Tips Membayar Pajak untuk Pemilik Restoran di Seluruh Dunia

Tips Membayar Pajak untuk Pemilik Restoran di Seluruh Dunia

minimalisir beban pajak dengan perencanaan matang

Diposting oleh Michael Elkins tanggal 27 Februari 2018

Di restoran zaman sekarang, berusaha menemukan semua potongan pajak yang tersedia di menit-menit terakhir saja tidaklah cukup. Kamu tetap bisa meminimalisir beban pajak dengan perencanaan yang matang, terlepas dari hukum pajak yang berlaku di daerahmu. Kamu perlu menentukan restoranmu termasuk jenis badan usaha mana: perorangan, persekutuan, koperasi, S-koperasi, atau badan hukum lainnya - karena tiap badan usaha punya ketentuan pajak yang berbeda.

Masalah Pajak yang Lazim Dijumpai Restoran

Salah satu tips yang paling berguna, baik untuk restoran baru maupun restoran yang sudah lama berdiri, adalah merencanakan strategi pajak yang aktif. Temukan potongan pajak yang bermanfaat, kredit pajak, dan cara untuk menunda pajak. Kembangkan restoranmu dengan ide-ide seperti itu.

Kamu harus mendiskusikan keuntungan pajak relatif dari berbagai jenis badan usaha bersama akuntan pajak dan/atau pengacara untuk memilih jenis badah usaha yang paling pas untuk restoranmu. Ketentuan pajak juga berbeda untuk restoran perorangan atau restoran waralaba. Tips bagi pemilik restoran umumnya berfokus pada mencari potongan untuk uang yang sudah dikeluarkan daripada mencari investasi terbaik yang memberikan keringanan dan keuntungan pajak. Karena itu, penting sekali untuk berkonsultasi dengan akuntan pajak.

Permasalahan pajak yang sering dihadapi pemilih restoran adalah: mendanai rencana pensiun, membayar dana asuransi kesehatan, mengambil untung dari kredit pajak, membuat laporan, melemahkan nilai investasi modal, dan memilih asuransi yang tepat untuk melindungi usahamu. Restoran yang sukses - di mana pun dia berada - akan menggunakan strategi perencanaan proaktif untuk mengurangi beban pajak, dan kamu pun bisa melakukan hal yang sama. Berikut beberapa strategi untuk menghemat pajak restoran:

  • Potongan Pajak untuk Kantor dalam Rumah

    Sebagian besar restoran memiliki kantor tempat di mana akuntansi, perencanaan pajak, dan pembukuan dilakukan. Namun untuk restoran kecil yang menggunakan rumah sebagai kantor, biasanya akan mendapat potongan pajak tergantung dari ketentuan hukum pajak yang berlaku di daerahnya.

  • Biaya untuk Restoran Baru

    Biaya-biaya ini termasuk perencanaan, penelitian, dan biaya lain yang diperlukan untuk membangun usahamu. Beberapa daerah mungkin akan memberikan potongan penuh untuk biaya ini, namun sebagian besar daerah memilih untuk memberikan potongan pajak sedikit demi sedikit dari dari waktu ke waktu.

  • Tunjangan Karyawan

    Sebagian besar tunjangan karyawan termasuk pajak yang bisa dipotong, dan biasanya karyawan akan menggunakan hasil potongan pajak ini untuk asuransi kesehatan, dana pensiun, dan program lainnya.

  • Menabung untuk Dana Pensiun Pribadi

    Sebagian besar badan otoritas pajak memiliki potongan pajak atau umumnya mendapat bunga bebas pajak sampai para pensiunan menarik dana. Di Amerika Serikat, rencara pensiunan ini adalah IRA dan 401 (k).Di negara-negara Eropa dan negara lainnya juga ada rencana pensiun. Rencana pensiun juga bervariasi tergantung dari jenis badan usaha restoranmu. Beberapa jenis badan usaha mengizinkan pemilik usaha beserta keluarganya yang bekerja di perusahaan tersebut untuk menabung uang untuk kepentingan pribadi. Kamu juga bisa mempersiapkan hari pensiun dan situasi lain dengan membeli asuransi untuk mengantisipasi berbagai resiko, mempersiapkan tax shelter untuk keluargamu, dan menggunakan rencana waris (estate planning) untuk meminimalisir pajak distribusi dana kepada anggota keluarga.

  • Berbagi Kekayaan

    Kamu bisa memberikan kompensasi untuk anggota keluarga atas pekerjaan yang telah mereka lakukan. Hal ini bisa menjadi rumit, jadi lebih baik kamu berkonsultasi dengan akuntan atau pengacara setempat untuk mencari tahu persyaratannya.

  • Menggunakan Kredit Pajak

    Banyak yurisdiksi pemungutan pajak yang menawarkan pinjaman kepada badan usaha yang mau mempekerjakan kaum tertentu seperti migran, imigran, minoritas, dan kawula muda yang kurang beruntung. Pinjaman juga bisa didapatkan untuk badan usaha yang mau membuka bisnis di area perkotaan yang mulai bangkrut, mau mengurangi penggunaan energi, dan lain-lain. Ini adalah contoh sempurna dari strategi perencanaan proaktif untuk mengurangi beban pajak.

  • Mempercepat dan Menunda Pembayaran

    Bila kamu mendapat untung besar di tahun ini, sebaiknya kamu mempercepat pembayaran pajak sebelum akhir tahun untuk membuat laporan penghasilanmu lebih sedikit, sehingga pajak penghasilan yang harus dibayarkan pun ikut berkurang. Selain itu, cara ini juga dapat memperkuat posisi perpajakan restoranmu di tahun berikutnya. Begitu pula sebaliknya. Bila kamu tidak mendapat untung di tahun ini, lebih baik kamu menunda-nunda pembayaran dan mendorong pemberi pinjaman untuk membayar tagihan sebelum akhir tahun. Bila penghasilanmu lebih sedikit, kamu bisa mendapat tarif pajak yang lebih rendah.

Reformasi Pajak Besar-Besaran

Di Amerika Serikat, pajak restoran akan dipengaruhi oleh reformasi pajak yang dikeluarkan Presiden Donald Trump. Hal ini sudah biasa bagi restoran global. Pas kamu sudah selesai merencanakan pajakmu, ketentuannya pajaknya malah berubah. Karena itu, kamu perlu mengetahui informasi terbaru mengenai: perubahan pajak dan membuat rencana untuk menangani kebijakan pajak baru tersebut, perubahan cara mendepositokan dana, serta kenaikan atau penurunan tarif pajak. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa memanfaatkan kredit pajak, membebankan semua pengeluaran modal di tahun kamu berinvestasi, dan mengubah tunjangan karyawan.

Kesalahan Umum dalam Perpajakan

Banyak pemilik restoran beranggapan bahwa setiap perbaikan, biaya modal, dan biaya renovasi bisa langsung dipotong, padahal biaya-biaya ini bisa saja mengalami depresiasi selama beberapa tahun. Kamu bisa membuat kesalahan besar bila hasil audit mengatakan bahwa kamu gagal memperkirakan beban pajak dan melakukan pembayaran sepanjang tahun. Biasanya paling lambat harus dibayarkan dalam tiga bulan sekali untuk usaha kecil, namun tergantung otoritas pajak setempat.

Masalah lainnya adalah mengumpulkan pajak yang tepat untuk pajak federal, negara bagian, provinsi, dan kabupaten. Beberapa wilayah membebankan pajak makanan, pajak penjualan atas barang dagangan, PPN, dan lain-lain. Pajak PPN ditambahkan ke biaya barang, namun jenis pajak lain harus dibayar atau dideposito dengan agen karena harus diserahkan dalam waktu tertentu. Karena itu, kamu perlu membuat laporan catatan secara teliti dengan bantuan sistem POS-mu, kasir, program spreadsheet di komputer, program akuntansi, atau catatan dengan tulisan tangan.

Perencanaan yang matang akan membuatmu tenang saat waktu membayar pajak telah tiba. Catat dan simpan laporan baik-baik, berkonsultasi dengan akuntan berpengalaman dan/atau pengacara, dan gunakan strategi yang legal untuk mengurangi beban pajak restoranmu.

Kembangkan bisnis makanan Anda dengan Waiterio POS

Bergabunglah dengan 40.000 restoran menggunakan sistem titik penjualan waiterio

The online ordering has been the perfect tool, especially with the ongoing COVID-19 pandemic as customers choose to limit face to face interaction. We have grown food delivery by over 112% which is solely due to the use of the free online ordering website.

- Matthew Johnson (Owner of MrBreakFastJa, Jamaica)

Download Gratis

Artikel Terbaru