Logo dan Slogan Restoran: Semua yang Perlu Anda Ketahui

Logo dan Slogan Restoran: Semua yang Perlu Anda Ketahui

Logo dan slogan sangat penting dalam bisnis restoran

Diposting oleh Victor Delgadillo tanggal 1 Oktober 2022

Apakah Anda ingin membuat slogan dan logo yang luar biasa untuk restoran Anda?

Saat Anda melewati perkotaan, Anda dapat melihat logo restoran dan semua jenis bisnis di jalan, di spanduk, di pamflet, dan banyak lagi. Hal yang sama berlaku untuk slogan — frasa yang mengingatkan Anda bisnis mana yang memiliki ayam goreng terbaik atau restoran mana yang merupakan pilihan vegan yang baik.

Jika Anda memiliki restoran, atau jika Anda ingin membukanya, suatu saat Anda mungkin bertanya-tanya tentang logo restoran.

Pada artikel ini saya akan memberi tahu Anda tentang:

  • Apa itu logo dan slogan?
  • Pentingnya logo restoran
  • Pentingnya slogan restoran
  • Beberapa tips untuk membuat logo restoran terbaik
  • Dan beberapa ide agar Anda dapat membuat slogan terbaik untuk bisnis Anda.

Artikel ini akan sangat berguna untuk mengetahui apakah Anda harus membuat logo untuk bisnis Anda, apakah Anda harus mengubah logo Anda saat ini dan lebih banyak lagi hal lainnya tentang aspek identitas dari visual restoran Anda.

Mari kita mulai!

Apa Itu Logo Restoran?

Tanda restoran tua dengan logonya

Pertama-tama, saya ingin memulai artikel ini dengan pembahasan dasar — apa itu logo?

Anda mungkin sudah tahu apa itu logo dalam praktiknya karena kita semua telah dilatih untuk mengenali logo perusahaan internasional, seperti McDonald's, Pepsi, Coca-Cola, atau Ford.

Namun sebenarnya, ini lebih dari sekadar gambar atau alat pemasaran. Sebenarnya, logo adalah banyak hal:

  • Logo adalah kisah bisnis Anda yang dirangkum dalam desain dengan elemen tertentu.
  • Logo adalah merek dagang yang akan mewakili bisnis Anda di benak konsumen — bukan hanya di benak audiens target Anda.
  • Dan logo juga citra yang akan membuat bisnis Anda beresonansi dengan audiens target Anda.

Tentu saja, tidak perlu dikatakan lagi bahwa logo adalah bagian penting dari pemasaran dan strategi branding Anda.

Jenis Logo

Perlu disebutkan bahwa ada berbagai jenis logo tergantung pada komposisinya. Dan ini adalah yang paling banyak digunakan:

  • Wordmarks: kata-kata yang berfungsi sebagai merek perusahaan. Contoh: Google.
  • Gabungan: ini adalah kata-kata dan gambar yang digunakan pada saat yang sama, tetapi memberi Anda lebih banyak keserbagunaan karena kata-kata tersebut bukan bagian dari gambar. Contoh: Spotify.
  • Simbol: ini adalah gambar yang secara individual mewakili merek. Contoh: Apple.
  • Emblem: Ini adalah desain yang menggunakan gambar atau elemen grafis bersama dengan kata-kata, tetapi kata-kata tersebut merupakan bagian integral dari desain. Contoh: Starbucks.

Restoran Anda dapat menggunakan salah satu dari jenis logo ini — ada jenis yang lain — selama desainnya benar-benar sesuai dengan merek bisnis Anda.

Pentingnya Logo Restoran

Tanda restoran keluarga dengan logo mereka

Pentingnya logo restoran Anda sebenarnya melampaui dari penggunaannya. Ya, karena logo adalah tentang citra yang akan diwakili merek Anda di mana-mana, mulai dari spanduk atau iklan restoran Anda hingga jejaring sosial Anda.

Tapi, logo jugasangat penting untuk bisnis Anda karena itulah yang akan membuatnya dikenali di antara ribuan bisnis yang bersaing untuk mendapatkan eksposur di pasaran.

Pentingnya logo Anda yang sebenarnya adalah keunikannya .

logo juga penting untuk ide atau informasi yang disampaikan tentang bisnis Anda.

Logo yang sejalan dengan branding dan strategi pemasaran restoran Anda mungkin adalah bagian yang hilang agar kedua strategi ini dapat berjalan dengan efektif.

Jika Anda tidak menginvestasikan waktu, tenaga, dan uang pada logo berkualitas tinggi untuk bisnis Anda, restoran Anda mungkin akan mengalami banyak konsekuensi dari keputusan identitas visual yang buruk.

Misalnya, logo Anda membuat publik memahami bahwa restoran Anda memiliki tema tertentu yang sebenarnya bukan bagian dari bisnis Anda.

Ini dapat menyebabkan restoran Anda kedatangan pelanggan yang bingung, yang bukan bagian dari audiens target Anda karena restoran Anda kehilangan terjemahan saat mendesain logo .

Ingatlah bahwa logo restoran Anda mungkin merupakan interaksi pertama audiens Anda dengan restoran Anda, dan jika itu hal yang unik dan mengesankan, logo itu akan tetap ada di benak mereka yang akan menjadi pengunjung Anda.

Setelah Anda memperkuat makna apa yang ada di balik logo Anda — layanan luar biasa, cerita tentang asal usul restoran Anda, makanan yang membuat Anda takjub, dan banyak lagi — maka pelanggan Anda akan belajar mengenali logo Anda sebagai sumber emosi yang positif.

Singkatnya, Anda akan membuat logo Anda menimbulkan emosi .

Tips Membuat Logo Restoran Terbaik

Sekarang setelah Anda mengetahui pentingnya memiliki logo yang bagus di restoran Anda, saatnya untuk mulai membuat logo yang sempurna untuk bisnis Anda.

Perlu dicatat bahwa panduan ini tidak akan membantu Anda dalam mendesain logo .

Bahkan, seperti yang akan Anda baca nanti, saya merekomendasikan 100% bahwa Anda harus mencari desainer grafis yang baik untuk bertanggung jawab membantu Anda dalam menentukan identitas visual restoran Anda.

Dengan demikian, panduan singkat ini akan membantu Anda lebih memahami proses pembuatan logo dan elemen yang harus Anda pertimbangkan untuk membuat logo yang luar biasa untuk bisnis Anda. Selain itu, ini akan sangat membantu desainer grafis Anda jika Anda sudah memikirkan semua detailnya.

1. Pertimbangkan Sejarah Bisnis Anda, Cita-citanya, dan Tujuannya

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan sebenarnya bukan tentang pemasaran atau desain, ini sebenarnya tentang branding. Saya mengundang Anda untuk membaca artikel saya tentang pemasaran dan branding untuk restoran sehingga Anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang branding, dan bagaimana membuat strategi branding untuk bisnis Anda.

Sejarah restoran Anda, cita-citanya, tujuannya, dan lebih banyak elemen merek Anda harus dipertimbangkan saat membuat logo Anda.

Logo Anda harus menyampaikan ide yang spesifik tentang bisnis Anda, menentukan ide terpenting apa yang ingin Anda sampaikan akan sangat penting untuk membuat logo yang bagus.

Ini adalah pertanyaan penting untuk ditanyakan pada diri sendiri:

  • Apa asal usul restoran Anda?
  • Apa cita-cita yang Anda pertahankan di restoran Anda?
  • Visi, misi, dan nilai restoran Anda.
  • Apa yang membedakan restoran Anda dari ratusan atau ribuan restoran di kota Anda?
  • Seperti apa nuansa dari merek Anda? Apakah itu santai, casual, menyenangkan? Atau formal, canggih, elit?
  • Apa yang harus dikomunikasikan oleh logo Anda?

2. Pelajari Pasar

Mempelajari identitas visual bisnis lain akan sangat berguna untuk mengenali detail spesifik dari elemen yang digunakan dalam desain mereka. Ini adalah ide yang bagus karena dengan cara ini, Anda menghindari penggunaan elemen yang telah digunakan pada bisnis lain, yang membuat logo bisnis Anda menjadi lebih unik.

Ini juga akan membantu Anda dalam mengidentifikasi tren desain di pasar lokal — bahkan merupakan ide yang bagus untuk mempelajari bisnis yang bukan pesaing Anda dan yang berada di luar ceruk pasar Anda.

Anda tidak ingin logo restoran Anda menyerupai bisnis lokal mana pun atau bisnis dengan reputasi buruk karena kecerobohan!

3. Pertimbangkan Target Audiens Anda

Selalu menjadi hal yang penting bahwa bisnis Anda beresonansi dalam beberapa cara dengan audiens target Anda, karena ini akan memfasilitasi interaksi, mempromosikan interaksi dengan audiens yang tepat, dan banyak lagi.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengenal audiens target Anda dengan sangat baik.

Sebenarnya, salah satu hal pertama yang saya sebutkan di artikel iklan restoran adalah Anda harus melakukan riset pasar sesegera mungkin.

Inilah yang akan membantu Anda mengenal audiens target Anda dan membuat profil persona pembeli, yang akan menentukan aspek lain dari bisnis Anda selain logo.

4. Penggunaan Logo Anda

Salah satu aspek yang penting untuk membuat logo yang baik adalah mudah digunakan di berbagai media atau saluran restoran Anda. Untuk restoran, media itu adalah:

  • Billboard, spanduk, brosur, dan lebih banyak jenis pemasaran tradisional.
  • Gelas, serbet, piring, kotak pengiriman, dan banyak lagi dengan logo Anda.
  • Jaringan sosial.
  • Situs web.
  • Aplikasi.
  • Dan strategi pemasaran email.

Mengapa penting bagi Anda untuk mempertimbangkan hal ini? Merupakan ide yang baik untuk menjaga citra visual restoran Anda dengan konsisten di semua salurannya. Langkah ini akan membantu desainer grafis Anda untuk membuat logo yang mudah terlihat dan dikenali oleh semua orang.

Sekarang Anda Hanya Membutuhkan Desainer Grafis yang Baik untuk Mewujudkan Logo Anda

Desainer grafis yang mengerjakan tablet

Mendapatkan desainer grafis yang baik untuk bertanggung jawab membuat logo Anda dan membantu Anda menentukan identitas visual Anda adalah tantangan menarik yang harus Anda hadapi dengan pola pikir yang benar.

Sangat mudah untuk berpikir bahwa setiap desainer dapat mendesain logo Anda — secara teknis, itu benar. Tapi, sebenarnya, Anda harus mencari atribut dan keterampilan khusus:

  • Carilah desainer yang memiliki pengalaman dalam mendesain logo restoran. Ini sangat penting, terutama karena jika mereka memiliki pengalaman, Anda akan mengetahui hasil desain yang baik untuk ceruk khusus ini.
  • Mereka tahu tentang tren terbaru dalam desain.
  • Ini juga merupakan ide yang baik untuk memilih desainer lokal — terutama jika mereka terbiasa dengan tren mendesain logo lokal.
  • Buat ringkasan dengan mempertimbangkan semua detail dalam daftar. Ini akan sangat berguna bagi seorang desainer untuk benar-benar memahami apa yang Anda butuhkan dan dapat membuat logo yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Perhatikan bahwa saya tidak menyebutkan apa pun tentang biaya desainer — sebenarnya, biaya desain yang bagus itu relatif. Jika menurut Anda akan bermanfaat untuk berkolaborasi dengan desainer tertentu setelah mempelajari kandidat, ada baiknya untuk menyesuaikan dengan biayanya . Bagaimanapun, sangat sulit untuk menempatkan nilai yang objektif pada kreativitas.

Jika tidak bisa, Anda sebaiknya mendefinisikan ulang parameter desain, anggaran untuk proyek, dan menemukan desainer yang kompeten dengan mempertimbangkan hal itu.

Apa Itu Slogan/Tagline?

Grafiti dengan peniru slogan Nike just do it, but just do it

Tagline adalah frasa singkat yang menarik yang sejalan dengan identitas merek Anda dan dalam strategi pemasaran Anda. Tujuan dari slogan adalah untuk memudahkan audiens Anda merasakan emosi yang Anda ingin mereka rasakan tentang makanan di restoran Anda atau melalui pengalaman yang ditawarkannya. Selain itu, mereka bersifat eksternal dan berlaku langsung pada audiens target Anda.

Penting untuk Membedakan Slogan Dari Motto Perusahaan

Moto perusahaan adalah ungkapan, mungkin sedikit lebih panjang dari slogan, yang merangkum cita-cita di balik merek. Ini dapat diterapkan secara internal, sebagai bagian dari merek internal Anda, dalam pelatihan karyawan Anda untuk mempromosikan cita-cita restoran Anda.

Pentingnya Slogan Restoran

Tanda Lengkungan Emas McDonald

Slogan restoran penting karena merupakan cara untuk mengedukasi pengunjung Anda atau untuk merangsang emosi positif terhadap bisnis Anda.

Selain itu, mereka memainkan peran yang sangat mirip dengan logo Anda dalam branding restoran Anda, karena mereka memudahkan dalam mengidentifikasi bisnis Anda dengan kata kunci.

Misalnya, " (para pa pa paaa) I'm lovin' it " adalah salah satu slogan/jingle paling berpengaruh dalam budaya populer — dan tanpa menyebutkan perusahaan mana, Anda mungkin sudah tahu.

Dalam beberapa kasus, tagline bersifat sementara karena digunakan bersama dengan kampanye pencitraan merek, dan hanya pada saat kampanye berjalan.

Karena itulah slogan menjadi alat yang sangat serbaguna yang dapat Anda modifikasi jika perlu.

Cara Membuat Slogan Restoran Terbaik

Membuat slogan sangat penting, tetapi juga cukup mudah — ini semua tentang kreativitas dan menyelaraskan slogan Anda dengan strategi dan tujuan pemasaran Anda.

Dalam arti, tagline adalah judul dari strategi semacam itu.

Mengapa? Karena slogan adalah interaksi pertama audiens target Anda dengan kampanye bisnis Anda pada umumnya.

Misalnya, jika Anda ingin membuat kampanye pemasaran dengan tujuan menjadikan restoran Anda sebagai pilihan berbiaya rendah di wilayah Anda, slogan bisnis Anda tidak boleh seperti "kami mengenakan biaya untuk tissue".

Jelas, Anda harus mengenakan biaya untuk tissue, tetapi intinya adalah Anda tidak boleh bertentangan dengan tujuan kampanye melalui tindakan dan identitas merek Anda.

Semuanya harus bekerja bersama agar masuk akal dan menarik bagi konsumen.

Ini adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti untuk membuat slogan terbaik untuk kampanye pemasaran Anda:

1. Pelajari Target dan Persona Pembeli Anda

Sekali lagi, penting bagi Anda untuk memikirkan audiens target dan persona pembeli Anda karena merekalah yang akan menentukan bahasa dan suara yang akan Anda gunakan dalam slogan Anda — dan dalam semua strategi pemasaran dan branding Anda.

2. Pikirkan Tentang Efek yang Ingin Anda Sebabkan

Pikirkan bagaimana Anda ingin audiens Anda merasakan ketika mereka mendengar atau membaca slogan Anda.

  • Apakah Anda ingin mereka tertawa?
  • Apakah Anda ingin mereka termotivasi?
  • Apakah Anda ingin mereka merasa penasaran?

Ini akan membantu Anda menyelaraskan slogan Anda dengan lebih baik untuk mendapatkan reaksi yang Anda inginkan.

3. Brainstorming

Wanita dan pria melakukan brainstorming ide slogan dengan posting catatan di kaca

Catat beberapa ide slogan bermanfaat yang mempertimbangkan langkah-langkah di atas.

Saatnya untuk menempatkan kreativitas Anda untuk bekerja dan bertukar pikiran!

Pastikan ide Anda juga:

  • Pendek.
  • Mudah diingat
  • Mudah dibaca dan tanpa kata-kata yang rumit.
  • Unik.
  • Dan menyampaikan pesan yang tepat.

Anda selalu dapat mengundang orang untuk membantu Anda membuat tagline yang sempurna untuk restoran Anda — lebih banyak kepala, lebih banyak ide!

4. Uji Ide Anda

Anda dapat menguji ide-ide Anda dalam beberapa cara. Dengan grup fokus, survei, dan banyak lagi.

Juga, jika Anda menggunakan metode berbayar untuk mengevaluasi kinerja slogan Anda, ada baiknya untuk menambahkan elemen lain ke penelitian, seperti logo Anda atau berbagai proposal logo untuk restoran Anda.

Ini akan membantu Anda mengenali ide-ide terbaik yang telah Anda curahkan.

Disarankan jika Anda memiliki banyak ide, maka kurangi jumlah slogan menjadi sedikit.

Anda selalu dapat menguji ini dengan teman, keluarga, dan pasangan untuk memutuskan.

Mulai Gunakan Tagline Anda!

Setelah Anda memutuskan, sekarang saatnya untuk menyebarkan slogan Anda di semua saluran restoran Anda, bersama dengan logo Anda, dan elemen lain dari merek Anda sehingga Anda mulai menciptakan asosiasi di benak konsumen.

Dan itu saja! Anda tidak dapat benar-benar mempelajari kinerja slogan Anda secara langsung, tetapi Anda harus mempelajari hasil dari strategi pemasaran Anda, kampanye tertentu, atau strategi branding Anda.

Ingatlah bahwa Anda harus meluangkan waktu sebelum memutuskan untuk mengubah logo dan slogan Anda lagi.

Logo dan Slogan Restoran Anda Adalah Surat Sampulnya

Logo dan slogan restoran Anda mungkin merupakan interaksi visual dan tertulis pertama yang akan dilakukan pengunjung dengan restoran Anda.

Oleh karena itu, sangat penting bahwa restoran Anda memiliki slogan dan logo yang bagus sejak hari pertama.

Bahkan, ringkasan branding restoran baru Anda harus menjadi bagian dari rencana bisnis Anda .

Jika Anda memiliki restoran yang sudah cukup lama berada di pasaran, ingatlah bahwa selalu memungkinkan untuk mengubah atau mengembangkan citra Anda secara bertahap untuk menghindari mengasingkan pelanggan setia.

Terakhir, sebelum menjelajah untuk membuat logo Anda sendiri, mintalah bantuan atau saran dari desainer grafis profesional. Dengan cara ini Anda akan mendapatkan hasil terbaik!

Jadi, apakah logo Anda sudah cukup mengagumkan?

Kembangkan bisnis makanan Anda dengan Waiterio POS

Bergabunglah dengan 40.000 restoran menggunakan sistem titik penjualan waiterio

The online ordering has been the perfect tool, especially with the ongoing COVID-19 pandemic as customers choose to limit face to face interaction. We have grown food delivery by over 112% which is solely due to the use of the free online ordering website.

- Matthew Johnson (Owner of MrBreakFastJa, Jamaica)

Download Gratis

Artikel Terbaru