Mengadakan Promo Restoran di Hari Spesial: Karnaval dan Hari Valentine

Mengadakan Promo Restoran di Hari Spesial: Karnaval dan Hari Valentine

Ide Promosi Restoran untuk Bulan Februari

Diposting oleh Michael Elkins tanggal 8 Januari 2018

Restoran bisa mendapat kesetiaan pelanggan dan keuntungan finansial dengan cara mengadakan promo spesial untuk merayakan hari libur internasional dan karnaval. Di belahan dunia lain, terdapat dua perayaan yang sangat penting, yaitu Karnaval dan Hari Valentine. Lebih lanjut, setiap tahunnya Hari Valentine merupakan hari yang paling sibuk kedua bagi restoran. Maka dari itu, kamu bisa menciptakan menu spesial dan mengadakan promo di hari-hari tersebut untuk mendapatkan keuntungan maksimal.

Promo Restoran di Karnaval atau Mardi Gras

Karnaval adalah sebuah perayaan yang dilakukan oleh umat Kristen di mana para pesertanya berpesta-ria, menghadiri parade, makan dengan porsi yang besar, mengenakan kostum, minum secara berlebihan, menyanyikan lagu yang bersahaja, dan bertingkah ugal-ugalan. Sejumlah perayaan Karnaval paling top di dunia punya nama yang berbeda--ada yang disebut Mardi Gras, Karnaval, Karneval, Fastnacht, Fat Tuesday, Carnevale dan lain-lain. Perayaan Karnaval berlangsung selama dua sampai tiga pekan, terpaut beberapa minggu sebelum acara utama: Fat Tuesday atau Shrove Tuesday--sehari sebelum Ash Wednesday, di mana umat Kristen Katolik mulai menjalani masa Pra-Paskah selama enam minggu. Dalam masa ini, umat Kristen Katorik wajib berpuasa dan menebus dosa sampai Hari Raya Paskah. Di tahun 2018, perayaan Karnaval pada umumnya dimulai dari tanggal 2 sampai 13 Februari.

Selama perayaan Karnaval, restoran bisa menciptakan menu spesial bertema Karnaval dari seluruh dunia seperti New Orleans King Cake, makanan favorit etnis, kuliner jalanan yang dijual di depan restoran dan menu dalam kemasan bagi keluarga yang tidak punya waktu untuk memasak. Sejumlah restoran bisa memesan pesta pribadi untuk krewes (panitia penyelenggara Karnaval), kelompok rahasia, dan lain-lain. Berikut beberapa ide promo yang lazim untuk Karnaval:

  • Hiburan Langsung

    Hiburan yang ditawarkan berupa musik, mulai dari musik calypso sampai musik dari artis ternama. Kamu bisa mendatangkan grup band, talenta baru, DJ, atau menciptakan sendiri playlist lagu yang bertema Karnaval. Karaoke tidak pernah sepi--ditambah lagi peserta karaoke bisa mengenakan pakaian yang mirip dengan penyanyi aslinya.

  • Pesta Kostum

    Pesta kostum adalah event yang sangat besar selama Karnaval di hampir semua negara dan kebudayaan. Kami bisa mengadakan kontes kostum untuk menarik minat peserta Karnaval. Namun jangan lupa, kostum yang dipakai para peserta biasanya berbentuk rumit, sehingga mereka tidak bisa bergerak dengan leluasa di restoran.

  • Promosi Bar

    Salah satu ide untuk mempromosikan bar selama Karnaval yaitu menampilkan video festival tahun kemarin. Jangan lupa! Kamu juga harus merekam festival di tahun ini untuk bahan promosi di masa mendatang. Kamu bisa langsung membagikan video tersebut di media sosial untuk mendorong publikasi restoranmu. Selain itu, Karnaval merupakan saat yang tepat untuk menciptakan minuman yang mewah dengan ilmu molecular mixology.

  • Teknologi GPS untuk Menarik Peserta Karnaval

    Sebagian besar Karnaval dirayakan di tempat terbuka dan tertutup. Dengan teknologi GPS, kamu bisa mengundang peserta di sekitar lokasi untuk bersantai dan beristirahat sejenak dari kerumunan Karnaval.

  • Promosikan Acaramu

    Kamu perlu mempromosikan acaramu sebelum, saat, dan sesudah Karnaval untuk mendapatkan hasil maksimal. Sertakan juga tautan di mana orang-orang bisa melakukan reservasi. Kamu bisa menjual tiket masuk dan membuka open bar (bar terbuka) untuk waktu yang telah ditetapkan. Namun, jenis minuman yang dijual perlu dibatasi--yang bisa dijual yaitu bottom-shelf liquor, regular beer, dan house wine.

  • Kuliner Bertema Karnaval

    Karnaval adalah saat yang tepat untuk mengadakan acara wine and food tasting (mencicipi minuman anggur dan makanan) - terutama makanan khas etnis dan pedas.

perayaan minuman merah muda

Hari Valentine - Banyak Restoran Merayakan "Black Friday" Lebih Awal

Sekarang ini, restoran di seluruh dunia ikut merayakan "Black Friday" - hari di mana perusahaan ritel mendapat keuntungan besar akibat meningkatnya jumlah penjualan secara drastis. Bagi restoran, Black Friday terjadi pada tanggal 14 Februari saat Hari Valentine. Bagi sebagian besar restoran, Hari Valentine merupakan hari paling menguntungkan kedua setelah Hari Ibu. Di Amerika Serikat saja, warganya menghabiskan uang sebesar $18,2 miliar dolar AS di Hari Valentine.

Kamu bisa memaksimalkan pendapatan dengan menyediakan menu spesial dan menciptakan suasana malam yang romantis. Memang ada kemungkinan acaranya dibatalkan karena cuaca buruk, tapi sebagian besar pasangan kekasih tidak akan mengurungkan niat karena hal tersebut kecuali memang terjadi badai yang hebat. Kamu bisa memindahkan jadwal ke lain hari bagi pasangan yang tidak bisa hadir karena cuaca buruk.

Bicara soal Hari Valentine, berarti bicara tentang asmara dan pasangan kekasih. Jadi, kamu perlu mempersiapkan meja untuk dua orang. Lebih lanjut, meja tersebut perlu ditutupi dengan taplak meja, serta diberi bunga dan lilin di atasnya sehingga tercipta suasana yang romantis. Buat acara yang menarik di mata sepasang kekasih, namun harganya tetap terjangkau.

  • Adakan Acara Makan Malam

    Pilih hidangan untuk acara tersebut dengan mempertimbangkan letak geografis dan tema kuliner. Kamu bisa menyajikan hidangan kuliner dari daerah tertentu.

  • Sajikan Makanan yang Bisa Merangsang Nafsu Birahi

    Makanan umum yang diduga bisa merangsang nafsu birahi di antaranya adalah tiram, madu, pisang, coklat, cabe rawit, dan lain-lain.

  • Pertimbangkan Menu dengan Harga Tetap

    Menu dengan harga tetap terdiri dari hidangan pembuka, salad, dan hidangan pentutup. Dengan menu ini, kamu bisa memberikan layanan sedikit lebih cepat. Kamu juga bisa menjual tiket pre-sale, sehinga kamu bisa merencanakan pengeluaran untuk mendatankan band atau artis.

  • Berikan Bonus

    Kamu bisa memberikan bonus berupa menu, kotak cokelat, sampanye (champagne), dan lain-lain.

  • Tawarkan Goodie Bag

    Goodie bag tersebut bisa diisi dengan kupon promo di masa mendatang atau makanan dan minuman gratis. Kamu bisa menghubungi perusahaan yang menyediakan bunga mawar, kotak cokelat, atau kenangan lain untuk pelanggan. Dengan begini, kamu bisa mendapat kesetiaan pelanggan.

  • Datangkan Peramal Kartu Tarot

    Kamu bisa mendatangkan peramal untuk membuat suasana menjadi lebih seru dan romantis.

Tambah Jumlah Staf dan Suruh Mereka untuk Siap

Karnaval dan Hari Valentine bisa mendatangkan kerumunan dalam jumlah besar, sehingga stafmu perlu siap untuk memberikan pelayanan dalam waktu yang lama. Kamu perlu meminta bantuan untuk mengurangi beban kerja. Kamu juga perlu melakukan briefing kepada peramal, artis, dan perusahaan pemasok bunga, permen, atau hadiah lainnya. Kamu bisa meminta staf untuk melakukan promosi, yang mana penting guna menjamin kesuksesan rencana ini.

Bila belum punya aplikasi POS (point-of-sale), kamu bisa mencoba aplikasi Waiterio, yang murah, mudah dipelajari dan bisa langsung diterapkan di restoran. Dengan aplikasi ini, waiter restoranmu bisa menerima pesanan dengan cepat, sehingga dia punya waktu lebih untuk fokus memberikan pelayanan prima kepada pelanggan.

Baik Karnaval ataupun Hari Valentine adalah event yang sangat ideal untuk mempromosikan restoranmu dan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan untuk pengunjung. Pengunjung dapat menikmati suasana romantis, kostum menarik, dan pengalaman sosial yang tiada duanya.

Kembangkan bisnis makanan Anda dengan Waiterio POS

Bergabunglah dengan 40.000 restoran menggunakan sistem titik penjualan waiterio

The online ordering has been the perfect tool, especially with the ongoing COVID-19 pandemic as customers choose to limit face to face interaction. We have grown food delivery by over 112% which is solely due to the use of the free online ordering website.

- Matthew Johnson (Owner of MrBreakFastJa, Jamaica)

Download Gratis

Artikel Terbaru