Furnitur untuk Restoran: Furnitur Apa yang Anda Butuhkan?

Furnitur untuk Restoran: Furnitur Apa yang Anda Butuhkan?

Pelajari di sini furnitur apa yang Anda butuhkan untuk restoran Anda!

Diposting oleh Victor Delgadillo tanggal 20 Agustus 2022

Anda tidak tahu furnitur apa yang Anda butuhkan untuk restoran Anda?

Apakah Anda ingin memilih furnitur restoran yang terbaik?

Furnitur adalah bagian penting dari semua bisnis yang menerima klien secara langsung di lokasinya. Restoran termasuk kedalam kategori ini, jadi menawarkan kenyamanan kepada tamu Anda adalah hal yang sangat penting.

Pada artikel ini saya akan berbagi kepada Anda tentang:

  • Pentingnya memiliki furnitur yang tepat di restoran Anda.
  • Berbagai jenis furnitur restoran yang dapat Anda gunakan.
  • Saya juga akan memberikan beberapa tips memilih furnitur yang terbaik bagi bisnis Anda.

Jika Anda memiliki restoran dan Anda terus-menerus menerima keluhan tentang ketidaknyamanan furnitur yang Anda miliki, maka artikel ini cocok untuk Anda. Jika Anda tidak tahu bagaimana cara memberi kesan tentang bisnis Anda, panduan singkat ini akan sangat berguna.

Mari kita mulai!

Pentingnya Memiliki Furnitur Bagus di Restoran Anda

meja dan kursi restoran mewah

Menjalankan bisnis restoran mengharuskan Anda dalam membuat banyak keputusan. Dari manajemen personalia hingga peralatan yang diperlukan untuk mengoperasikan restoran, perjalanan Anda sebagai pemilik restoran akan penuh dengan keputusan sejak awal.

Karena alasan itu, banyak detail yang luput dari perhatian. Salah satu detail itu adalah memilih furnitur yang tepat untuk restoran Anda.

Membeli furnitur yang tepat untuk ruang makan restoran Anda sangat penting untuk membuat pengunjung tetap merasa nyaman setiap saat.

Restoran dengan kursi kecil, tidak nyaman, atau murah, dapat menyebabkan banyak masalah dalam pelayanan restoran Anda.

Misalnya, mereka dapat menyebabkan kecelakaan, seperti kursi yang patah saat sedang dipakai, jika hal ini terjadi konsumen tidak akan kembali lagi datang, begitu juga dengan mereka yang menyaksikan kecelakaan itu.

Hal seperti ini juga dapat membuat pelanggan tidak datang kembali karena mereka merasa tidak cukup nyaman makan di restoran Anda, atau mungkin juga karena mereka tidak muat ketika duduk di kursi.

Meja juga penting .

Jika sebuah restoran memiliki meja dengan area kecil yang dikelilingi oleh empat kursi, grup konsumen yang terdiri dari empat orang akan merasa tidak nyaman.

Ini juga akan terjadi jika meja yang digunakan ringan dan tipis — meja seperti ini tidak akan memberikan keamanan kepada pelanggan.

Di sisi lain, meja yang sangat besar dan berat juga dapat menyebabkan masalah, misalnya, jika grup konsumen datang dengan jumlah yang sangat besar dan mereka ingin menyatukan meja mereka, maka ini akan cukup menyulitkan.

Hal ini akan membuat pelayan Anda bekerja ekstra, belum lagi hal ini juga dapat menyebabkan kecelakaan kerja yang saya yakin Anda pun tidak ingin terjadi.

Memiliki furnitur yang tepat bagi pengunjung dapat membuat perbedaan besar dalam pelayanan Anda — lagi pula, untuk menjalankan restoran, Anda harus memperhatikan setiap detail dengan cermat.

Kabar baiknya adalah, ada berbagai jenis furnitur yang dapat Anda beli selain kursi dan meja yang digunakan untuk restoran Anda.

Jenis-jenis Furnitur Restoran

Ada banyak jenis furnitur yang bisa Anda gunakan pada restoran. Bahkan, Anda dapat memilih furnitur dengan jenis apa pun, yang membuat tugas memilih furnitur ini jadi jauh lebih sulit.

Selanjutnya, saya akan berbicara tentang jenis furnitur paling umum yang dapat Anda temukan di restoran, dan yang harus Anda miliki di restoran Anda.

1. Kursi untuk Layanan

meja dan kursi restoran kecil

Ini adalah kursi di mana pengunjung akan duduk dan menikmati hidangan mereka.

Ini umumnya nyaman , memiliki sandaran, dan sama tingginya dengan meja.

Jenis ini biasanya memiliki kesamaan desain dengan meja yang digunakan. Misalnya, tidak umum melihat meja kaca dengan kursi plastik — dan bukan ide yang baik untuk mencampurkan kedua jenis itu.

Selain itu, ini adalah kursi dengan ukuran yang cukup agar nyaman bagi sebagian besar pengunjung.

2. Meja untuk Layanan

Meja layanan adalah tempat makan disajikan bagi pengunjung Anda. Meja-meja ini dapat memiliki ukuran, bentuk, dan bahan yang berbeda — sekali lagi, direkomendasikan agar sesuai dengan jenis kursi yang Anda miliki.

Tergantung pada jenis restoran, Anda dapat menggunakan meja dengan ukuran dan bahan yang berbeda.

Bentuk yang paling umum adalah persegi, lingkaran, dan persegi panjang, meskipun banyak restoran hanya menggunakan meja persegi agar memudahkan disatukan ketika menerima tamu dengan sekelompok orang.

3. Meja Persegi Panjang untuk Prasmanan

Meja prasmanan persegi panjang ukurannya lebih panjang daripada lebarnya. Hal ini memudahkan untuk menampung beberapa nampan makanan yang disajikan untuk orang-orang yang datang.

Jenis meja ini harus kokoh dan harus memiliki lebih dari empat kaki untuk menopang beban secara merata di seluruh meja.

Beberapa jenis dari meja ini memiliki kompartemen yang berbeda untuk menampung nampan es, nampan panas, pendingin, dan banyak lagi.

4. Bangku Tinggi untuk Bar

bangku tinggi bar

Bangku tinggi digunakan di sebagian besar bar untuk mengakomodasi pelanggan.

Yang paling banyak digunakan adalah bangku bundar, tetapi ada banyak desain lain yang bisa Anda gunakan.

Misalnya, bangku berputar, bangku tetap, bangku berkaki tiga atau empat, dan lainnya.

Bahkan ada bangku dengan sandaran kecil yang memberikan topangan dan keseimbangan yang lebih baik, ini sangat cocok digunakan pada bar yang menyediakan alkohol.

Jika area bar Anda berfungsi sebagai ruang tunggu, ada baiknya berinvestasi pada bangku dengan desain ergonomis yang membuat menunggu menjadi lebih nyaman.

5. Kursi Individu dan Kursi Berlengan

Kursi berlengan adalah jenis furnitur yang menawarkan kenyamanan terbaik bagi tamu Anda. Kursi jenis ini cocok untuk konsumen individu atau untuk beberapa klien sekaligus.

Kursi ini adalah jenis furnitur terbaik untuk ditempatkan di ruang tunggu jika Anda memilikinya.

Memilih kursi ini akan mengalihkan perhatian pengunjung yang sedang menunggu dari kenyataan bahwa mereka harus menunggu untuk makan, dan tentu saja ini akan membuat menunggu menjadi lebih menyenangkan.

Jika restoran Anda cukup terkenal, ada baiknya Anda memiliki furnitur jenis ini, beserta meja kopi, akses ke stopkontak untuk pengisi daya, dan lainnya untuk membuat pelanggan merasa nyaman.

6. Furnitur Custom

Furnitur custom adalah furnitur yang dibuat khusus sesuai dengan spesifikasi yang anda inginkan. Mereka dapat berupa jenis furnitur apa pun dengan elemen desain berbeda yang membuatnya orisinal dan menarik.

Misalnya, kursi berlengan dengan bentuk tertentu, meja dengan desain baru, atau bangku dengan bahan yang tidak biasa.

Keuntungan utama dari jenis furnitur ini adalah lebih menyesuaikan dengan gaya dan konsep dari restoran Anda.

Di sisi lain, ada kemungkinan bahwa desain yang rumit, tidak biasa dan besar akan membuat tidak nyaman bagi pengunjung Anda, yang tentunya berdampak negatif bagi restoran Anda.

7. Furnitur Luar Ruangan

kursi dan meja luar ruangan

Jika restoran Anda memiliki teras, ada baiknya menggunakan furnitur luar ruangan daripada furnitur biasa. Mereka lebih tahan terhadap cuaca, sehingga Anda dapat meninggalkannya di luar tanpa khawatir tentang kerusakan.

Furnitur jenis ini harus nyaman, bahkan lebih tahan lama daripada furnitur biasa, dan ada baiknya untuk membuatnya tetap ringan, terutama jika Anda harus mengeluarkannya dan memasukkannya setiap hari.

Alternatif cerdas adalah membuat kursi dan furnitur yang ditambatkan permanen ke lantai, sehingga Anda dapat meninggalkannya tanpa perlu khawatir kehilangan, namun, hal ini tidak direkomendasikan untuk setiap restoran.

Misalnya, jika restoran Anda memiliki pemandangan yang bagus, bukanlah ide yang baik untuk menggunakan furnitur khusus luar ruangan — Anda harus menggunakan furnitur umum dan melindunginya dengan cara yang terbaik.

Ingat juga bahwa Anda harus melindungi furnitur ini dari sinar matahari, dan juga untuk mencegah pelanggan tersengat matahari saat duduk. Payung besar bisa jadi alternatifnya!

Bagaimana Memilih Furnitur Terbaik untuk Restoran Anda?

kursi berlengan di ruang tunggu

Memilih furnitur yang tepat untuk restoran Anda adalah masalah riset. Anda harus tahu persis apa yang dicari oleh target konsumen dan persona para pembeli Anda.

Misalnya, jika target konsumen Anda adalah orang-orang berusia antara 18 dan 30 tahun, sebaiknya gunakan furnitur inovatif yang menarik perhatian yang mengorbankan sedikit kenyamanan — tetapi tidak terlalu banyak.

Tetapi jika target audiens Anda adalah orang di atas 40 tahun, lebih baik menggunakan furnitur nyaman yang menekankan kesederhanaan dan ergonomis.

Hal ini berlaku untuk setiap aspek furnitur, seperti bahan yang digunakannya.

Misalnya, furnitur kulit asli dan kayu ebony bukanlah jenis furnitur terbaik untuk restoran keluarga atau untuk anak-anak.

Anda juga tidak dapat menggunakan furnitur plastik di restoran mewah dengan pelanggan elit.

Anda harus memastikan bahwa setiap furnitur di restoran Anda menawarkan pengalaman yang sesuai dengan konsep dan target audiensnya.

Aspek lain yang harus Anda pertimbangkan adalah furnitur harus selalu:

  • Berkualitas tinggi.
  • Tahan sepanjang masa
  • Ringan — setidaknya harus mudah dipindahkan.
  • Mereka harus memiliki ukuran yang sesuai dengan klien Anda, apakah itu 1.5 atau 2 meter.

Ini akan membantu menjaga klien Anda agar tetap nyaman dan merasa aman.

Berapa Banyak Furnitur yang Harus Anda Beli?

kursi cadangan disimpan

Anda harus membeli lebih banyak furnitur daripada yang Anda butuhkan, termasuk juga dengan berbagai jenis furnitur yang Anda perlukan.

Mengapa? Karena Anda harus memiliki furnitur cadangan!

Di sebuah restoran, furnitur akan rusak lebih sering daripada yang diperkirakan. Itu karena restoran menarik banyak orang. Juga, jika Anda mengadakan acara terus-menerus, atau jika restoran Anda sangat aktif, furnitur lebih mudah rusak karena jatuh, atau rusaknya bantal, dan banyak lagi faktor lainnya.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk memiliki furnitur cadangan. Lagi pula, Anda tidak harus membeli furnitur yang berbeda dari yang sudah Anda miliki saat ini, karena itu akan merusak keharmonisan penampilan restoran Anda.

Ini juga bukanlah hal yang baik jika ada meja atau kursi yang rusak di tengah layanan dan Anda tidak memiliki cara untuk menggantinya secara langsung.

Berapa banyak yang harus Anda keluarkan untuk furnitur?

Tidak ada jumlah pasti yang dapat berlaku untuk setiap restoran. Namun, menghabiskan 10% hingga 15% dari anggaran Anda untuk furnitur yang bagus adalah aturan praktis yang dapat membantu Anda mendapatkan furnitur yang layak.

Ingatlah bahwa, meskipun ini adalah bagian penting dari restoran Anda, pengeluaran utama Anda adalah biaya konstruksi atau renovasi, biaya peralatan, dan biaya terkait tempat lainnya.

Ini lebih relevan karena akan membuat restoran Anda tetap berfungsi dan berproduksi — itulah sebabnya sebagian besar pemilik tidak menambahkan furnitur dan merencanakannya untuk nanti.

Anda tetap harus mempertimbangkan pengeluaran ini pada rencana bisnis dan rincian biaya Anda.

Akhirnya, furnitur adalah salah satu aspek paling serbaguna dari bisnis restoran, begitu juga dengan dekorasi. Anda dapat dengan mudah mengubahnya begitu restoran Anda mulai berproduksi, tetapi pastikan perubahannya sesuai dengan konsep restoran Anda.

Kenyamanan Pengunjung Anda Akan Membuat Mereka Ingin Tinggal Lebih lama

Restoran dengan furnitur yang nyaman akan membuat pengunjung tinggal lebih lama, mengonsumsi makanan lebih banyak, dan jatuh cinta pada bisnis Anda.

Ingatlah selalu bahwa memiliki restoran bukan hanya tentang menjual makanan, tetapi tentang menciptakan pengalaman yang melengkapi makanan yang Anda sajikan.

Selain itu, detail seperti ini yang mungkin terlihat kecil ternyata bisa berdampak besar.

Apakah Anda ingin restoran Anda menjadi tempat pilihan untuk grup konsumen besar?

Atau apakah Anda ingin restoran Anda menjadi restoran yang selalu dilewati oleh sekelompok konsumen atau keluarga karena tidak dapat menampung mereka dengan baik?

Lengkapi restoran Anda dengan baik dan Anda tidak akan pernah kekurangan pelanggan!

Kembangkan bisnis makanan Anda dengan Waiterio POS

Bergabunglah dengan 40.000 restoran menggunakan sistem titik penjualan waiterio

The online ordering has been the perfect tool, especially with the ongoing COVID-19 pandemic as customers choose to limit face to face interaction. We have grown food delivery by over 112% which is solely due to the use of the free online ordering website.

- Matthew Johnson (Owner of MrBreakFastJa, Jamaica)

Download Gratis

Artikel Terbaru