Tips untuk Grand Opening Restoran

Tips untuk Grand Opening Restoran

grand opening yang sukses mendorong pelanggan untuk datang lagi

Diposting oleh Michael Elkins tanggal 22 Januari 2018

Grand Opening restoran lebih penting dari yang kamu kira, terlebih lagi untuk restoran berkelas. Sebagian besar pemilik restoran merasa bahwa mereka bisa mengatasi masalah seiring berjalannya waktu. Hal tersebut memang ada benarnya. Akan tetapi, bila grand opening restoranmu berantakan dan mengecewakan, restoranmu jadi tidak bisa membuat kesan yang baik. Sebaliknya, bila grand opening restoranmu sukses, restoranmu bisa menarik banyak pelanggan.

Grand Opening restoran sangatlah penting. Saking pentingnya, sebagian besar pemilik restoran akan melakukan uji coba yang disebut Soft Opening. Bila acara pembukaan restoranmu dikunjungi banyak orang, lalu hal tersebut membuat pelayanannya jadi lambat dan makanannya jadi tidak lezat, banyak pengunjung yang tidak akan datang lagi ke restoranmu. Berikut adalah tips untuk mensukseskan Grand Opening:

  • Penjadwalan Banyak Staf

    Tidak penting kamu merampingkan penggajian saat acara pembukaan. Jadwalkan staf yang cukup untuk memberikan redundansi. Kamu mungkin ingin menjadwalkan beberapa 'pelampung' yang dilatih silang untuk bekerja di beberapa bidang utama.

  • Melatih Staf Restoran

    Staf restoranmu harus tahu letak semua peralatan, terbiasa dengan menu, dan berpengalaman menggunakan sistem POS restoranmu.

  • Mendorong Etika Kerja yang Kuat

    Pemilik dan manajer restoran harus sering muncul di hadapan staf. Berinteraksi dengan pengunjung memang penting, namun manajer harus menghabiskan waktu yang cukup di belakang layar guna memastikan semuanya berjalan dengan lancar. Masa depan restoranmu bergantung pada seberapa baik kamu mengelola restoran di beberapa hari pertama. Oleh sebab itu, jangan malas.

  • Mengundang Teman dan Keluarga

    Undanglah teman, anggota keluarga, dan rekan kerja untuk datang sebelum pembukaan resmi. Dengan begitu, kamu bisa meminta saran berharga dari mereka untuk perbaikan sebelum acara pembukaan resmi.

  • Meminta Pedagang Lokal

    Kamu bisa melakukan promosi dengan meminta para pedagang lokal untuk mencoba menu restoranmu atau hadir di acara meet-and-greet bar-mu di malam hari.

  • Beriklan di Media Sosial

    Manfaatkan media sosial untuk membuat orang lain tertarik pada restoranmu dengan memposting serangkaian artikel. Konten artikel tersebut bisa berupa penjelasan tentang berbagai masakan; apa yang terjadi di balik layar; dan pengalaman para staf restoranmu.

Mengadakan Acara Soft Opening

Soft Opening bisa mencegah restoranmu dari kewalahan karena jumlah pengunjung yang melebihi perkiraan. Selama satu atau dua minggu sebelum Grand Opening, staf restoranmu bisa mencoba untuk mengatasi masalah operasional sehingga nantinya bisa memberikan pelayan maksimal. Selama periode tersebut, kamu bisa memperbaiki kinerja di bagian dapur dan pelayanan; memperbarui menu menggunakan prinsip rekayasa menu; dan memperlancar alur kerja. Manfaat lain dari soft opening yaitu:

  • Membuat keputusan akhir tentang dekorasi dan pengaturan meja
  • Membuat staf restoran dan bartender terbiasa dengan menu, jam masak, taktik "Mise En Place", teknik pelapisan dan strategi penahanan makanan
  • Melatih staf cara mengelola pengunjung, memberi saran makanan, dan menggunakan sistem POS
  • Membuat semua staf di restoranmu tahu di mana peralatan seperti piring, bumbu, dan lainnya disimpan.

Soft Opening adalah waktu yang ideal untuk mengundang tamu spesial seperti influencer, artis lokal, pengulas makanan, reporter, dan pemegang saham restoran. Bila kamu gugup, undang orang yang kamu kenal dan minta dia untuk memberikan kritik yang membangun.

masuklah kita terbuka

Grand Opening Bisa Menjadi Magnet Publikasi

Dengan mengadakan Grand Opening secara formal, restoranmu bisa mendapat perhatian dari media dan berita lokal. Kamu bisa mendapat publikasi, memicu rasa penasaran, dan mengenalkan konsep restoranmu kepada calon pengunjung. Manfaat dari publikasi tersebut akan terus berlanjut meskipun Grand Opening sudah selesai - pengunjung yang diundang akan merasa terhormat dan orang yang suka dengan konsep kuliner restoranmu menjadi tertarik untuk datang ke restoranmu di kemudian hari meskipun tidak hadir di acara pembukaan. Pengunjung yang merasa puas akan kembali lagi.

Ide Promosi untuk Grand Opening

Ide promosi untuk Grand Opening bisa berupa dekorasi spesial, piring sampler, insentif bouncing, hiburan langsung dan kolaborasi dengan pedagang lokal atau festival kota. Jika kamu berada di area berseni, kamu bisa mengundang seniman dan fotografer lokal untuk menampilkan karya mereka. Jika ada festival lokal, kamu bisa menyiapkan stan outdoor untuk menawarkan beberapa item menu. Kamu juga bisa bermitra dengan badan amal lokal selama pembukaan dan menyumbangkan sebagian dari hasil penjualan. Kamu bisa membagikan sampel di depan restoran untuk menarik perhatian pelanggan. Tanda-tanda di luar ruangan, tanda dan spanduk digital juga bisa menghasilkan banyak publisitas.

Terlepas dari apa pun itu strategi promosi yang digunakan, kamu perlu ingat bahwa makanan dan pelayanan tetaplah yang terpenting. Instagram menawarkan aplikasi gratis di mana kamu bisa mengunggah foto dan video ke situs web dan media sosial. Selama Grand Opening, ambilah foto yang banyak untuk digunakan sebagai bahan promosi dan mendorong pengunjung lain untuk mengunggah foto dan menulis komentar di media sosial.

Mempromosikan Acara Grand Opening

Grand Opening, meskipun diselenggarakan dengan sederhana, tetap perlu dipromosikan dengan baik. Kamu bisa mengincar penduduk sekitar dengan membagikan selembaran atau mengirim surat. Namun bila restoranmu punya kemampuan untuk menarik minat banyak orang, kamu bisa mempromosikan secara lebih luas ke kota sekitar atau seterusnya. Kamu juga bisa bergabung dengan UKM untuk mendapat strategi dalam membangun usaha dan membangun hubungan dengan calon pelanggan melalui networking.

Merencanakan Jadwal untuk Pembukaan

Kamu harus mengelola acara pembukaan, baik itu Soft Opening maupun Grand Opening, yang sesuai dengan konsep dan target pelangganmu. Kamu bisa buka restoran diam-diam sebelum Grand Opening untuk mengatasi masalah operasional yang mempengaruhi kinerja restoranmu. Selama periode tersebut, kamu juga bisa mengadakan acara mencicip makanan; memberikan menu sampel; memposting menu di internet; dan membagikan selembaran di outlet ritel terdekat. Jadwal mungkin mencakup kegiatan pra-peluncuran ini:

  • Undang teman untuk mencoba masakanmu secara informal di dapur.
  • Cari tahu influencer lokal dan platform media sosial yang digunakan target pelanggan dan kelompok pengusaha di wilayahmu.
  • Buat situs web dan tautan ke situs yang terhormat dan ternama.
  • Desain logo dan warna restoranmu.
  • Siapkan menu sampel, informasi kuliner, biografi chef, dan detail lainnya untuk pers.
  • Pilih tanggal Grand Opening yang tepat sehingga kamu punya waktu untuk mengumpulkan semua informasi tentang perizinan; menyelesaikan pembangunan; dan mengadakan Soft Opening.

Pertimbangan Teknologi dan Kepegawaian

Membangun teknologi untuk restoran sangatlah penting di industri yang kompetitif ini. Kamu tidak boleh lari dari kenyataan bahwa manajemen dan marketing restoran telah berubah. Pesanan pelanggan tidak boleh ditulis secara manual oleh pramusaji dan kamu juga tidak boleh menulis jadwal staf di papan tulis atau kertas. Peralatan juga tidak boleh didata di kertas. Aplikasi modern bisa mempermudah manajemen, memberi pemahaman tentang restoranmu, serta mencegah pencuri dan pemborosan.

Dengan sistem POS, kamu bisa membuat proses pemesanan menjadi lebih sederhana. Selain itu, sistem POS juga bisa menerima pembayaran melalui kartu kredit dan mencatat data penjualan. Kamu bisa melihat salinan data pesanan dan penjualan, lalu membandingkannya dengan data sebelumnya. Ditambah lagi, kamu bisa melihat data penjualan berdasarkan waktu, makanan, dan kriteria lain yang penting untuk restoran.

Sekitar 80 persen restoran di zaman sekarang menggunakan aplikasi seperti CRM dan ERP. Selain itu, banyak dari mereka yang juga menggunakan sistem booking dan pemesanan online. Sekitar 49 persen restoran menawarkan pembayaran melalui ponsel pintar. Oleh sebab itu, sistem POS sangatlah penting bila kamu ingin mengembangkan bisnismu.

Cobalah untuk mendaftarkan karyawan dalam kesuksesan pembukaan dengan mendorong kebanggaan mereka dengan gambar, biografi dan kompetisi. Pastikan untuk melatih mereka secara menyeluruh, memberi mereka alat yang mereka butuhkan untuk sukses dan memuji mereka dengan baik saat mereka melakukan pekerjaan yang baik.

Lebih dari Ekspektasi

Orang-orang pasti menduga akan ada sesuatu yang spesial saat Grand Opening. Karena itulah, kamu harus melebihi ekspektasi mereka. Bila berhasil, kamu bisa mendapatkan costumer base, mendorong promosi dari mulut-ke-mulut, serta menarik perhatian media lokal dan netizen.

Kembangkan bisnis makanan Anda dengan Waiterio POS

Bergabunglah dengan 40.000 restoran menggunakan sistem titik penjualan waiterio

The online ordering has been the perfect tool, especially with the ongoing COVID-19 pandemic as customers choose to limit face to face interaction. We have grown food delivery by over 112% which is solely due to the use of the free online ordering website.

- Matthew Johnson (Owner of MrBreakFastJa, Jamaica)

Download Gratis

Artikel Terbaru