Tips Keamanan Restoran Untuk COVID-19

Tips Keamanan Restoran Untuk COVID-19

Jaga keamanan karyawan restoran Anda

Diposting oleh Victoria Crowe tanggal 22 Desember 2020

Restoran dan dapur profesional dapat menjadi tempat yang berpotensi berbahaya untuk bekerja jika tindakan pengamanan yang efektif tidak diikuti. Hanya membutuhkan satu permukaan basah atau benda berat untuk menyebabkan seorang karyawan mengalami cedera serius. Diperlukan rata-rata 30 hari bagi seseorang untuk kembali bekerja setelah mengalami cedera, itulah mengapa sangat penting untuk menjaga keselamatan karyawan Anda.

Tips Keamanan Umum Untuk Restoran Selama COVID-19

Sekarang lebih penting dari sebelumnya untuk menjaga keamanan - baik itu di luar ruangan atau di dalam ruangan, seperti restoran Anda. Tugas Anda adalah memastikan Anda melindungi tidak hanya diri Anda sendiri tetapi juga karyawan dan pelanggan Anda selama virus corona. Inilah yang dapat Anda lakukan sekarang untuk menjaga keamanan semua orang:

  • Lakukan penilaian risiko: Penilaian risiko COVID-19 akan membantu Anda mengelola risiko dan melindungi orang. Identifikasi apa yang mungkin menyebabkan penularan virus, pikirkan siapa yang berisiko, putuskan seberapa besar kemungkinan seseorang dapat terpapar, dan bertindak untuk menghilangkan atau mengendalikan risiko.
  • Bersihkan lebih sering: Tingkatkan frekuensi pembersihan permukaan, terutama yang banyak disentuh. Tambahkan lebih banyak stasiun pembersih tangan dan minta staf dan pelanggan untuk menggunakannya dan juga mencuci tangan lebih sering. Ini sangat penting di restoran di mana staf dapur secara teratur menangani makanan.
  • Penutup wajah: Jika diwajibkan oleh hukum, mintalah pelanggan Anda untuk mengenakan penutup wajah agar mereka dan orang-orang di sekitarnya - termasuk karyawan Anda - tetap aman. Ini juga berlaku untuk karyawan Anda; mereka juga perlu memakai masker wajah atau pelindung untuk menghentikan potensi penularan.
  • Terapkan jarak sosial: Sebagai pemberi kerja, Anda mungkin perlu mengubah tata letak restoran Anda baik di dapur maupun di area tempat duduk utama. Anda dapat memiliki lebih sedikit staf di dapur dan bahkan memasang tanda dan sistem satu arah untuk diikuti semua orang sehingga setiap orang dapat menjaga jarak yang aman.
  • Tingkatkan ventilasi: Jaga agar pintu dan jendela tetap terbuka jika memungkinkan dan juga jalankan sistem ventilasi setiap saat.
  • Kirim staf pulang ketika mereka menunjukkan gejala: Bahkan jika Anda memutuskan untuk memiliki lebih sedikit anggota staf selama shift, jika ada yang menunjukkan gejala virus corona, kirim mereka pulang untuk mengisolasi diri. Entah itu batuk, suhu tinggi, atau bahkan kehilangan indra perasa atau penciuman, mereka tidak boleh bekerja di restoran.

Lakukan Pemeriksaan Keamanan Untuk Dapur Anda

Karyawan perlu berkonsentrasi pada pekerjaan mereka tanpa mengkhawatirkan keselamatan mereka. Tempat yang baik untuk memulai adalah dengan penilaian risiko keamanan dapur. Ini melibatkan identifikasi bahaya yang ada di dapur dan siapa yang paling berisiko dirugikan. Ini bisa berupa pisau tajam dan kotak berat hingga lantai basah dan cairan panas.

Saat Anda bekerja di tempat yang sama setiap hari, mudah untuk mengabaikan potensi bahaya jadi pastikan proses identifikasi menyeluruh. Mintalah staf dapur untuk mempertimbangkan bahaya yang mungkin Anda lewatkan.

Setelah Anda membuat daftar semua kemungkinan risiko di dapur, pertimbangkan siapa yang mungkin dirugikan dan bagaimana caranya. Informasi ini berguna untuk memutuskan tindakan perlindungan.

Beberapa risiko akan terasa jelas tetapi sama pentingnya untuk keamanan dapur dan harus ditangani dengan serius. Staf yang baru mengenal lingkungan dapur mungkin tidak menyadari beberapa risiko yang lebih umum sehingga penilaian akan memastikan mereka terlindungi.

Setelah Anda menyusun risikonya, pertimbangkan apakah Anda dapat menghilangkannya sepenuhnya atau setidaknya menguranginya ke tempat yang tidak mungkin berbahaya. Solusi mungkin mencegah akses ke bahaya, mendistribusikan peralatan pelindung, atau mencari alternatif.

Setelah selesai, bagikan temuan Anda dengan tim dapur yang lebih luas dan beri tahu mereka jika ada perubahan yang telah dilakukan. Kemudian, ingatlah untuk meninjau penilaian secara teratur saat bahaya berubah dan anggota baru bergabung dengan tim.

Adakan Sesi Pelatihan Staf Secara Reguler

Cara paling efektif untuk mengurangi insiden keamanan dapur adalah melalui pelatihan rutin. Semua anggota staf harus mengetahui prosedur keselamatan yang harus diikuti untuk berbagai skenario dan insiden.

Lakukan beberapa latihan untuk melihat bagaimana kinerja staf. Apakah mereka tahu apa yang harus dilakukan? Apakah mereka membuat kesalahan? Bahkan situasi sederhana seperti pecahan kaca memerlukan prosedur tertentu. Apakah staf dapur Anda tahu apa itu?

Pelatihan rutin memastikan semua orang siap menghadapi skenario keselamatan apa pun. Luangkan waktu untuk menjalankan latihan yang berbeda sehingga semua anggota tim siap jika terjadi keadaan darurat.

Lakukan latihan kebakaran dan evakuasi secara teratur sehingga staf dapat melindungi diri mereka sendiri dan tamu jika situasinya mengharuskan mereka. Mereka harus mengetahui langkah-langkah penting yang harus diambil untuk peran khusus mereka dan di mana harus bertemu di luar setelah mereka dievakuasi.

Pelajari lebih lanjut tentang mengelola staf restoran Anda di artikel ini.

Pastikan Keamanan Peralatan

Restoran dan dapur profesional adalah rumah bagi peralatan yang bisa berbahaya jika tidak dirawat dengan baik. Mixer, penggiling, oven, dan pemotong semuanya menghadirkan bahaya bagi pengguna jika mereka tidak mengikuti praktik keselamatan yang baik.

Siapa pun yang diharuskan menggunakan peralatan harus menerima pelatihan yang diperlukan agar tetap aman. Selain itu, semua mesin harus dibersihkan, diperiksa, dan dirawat secara teratur agar selalu memenuhi standar yang disyaratkan.

Lakukan audit cepat pada restoran atau dapur tempat Anda bekerja. Kapan terakhir kali mesin diperiksa atau diganti? Apakah mesin yang berpotensi berbahaya dilengkapi dengan pelindung untuk menjaga keamanan pengguna?

Kenakan Pakaian Yang Tepat

Untuk mengurangi kemungkinan kecelakaan di tempat kerja, Anda harus mengenakan pakaian yang tepat untuk peran Anda. Pakaian, celemek, sarung tangan, jepit rambut, dan barang-barang penting lainnya harus dipakai saat dibutuhkan untuk menjaga dapur menjadi tempat yang aman dan higienis untuk semua orang yang menggunakannya.

Sesuatu yang sering terlewatkan adalah alas kaki seseorang. Mengenakan sepatu yang tepat dapat menjadi pembeda antara giliran kerja normal dan kecelakaan yang membuat Anda tidak dapat bekerja karena cedera.

Saat memilih sepatu kerja yang tepat, ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan. Pertama, seberapa tahan slip? Dapur dan restoran mungkin memiliki lantai basah yang menyebabkan anggota staf terpeleset dan jatuh. Dengan sepatu anti selip, Anda dapat berpindah di antara permukaan lantai yang berbeda tanpa perlu khawatir akan kecelakaan.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah seberapa tahan lama dan nyamannya. Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk berdiri selama shift sibuk. Anda membutuhkan alas kaki yang dapat melindungi kaki Anda dan menghentikan perkembangan nyeri sendi. Sepatu yang tidak dirancang untuk menghadapi periode kerja yang intensif cenderung tidak memberikan dukungan yang dibutuhkan kaki Anda.

Dapur dapat menjadi lingkungan yang sibuk untuk bekerja dan benda berat atau pisau tajam dapat dengan mudah terjatuh dari permukaan. Sangat penting bagi Anda untuk mengenakan alas kaki yang memiliki fitur keselamatan yang diperlukan untuk menjaga kaki Anda tetap terlindungi. Carilah sepatu yang anti bocor dan memiliki penutup jari kaki karena akan melindungi kaki Anda dari benda tajam dan jari kaki yang aman dari benda yang jatuh.

Kesehatan dan keselamatan staf restoran adalah tanggung jawab semua orang. Jika seseorang melihat bahaya yang dapat menyebabkan masalah, mereka perlu mengambil tindakan yang diperlukan. Baik itu berurusan dengan masalah memberi tahu orang lain, mereka harus tegas dan proaktif. Meninggalkan masalah untuk ditangani orang lain adalah bagaimana kecelakaan bisa terjadi.

Kembangkan bisnis makanan Anda dengan Waiterio POS

Bergabunglah dengan 40.000 restoran menggunakan sistem titik penjualan waiterio

The online ordering has been the perfect tool, especially with the ongoing COVID-19 pandemic as customers choose to limit face to face interaction. We have grown food delivery by over 112% which is solely due to the use of the free online ordering website.

- Matthew Johnson (Owner of MrBreakFastJa, Jamaica)

Download Gratis

Artikel Terbaru