Desain Menu Restoran: Aplikasi, Template, dan Sampel

Desain Menu Restoran: Aplikasi, Template, dan Sampel

Aplikasi terbaik untuk mendesain menu Anda!

Diposting oleh Victor Delgadillo tanggal 8 Oktober 2021

Tidak yakin bagaimana merancang menu restoran?

Tidak yakin alat apa yang digunakan untuk mendesain menu Anda?

Menu restoran adalah salah satu aspek terpenting yang harus ditentukan oleh pemilik untuk jenis bisnis ini.

Ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan untuk membuat menu yang sempurna. Desain, harga, distribusi, dan pengaturan hidangan, dan banyak lagi.

Jika semua ini sudah siap, saatnya mendesain menu restoran Anda.

Pada artikel ini, saya akan memberi tahu Anda tentang:

  • Aplikasi desain terbaik yang dapat Anda gunakan untuk membuatnya
  • Tentang bagaimana Anda dapat menentukan item menu Anda
  • Dan tutorial langkah demi langkah tentang cara membuatnya menggunakan salah satu alat
  • Dan banyak lagi

Saya juga akan memberi Anda beberapa templat gratis dasar yang dapat Anda gunakan untuk mendesain menu restoran Anda setelah Anda memiliki semua detail yang terdefinisi dengan baik.

Ayo lakukan!

Bagaimana Cara Membuat Menu Restoran?

Sebelum Anda mulai merancang menu Anda, Anda harus mendefinisikan berbagai aspek restoran Anda atau setidaknya, menggunakan rencana dan konsep bisnis Anda untuk mendapatkan inspirasi untuk membuat menu.

Ingatlah bahwa menu restoran Anda harus sesuai dengan citranya , jadi Anda harus menggunakan elemen konsep restoran Anda, desain interior restoran Anda, dan lainnya untuk menentukan desain menu yang sesuai.

Misalnya, jika Anda memiliki restoran yang sangat berwarna, tidak baik menggunakan desain menu hitam-putih, tanpa warna atau gambar lain.

Juga, jika itu adalah restoran yang menyajikan hidangan dengan lapisan yang indah, Anda tidak dapat melewatkan kesempatan untuk meletakkan foto di menu Anda.

Setelah Anda menentukan elemen-elemen ini, Anda dapat mulai mencari cara terbaik untuk mengeksekusi desain.

4 Aplikasi Desain yang Dapat Anda Gunakan untuk Membuat Menu Restoran Anda

Ada beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk membuat menu yang sempurna untuk restoran Anda.

Aplikasi desain grafis atau desain vektor apa pun sudah cukup untuk menjalankan desain.

Namun, Anda mungkin tidak tahu aplikasi mana yang terbaik untuk Anda.

Untuk alasan ini, saya telah membuat daftar opsi terbaik, dengan kelebihan dan kekurangannya sehingga Anda tahu harus mulai dari mana.

kanvas

Alat pengeditan foto Canva

Canva adalah program edit foto yang sangat mudah digunakan.

Ini memiliki beberapa template yang dapat Anda gunakan dan edit untuk membuat menu restoran Anda dalam beberapa menit.

Ini juga memiliki banyak ilustrasi, gambar, video, dan banyak lagi yang dapat Anda gunakan dalam desain Anda, yang membuatnya lebih serbaguna.

Anda dapat mengubah ukuran file yang ingin Anda buat sehingga masing-masing siap untuk dicetak, dan menyimpan desain Anda dalam format JPG, PNG, PNG tanpa latar belakang, MP4, GIF, dan PDF.

Ini adalah aplikasi yang dapat digunakan hampir semua orang, terutama karena didukung oleh semua perangkat seluler dan juga oleh browser terkini.

Keuntungan dan kerugian

Canva memiliki banyak keuntungan — ini adalah aplikasi penyelamat bagi siapa saja yang ingin menggunakannya dan menghemat uang dengan menghindari membayar desainer grafis.

Ini adalah aplikasi freemium karena memiliki versi gratis dan versi berbayar yang juga sangat murah, terutama mengingat keuntungan yang ditawarkannya.

Kerugiannya, meskipun sangat mudah digunakan jika Anda tidak memiliki pengetahuan tentang desain grafis, Anda mungkin tidak dapat memanfaatkannya sepenuhnya — sedikit pengalaman tidak ada salahnya.

Ini juga masih agak terbatas dalam versi gratisnya, dan opsi berbayar, meskipun murah, dapat mewakili pengeluaran yang mungkin tidak ingin Anda keluarkan.

Kelemahan lainnya adalah banyak orang dan bisnis menggunakan aplikasi ini untuk membuat desain, sehingga hasilnya mungkin tidak selalu 100% asli.

Namun, biaya untuk menyewa seorang desainer grafis untuk membuat desain Anda dapat menyudutkan Anda, dan mengubah Canva menjadi opsi yang sangat layak yang tidak dapat Anda lewati.

Inkscape

Aplikasi desain vektor Inkscape

Inkscape adalah program desain vektor open-source gratis — sering digunakan untuk mencontohkan apa yang seharusnya menjadi program open-source.

Itu karena ini adalah program yang luar biasa dengan banyak alat dan fungsi. Ini menjadikannya kompetisi yang sempurna untuk program Adobe serupa, yang sangat mahal jika dibandingkan.

Inkscape serbaguna dan memungkinkan Anda membuat desain vektor asli, baik itu logo, menu, spanduk, dan banyak lagi.

Keuntungan dan kerugian

Keuntungan utama dari Inkscape adalah harganya — $ 0. Selain itu, ia memiliki fungsi yang sama dengan program desain vektor dan animasi yang serupa, jadi ini adalah alat yang sangat lengkap.

Anda dapat menemukan banyak sumber untuk mempelajari cara menggunakan perangkat lunak secara gratis di YouTube, yang penuh dengan tutorial dan contoh apa yang dapat Anda lakukan dengan aplikasi tersebut.

Itu juga tidak memiliki persyaratan yang sangat tinggi mengenai kekuatan pemrosesan, sehingga penghalang untuk masuk rendah.

Kelemahan Inkscape sedikit. Misalnya, jika Anda memiliki pengalaman dengan aplikasi lain, mungkin perlu waktu lebih lama untuk mempelajari cara menggunakannya.

Meskipun tidak sulit untuk digunakan, Anda tetap harus beradaptasi dan jika Anda tidak memiliki pengalaman, mungkin perlu waktu bagi Anda untuk merancang sesuatu di dalamnya.

Meski begitu, ini sepadan dengan usaha — setelah Anda memiliki pengalaman dengannya, Anda akan dapat membuat semua jenis ilustrasi, menu, spanduk, animasi, dan banyak lagi elemen grafis untuk restoran Anda.

Adobe Spark

Alat desain Adobe Spark

Adobe Spark adalah aplikasi desain grafis luar biasa lainnya untuk perangkat seluler Android dan iOS. Ini sangat mirip dengan Canva, tetapi terintegrasi lebih baik dengan sebagian besar aplikasi Adobe, sehingga alur kerjanya jauh lebih baik.

Aplikasi ini juga memberi Anda akses ke templat, gambar, ilustrasi, font, dan banyak lagi.

Mudah digunakan karena memiliki fungsi yang disederhanakan untuk ponsel dan tablet — meskipun ini tidak mengurangi kekuatan atau keserbagunaannya.

Ini memiliki banyak fungsi, seperti mengonversi video ke GIF dan sebaliknya, menghapus latar belakang gambar, mengubah ukuran gambar dan video, dan banyak lagi.

Keuntungan dan kerugian

Adobe Spark sangat bagus jika Anda tidak memiliki banyak pengalaman dalam desain grafis berkat banyaknya templat, di mana Anda akan menemukan templat menu digital.

Selain itu, manfaatnya sangat mirip dengan Canva.

Di sisi lain, aplikasi ini membutuhkan lebih banyak pengalaman desain daripada Canva, dan untuk mendapatkan lebih banyak darinya, ada baiknya untuk memiliki aplikasi Adobe lain dan beberapa pengalaman menggunakannya.

Dan jika Anda berencana untuk menggunakannya bersama dengan aplikasi Adobe lainnya, harganya akan naik sedikit lebih tinggi.

Adobe Ilustrator

Perangkat lunak desain dan ilustrasi Adobe Illustrator

Adobe Illustrator adalah program lain dari Adobe Creative Cloud, dan telah ada selama bertahun-tahun. Ini adalah program yang digunakan untuk ilustrasi dan desain vektor, mirip dengan Inkscape.

Namun, semua fungsi Inkscape mengambil inspirasi dari fungsi Adobe Illustrator, jadi ini bisa dibilang konsep program asli — dan tanpa diragukan lagi yang paling banyak digunakan di banyak industri.

Program ini memiliki semua fungsi yang diperlukan dan tidak terlalu penting yang dapat Anda pikirkan untuk membuat logo, ilustrasi, sampul buku, elemen branding, dan elemen grafis lainnya.

Keuntungan dan kerugian

Keuntungan utama Illustrator adalah bahwa ini adalah program yang paling banyak digunakan, dan memiliki banyak sumber belajar, kursus, dan banyak lagi. Selain itu, sangat mudah digunakan untuk proyek apa pun yang membutuhkan ilustrasi, sehingga akan sangat membantu untuk semua jenis desain.
Tidak seperti Spark, perangkat lunak ini dapat digunakan tanpa program Adobe Creative Cloud lainnya.

Ini juga kompatibel dengan perangkat seluler, iOS, Windows, dan macOS.

Kerugian utama dari perangkat lunak ini adalah harganya $ 20,99 per bulan, yang tidak terlalu mahal.

Namun, Anda akan membutuhkan pengetahuan dan pengalaman yang cukup untuk mendapatkan hasil maksimal dari program ini — jika tidak, Anda akan membuang-buang uang untuk kesenangan!

Aplikasi lain

aplikasi desain coreldraw

Aplikasi lain yang dapat Anda gunakan adalah:

  • Corel DRAW : Perangkat lunak desain grafis klasik — dan salah satu yang paling mahal di pasaran!
  • InDesign : Sempurna untuk desain sederhana dan, seperti dari Adobe, ia memiliki integrasi untuk aplikasi Adobe Creative Cloud lainnya.
  • Photoshop : Anda pasti pernah mendengar yang satu ini sebelumnya!
  • Desygner : Aplikasi pengeditan foto untuk browser. Ini sangat mirip dengan Canva.
  • GIMP : Ini adalah perangkat lunak sumber terbuka yang paling mirip dengan Photoshop. Meskipun agak sulit untuk digunakan, ini gratis.

Aplikasi ini sangat bagus untuk mendesain menu restoran Anda.

Namun, saya tidak ingin menyebutkannya karena beberapa di antaranya mahal (saya berbicara dengan Anda, CorelDRAW ) dan yang lainnya memiliki fitur yang sama atau sangat mirip dengan yang saya sebutkan di atas.

Membuat Menu Langkah demi Langkah

Halaman kosong Canva

Di bagian ini, saya akan memberi Anda detail tentang proses kreatif dan eksekusi desain.

Agar contoh ini tetap sederhana, saya akan menggunakan Canva untuk membuat tata letak sederhana — mudah digunakan, jadi langkah-langkah yang harus diikuti sangat cocok untuk mereka yang tidak memiliki pengalaman desain. Mari kita mulai!

Tentukan Informasi Menu

Sebelum memulai, Anda harus mendefinisikan semua elemen yang akan membuat menu. Yang utama adalah:

  • Jumlah piring
  • Nama masakannya
  • Harga setiap hidangan
  • Distribusi dan pengaturan hidangan

Saya telah mendefinisikan elemen-elemen ini dalam dokumen Google Documents sehingga mendesain menu lebih mudah — cukup salin dan tempel.

Setelah Anda menentukan semua ini, lewati ke langkah berikutnya.

Tentukan Elemen Grafis Menu

Palet warna pendingin

Ada beberapa elemen grafis yang harus Anda tentukan saat membuat menu restoran Anda.

Yang paling penting adalah:

  • Warna — pelajari psikologi warna.
  • Penggunaan elemen grafis seperti ilustrasi dan gambar — adalah ide yang baik untuk menggunakan foto berkualitas tinggi dari hidangan Anda.
  • Menggunakan elemen pencitraan merek, seperti logo, slogan, dan lainnya — Anda dapat mengunggah semua elemen ini ke Canva!
  • Dan font yang akan Anda gunakan — Anda harus menggunakan dua hingga tiga font yang dapat dibaca, tetapi konsisten dengan elemen lainnya.

Masing-masing elemen ini harus sejalan dengan konsep restoran dan strategi branding Anda.

Inilah yang telah saya lakukan:

  • Saya telah menggunakan alat yang disebut Coolors untuk menghasilkan warna untuk menu saya.
  • Saya ingin menggunakan elemen grafis sederhana, dan tentu saja, saya akan menggunakan logo Waiterio untuk mengidentifikasi restoran saya.
  • Saya ingin menggunakan gambar di menu saya, tetapi saya tidak memiliki gambar hidangan saya — terutama karena restoran saya adalah imajiner . Jadi saya memutuskan untuk menggunakan gambar Canva gratis untuk efek profesional.
  • Akhirnya, restoran saya adalah makanan cepat saji dan klien saya santai, santai, dan muda. Itu sebabnya saya akan menggunakan font bergaya dan segar untuk desain saya.

Saya sudah menentukan semua elemen grafis saya — saya harap Anda juga melakukannya. Ke langkah berikutnya!

Pilih Ukuran dan Distribusi File

Ukuran adalah aspek penting lainnya untuk dipertimbangkan.

Menu dapat memiliki ukuran yang berbeda, namun sebaiknya Anda menggunakan ukuran yang sesuai untuk menu Anda, sehingga semuanya cocok.

Semakin banyak item yang dimiliki menu Anda, semakin besar seharusnya — bukanlah ide yang baik untuk memiliki menu 50 item pada satu halaman.

Selain itu, Anda harus mempertimbangkan biaya pencetakan dan tata letak desain Anda.

Misalnya, untuk menu berukuran letter, Anda harus menggunakan ukuran 2550x3300 piksel, yang merupakan ukuran lembar surat pada 300 DPI untuk cetakan standar.

Ini akan menjamin Anda mencapai kualitas cetak terbaik.

Mulai Merancang

Il Waiterio Menu sederhana contoh menu restoran palsu

Ketika Anda telah mendefinisikan semua elemen sebelumnya, sekarang saatnya untuk mulai membuat menu.

  1. Buat dokumen baru dengan ukuran yang Anda pilih untuk menu Anda. Saya menggunakan surat.
  2. Anda dapat mempercepat proses desain dengan memilih salah satu template yang tersedia. Saya memilih yang sangat sederhana.
  3. Pilih judul, huruf untuk hidangan dan deskripsi, dan semua jenis elemen grafis.
  4. Tambahkan warna, gambar latar belakang, dan banyak lagi. Selalu ingat kontras huruf - huruf harus dapat dibaca.
  5. Ketika menu Anda sudah siap, cukup unduh dalam format PDF, dan siap untuk dicetak.

Dan itu saja. Membuat tata letak untuk contoh ini membutuhkan waktu sekitar 20 menit! Lihat disini:

Menu dan Template Restoran

Jika Anda berhasil sejauh ini, Anda beruntung, karena sekarang saya akan membagikan kepada Anda tiga template sederhana yang saya buat dengan Canva yang dapat Anda gunakan untuk memandu Anda saat mendesain menu restoran Anda.

Juga, saya akan membagikan tata letak yang saya gunakan untuk setiap template.

Perlu dicatat bahwa saya telah membuat template ini berdasarkan rekayasa menu dan studi yang dilakukan tentang cara orang memindai menu restoran.

Saya harap mereka berguna untuk Anda!

Template Menu Satu Halaman Dasar

Template menu satu halaman dasar

Menu satu halaman banyak digunakan di bisnis kecil.

Area terpenting dari jenis menu ini disorot dalam contoh berikut:

Contoh menu burger malas

Saya telah membuat contoh ini menggunakan Canva. Ini untuk restoran cepat saji yang disebut "Lazy Burger".

Seperti yang Anda lihat, nama restoran, desain, dan nama item menu memudahkan untuk mengetahui tentang restoran ini.

Catatan: Perlu diingat bahwa ini adalah contoh yang sangat berlebihan!

Templat Menu Terlipat

Contoh menu burger malas dua halaman

Template menu ini lebih sederhana dan menggunakan tata letak dan pemindaian yang sama seperti menu di atas.

Selain itu, jenis menu ini memiliki lebih banyak ruang, sehingga Anda dapat menambahkan lebih banyak hidangan dari restoran Anda untuk memaksimalkannya.

Seperti yang Anda lihat, menu memiliki ruang yang terlihat di tengah, dan ini karena menu yang dilipat dua, menghasilkan menu yang lebih ramping.

Anda juga dapat memanfaatkan sisi luar untuk menambahkan detail branding atau bahkan lebih banyak hidangan!

Templat Menu Lipat Tiga

Templat dasar menu lipat tiga

Templat menu lipat tiga adalah desain yang sangat menarik dan luas.

Cara pengunjung memindai menu lipat tiga lebih kompleks, karena merupakan menu tiga bagian.

Contoh menu burger malas tiga kali lipat

Namun, setiap bagian menu ini dipisahkan ke dalam kategori hidangan yang berbeda, sehingga pemindaian menu terlihat sangat mirip dengan halaman individual.

Pertimbangan lain saat mendesain menu Anda

Saya sarankan Anda membaca artikel kami yang lain tentang desain menu dan topik terkait lainnya sehingga Anda tahu apa yang harus dimasukkan ke menu Anda dan banyak lagi:

Semua sumber daya ini akan membantu Anda membuat keputusan mengenai desain menu Anda, yang akan Anda tempatkan di menu, dan juga menentukan harga dan keuntungan margin dari setiap hidangan.

Ini penting karena berkaitan dengan tata letak menu — sesuatu yang sederhana seperti menggunakan harga 5% lebih tinggi dari harga pesaing Anda dapat menurunkan penjualan Anda, bahkan untuk sen.

Juga, jangan ragu untuk memeriksa lebih banyak sumber daya dari MustHaveMenus .

Anda tidak percaya diri dengan kemampuan desain Anda?

Cobalah pembuat halaman Waiterio dan dapatkan akses ke solusi menu digital yang sederhana dan elegan yang terintegrasi dengan sistem POS lainnya.

Mulai menawarkan pesanan dibawa pulang atau online, pengiriman, dan banyak lagi. Pelajari lebih lanjut tentang pembuat halaman Waiterio di sini .

Apakah menumu sudah siap?

Kembangkan bisnis makanan Anda dengan Waiterio POS

Bergabunglah dengan 40.000 restoran menggunakan sistem titik penjualan waiterio

The online ordering has been the perfect tool, especially with the ongoing COVID-19 pandemic as customers choose to limit face to face interaction. We have grown food delivery by over 112% which is solely due to the use of the free online ordering website.

- Matthew Johnson (Owner of MrBreakFastJa, Jamaica)

Download Gratis

Artikel Terbaru