Promo Marketing di Musim Semi untuk Restoran

Promo Marketing di Musim Semi untuk Restoran

tips untuk Hari Paskah, St Patrick, dan April Mop

Diposting oleh Michael Elkins tanggal 12 Februari 2018

Terdapat beberapa kesempatan unik untuk promosi di musim semi bagi restoran. Hari St. Patrick, Paskah, dan April Mop memberikan kita kesempatan besar untuk menarik minat pelanggan lama dan baru untuk berkunjung ke restoranmu. Acara penting lainnya di musim semi adalah liburan sekolah, pesta kenaikan kelas, festival, dan lain-lain.

Data untuk Promosi Restoran di Musim Semi

Konsumen menghabiskan 7,5 juta gelas Bir Guinness setiap harinya, namun jumlah tersebut meningkat menjadi 13 juta di Hari St. Patrick. Hari Paskah dan St. Patrick merupakan kesempatan yang bagus untuk menciptakan menu yang mempunyai kearifan lokal. Menurut U.S. National Restaurant Association (Himpunan Restoran Nasional Amerika Serikat), 80 persen konsumen menyantap makanan yang memiliki unsur budaya minimal sekali setiap bulannya. 43 persen konsumen mengaku cinta pada makanan yang memiliki unsur budaya karena berkaitan dengan nenek moyang mereka. Promosi musim semi adalah waktu yang tepat untuk memanfaatkan fakta di atas guna mempromosikan makanan kreatif di restoranmu.

Ide Promosi untuk Hari St. Patrick

Makanan dan minuman Irlandia adalah menu yang paling sering dipesan saat promosi musim semi. Banyak kota yang mengadakan parade dan festival Hari St. Patrick. Pemilik restoran harus bisa memanfaatkan situasi ini. Perayaan St. Patrick biasanya dipindahkan ke akhir pekan sebelum atau sesudah hari libur.

Menciptakan Menu Spesial untuk Bar dan Makan Malam

Makanan Irlandia memang tidak mahal, namun kamu bisa menaikan harga untuk menu corned beef and cabbage (daging kornet dan kol). Rebus sendiri daging kornetmu di panci besar, jangan dibuang kaldunya, lalu simpan daging kornet di kulkas agar mudah dipotong dengan tangan atau bantuan mesin. Di hari yang sama, rebus kubis, kentang merah, seledri di dalam kaldu tadi. Untuk satu piring, sajikan empat sampai enam ons daging dan beberapa sayuran. Hiasi dengan peterseli. Tambah lobak pedas dan roti soda Irlandia sebagai makanan pendamping. Sup kentang juga merupakan ide yang bagus sebagai hidangan favorit Irlandia.

Makanan populer lainnya dari Irlandia adalah pancake bayam dan daging kornet cincang (corned beef hash), Shepherd’s Pie, Colcannon dan Irish Stew. Kamu bahkan bisa menyajikan menu Shepherd’s Pie sayuran untuk vegetarian. Hiasan memang penting, namun tidak perlu yang terlalu wah. Malah, dekorasi simpel seperti klover, shamrock, panci emas, dan kertas hijau terbukti efektif.

Di bar, kamu bisa menyajikan bir hijau dengan satu atau dua tetes pewarna makanan. Irish Imports dan kopi Irlandia juga populer di kalangan konsumen. Coba sajikan 10 minuman terbaik Irlandia di menu bar-mu. Berikut adalah daftar 10 minuman terbaik di Irlandia:

  1. Black ‘n’ Black, atau Guiness ditambah anggur hitam
  2. Irish Cider (Cider Irlandia)
  3. Bir Hitam merek Guinness
  4. Fat Frog, minuman yang terbuat dari Wicked (WKD) Blue, Smirnoff Ice dan Bacardi Orange
  5. Kopi Irlandia, bisa dibuat dengan Baileys, Kahlua, atau wiski Irlandia (Irish Whiskey)
  6. Smithwick’s, bir ale merah dari Irlandia
  7. Baileys, minuman krim rasa kopi yang enak diminum dengan es dingin
  8. Craythur atau Poitin, moonshine (jenis minuman keras sulingan) Irlandia yang terbuat dari kentang
  9. Cranberry Whiskey, yang enak diminum dengan wiski Bushmills atau Jameson
  10. Baby Guinness, satu botol kecil Kahlua dengan Krim Bailey di atasnya, sehingga tampak seperti miniatur Guinness

Mengadakan Acara Bertema Irlandia

Kamu bisa mensponsori acara berburu "pot emas", mengadakan kontes kostum Leprechaun terbaik, atau kontes menari tarian tradisional Irlandia. Gampang dan hiasannya tidak terlalu mahal seperti anyelir hijau, kalung yang bisa memancarkan sinar hijau, dan cangkir bir yang bisa berkilau.

Bir Hijau Saint Patrick

Ide Restoran untuk Hari Paskah

Easter Sunday adalah waktu yang ideal untuk menu brunch dan prasmanan. Di 2018, kamu bisa mempromosikan menu brunch bertema Perayaan Paskah untuk orang dewasa dan membuat hiasan untuk anak-anak. Menu brunch yang populer bisa berupa menu sarapan dan menu makan siang. Untuk minuman, kamu juga bisa menyajikan Mimosa dan Bloody Mary. Kue pastri bertema Paskah selalu menjadi menu populer di restoran. Kamu bisa memberikan cokelat berkualitas sebagai makanan pendamping untuk memperlihatkan kemampuanmu dalam membuat permen dan outsourcing (alih daya). Berikut adalah ide lain untuk mempromosikan Hari Paskah:

Berburu Telur Paskah

Kamu bisa mengadakan acara berburu telur Paskah untuk anak-anak. Kalau kamu punya halaman yang ditanami rumput hijau, kamu bisa menyembunyikan telurnya di sana. Kamu juga bisa menyembunyikan telur di taman terdekat. Kamu bisa memberi hadiah untuk anak yang berhasil menemukan telur paling banyak.

Penampilan Langsung dari Kelinci Paskah

Sama halnya seperti Sinterklas (Santa Klaus) di pusat perbelanjaan, kemunculan Kelinci Paskah di restoran juga bisa menarik minta orang tua dan anaknya. Kelinci Paskah bisa membagikan permen cokelat ke setiap anak yang datang ke restoran.

Menghias Telur Cokelat

Kamu bisa bekerja sama dengan penjual permen atau pembuat cokelat di daerah sekitar untuk menghias telur dengan nama anak-anak. Telur-telur tersebut bisa dibagikan setelah makan malam sebagai kejutan.

Diskon untuk Setiap Pelanggan di Hari Paskah yang Berkunjung Kembali

Kamu bisa mempromosikan apa saja melalui diskon atau insentif untuk setiap pelanggan yang berkunjung kembali ke restoranmu.

Menu Spektakuler

Kamu bisa menyajikan menu omelet dan kue wafer Belgia. Carved Roast Beef, Crown Roast of Pork, Paha Babi, Fillet Ikan Salmon dengan Saus Hollandaise, Lobster Newburg, French Toast, dan Kue Jumbo Lump Crab hanyalah sebagian kecil dari daftar menu untuk brunch, sarapan, makan siang, dan makan malam di Easter Sunday.

Makan Malam di Luar Ruangan

Kalau cuaca memungkinkan, kamu bisa menempatkan meja restoran di luar ruangan, sehingga bisa menarik minat kerumunan orang yang ingin merayakan musim semi.

Minuman Tak Beralkohol dan Minuman Padat

Kamu harus mencoba menciptakan beberapa minuman menarik yang pas untuk keluarga dan orang yang tidak bisa minum minuman keras. Perayaan Paskah juga merupakan waktu yang ideal untuk menunjukkan kreativitas bartender di bar-mu dengan minuman padat seperti vape beralkohol, permen kapas, dan Jello Shots.

Lelucon di Hari April Mop

Lelucon April Mop bisa membuat pengunjung restoranmu tersenyum, asal leluconnya tidak berlebihan. Ide kreatif di tanggal 1 April bisa dijadikan sebagai tradisi restoranmu. Pelanggan akan menantikan hari tersebut dan memesan tempat di restoranmu setiap tahunnya untuk melihat ide-ide barumu. Kunci keberhasilannya yaitu buat lelucon yang mudah dimengerti pengunjung. Contohnya seperti mengubah nama menu menjadi aneh. Kamu juga bisa menukar menu makan siang dengan menu makan malam.

Berikut ide promosi lain untuk 1 April:

  • Menciptakan Permainan Seru untuk Anak-anak

    Kamu bisa melibatkan anak-anak dengan mudah. Buat saja gambar di mana ada beberapa hal yang tidak seharusnya ada di gambar tersebut. Kamu bisa memberikan hadiah berupa kupon atau kado untuk anak-anak yang berhasil menemukan semua hal yang tidak wajar dalam gambar - contohnya api tidak semestinya ada di gambar bertema bawah laut.

  • Menyajikan Makanan Bohongan

    Kamu bisa menyajikan makanan bohongan kepada pengunjung tertentu yang punya selera humor dan tidak baperan.

  • Uang Berjalan

    Kamu bisa mengaitkan uang dengan benang, lalu pancing orang menuju pintu restoranmu dengan uang tersebut sebagai bagian dari promosi gerilya. Sebagai hadiahnya, kamu bisa memberikan diskon untuk orang tersebut sebesar setengah dari nilai mata uang yang dikaitkan.

  • Tamu dari Luar Angkasa

    Kamu bisa meminta staf restoranmu untuk memakai kostum makhluk luar angkasa untuk menarik perhatian orang yang lewat.

  • Sajikan Makanan dan Minuman "Berwarna"

    Kamu bisa menambahkan pewarna makanan ke minuman atau makanan penutup - seperti susu biru. Kamu juga bisa menyajikan “daging dan telur hijau” ala Dr. Seuss.

Promosi musim semi bisa sedetail atau sesimpel yang kamu mau. Kamu bisa promosi lewat siaran pers, media sosial atau media cetak, dan kamu juga bisa membuat selebaran beberapa minggu sebelum perayaan dimulai. Yang terpenting adalah mengenali acara di musim semi - seperti menu baru, libur sekolah, atau pesta dansa - dan kemudian mencari cara yang kreatif untuk mempromosikan acara tersebut di restoranmu. Kamu juga harus melibatkan staf restoran dalam promosi dengan melatih staf restoran dalam mempromosikan menu baru. Selain itu, kamu juga bisa mengajarkan semua staf cara untuk menemukan promo spesial di antarmuka (interface) sistem POS-mu.

Kembangkan bisnis makanan Anda dengan Waiterio POS

Bergabunglah dengan 40.000 restoran menggunakan sistem titik penjualan waiterio

The online ordering has been the perfect tool, especially with the ongoing COVID-19 pandemic as customers choose to limit face to face interaction. We have grown food delivery by over 112% which is solely due to the use of the free online ordering website.

- Matthew Johnson (Owner of MrBreakFastJa, Jamaica)

Download Gratis

Artikel Terbaru