Strategi Marketing Revolusioner untuk Bisnis Bar

Strategi Marketing Revolusioner untuk Bisnis Bar

tetapkan tujuan dari marketing bar yang strategis

Diposting oleh Michael Elkins tanggal 2 Januari 2018

Sama seperti restoran, bar juga menghadapi tantangan dalam marketing. Tantangan yang dihadapi bar yaitu terbatasnya kemampuan dalam promosi dan adanya resiko berupa pengunjung yang mabuk. Selain itu, kamu harus tahan dengan lingkungan bar yang ramai, berisik, dan terpisah dari dapur.

Saat menjual minuman beralkohol, kamu harus berhati-hati agar tidak melanggar undang-undang. Terdapat larangan dalam UU yang membatasi kemampuanmu dalam mempromosikan atau menjual minuman keras. Namun, ada banyak pekerjaan yang bertanggung jawab seperti menawarkan diskon pada minuman keras "rak paling atas", minuman tanda tangan yang menggunakan teknik mixogi molekuler dan diskon makanan untuk melengkapi pembelian minuman.

Tentukan Tujuan Marketing

Tujuan akhir dari marketing adalah untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan. Namun, tujuan yang kurang spesifik dan kurang jelas seperti itu sulit untuk dipantau dan dicapai. Kamu bisa menetapkan tujuan seperti: meningkatkan penjualan alkohol, meng-endorse bisnismu, menarik minat demografi tertentu—seperti generasi milenial—atau membuat pengunjung lebih betah dan menghabiskan lebih banyak uang. Untuk mencapai tujuan tersebut, kamu bisa memperkenalkan menu baru atau minuman beralkohol dan minuman bebas alkohol. Kamu juga bisa mengubah bar milikmu menjadi tempat hiburan. Menentukan tujuan yang bisa dipantau dan mungkin untuk dicapai adalah suatu keharusan bagi setiap rencana bisnis dan marketing.

Terlepas dari tujuan dan strateginya, kamu tetap perlu meneliti ketentuan yang berkaitan dengan minuman beralkohol agar tidak terjerat masalah hukum. Ingat! Tidak semua ide promosi cocok untuk setiap tipe bar. Sebagai contoh, ide promosi seperti acara wine tasting tidak cocok untuk neighborhood bar and grill. Kamu harus membuat semua kegiatan promosi bar-mu sesuai dengan target pelanggan, tempat, dan dana yang tersedia.

Memanfaatkan Media Sosial

Media sosial bisa menghubungkan orang-orang yang punya minat sama dengan berbagai cara. Generasi milenial membangung kehidupan sosial yang aktif dengan terhubung bersama orang yang tinggal dekat dengan mereka melalui medsos. Ide marketing di media sosial untuk bar operations yaitu:

  • Promo Khusus untuk Anggota Grup Tertentu

    Perluas profil medsos dan jangkauanmu dengan memberikan promo kepada grup tertentu.

  • Mengumpulkan Ide dari Pengguna di Media Sosial

    Kamu bisa mengadakan kompetisi di mana pengguna medsos menyampaikan ide untuk hidangan, cemilan, minuman, dan tema baru.

  • Kembangkan Kelompok Masyarakat

    Media sosial merupakan platform ideal untuk mempromosikan bar-mu sebagai tempat bagi komunitas untuk menggalang dana, baik itu untuk kegiatan amal atau untuk kegiatan lain.

  • Libatkan Selebriti dan Influencer Lokal

    Kamu bisa menggunakan medsos untuk menghubungi selebriti serta influencer lokal dan bekerja sama dengan mereka untuk meng-endorse konsep atau produk bar-mu.

  • Buat Postingan yang Relevan

    Kirimkan foto, artikel, cuitan, dan video yang menunjukkan konsep dan pelanggan bar-mu.

  • Adakan Acara Dadakan

    Kamu bisa mendorong pengunjung bar untuk mengajak teman mereka untuk berkumpul di bar dengan cara mengadakan kontes nonformal guna mencari tahu siapa yang bisa mengajak paling banyak teman, anggota tim, atau kolega ke bar.

  • Dorong Rasa Berbagi

    Dorong pengunjung bar-mu untuk membagikan foto makanan dan minumannya. Kamu bisa menampilkan foto tersebut di layar digital atau monitor besar.

  • Gunakan Konten dari Pengunjung untuk Marketing

    Bagikan foto, ulasan, penampilan karaoke, dan konten lainnya dari pengunjung untuk mendorong publikasi, rekomendasi, dan menguatkan loyalitas pelanggan.

  • Minta Bantuan Staf

    Staf di bar-mu mengandalkan uang tip dari pengunjung. Oleh karena itu, mereka ingin bar-mu sukses dan dikunjungi banyak orang. Kamu bisa meminta staf untuk mempromosikan acara, makanan, dan minuman yang ada di bar-mu di Instagram, Facebook, dan Twitter. Informasi tersebut tidak perlu ditulis dengan bahasa yang rumit--cukup tulis saja bahwa mereka bekerja di bar-mu dan di situ sedang ada promo spesial.

bar minuman koktail

Menggunakan Tren Kuliner yang Kreatif untuk Menarik Pelanggan

Baik bar maupun restoran sama-sama mendorong publikasi dan menarik pelanggan dengan mengadopsi ide dari gastronomi molekuler dan ilmu mixology. Seni molecular mixology pertama kali diperkenalkan di Spanyol pada tahun 2003 oleh seorang chef bernama Ferran Adrià. Pada awalnya, Adrià mengembangkan teknik spherification, yaitu teknik mengubah cairan menjadi benda padat yang berwarna-warni dan berbentuk seperti sphere (bola). Sphere tersebut bisa menguatkan rasa dan memberikan sentuhan artistik pada minuman cocktail

Teknik lain telah lazim diterapkan untuk menciptakan busa, minuman berlapis, gel, dan minuman yang bisa berubah warna bila diminum. Teknik mencampur minuman merupakan seni di dunia persaingan bar. Pemilik bar bisa menarik minat generasi milenial dan orang perkotaan dengan minuman yang menggabungkan sihir alkimia dengan unsur artistik. Peralatan khusus yang mesti dimiliki bar trendi di zaman sekarang yaitu nitrogen cair, mesin dehidrator, alat pembuat permen, pemantik gas (blow-torch), cetakan makanan, dan alat untuk whipping. Seni mixology yang kreatif biasanya menciptakan busa, jeli, minuman cocktail, campuran rasa, dan cairan yang bisa menahan benda padat.

Masalah Desain yang Mempengaruhi Bar

Terdapat beberapa masalah desain interior yang mempengaruhi bar. Bagi pemilik yang cerdas, fasilitas di restoran harus dibuat lebih nyaman dan lebih menarik di mata pengunjung. Hiasan merupakan hal yang wajib dipasang saat ada acara tertentu. Selain itu, sediakan juga lemari es dan tempat untuk menyimpan minuman guna mempercepat proses pemesanan di bar. Kamu juga perlu menempatkan bar di dekat toilet. Lampu yang digunakan biasanya redup. Apabila berniat menyediakan tempat karaoke atau hiburan, kamu harus membangun panggung dan memasang pengeras suara.

Marketing dengan bantuan GPS

Marketing dengan memanfaatkan lokasi pengguna ponsel merupakan cara yang sangat ampuh bagi bar dan restoran. Satu penelitian dari Inggris menemukan bahwa 66% orang yang bekerja di bidang marketing percaya bahwa lokasi GPS memberikan peluang yang paling menjanjikan untuk promosi. Kamu bisa mengincar orang yang pulang dari bioskop atau pertandingan olahraga untuk mampir dulu menikmati minuman cocktail, makan malam, atau cemilan di bar-mu.

Kunci untuk sukses dalam hal ini yaitu mengirimkan pesan pribadi kepada orang sekitar di waktu yang tepat. Orang-orang bersedia memberitahukan lokasi mereka melalui ponsel. Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut dengan mengirim pesan khusus sesuai dengan tempat mereka berada. Berikut adalah contohnya:

  • Kirim pesan dalam bahasa mereka sendiri
  • Sarankan mereka menambah waktu hiburan malam
  • Tawarkan promo khusus bagi yang membalas pesan darimu
  • Sediakan layanan booking melalui ponsel untuk orang yang berkunjung dalam kelompok besar
  • Incar calon pengunjung berdasarkan usia
  • Dorong orang untuk melepaskan penat setelah seharian berbelanja

Acara Mencicipi

Penongkrong bar, pasangan kelas atas, dan pecinta minuman sering datang ke acara mencicipi minuman, baik itu minuman bir, anggur, nonalkohol, atau bahkan kopi dan teh. Kamu bisa mengadakan acara mencicipi bir dari seluruh penjuru atau mencicipi craft beer untuk tujuan promosi. Dengan mengadakan acara mencicipi craft beer, kamu bisa menarik minat generasi milenial, pecinta bir, dan orang yang penasaran dengan tren craft-beer.

Acara mencicipi tersebut bisa dibarengi dengan tema seperti semangat apa gitu, asal negara, festival minuman, dan ide kreatif lainnya. Peristiwa pengecapan ini dapat memiliki tema - seperti semangat tertentu, negara asal, minuman liburan meriah dan konsep kreatif lainnya. Kamu juga bisa menarik minat kerumunan pengunjung bar dengan mengadakan acara mencicipi makanan di mana para tamu bisa mencoba beraneka-macam makanan dan minuman. Bayangin deh, kamu lagi jalan di depan bar, terus di HP muncul pesan yang isinya undangan dari bar tersebut untuk mencoba minuman cocktail sambil mencicipi makanan.

Mensponsori Tim Olahraga Lokal

Sebagian besar bar sangat bergantung pada pelanggan reguler. Orang-orang juga kadang suka pilah-pilih dalam memilih bar berdasarkan suasana dan pelanggannya. Salah satu cara termudah untuk mendapat pelanggan reguler dengan minat yang sama yaitu dengan mensponsori tim olahraga lokal. Tim yang disponsori boleh tim profesional, tim universitas, atau bahkan tim sekolah. Kamu bisa mengundang anggota tim tersebut untuk makan dan minum gratis setelah selesai pertandingan.

Dengan mensponsori tim lokal, kamu punya banyak peluang untuk promosi. Kamu bisa promosi melalui merchandise, siaran langsung, atau kompetisi olahraga yang seru. Kamu juga bisa mensponsori tim e-sport--terutama bila ada kompetisi.

Mendorong Publikasi dengan Mengadakan Permainan dan Kontes

Contoh permainan yang sukses untuk mempromosikan bar adalah permainan menjelajahi sejumlah bar dalam satu malam dan permainan berburu harta karun. Sedangkan untuk kontes, kamu bisa mengadakan kontes gerilya--seperti kontes menempelkan poster di bangunan kosong dan membersihkan grafiti di kota. Selain itu, kamu juga bisa mengganti seragam staf-mu dengan kostum Halloween atau berkolaborasi dengan film blockbuster untuk mendorong publikasi bar-mu di media massa tradisional maupun media massa modern.

Hidup Nyaman dengan Bantuan Aplikasi

Keuntungan bar biasanya terpusat hanya beberapa jam sebelum dan sesudah tengah malam. Itu berarti, kamu perlu bisa menerima pesanan dengan cepat, sehingga masih ada waktu untuk berinteraksi dengan pengunjung dan memastikan bahwa mereka tidak mabuk berat. Dengan aplikasi yang mudah dipelajari--seperti aplikasi POS dari Waiterio, bartender bisa menerima pesanan dengan cepat dan akurat sehingga punya waktu luang untuk berinteraksi dengan pengunjung.

Di dunia yang saling terhubung ini, bar menghadapi persaingan yang sangat ketat dalam menarik minat jomblo berpenghasilan tinggi dan pebisnis yang ingin menghibur kliennya. Saingan yang dihadapi bar adalah lounge hotel, diskotik, dan klub malam. Meski demikian, kamu pasti bisa mendapatkan pelanggan reguler, meningkatkan pendapatan, dan membuat bar-mu sebagai tempat nongkrong populer dengan mengembangkan ide kreatif yang sesuai dengan target pelanggan.

Kembangkan bisnis makanan Anda dengan Waiterio POS

Bergabunglah dengan 40.000 restoran menggunakan sistem titik penjualan waiterio

The online ordering has been the perfect tool, especially with the ongoing COVID-19 pandemic as customers choose to limit face to face interaction. We have grown food delivery by over 112% which is solely due to the use of the free online ordering website.

- Matthew Johnson (Owner of MrBreakFastJa, Jamaica)

Download Gratis

Artikel Terbaru