Tentu saja, mereka juga mempersiapkannya untuk berbaring dengan aman selama rentang waktu lalu lintas rendah.

Bagaimana Memulai Otomatisasi Restoran Anda dalam 5 Langkah Sederhana?

Anda tidak memerlukan robot mahal untuk mengotomatisasi restoran Anda

Anda telah sampai pada bagian menarik dari artikel ini. Apa yang Anda perlukan untuk mulai mengotomatiskan restoran Anda sekarang? Yah, saya telah menyebutkan empat kemungkinan aplikasi. Dan tentu saja, jika Anda mencari satu aplikasi untuk setiap jenis otomatisasi ini, Anda akan menemukan aplikasi yang luar biasa. Tapi, sebenarnya Anda tidak perlu sesuatu yang mewah untuk menyelesaikannya.

Dengan aplikasi sederhana, seperti Waiterio , dan Google Spreadsheet , Anda dapat menyelesaikan banyak hal. Setidaknya, cukup untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik. Namun, ini bukanlah proses yang dapat Anda mulai tanpa prosedur yang semestinya. Inilah yang kami rekomendasikan:

  1. Luangkan waktu untuk menganalisis area bisnis Anda yang paling membutuhkan perbaikan. Di situlah Anda mulai!
  2. Kemudian, pikirkan tujuan terpenting yang ingin Anda capai dengan otomatisasi.
  3. Persiapkan staf Anda, dan kolaborator lain seperti pemasok, akuntan, dan lainnya untuk proses otomasi.
  4. Beri tahu semua orang tentang tanggung jawab mereka terkait otomatisasi.
  5. Dan pantau terus bagaimana otomatisasi berkembang dan berfungsi untuk restoran Anda.

Kami telah membuat artikel yang sangat menarik tentang tujuan restoran dan cara membuatnya. Otomasi hanyalah tujuan lain yang dapat Anda buat di restoran Anda untuk membuatnya lebih efisien.

Otomasi Bukan Kebodohan

Satu hal yang ingin saya sebutkan sebelum Anda berpikir bahwa otomatisasi adalah solusi terakhir untuk menjalankan restoran yang sukses adalah kami telah melakukannya tanpa teknologi selama bertahun-tahun. Jadi, meskipun menakjubkan apa yang dapat dicapai otomatisasi, restoran masih merupakan bisnis berbasis layanan. Orang yang menyajikan makanan lezat kepada orang lain masih menjadi konsep utama di balik sebagian besar bisnis makanan, dan itu tidak akan berubah dalam waktu dekat. Hal penting lain yang perlu diingat adalah bahwa sebagian besar dijalankan oleh orang-orang - juru masak, pembuat roti, pelayan, dan banyak lagi. Restoran melayani kedua belah pihak, mereka memberikan pekerjaan, yang juga harus dianggap sebagai layanan kepada masyarakat.

Artinya, jika Anda gagal di salah satu sisi tersebut, maka otomatis Anda bisa merusak bisnis Anda. Lihat apa yang saya lakukan di sana?

Otomasi Adalah Proses yang Diperlukan untuk Restoran

Otomasi diperlukan untuk restoran karena, meskipun kami masih melayani orang, orang sekarang mengkonsumsi lebih cepat! Tren restoran mengarah jauh dari layanan penuh dan sebaliknya mengarah ke bisnis makanan berbasis kenyamanan. Tidak ada yang salah dengan itu, dan bukan berarti restoran dengan layanan lengkap akan mati. Sebaliknya, di situlah otomatisasi akan menjadi paling penting. Restoran tradisional akan diguncang untuk menyesuaikan penawaran dan teknologi mereka, hanya untuk mengikuti tren industri. Tapi masih ada waktu - jangan anggap remeh selamanya.

Apakah restoran Anda siap untuk shift ini?

Kembangkan bisnis makanan Anda dengan Waiterio POS

Bergabunglah dengan 40.000 restoran menggunakan sistem titik penjualan waiterio

The online ordering has been the perfect tool, especially with the ongoing COVID-19 pandemic as customers choose to limit face to face interaction. We have grown food delivery by over 112% which is solely due to the use of the free online ordering website.

- Matthew Johnson (Owner of MrBreakFastJa, Jamaica)

Download Gratis

Artikel Terbaru