Bagaimana Cara Membuat Rencana Bisnis untuk Restoran? | Panduan Lengkap

Bagaimana Cara Membuat Rencana Bisnis untuk Restoran? | Panduan Lengkap

Buatlah rencana bisnis terbaik untuk restoran Anda

Diposting oleh Abhi Chatterjee tanggal 24 Agustus 2022

Apakah Anda ingin memulai bisnis restoran?

Memulai bisnis restoran tanpa rencana yang tepat ibarat kapal yang berlayar tanpa kompas.

Saya tahu Anda sudah mempertimbangkan segala aspek tentang cara membuka restoran. Tapi, itu semua belumlah cukup. Anda perlu menyusun rencana bisnis untuk restoran Anda secara terperinci.

Rencana bisnis restoran adalah kerangka kerja yang akan membantu Anda dalam menjalankan restoran secara terorganisir dan sistematis. Rencana bisnis ini termasuk pada semua hal seperti desain menu restoran Anda, detail karyawan, detail pasar, dll.

Lebih penting lagi, rencana bisnis juga akan membantu Anda agar mendapatkan investasi untuk restoran Anda.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana caranya agar Anda dapat menyusun rencana bisnis yang fantastis untuk restoran Anda.

Mari kita mulai!

Mengapa Anda Membutuhkan Rencana Bisnis untuk Restoran Anda?

Pria dengan daftar periksa rencana bisnis

Beberapa pengusaha restoran baru terkadang melewatkan proses menyusun rencana bisnis. Mungkin ini terjadi karena tugas seperti ini cukup menantang dan memakan waktu. Tapi sebenarnya, hal ini sepadan dengan waktu dan usaha Anda. Inilah alasannya:

1. Berfungsi sebagai panduan

Rencana bisnis ibarat seperti peta yang dapat memandu Anda menuju kesuksesan restoran Anda. Misalnya, rencana bisnis akan membantu restoran Anda agar terlihat lebih menonjol dari pesaing yang lain. Rencana bisnis terdiri dari informasi penting seperti analisis keuangan, analisis pasar, desain, dll.

Selain itu, menyusun rencana bisnis dapat mengungkapkan masalah apa pun bahkan sebelum Anda memulai usaha restoran itu sendiri. Kapan pun Anda menghadapi masalah, Anda dapat menggunakan dokumen ini untuk menemukan solusi yang tepat.

2. Penting bagi investor

Investor keuangan

Jika Anda mencari investor dalam bisnis restoran Anda, memiliki rencana bisnis yang tepat sangatlah penting . Tidak ada investor yang akan berinvestasi tanpa rencana bisnis yang terperinci.

Bagaimana Cara Membuat Rencana Bisnis Restoran

Ada banyak cara untuk membuat rencana bisnis. Tetapi saya telah membuat sepuluh daftar elemen utama yang harus dimiliki dari setiap rencana restoran.

Berikut adalah komponen utama dari rencana bisnis restoran:

  1. Ringkasan rencana bisnis
  2. Deskripsi restoran
  3. Analisis Pasar
  4. Menu restoran Anda
  5. Staf restoran
  6. Lokasi restoran Anda
  7. Desain restoran Anda
  8. Rencana pemasaran
  9. Rencana operasi restoran
  10. Analisa keuangan

Sekarang, saya akan membahasnya secara detail:

1. Ringkasan Rencana Bisnis

Setiap rencana bisnis harus dimulai dengan ringkasan rencana bisnis. Perhatikan bahwa ini bukan hanya bagian pendahuluan. Ini adalah ringkasan singkat dari keseluruhan rencana Anda.

Tujuan utama dari ringkasan rencana bisnis ini adalah untuk menarik perhatian pembaca Anda. Umumnya, pembaca Anda adalah investor atau mitra bisnis lainnya.

Berikut adalah beberapa elemen dari ringkasan rencana bisnis: (Jelaskan secara singkat)

  1. Nama restoran, jenis makanan, dan tema restoran
  2. Pernyataan misi restoran Anda
  3. Bagaimana Anda berbeda dari pesaing Anda
  4. Perkiraan singkat biaya pengeluaran
  5. Bagaimana cara menjalankan rencana Anda
  6. Pengembalian investasi yang diperkirakan

Tip : Buatlah bagian ini dengan ringkas dan mudah dimengerti.

2. Deskripsi Bisnis Restoran Anda

Ilustrasi sebuah restoran

Di bagian ini, Anda harus mendeskripsikan bisnis restoran Anda secara detail. Pertama, tulis nama restoran Anda dan kemudian detail penting lainnya seperti lokasi, kontak, dll. Berikut beberapa aspek yang perlu Anda jelaskan secara detail:

A. Jenis restoran

(Konsep Restoran) Restoran seperti apa yang Anda rencanakan?

  • Jenis layanan restoran: Fast-casual, fast-food, 'fine dining, dll.
  • Jenis masakan: Cina, Thailand, Pizza, dll.

B. Rincian pemilik restoran

Di bagian ini, Anda perlu memberitahu tentang diri Anda sendiri. Sebutkan pengalaman kerja Anda dan pencapaian lainnya. Anda juga dapat menyebutkan pencapaian dari anggota tim terbaik yang Anda miliki.

3. Analisis Pasar

Ilustrasi untuk analisis pasar

Bagian ini menjelaskan tentang strategi pemasaran dan pesaing Anda. Berikut beberapa hal yang harus dimuat di bagian ini:

A. Analisis pelanggan Anda

Jawab pertanyaan-pertanyaan ini:

  1. Demografi lokasi?
  2. Siapa yang akan menjadi pelanggan rutin Anda? (Demografi)
    • Usia
    • Pendapatan
    • Jenis kelamin
  3. Apa yang mereka suka?

B. Analisa pesaing Anda

Berikut beberapa pertanyaan yang perlu Anda jawab:

  1. Sebutkan semua restoran populer di dekat lokasi Anda.
  2. Restoran mana yang menjadi pesaing langsung Anda?
    (Misalkan Anda menjalankan restoran sushi. Jika ada restoran sushi lain di daerah Anda, maka tempat itu akan menjadi pesaing langsung Anda.)
  3. Apakah pesaing Anda sukses?
  4. Mengapa pelanggan Anda harus memilih restoran Anda daripada pesaing lain?

Harap perhatikan detail lainnya seperti harga makanan, jam buka, desain interior, dll. Kemudian pikirkan bagaimana Anda bisa menonjol dari pesaing Anda. Bagian ini juga sangat penting bagi investor Anda.

C. Menganalisis pasar

Jawab pertanyaan-pertanyaan ini:

  1. Apa spesialisasi Anda? Misalnya, makanan Thailand, sushi, dll.
  2. Apakah orang-orang sudah tertarik dengan masakan itu? Berapa banyak permintaan di pasar untuk masakan yang Anda tawarkan?
  3. Penawaran khusus apa yang Anda miliki untuk para pelanggan?

Bagian ini tidak hanya penting bagi investor. Tapi ini juga akan membantu Anda dalam membuat rencana untuk kesuksesan restoran Anda.

Analisa SWOT

Ini adalah bagian yang juga penting dari semua perencanaan bisnis. Analisis ini harus berisi:

Strengths: Hal terbaik tentang restoran Anda. Bisa berupa makanan terbaik, pelayanan yang sempurna, lokasi strategis, atau hal lainnya.

Weakness: Kelemahan utama restoran Anda. Contoh umum: lokasi restoran yang buruk.

Opportunities: Peluang praktis untuk mengembangkan bisnis Anda. Misalnya, lokasi restoran Anda mungkin berada di dekat tempat wisata, jadi Anda dapat menggunakan teknik pemasaran untuk menarik minat mereka.

Threats: Masalah eksternal yang dapat menjadi tantangan bagi bisnis Anda. Misalnya, pesaing baru, kenaikan biaya bahan makanan, dll.

4. Menu Restoran Anda

Menu restoran

Menu adalah bagian penting lainnya dari sebuah restoran. Anda perlu mendesainnya dengan hati-hati. Menu yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan penjualan suatu restoran secara drastis. Menu juga membantu dalam mempromosikan hidangan yang akan meningkatkan profitabilitas restoran Anda.

Anda mungkin belum memiliki versi terbaik dari menu yang Anda miliki saat ini. Tapi ada baiknya memiliki desain menu yang sederhana.

Pada tahap ini, Anda sudah harus menyiapkan logo untuk restoran Anda. Anda dapat mendesain logo sendiri menggunakan aplikasi gratis seperti Canva , tetapi alternatif lain yang terbaik adalah dengan memesan logo dari layanan freelancer seperti Fiverr . Gunakan logo ini di menu restoran Anda.

Elemen utama dari sebuah menu adalah harga untuk hidangan Anda. Namun, menetapkan harga secara akurat untuk hidangan Anda umumnya tidak memungkinkan untuk dilakukan pada saat ini. Anda perlu menjalankan restoran selama beberapa waktu untuk mendapatkan data dan mengatur harga secara akurat.

(Pelajari lebih lanjut tentang cara membuat menu restoran yang baik di artikel ini.)

5. Staf Restoran

Anggota staf restoran

Pada bagian sebelumnya, kami menyarankan Anda untuk menuliskan kualifikasi dan pencapaian pemilik restoran. Di bagian ini, Anda perlu menulis tentang tim manajemen restoran secara detail. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan investor Anda.

Anda tidak perlu menjabarkan seluruh tim karyawan pada saat ini. Namun, Anda harus menulis beberapa anggota staf penting. Tulis tentang pengalaman kerja dan pencapaian mereka.

6. Lokasi Restoran Anda

Lokasi restoran di peta

Lokasi adalah salah satu faktor terpenting dari kesuksesan sebuah restoran. Anda seharusnya sudah memutuskan lokasi yang tepat untuk memulai bisnis restoran Anda. Jika belum, buatlah daftar 3-5 lokasi yang cocok untuk bisnis Anda.

Anda perlu berpikir matang-matang saat memilih lokasi restoran Anda. Pertama, lakukan analisis pasar dan ketahui demografi pelanggan Anda. Kemudian pastikan bahwa lokasi Anda sesuai untuk pelanggan yang Anda targetkan.

Misalnya, Anda berencana memulai restoran mahal. Maka akan lebih baik jika Anda memilih lokasi di mana penghuni atau pengunjungnya sukses secara finansial. Tapi hal ini juga harus sesuai dengan selera dan preferensi mereka.

Dengan cara ini, saat menulis bagian ini Anda dapat menjawab pertanyaan ini:

“Mengapa lokasi ini cocok untuk bisnis restoran?”

Sebutkan setiap detailnya seperti biaya pengeluaran, demografis, dll.

Ada dua hal utama untuk menganalisa lokasi:

  1. Aksesibilitas lokasi
  2. Bisnis pelengkap

Bacalah artikel ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara memilih lokasi terbaik untuk restoran Anda .

7. Desain Restoran Anda

Restoran yang dirancang dengan baik

Desain estetika restoran Anda tidak hanya penting bagi mitra bisnis dan investor Anda, tetapi juga penting bagi para pelanggan Anda untuk menawarkan pengalaman kuliner yang luar biasa.

Desain interior akan tergantung pada demografi pelanggan Anda dan tipe restoran yang Anda miliki. Misalnya, tema restoran cepat saji pasti akan sangat berbeda dengan desain restoran fine dining premium.

Jawablah pertanyaan ini:

“Desain seperti apa yang cocok untuk restoran saya? Akankah desain ini menarik bagi pelanggan saya? '

Anda perlu menjelaskan kepada para investor, mengapa Anda memilih desain ini dan mengapa desain ini merupakan yang terbaik untuk restoran Anda.

Catatan : Estetika desain itu penting, tetapi fungsionalitas desain jauh lebih penting.

8. Rencana Pemasaran

Dokumen rencana pemasaran

Pemasaran sangat penting untuk pertumbuhan restoran mana pun. Anda perlu memberi tahu orang-orang tentang bisnis yang Anda miliki untuk membuatnya sukses. Berikut beberapa pertanyaan yang perlu Anda jawab:

  1. Bagaimana cara Anda memasarkan restoran Anda?
  2. Metode periklanan apa yang akan Anda gunakan?
  3. Apakah metode periklanan Anda berbeda dari pesaing Anda? Kalau iya, bagaimana caranya?

Bagian ini sangat penting bagi investor. Anda harus memiliki rencana pemasaran sebelum dan sesudah membuka restoran Anda. Sebagai contoh:

  1. Bagaimana cara Anda memberi tahu orang-orang tentang restoran baru Anda sebelum Anda membukanya?
  2. Bagaimana cara Anda menarik pelanggan setelah Anda memulai operasional restoran?

Tip penting : Metode pemasaran digital seperti Iklan Facebook , Google Bisnis , Google Ads , adalah metode yang bagus untuk memasarkan restoran Anda. Anda tidak perlu menyewa agen untuk semua ini; Anda bisa melakukannya sendiri!

9. Rencana Operasional Restoran

Bagaimana cara Anda dalam menjalankan bisnis restoran merupakan bagian penting lain dari bisnis Anda. Proses operasional restoran cukup kompleks dan memiliki banyak komponen.

Memprediksi dan mendokumentasikan seluruh proses operasi restoran Anda sebelum Anda memulai bisnis adalah hal yang tidak mungkin. Tapi, setidaknya Anda sudah memiliki strategi operasional sebelum membuka restoran. Anda dapat menulis tentang bagaimana Anda akan mempekerjakan staf Anda dan teknologi apa yang akan Anda gunakan.

Berikut beberapa hal yang dapat Anda uraikan di bagian ini:

Menemukan dan merekrut karyawan

Menemukan staf yang tepat untuk restoran Anda bisa jadi hal yang menantang. Jadi, Anda perlu memiliki metode sistematis untuk merekrut staf restoran Anda.

Buat daftar dari semua portal lowongan pekerjaan online yang akan Anda gunakan. Anda juga dapat menggunakan metode lain seperti iklan di surat kabar atau referensi pribadi untuk menemukan karyawan yang terbaik.

Bagaimana Anda akan memilih staf terbaik?

Buat daftar hal apa saja yang diperlukan untuk setiap peran pekerjaan seperti koki, kasir, manajer, dll. Tulis beberapa pertanyaan wawancara yang dapat Anda gunakan untuk menemukan karyawan ideal Anda.

Teknologi untuk restoran

Sistem POS restoran

Keuntungan besar memulai restoran pada saat ini adalah, sudah ada banyak program perangkat lunak modern yang dapat memudahkan pengelolaan dalam menjalankan restoran. Contoh umumnya adalah perangkat lunak POS restoran ( juga disebut perangkat lunak manajemen restoran ). Perangkat lunak semacam ini dapat menangani banyak fungsi restoran seperti:

  • Mengelola pesanan
  • Melacak penjualan restoran Anda
  • Menerima pesanan makanan secara online

Faktanya, sebagian besar restoran saat ini sudah menggunakan perangkat lunak. Karena ini hal yang penting.

10. Analisis Keuangan

Kalkulator dan dokumen untuk akuntansi

Bagian terpenting dari rencana bisnis Anda adalah bagian analisis keuangan. Seringnya, Anda akan menemukan para investor yang melihat bagian keuangan pertama kali ketika mereka membaca dokumen rencana bisnis Anda.

Merupakan keputusan yang baik untuk menyewa seorang akuntan profesional dalam membantu Anda pada bagian ini dan memberikan perkiraan yang realistis. Anda perlu memberikan beberapa informasi kepada akuntan Anda seperti:

  1. Berapa banyak kursi yang dimiliki restoran Anda?
  2. Berapa tagihan yang diperkirakan bagi setiap pelanggan? (Rata-rata)
  3. Berapa banyak tamu yang Anda perkirakan datang setiap hari di restoran Anda?
  4. Biaya makanan Anda - biaya bahan, biaya lain-lain.

Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu dilaporkan akuntan Anda ke bagian analisis keuangan:

Perkiraan penjualan

Angka ini harus menjadi perkiraan realistis dari penjualan mingguan, bulanan, dan tahunan Anda. Anda dapat memperkirakan perkiraan ini berdasarkan berbagai faktor seperti kapasitas tempat duduk restoran, opsi pengiriman, anggaran iklan, perkiraan pertumbuhan, lokasi, dan harga hidangan Anda.

Total perkiraan biaya untuk memulai restoran

Setiap investor ingin tahu kemana uang mereka dibelanjakan. Selain itu, membuat perkiraan biaya akan membantu restoran Anda berjalan sesuai anggaran. Anda harus mengidentifikasi hal-hal ini:

  1. Pengeluaran terbesar untuk restoran Anda
  2. Pengeluaran kecil lainnya
  3. Modal yang dibutuhkan untuk mengoperasikan restoran ('Modal kerja')

Perkiraan untung dan rugi

Bagian ini sangat sederhana. Anda perlu menulis perkiraan keuntungan atau kerugian yang diperkirakan pada tahun pertama.

Analisis break-even (seimbang)

Break-even adalah saat bisnis restoran Anda baru mulai menguntungkan. Saat itulah restoran dapat membayar kembali semua pinjaman, investasi, dan biaya awal. Ini adalah metrik yang sangat berharga bagi investor dan mitra bisnis Anda.

Berikut rumus untuk menghitungnya: (Akuntan Anda harus menangani hal ini)

Break-Even Point = Total Biaya Tetap / (Pendapatan rata-rata per pelanggan - Biaya rata-rata per pelanggan)

Informasi ini akan memberi tahu investor Anda kapan mereka bisa mendapatkan laba atas investasinya.

Contoh Rencana Bisnis Untuk Restoran

Kami akan merekomendasikan mengunjungi situs web Bplans untuk beberapa contoh rencana bisnis.

Berikut beberapa contohnya:

Artikel yang Bermanfaat untuk Pemilik Restoran Baru

Ikon informatif yang mewakili kelas artikel=

Berikut Beberapa Artikel yang Bermanfaat Untuk Anda:

Kembangkan bisnis makanan Anda dengan Waiterio POS

Bergabunglah dengan 40.000 restoran menggunakan sistem titik penjualan waiterio

The online ordering has been the perfect tool, especially with the ongoing COVID-19 pandemic as customers choose to limit face to face interaction. We have grown food delivery by over 112% which is solely due to the use of the free online ordering website.

- Matthew Johnson (Owner of MrBreakFastJa, Jamaica)

Download Gratis

Artikel Terbaru