Panduan Utama Untuk Merekrut Dan Mengelola Pelayan

Panduan Utama Untuk Merekrut Dan Mengelola Pelayan

Bagaimana cara merekrut pelayan? Bagaimana cara mengelola pelayan Anda?

Diposting oleh Katarina Nikolic tanggal 23 Oktober 2022

Anda perlu merekrut pelayan untuk restoran Anda?

Ingin tahu rahasia di balik kepuasan para pelayan (server)?

Tujuan utama dari restoran adalah memuaskan para pelanggan Anda dengan memberikan layanan berkualitas terbaik sehingga mereka akan terus datang kembali ke restoran Anda.

Untuk mencapai itu, Anda perlu memiliki anggota staf yang andal. Dari manajer restoran hingga koki dan server, setiap orang harus pandai dalam pekerjaan mereka. Pelayan adalah wajah dari bisnis Anda; mereka orang yang pertama menerima semua kritik atau pujian.

Jadi itulah mengapa sangat penting untuk memilih pelayan terbaik untuk restoran Anda. Akan lebih baik lagi jika Anda juga membuat pelayan Anda merasa puas, atau mereka akan berhenti dari pekerjaannya.

Bagaimana Cara Merekrut Pelayan Untuk Restoran Anda? [7 Tips Berguna]

Pelayan restoran yang rapi

Proses pemilihan pelayan dan perekrutan seringkali menjadi yang terbaik jika direkomendasikan oleh mitra, kolega, atau restoran lain.

Selalu ada tantangan untuk menemukan pelayan yang terampil dalam industri restoran. Terkadang beberapa pelayan yang baik dipindahkan antar restoran dengan menawarkan pembayaran yang lebih tinggi dan kondisi kerja yang lebih baik.

Jadi, Anda harus terlebih dahulu mempertimbangkan rekomendasi kolega sebelum mencari orang baru dan memposting posisi pekerjaan kepada umum secara online.

Jika tidak ada opsi seperti itu, maka lakukan proses seleksi yang lebih lengkap. Terlepas dari pendidikan, usia, atau pengalaman, kualitas karyawan akan terlihat jelas setelah pekerjaan dimulai. Itulah mengapa ada baiknya Anda memiliki masa percobaan setidaknya satu bulan untuk memastikan bahwa kandidat tersebut tepat untuk restoran Anda.

1. Apa Yang Harus Anda Cari Saat Mempekerjakan Seorang Pelayan?

Mengenai pengalaman: Hal ini baik bagi seorang kandidat untuk memilikinya, tetapi di lingkungan restoran, terkadang hanya sikap, karakter, kemauan untuk bekerja dan mempelajari hal-hal baru, dan memiliki hubungan yang baik dengan orang-orang, itulah yang restoran dan tamu perlukan.

Kandidat yang tepat harus kuat sebagai individu dan kuat untuk bekerja di dalam tim. Keramahtamahan adalah keharusan, dan orang-orang perlu memahaminya dan dididik sebelum mereka mulai bekerja.

Bekerja sebagai pelayan kelihatannya mudah, dan kebanyakan orang akan berpikir bahwa setiap orang bisa melakukan pekerjaan itu.

Benar, tetapi untuk menjadi pelayan yang profesional dan memiliki pelayanan terbaik membutuhkan banyak latihan, waktu, dan dedikasi.

2. Memiliki Masa Percobaan Untuk Pelayan Anda yang Baru Direkrut

Selama masa percobaan, pengelola restoran dapat melihat semua aspek dari seorang kandidat. Sebagai contoh:

  • Hubungan dengan tamu
  • Kualitas penyampaian layanan
  • Hubungan dengan rekan kerja
  • Bekerja dibawah tekanan
  • Produktifitas
  • Sikap
  • Skill kepemimpinan

Masa percobaan akan memberikan wawasan yang baik tentang orang tersebut dan membantu manajer dan pemilik restoran untuk memutuskan apakah mereka akan menawarkan kontrak jangka panjang kepada kandidat atau mencari kandidat lain.

3. Periksa Referensi Dari Pemberi Kerja Sebelumnya

Adapun dengan rekomendasi, referensi akan memegang peranan yang penting. Jika Anda mencari kandidat yang berpengalaman, maka Anda harus mempertimbangkan untuk menghubungi perusahaan sebelumnya dan mendapatkan informasi tentang kandidat tersebut.

Ini adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa kandidat tersebut memiliki kemampuan yang diperlukan.

4. Pahami Kebutuhan Anda

Ilustrasi daftar periksa

Perekrut harus memberikan detail sebanyak mungkin tentang penawaran dan persyaratan mereka saat memposting pekerjaan secara online. Ini karena akan mempersempit calon kandidat dan hanya akan menyaring calon "yang tepat" untuk melalui proses seleksi. Ini juga akan menghemat banyak waktu pada proses wawancara karena kandidat akan tahu dari awal apakah penawaran tersebut cocok untuk mereka atau apakah mereka mampu memenuhi standar restoran.

Karyawan baru dapat membuat kesalahan sambil membiasakan diri dengan standar dan persyaratan pada sebuah restoran. Namun, penting untuk mengevaluasi mereka, memberi mereka masukan, memperhatikan tingkat keterlibatan dan melatih mereka sepanjang waktu.

Kesalahan kecil dapat diterima, dedikasi dan keterlibatan juga menunjukkan bahwa kandidat siap untuk mengambil tanggung jawab. Setiap anggota staf baru harus diperkenalkan dan disambut oleh seluruh tim dan didukung selama proses evaluasi.

5. Carilah Kualitas Ini Saat Mempekerjakan

Kualitas keseluruhan yang harus dimiliki pelayan adalah:

  1. Penampilan
  2. Ketepatan waktu
  3. Memperhatikan detail
  4. Tata krama
  5. Sikap
  6. Keramahan
  7. Ketaatan
  8. Kebaikan
  9. Produktivitas (pengambilan keputusan cepat)
  10. Kesabaran
  11. Daya ingat dan konsentrasi yang baik
  12. Kerja tim yang baik

Anda dapat menguji pelamar dengan beberapa situasi yang mungkin dapat terjadi di restoran untuk melihat bagaimana mereka akan menanganinya - ini adalah cara terbaik untuk melihat seberapa cepat mereka berpikir dan mengetahui keterampilan kepemimpinan mereka.

Namun, industri perhotelan masih merupakan industri yang membutuhkan sentuhan pribadi dan orang-orang yang terlibat. Ini adalah industri yang tidak bisa dilakukan secara online atau dari rumah seperti pekerjaan lain, jadi bagian praktis (masa percobaan) adalah kunci dalam proses seleksi.

Wawancara mungkin memberi Anda perasaan dasar tentang seorang kandidat, tetapi kinerja adalah yang paling penting.

6. Kesan Pertama Itu Penting

Saat melakukan wawancara, perhatikan kesan pertama yang akan Anda dapatkan dari saat pertama calon tersebut masuk. Itulah kesan yang akan didapat pelanggan saat pelayan mendekati meja mereka.

Biarkan para kandidat memperkenalkan diri dan memperhatikan sikap dan bahasa tubuhnya.

Lihatlah apakah kandidat memberi Anda kontak mata karena itu menunjukkan keramahan dan pengakuan kepada tamu. Bekerja di restoran membutuhkan seseorang yang santai dalam berkomunikasi dan memiliki sikap yang ramah.

7. Pertanyaan Yang Harus Anda Ajukan Selama Wawancara

Wawancara formal

Bekerja di dalam restoran terkadang bisa santai, tetapi terkadang bisa memberikan waktu dan tekanan yang sulit bagi pelayan. Oleh karena itu, sebaiknya sesuaikan wawancara Anda dengan hal itu.

Pertama, ajukan pertanyaan mudah yang akan membuat para kandidat santai; beberapa hal pribadi seperti film favorit mereka atau tempat yang mereka sukai untuk bepergian. Beri mereka ruang untuk menampilkan diri mereka sebaik mungkin dan lihat bagaimana mereka bertindak saat membicarakan hal-hal yang mereka sukai.

Di sisi lain, beri mereka semacam tekanan dengan memasukkan pertanyaan yang mungkin bukan topik yang Anda diskusikan saat ini. Lihat bagaimana mereka bereaksi ketika suasana hati berubah dan seberapa terampil mereka dalam menjawabnya.

Ajukan pertanyaan hipotetis kepada mereka dan biarkan mereka membayangkan situasi yang mungkin terjadi saat bekerja di restoran dan bagaimana mereka akan menyelesaikannya.

Bagaimana Cara Mengelola Pelayan Anda dengan Benar? [Buat Pelayan Anda Bahagia Dan Puas]

Setelah memilih kandidat dan membuat tim, idenya adalah membangun tim terbaik yang Anda miliki dan membuat mereka puas. Anda tidak ingin mereka berhenti dari pekerjaannya karena hal itu akan merugikan restoran Anda. Berikut beberapa tip yang perlu Anda ingat:

1. Pelatihan

Elemen penting untuk memiliki tim dan staf yang sukses adalah pelatihan. Para manajer harus memberikan upaya maksimal untuk melatih staf mereka sesuai dengan standar. Mereka perlu mendedikasikan waktunya untuk karyawan dan mendidiknya.

Selain itu, tim manajemen bertanggung jawab untuk menyediakan lingkungan kerja yang nyaman bagi semua anggota staf dengan hanya memberikan kritik yang membangun. Tapi, mereka juga perlu memberi mereka pujian dan menghibur mereka untuk pekerjaan yang luar biasa.

Pelatihan harus mencakup:

  • Penampilan keseluruhan anggota staf
  • Perilaku dan kesopanan yang baik
  • Pengetahuan tentang menu dan bahan setiap item pada menu.
  • Mencicipi anggur dan pengetahuan tentang bar sehingga server dapat merekomendasikan minuman yang sesuai untuk setiap makan.

Kebersihan sangat penting saat menangani makanan dan penyajian, jadi harus ada pelatihan tentang pemeliharaannya di dalam restoran dan tempat kerja, serta cara menangani makanan dari dapur kepada tamu.

Pelayan harus dilatih sesuai dengan jenis restoran dan gaya penyajian - apakah itu restoran mewah atau restoran cepat saji. Dan Itu termasuk pada cara penyajian dan penataan meja.

2. Membangun Komunitas

3 staf restoran

Sangat penting untuk membangun komunitas di dalam restoran Anda. Orang menyukai perasaan memiliki. Pengusaha atau manajer harus memperlakukan karyawan mereka sebaik mungkin. Mereka hendaknya mendorong karyawan untuk berbicara ketika merasa kewalahan dan untuk berbagi pengalaman terbaik mereka.

Anggota staf restoran menghabiskan banyak waktu dalam hidupnya untuk bekerja, sehingga lingkungan kerja harus memiliki kesan "keluarga kedua".

Tekanan biasanya muncul di restoran saat bekerja dengan orang lain, jadi tekanan tambahan yang disebabkan oleh anggota staf atau manajer restoran tidak akan memberikan hasil yang baik.

Pelayan harus memiliki perasaan bahwa majikan peduli tentang mereka. Anda dapat melakukannya dengan:

  • Mengorganisir pembangunan tim
  • Pertemuan kolektif (acara yang didedikasikan untuk anggota staf)
  • Bonus
  • Mendorong staf setiap saat
  • Sistem "Karyawan terbaik bulan ini"
  • Kursus (pendidikan)

Jika ada waktu tambahan, pendidikan tambahan staf restoran adalah pilihan yang baik. Misalnya, pelajaran mencicipi anggur oleh seorang profesional, sesi bahasa, inovasi dalam keahlian memasak, dll.

Apa yang harus dilakukan jika pelayan Anda melakukan kesalahan ?.

Jika karyawan membuat kesalahan, mereka harus dilatih dengan lebih baik. Kesabaran memainkan peran kunci saat bekerja dalam keadaan kolektif di mana kerja tim dibutuhkan. Biasanya, lingkungan kerja yang buruk dan pekerja yang tidak puas merupakan akibat dari manajemen restoran yang buruk.

Tetapi jika anggota staf diperlakukan dengan baik, sebagai gantinya, Anda akan memiliki orang-orang yang dapat diandalkan dan akan menghormati perhatian dan waktu yang didedikasikan untuk mereka. Dalam tim di mana hubungan didasarkan pada rasa hormat, sebagian besar semuanya akan berhasil.

3. Kondisi Kerja

Kondisi kerja yang baik dan lingkungan kerja yang sehat diciptakan oleh:

  • Gaji yang memuaskan
  • Bantuan emosional
  • Jadwal tetap
  • Pembayaran ekstra untuk jam kerja ekstra
  • Manajemen jam kerja yang baik dengan memberikan ruang di sela-sela istirahat.

Pelayan yang terlalu banyak bekerja tidak akan memiliki kinerja yang baik. Kualitas makanan yang baik juga penting. Biasanya di restoran anggota staf diberi makan sisa makanan karena persentase limbah makanan yang tinggi. Mungkin akan mempengaruhi anggaran, tetapi dengan kesepakatan bersama chef, Anda bisa membuat makanan sehat untuk karyawan.

Cara lain untuk mendorong pelayan atau server berada dalam "pertempuran" yang konsisten untuk mendapatkan kinerja terbaik adalah dengan memiliki sistem penilaian.

Biasanya, hal itu dilakukan dengan memilih "karyawan terbaik bulan ini".

Penghargaan bisa melalui liburan atau bonus uang. Ini tidak akan menghabiskan banyak biaya restoran, tetapi itu akan menunjukkan penghargaan kepada anggota staf dan mendorong mereka untuk memberikan layanan yang lebih luar biasa di masa depan.

Memiliki hierarki di antara staf yang melayani di restoran bisa jadi bagus sehingga setiap pelayan bisa mengharapkan beberapa promosi ke tingkat yang lebih tinggi setelah berbulan-bulan atau bertahun-tahun yang dihabiskan di restoran.

4. Memberi Tip

Tips untuk pelayan

Bekerja sebagai pelayan dapat menjadi tantangan dan membuat stres karena Anda harus sangat fokus untuk memberikan layanan dengan kualitas terbaik. Terkadang, ini juga merupakan pekerjaan fisik (membawa dan memindahkan barang). Namun, ini bisa menjadi pekerjaan yang memuaskan: karena pelayan terkadang memiliki lebih banyak tip daripada gaji sebenarnya.

Semakin baik kinerja yang ditawarkan pelayan, maka semakin banyak tip yang mereka dapatkan.

Untuk metode pemberian tip , yang terbaik adalah pemilik restoran atau manajer tidak terlibat. Mereka harus dilibatkan hanya jika ada perselisihan di antara karyawan. Terserah pada kesepakatan bersama apakah mereka ingin berbagi tip atau tidak.

Ada pro dan kontra untuk semua opsi tentang "kebijakan"memberi tip . Berbagi tip restoran di antara staf adalah ide yang bagus karena dalam hal ini, setiap orang akan mendapatkan tip - tuan rumah, koki, supervisor, orang-orang yang tidak berhubungan langsung dengan uang, dan tidak hanya pelayan.

Namun, ada masalah bahwa hanya sedikit pelayan yang dapat memberikan upaya terbaiknya untuk memberikan layanan dengan kualitas terbaik. Sebaliknya, karyawan lain memberikan layanan rata-rata dan akhirnya mendapatkan uang yang dihasilkan oleh pelayan yang berkinerja tinggi.

Karena pengalaman yang panjang dan skenario yang berbeda, opsi terbaik untuk memberi tip adalah memberikan pilihan kepada anggota staf untuk berbagi tip kepada yang lain, atau mereka dapat menyimpan tip untuk diri mereka sendiri jika tamu secara eksplisit memberikan tip hanya kepada pelayan tertentu karena layanan mereka yang luar biasa.

5. Bonus

Cara terbaik untuk membuat karyawan Anda puas adalah dengan bonus . Sejauh ini kami memahami bahwa pelayan menerima uang baik melalui gaji dan tip.

Anda memiliki pelayan yang sangat baik; Anda harus mencoba membuatnya tetap berfungsi untuk restoran Anda. Anda mendedikasikan waktu untuk mendidik orang-orang itu, dan setiap pelayan yang tidak berkinerja baik adalah kerugian yang signifikan bagi restoran tersebut. Jadi itulah mengapa bonus ini sangat penting.

Menurut penjualan rata-rata mereka selama musim tertentu, manajer restoran harus memiliki beberapa target bulanan untuk penjualan di dalam sebuah restoran.

Jika target tersebut tercapai, dan ada keuntungan tambahan, maka itu harus dibagi antara karyawan dalam tim. Atau, Anda dapat memberikan bonus dengan menilai kinerja dari setiap pelayan. Misalnya, 'karyawan bulan ini' akan mendapatkan bonus.

Kembangkan bisnis makanan Anda dengan Waiterio POS

Bergabunglah dengan 40.000 restoran menggunakan sistem titik penjualan waiterio

The online ordering has been the perfect tool, especially with the ongoing COVID-19 pandemic as customers choose to limit face to face interaction. We have grown food delivery by over 112% which is solely due to the use of the free online ordering website.

- Matthew Johnson (Owner of MrBreakFastJa, Jamaica)

Download Gratis

Artikel Terbaru