Desain dan Dekorasi Restoran Kecil: Tip dan Ide

Desain dan Dekorasi Restoran Kecil: Tip dan Ide

Pelajari di sini dasar-dasar desain dan dekorasi restoran kecil.

Diposting oleh Victor Delgadillo tanggal 23 Desember 2021

Apakah Anda membutuhkan desain restoran kecil untuk bisnis Anda?

Apakah Anda ingin memaksimalkan ruang dalam bisnis kecil Anda?

Restoran besar hanya memiliki beberapa keunggulan dibandingkan restoran kecil.

Oleh karena itu, Anda mungkin ingin membuka restoran di ruang kecil untuk memaksimalkan anggaran awal Anda.

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang :

  • Desain untuk restoran kecil.
  • Langkah-langkah yang harus Anda ikuti untuk membuat desain restoran kecil dan fungsional.
  • Tentang dekorasi untuk restoran kecil.
  • Dan tips lainnya yang mungkin berguna bagi Anda dalam perjalanan ini.

Memiliki restoran kecil tidak harus sulit atau tidak mungkin. Dengan organisasi, kreativitas, dan strategi yang tepat, Anda dapat membuat hampir semua ruang bekerja untuk Anda. Mari kita mulai!

Desain restoran kecil

Dekorasi restoran pedesaan

Desain restoran sering dianggap sebagai sesuatu yang memiliki banyak aturan — beberapa orang bahkan berpikir Anda tidak dapat memiliki restoran sungguhan tanpa berinvestasi di ruang komersial yang besar.

Tetapi kenyataannya adalah bahwa ada banyak cara untuk mendapatkan hasil maksimal dari ruang yang Anda miliki. Jika tidak, truk makanan tidak akan pernah mungkin.

Saya dapat meyakinkan Anda bahwa ada strategi yang akan membantu Anda membuat desain restoran kecil yang akan membantu Anda.

Penting untuk disebutkan bahwa dalam artikel ini, saya akan berbicara secara khusus tentang restoran kecil, tetapi itu masih memiliki semacam distribusi untuk dapur dan untuk sisa tempat (seperti 50-50).

Jadi ini adalah bisnis yang dapat menampung pelanggan di meja kecil.

Langkah-langkah membuat desain restoran kecil dan fungsional.

Berikut adalah beberapa langkah yang akan berguna bagi Anda untuk memaksimalkan penggunaan ruang di dapur Anda, memperbaiki penataan meja di ruang makan, dan menciptakan restoran fungsional dengan sedikit ruang.

1. Langkah pertama adalah mengukur ruang.

Mengukur lantai

Anda perlu mengukur ruang restoran Anda. Anda dapat melakukannya dengan mengukur seluruh ruang komersial, tetapi Anda juga dapat mengukur area dapur, area ruang makan, dan area lain yang Anda miliki secara terpisah.

Penting bagi Anda untuk menggunakan alat berkualitas dan meluangkan waktu untuk mengukur setiap celah, setiap ruang di antara kolom, dan banyak lagi.

Ini akan membantu Anda mendapatkan pemahaman yang baik tentang kanvas yang harus Anda kerjakan. Akan jauh lebih mudah jika ruangnya benar-benar kosong — dan bahkan lebih baik lagi jika Anda belum membeli peralatan dapur atau peralatan lainnya.

2. Pikirkan tentang apa yang Anda butuhkan

Peralatan dapur di restoran kecil

Setelah Anda mengukur lokasi, saatnya untuk mulai memikirkan apa yang Anda butuhkan untuk restoran Anda. Ada baiknya untuk membuat daftar, mirip dengan daftar yang kami buat tentang semua peralatan yang Anda butuhkan untuk sebuah restoran .

Ini akan menjadi panduan Anda saat membeli semua peralatan.

Namun, saya menyarankan Anda untuk fokus pada alat dan perlengkapan yang benar-benar diperlukan.

Anda memiliki beberapa meter untuk meletakkan semuanya, jadi Anda harus menggunakan peralatan yang serbaguna, dan yang dapat memiliki kegunaan yang berbeda.

Hal yang paling penting untuk dipikirkan adalah:

  • Pendinginan dan penyimpanan.
  • Peralatan memasak.
  • Peralatan kerja. Misalnya counter, rak, dan alat lainnya.
  • Dan peralatan pembersih, permukaan, dan ruang cuci.

Kategori-kategori ini adalah yang paling banyak memakan tempat.

Juga, Anda harus mempertimbangkan ventilasi. Ventilasi dapur komersial sangat penting sehingga saya tidak menyarankan membuka restoran kecuali Anda dapat menjamin ventilasi yang baik untuk dapur .

Hal ini dikarenakan dapur merupakan area yang sangat panas, penuh dengan bau, asap, dan lainnya. Itulah mengapa Anda harus memastikan kualitas udara untuk juru masak Anda setiap saat.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan peralatan atau furnitur custom-made tertentu yang paling sesuai dengan ruang restoran Anda.

Ini akan sangat berguna untuk membuat rak, rak, dan unit penyimpanan lainnya.

3. Buat sketsa dapur

Halaman arahan desain kamar 3D Homestyler

Anda sudah memiliki ukuran ruang Anda dan Anda memiliki daftar peralatan yang Anda butuhkan — saatnya membuat sketsa dengan tata letak dapur Anda.

Dapur restoran kecil harus sangat fungsional, serbaguna, dan dirancang dengan cerdas.

Juga, seperti di dapur mana pun, mereka harus memiliki cukup ruang agar juru masak dapat bergerak dengan nyaman.

Saya sarankan Anda membaca artikel kami tentang area dan tata letak restoran untuk mempertimbangkan berbagai jenis alur kerja saat merancang tata letak Anda.

Sketsa dapur Anda akan membantu Anda membayangkan distribusinya. Anda dapat melakukannya dengan beberapa cara:

  • Anda dapat melakukannya dengan tangan.
  • Anda dapat melakukannya dengan alat untuk desain arsitektur.
  • Atau Anda dapat melakukannya dengan alat arsitektur desain 3D. Saya sarankan Anda menggunakan HomeStyler , karena memiliki versi berbasis web freemium yang hebat.

Dengan yang terakhir, Anda dapat membuat ruang dalam 3D, melengkapinya dengan peralatan yang berbeda, dan memiliki perspektif yang lebih baik tentang kemungkinan pengaturan dapur Anda.

Penting juga bagi Anda untuk mempertimbangkan hal-hal seperti:

  • Sambungan gas untuk dapur.
  • Distribusi lampu di dapur.
  • Penempatan dan kapasitas ventilasi dapur.
  • Dan distribusi listrik, colokan, dan banyak lagi.

Dengan cara ini Anda akan tahu ke mana harus pergi ke dapur, ke mana Anda akan membutuhkan lebih banyak cahaya, di mana seharusnya ventilasi, dan di mana Anda bisa menghubungkan lemari es dan peralatan elektronik lainnya.

4. Mulailah membeli dan mengatur peralatan Anda

Setelah Anda mencapai distribusi yang paling nyaman, sekarang saatnya Anda mulai melengkapi dapur Anda. Saya menyarankan Anda:

  • Dokumentasikan cara Anda memperkenalkan semuanya ke dapur. Ini akan membuatnya lebih mudah pada hari-hari pembersihan.
  • Juga Anda memastikan bahwa semua peralatan berfungsi setelah menginstal masing-masing. Tidak menyenangkan harus mengeluarkan semua peralatan lain dari tempat yang sempit karena satu lemari es yang tidak berfungsi dengan baik.
  • Dan Anda segera menguji ruang itu. Dengan cara ini Anda akan tahu apakah Anda harus mengatur ulang ruang atau memodifikasi hal-hal tertentu.

Setelah Anda mengatur ruang dapur, sekarang saatnya untuk memfokuskan upaya Anda untuk mendekorasi sisa restoran.

Dekorasi untuk restoran kecil

Dekorasi adalah bagian penting dari bisnis makanan apa pun. Dekorasi untuk restoran kecil adalah masalah kreativitas, memanfaatkan setiap inci bebas, dan mencoba ide yang berbeda.

Di sini saya akan memberikan beberapa ide jenis dekorasi yang dapat Anda gunakan untuk restoran kecil Anda.

1. Warna untuk restoran kecil

Gambar abstrak berwarna-warni

Pertama-tama, memilih warna untuk restoran kecil dengan benar sangat penting dan agak sulit. Mengapa?

Karena Anda memiliki terlalu banyak pilihan.

Di satu sisi, Anda harus mempertimbangkan psikologi warna . Ini dapat membantu Anda dengan ringan menyarankan kepada tamu Anda untuk membelanjakan sedikit lebih banyak, makan lebih sedikit, atau merasa santai dalam bisnis Anda.

Anda juga harus mempertimbangkan ide untuk menggunakan desain , seperti grafiti, huruf, mural, dan lainnya untuk menghiasi dinding bisnis Anda. Ini bisa sangat berguna jika Anda tidak ingin mendekorasi dengan elemen yang hanya akan mengganggu kenyamanan tamu Anda dan memakan tempat.

Anda dapat menggunakan gambar dan lukisan , yang merupakan elemen dekoratif serbaguna, mudah diubah, dan memakan sedikit ruang.

Dan terakhir, Anda juga dapat memilih permukaan dengan satu warna seragam . Ini bisa sangat bermanfaat dalam membuat ruang tampak lebih besar dari aslinya.

Tentu, Anda juga dapat mencampur semua elemen ini untuk mencapai hasil yang luar biasa.

Rekomendasi pribadi saya adalah Anda menganggap kulit putih sebagai sekutu terbaik Anda.

Ini akan membuat permukaan Anda terlihat bersih, luas, dan membuat pencahayaan Anda terlihat bagus.

Jika Anda ingin menambahkan beberapa warna, Anda selalu dapat menggunakan lampu LED berwarna untuk "melukis" dinding latar belakang, jika perlu.

2. Dekorasi restoran cepat saji kecil

Dekorasi restoran cepat saji

Ada banyak ide yang bisa Anda gunakan untuk mendekorasi restoran cepat saji kecil.

Ini memiliki keuntungan bahwa mereka cukup informal, sehingga Anda dapat menggunakan berbagai elemen untuk mendekorasi ruang.

Misalnya, Anda dapat menggunakan grafiti, huruf berwarna, huruf LED, tanda neon, warna cerah, dan banyak lagi.

Anda juga bisa bermain-main dengan meja, furnitur, dan elemen restoran lainnya, seperti tanaman.

Jika langit-langit Anda cukup tinggi dan kuat, Anda dapat menggantung berbagai benda, seperti bola disko yang akan menambah warna ruangan. Anda juga dapat menggunakan bintang neon kecil di ruang makan yang agak gelap untuk menciptakan langit berbintang buatan.

Jika Anda memilih konsep makanan cepat saji untuk restoran kecil Anda, mendekorasi ruang ini akan menjadi taman bermain Anda. Selamat bersenang-senang!

3. Dekorasi untuk restoran modern kecil

Dekorasi restoran modern kecil dengan tanaman

Restoran kecil dan modern harus bergaya, praktis, dan kreatif dalam hal furnitur.

Bagian terpenting adalah furnitur Anda harus menonjol, berbeda, dan sesuai dengan ruang dengan baik.

Anda dapat menggunakan meja dengan bangku tinggi sebagai pengganti kursi, elemen chrome, dan lainnya. Ini akan bekerja dengan baik di bar juga.

Tergantung pada ruangnya, Anda dapat menggunakan kursi berlengan dekat atau bahkan menempel pada dinding, yang akan memberi Anda sedikit lebih banyak ruang untuk menghias dinding di atasnya.

Anda bisa menggunakan lukisan modern, desain ornamen abstrak, dan elemen lainnya.

Untuk warna, sebaiknya gunakan warna solid dan netral, seperti putih, hitam, abu-abu, biru tua, dan lainnya.

Ini akan menjadi sempurna untuk pergi bersama dengan getaran modern.

4. Dekorasi restoran kecil bergaya pedesaan dan vintage

Gaya pedesaannya bagus dan cukup praktis. Selain itu, ini memungkinkan Anda untuk mendekorasi restoran kecil dengan furnitur yang telah direnovasi, didaur ulang, dan murah.

Untuk gaya dekorasi ini, memiliki pengalaman dalam pertukangan atau renovasi furnitur adalah suatu keharusan sehingga Anda dapat menghemat sedikit uang.

Kemudian, cari elemen berbeda yang dapat Anda gunakan di restoran Anda, baik itu di rumah, di garage sale, di toko barang antik, dan banyak lagi.

Anda harus merenovasi setiap perabot agar terlihat rustic, namun terasa halus.

Saya juga menyarankan Anda mencari proyek pengerjaan kayu DIY dan menambahkan tanaman ke dekorasi. Ini, bersama dengan pencahayaan yang benar, akan membantu Anda menciptakan perasaan yang Anda inginkan.

Satu-satunya peringatan terhadap gaya dekorasi ini adalah bahwa dibutuhkan sedikit lebih lama, terutama jika Anda harus membangun atau memulihkan setiap bagian dekoratif.

Mendesain sebuah restoran kecil bukanlah hal yang mustahil

Ada ribuan restoran kecil yang tampil luar biasa dan efektif melayani ratusan orang setiap hari.

Apa kuncinya?

Saya akan mengatakan bahwa itu memiliki keseimbangan sempurna antara fungsionalitas, sistematisasi proses, dan efisiensi juru masak di dapur itu.

Tip terakhir saya adalah Anda menggunakan saran koki atau juru masak untuk membuat dapur restoran kecil.

Dengan demikian, Anda akan tahu persis apa yang Anda butuhkan, di mana Anda membutuhkannya, dan tata letak umum dapur untuk membuat proses lebih efisien.

Semoga beruntung!

Kembangkan bisnis makanan Anda dengan Waiterio POS

Bergabunglah dengan 40.000 restoran menggunakan sistem titik penjualan waiterio

The online ordering has been the perfect tool, especially with the ongoing COVID-19 pandemic as customers choose to limit face to face interaction. We have grown food delivery by over 112% which is solely due to the use of the free online ordering website.

- Matthew Johnson (Owner of MrBreakFastJa, Jamaica)

Download Gratis

Artikel Terbaru