Pemasaran Restoran Baru [Panduan Lengkap]

Pemasaran Restoran Baru [Panduan Lengkap]

Gunakan strategi pemasaran dasar ini untuk mengiklankan restoran baru Anda!

Diposting oleh Victor Delgadillo tanggal 22 Agustus 2022

Apakah Anda ingin mempelajari cara mengiklankan restoran baru?

Memiliki restoran baru yang belum memiliki pelanggan bisa menjadi tantangan, terutama jika Anda tidak tahu bagaimana cara mengiklankannya.

Itulah mengapa, penting untuk memiliki strategi pemasaran ketika restoran masih dalam tahap perencanaan .

Dalam artikel ini, saya akan berbicara tentang bagaimana Anda dapat mengiklankan restoran baru. Saya juga akan membahas:

  • Pentingnya Pemasaran untuk Restoran Baru.
  • Apa yang harus Anda lakukan sebelum memulai strategi pemasaran Anda.
  • Panduan sederhana tentang bagaimana dan kapan mulai mengiklankan restoran Anda.
  • Dan berbagai strategi yang harus Anda terapkan.

Artikel ini adalah semua yang Anda butuhkan dalam menyusun strategi pemasaran untuk restoran baru Anda dari awal. Perlu dicatat bahwa panduan ini akan tetap membantu Anda terlepas dari pengalaman Anda dalam bidang pemasaran.

Mari kita mulai!

Pentingnya Pemasaran untuk Restoran Baru

Jalan dengan restoran di kedua sisi

Seperti yang saya katakan di pendahuluan, memiliki strategi pemasaran sejak Anda mulai menyusun rencana bisnis restoran Anda sangatlah penting.

Tentu saja, ini karena bisnis bergantung pada pelanggan mereka untuk berfungsi.

Dan jika bisnis Anda baru memulai dan tidak ada informasi yang tersedia untuk ditemukan oleh audiens target Anda, maka pelanggan tidak akan pernah tahu keberadaannya .

Dalam industri restoran, strategi pemasarannya sedikit berbeda dibandingkan dengan jenis bisnis lainnya.

Mengapa? Karena audiens target Anda mungkin tahu bahwa ada restoran baru di kota, yang berarti pemasaran restoran bukan hanya tentang memberi tahu pelanggan saja .

Sebaliknya, peran pemasaran adalah untuk memperkuat jangkauan restoran Anda untuk menarik mereka , memberi tahu mereka , terhubung dengan mereka , mengubah minat mereka , dan kemudian membuat mereka datang kembali .

Sebuah restoran baru harus fokus pada tiga bagian pertama dari proses ini secara intensif untuk menarik sebagian besar pelanggan di awal — untuk membuat mereka datang kembali, menawarkan layanan yang luar biasa baik.

Tapi izinkan saya menghentikan Anda di sana karena upaya pemasaran Anda tidak dapat langsung dimulai — mereka harus dimulai dengan analisis pasar .

Analisis atau studi pasar adalah panduan yang akan memberi Anda petunjuk untuk diikuti untuk menentukan strategi pemasaran Anda.

Selain itu, hal ini juga akan memberikan kemungkinan indikator dari tingkat keberhasilan sebuah restoran, jadi Anda harus tetap berhati -hati dan menjaga ekspektasi Anda agar tetap realistis setiap saat.

Bagaimana Melakukan Studi Pasar?

Rapat agen pemasaran

Melakukan studi pasar itu cukup mahal dan rumit, jadi rekomendasi saya adalah Anda menyerahkannya di tangan para profesional dan mencari masukan.

Ini akan memberi Anda hasil yang lebih akurat dan dapat ditindaklanjuti untuk menentukan strategi pemasaran Anda selanjutnya.

Dengan demikian, ada beberapa strategi yang dapat Anda gunakan untuk menentukan strategi pemasaran Anda tanpa perlu menghabiskan banyak uang — yang nantinya dapat Anda belanjakan untuk strategi yang sebenarnya.

Agar Anda dapat melakukannya dengan cara terbaik, ada baiknya untuk mengambil pendekatan yang hampir ilmiah untuk tugas tersebut dan mengikuti langkah-langkah yang dibagikan di bawah ini.

1. Tentukan Tujuan Anda dalam Studi Pasar

Untuk melakukan analisis pasar yang efektif, Anda harus membuat tujuan tertentu atau serangkaian tujuan yang ingin Anda capai dengannya.

Tujuan ini bisa apa saja, namun, ada baiknya untuk tetap fokus pada faktor apa yang harus Anda ketahui sebelum membuka bisnis untuk menentukan strategi pemasaran Anda .

Pendekatan terbaik adalah dengan membuat pertanyaan-pertanyaan penting dan kemudian menjawabnya dengan penelitian. Berikut beberapa contohnya:

Kompetisi Langsung:

  • Seperti apa persaingan langsungnya?
  • Strategi apa yang mereka gunakan di jejaring sosial?
  • Apa dampaknya terhadap bisnis saya?
  • Bagaimana saya bisa mengalahkan mereka?

Pelajari Lingkungan Sekitar Tempat Bisnis

  • Orang macam apa yang melewati tempat itu?
  • Bagaimana arus orang di depan tempat bisnis?
  • Ada apa saja yang mengelilingi tempat tersebut?
  • Ancaman apa yang ada di dekat tempat bisnis? Misalnya, persaingan, tempat pembuangan sampah, daerah yang bising, atau daerah kota yang berbahaya.

Seperti Apa Persona Klien atau Pembeli Ideal Saya?

  • Seperti apa persona klien yang saya harapkan?
  • Apa preferensi dan kebiasaan konsumsi mereka?
  • Apa tujuan mereka ketika pergi ke restoran?

Cari Tahu Apa Pendapat Orang tentang Proposal Gastronomi Saya

Hamburger lezat
  • Apakah produk saya cocok dipasarkan di wilayah/lokal?
  • Apakah ada target audiens untuk produk saya?

Catatan: Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini sangat penting, dan pada akhirnya dapat mengubah konsep Anda, penawaran gastronomi Anda, dan bahkan dapat mencegah Anda dalam membuka restoran Anda. Maka dari itu Anda harus melakukannya sesegera mungkin!

Apa Tren dari Gastronomi Lokal?

  • Apa restoran yang paling banyak dikunjungi di kota?
  • Mana yang menarik persentase tertinggi dari audiens target saya?

Pelajari Bisnis Lokal Lain yang Bukan Persaingan Langsung

  • Bisnis apa lagi yang dekat dengan restoran saya?
  • Mana yang mendapatkan pengunjung paling banyak?
  • Strategi pemasaran apa yang mereka gunakan?

Data ini sangat penting bagi pemilik restoran baru atau seseorang yang masih dalam tahap perencanaan.

Meskipun demikian, sangat penting bagi Anda untuk menentukan tujuan khusus dari penelitian ini, karena dengan cara ini Anda akan dapat menggunakan metode yang paling efektif untuk memperoleh hasilnya.

2. Pilih Metode Analisis yang Tepat

Metode yang Anda pilih untuk mengumpulkan data atau menjawab pertanyaan yang Anda ajukan pada diri sendiri akan memiliki dampak yang besar pada hasil studi Anda. Disarankan agar Anda memilih metode yang berbeda. Yang paling umum adalah:

Survei Langsung

Survei sederhana, relatif murah, dan mudah dilakukan.

Anda harus memilih tempat di dekat restoran Anda, membuat formulir dengan pertanyaan yang benar, dan mulai mengisi formulir dengan tanggapan dari responden.

Anda dapat melakukannya di berbagai tempat, seperti di dekat lokasi Anda, di radius tertentu yang dekat dengan lokasi Anda, di bazaar makanan, di antara pengusaha berpengalaman, dan di semua jenis acara.

Grup fokus

Cara ini sedikit lebih rumit, mahal, dan berisiko karena ada beberapa pengaruh yang dapat mengubah hasil akhir, misalnya netralitas orang yang melakukan penelitian, atau pengaruh anggota kelompok itu sendiri.

Selain itu, grup fokus tidak efektif untuk mencakup penelitian yang mendalam seperti memahami kebutuhan pelanggan Anda atau merancang profil dari persona pembeli — melakukan wawancara dan survei langsung akan lebih baik dalam hal ini.

Namun, jika Anda berhasil melakukannya dengan benar, cara ini bisa memberi Anda ide yang bagus untuk diterapkan dan dapat menguntungkan bisnis Anda nantinya.

Wawancara Langsung

wawancara langsung

Cukup wawancarai beberapa orang secara individu untuk mendapatkan informasi atau jawaban atas pertanyaan spesifik yang telah Anda tetapkan sebagai tujuan.

Metode ini sedikit lebih membosankan dan memakan waktu lebih banyak, tetapi akan memberi Anda pandangan sekilas yang sangat berharga ke dalam pikiran konsumen.

Studi Langsung Kompetisi

Menyamarkan diri Anda sebagai pelanggan dan mengunjungi restoran dari pesaing Anda. Perhatikan semua detail penting yang ingin Anda ketahui tentang pesaing Anda dan buatlah catatan.

Pelajari Profil Online Saingan Anda

Hanya dengan mengunjungi jejaring sosial, halaman web, kontak, dan ulasan pesaing Anda, Anda akan dapat mengetahui apa yang mereka lakukan yang terkait dengan pemasaran, layanan yang mereka tawarkan, dan juga kesalahan mereka.

Semua yang Anda temukan dapat digunakan untuk keuntungan Anda!

Alat Daring

Jejaring sosial, ulasan situs web, forum, halaman web, majalah digital, dan lainnya dapat membantu Anda memperoleh informasi berharga tentang pasar lokal.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan alat seperti Formulir Google untuk membuat survei dan menerapkannya online secara gratis. Anda juga dapat menggunakan iklan berbayar di Facebook dengan formulir yang sama, survei Instagram, dan banyak lagi.

Belum lagi layanan survei online.

3. Pelajari Hasilnya

Pelajari semua hasil dan jawaban yang telah Anda peroleh untuk menentukan jawaban akhir terhadap tujuan yang sudah Anda tetapkan untuk studi Anda.

Jika Anda berhasil mendapatkan jawaban untuk setiap pertanyaan, maka Anda semakin dekat untuk menyelesaikan studi pasar dan melampirkannya ke rencana bisnis Anda.

Tapi sebelum itu, ikuti dulu dua langkah berikutnya.

4. Tentukan Target Pasar dan Persona Pembeli Anda

persona pembeli

Target Pasar Anda adalah gambaran umum tentang orang-orang yang akan pergi ke restoran Anda. Persona pembeli adalah profil dari seorang individu yang merupakan bagian dari target pasar. Persona pembeli ini akan memberi Anda data yang lebih spesifik dan manusiawi — mudahnya adalah dengan mengingat wajah dan nama pelanggan Anda.

Berikut Ini Contoh Target Pasar:

Target pasar restoran saya adalah orang-orang yang berusia 18 hingga 26 tahun, lajang, pelajar, dengan pendapatan di bawah rata-rata, yang ingin pergi ke restoran dengan pilihan vegan dan vegetarian berbiaya rendah, dan yang menerima hewan peliharaan.

Dan Sekarang Contoh Persona Pembeli:

María adalah mahasiswa pemrograman di universitas setempat, dia bekerja dari rumah sebagai programmer lepas.

Dia memiliki anjing yang diadopsi. Minatnya adalah yoga, organisasi yang mendukung lingkungan, dan keadilan tenaga kerja terhadap perempuan.

Selain itu, dia memiliki pola makan vegan yang seimbang, yang berdampak rendah terhadap lingkungan, dan tidak mahal, jadi dia ingin mencari restoran yang memenuhi karakteristik tersebut.

Mendefinisikan kedua aspek tersebut akan memberi Anda satu cara untuk menentukan kebutuhan pelanggan Anda, dan nantinya dapat memenuhi kebutuhan tersebut dengan restoran Anda.

Semakin rinci informasi tentang mentalitas, kepribadian, dan emosi klien Anda, maka akan semakin baik.

Strategi Pemasaran yang Harus Anda Terapkan Sejak Hari Pertama

Setelah Anda memiliki semua informasi yang diperlukan tentang target pasar dan persona pembeli Anda, inilah saatnya bagi Anda untuk mulai menerapkan strategi dasar.

Strategi berikut ini cukup sederhana, namun akan sangat berguna jika Anda bertanggung jawab atas pemasaran restoran Anda, jika Anda ingin melakukan iklan berbiaya rendah , atau jika Anda tidak ingin menggunakan bantuan agen pemasaran.

Branding — Strategi #1

Branding adalah strategi pertama yang harus Anda terapkan.

Branding adalah ringkasan nilai, tindakan, elemen grafis, elemen pelayanan restoran Anda, dan banyak lagi yang berfungsi sebagai alat untuk membangun dan mempertahankan merek Anda di benak target pasar Anda.

Singkatnya ini tentang membuat skrip kepribadian yang telah dipelajari dengan baik, lalu menerapkannya ke setiap aspek bisnis Anda, mulai dari harga piring hingga warna atau desain serbet yang Anda gunakan untuk layanan, dan tentu saja, semuanya harus konsisten.

Branding bisnis Anda sebenarnya bukan pilihan — bahkan jika Anda tidak melakukannya secara langsung, hal ini sudah menjadi bagian dari restoran Anda.

Mengapa? Karena restoran Anda, secara keseluruhan, adalah alat branding Anda.

Memiliki strategi branding hanya membantu Anda memiliki kendali atas cara merek Anda tumbuh dan berperilaku, dan tentu saja, sedikit lebih banyak kontrol dalam cara pengunjung Anda memandang bisnis Anda. Itulah mengapa branding itu penting .

Ini adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti untuk membuat strategi branding Anda:

1. Buat Merek Internal Anda

Hal pertama yang harus Anda tentukan adalah merek internal . Merek internal restoran Anda adalah nilai-nilai, misi, dan visinya.

Merek internal restoran Anda sangat penting karena merupakan esensi yang dapat membuat restoran Anda terus bergerak, dan inilah yang memungkinkan Anda untuk:

  • Memikat pelanggan yang terhubung dengan restoran Anda.
  • Menarik karyawan yang terhubung dengan restoran Anda, dan yang akan menjadi duta brand Anda melalui berbagai sisi bisnis Anda, seperti dari layanan Anda, atau jejaring sosial Anda.

Ini adalah langkah pertama karena mendefinisikan bisnis Anda sebenarnya, di luar aspek keuangan dan perusahaan.

2. Tentukan Target Pasar Anda dan Persona Pembeli Anda

Mengetahui target pasar Anda sangat penting sebelum melangkah ke tahap selanjutnya, karena itulah yang akan memungkinkan Anda untuk menentukan elemen berikutnya dari merek Anda sehingga Anda dapat menggunakannya untuk menjangkau target pasar Anda dan terhubung dengannya.

3. Pelajari Saingan Anda dan Tentukan Posisi Anda di Pasar

data tentang pemasaran

Aspek ketiga adalah mempelajari pesaing Anda dan menentukan posisi Anda di pasar.

Hal ini akan membantu Anda dalam mengidentifikasi strategi yang diterapkan para pesaing Anda jika mereka berhasil, atau lebih baik lagi jika dapat mengidentifikasi kesalahan yang mereka buat.

Sehingga Anda dapat menghindari kesalahan mereka, sekaligus menciptakan merek yang unik dan orisinal untuk restoran Anda.

4. Tentukan Merek Anda dan Kepribadiannya

Langkah ini dimulai dari langkah sebelumnya di mana setelah Anda mendefinisikan aspek-aspek tersebut, Anda dapat mulai menciptakan kepribadian untuk merek Anda yang efektif agar terhubung dengan tamu Anda.

Kepribadian restoran Anda harus selaras dengan kepribadian tamu Anda, sehingga restoran Anda memenuhi kebutuhan yang Anda kenali dalam studi pasar, persona pembeli, dan audiens target Anda.

5. Tentukan Suara Anda, Cerita Anda, Nama, dan Slogan

Setelah Anda menentukan kepribadian merek Anda, sekarang saatnya untuk menentukan berbagai elemen yang akan membantu Anda dalam mempromosikan merek tersebut secara tertulis.

Hal ini termasuk pada nama restoran Anda, sejarahnya, slogannya, dan nada atau suara yang akan Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan audiens target pasar Anda.

6. Tentukan Identitas Visual Anda

Identitas visual adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan aspek fisik dan virtual restoran Anda.

Termasuk pada logo, slogan, spanduk, iklan, warna restoran Anda, warna situs web Anda, dan banyak lagi.

Sekali lagi, ini harus sejalan dengan emosi dan pesan yang ingin Anda sampaikan, yang didasarkan pada cara restoran Anda berkomunikasi dan sejarah restoran.

7. Tentukan Elemen Lain dari Merek Anda

Pada langkah ini, Anda harus mendefinisikan aspek-aspek yang diturunkan dari kepribadian dan identitas merek Anda.

Jadi, Anda harus mulai mengerjakan setiap detail yang bisa membantu mendorong aspek-aspek tersebut ke depan. Termasuk juga dalam mendefinisikan infrastruktur teknologi restoran Anda, tempat penjualan Anda, skrip layanan Anda, dan banyak lagi.

8. Identifikasi Saluran Anda

pelanggan menggunakan media sosial

Pada langkah ini Anda harus mengidentifikasi saluran restoran Anda, yang sebagian besar berlaku untuk strategi pemasaran digital Anda. Saya sarankan Anda membaca artikel kami tentang masalah ini sehingga Anda dapat menentukan titik ini dari strategi branding Anda dengan mudah.

9. Mulai Strategi Anda

Mulailah menggunakan strategi branding dan strategi pemasaran online Anda dengan brand yang ingin Anda bangun dan yang telah Anda tentukan di langkah sebelumnya.

Sangat penting bahwa mulai sekarang Anda harus memperhatikan reaksi pengunjung, interaksi, dan lebih banyak detail yang dapat membantu Anda mengukur hasil dari strategi Anda.

10. Evaluasi Hasil Anda, Perbarui Strategi Anda, dan Mulai Lagi

Setelah waktu tertentu menerapkan strategi branding Anda, Anda dapat mulai mengukur hasilnya dengan metode sederhana, seperti survei kepuasan di restoran Anda, di jejaring sosial, di web halaman Anda, melalui ulasan online restoran Anda, dan banyak lagi.

Ini akan membantu Anda menempatkan keputusan terakhir pada strategi Anda untuk lebih menyesuaikannya dengan pasar dan memaksimalkan hasil yang Anda inginkan.

Pemasaran media sosial

Setelah Anda menentukan strategi branding Anda, Anda dapat menerapkan ini dan strategi lain yang akan saya sebutkan di bawah ini.

Strategi pemasaran media sosial Anda sangat penting karena kebanyakan orang menggunakan media sosial yang berbeda setiap hari.

Oleh karena itu, restoran Anda harus hadir di jejaring sosial ini dan menerapkan berbagai aspek yang ditentukan oleh strategi branding di dalamnya.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat strategi pemasaran media sosial yang efektif:

1. Tentukan Jaringan Sosial Target Pasar Anda

Ini adalah hal yang telah Anda lakukan untuk strategi branding Anda dan juga saat melakukan studi pasar untuk menentukan persona pembeli dan audiens target Anda.

Setelah Anda mengetahui jejaring sosial yang mereka gunakan dan yang paling efektif untuk mendistribusikan konten tentang restoran Anda, lanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Buat Profil di Media Sosial

Langkah ini sederhana — buat profil di semua jejaring sosial yang digunakan target pasar Anda.

Sekali lagi, Anda harus menggunakan elemen yang konsisten dengan branding dari restoran Anda. Itu termasuk:

  • Logo
  • Spanduk
  • Nama, slogan, dan deskripsi profil/halaman

Dan banyak lagi.

Juga ingat untuk menambahkan detail restoran Anda seperti alamat dan jam buka, hubungkan jejaring sosial yang berbeda bersama-sama, dan tentu saja, situs web Anda.

Sebaiknya buka media sosial untuk restoran Anda segera setelah menentukan strategi branding Anda.

3. Sesuaikan Konten dengan Media Sosial

Bergantung pada media sosial favorit target pasar Anda, Anda perlu menggunakan berbagai jenis pemasaran konten agar sesuai dengan media sosial tertentu.

Misalnya, jika target pasar Anda menggunakan Facebook atau Instagram — sekarang Meta — Anda harus menggunakan gambar berkualitas tinggi yang terkait dengan restoran Anda.

Anda juga harus menggunakan teks, tagar, dan elemen lain yang membantu Anda mempertahankan suara yang konsisten dengan strategi branding Anda.

Dan juga untuk jejaring sosial yang berbeda. Video untuk TikTok, YouTube, Reel Instagram, dan Twitter, dan banyak lagi.

4. Pelajari Hasil Anda dan Tingkatkan Strategi Anda

Hal yang hebat tentang pemasaran di media sosial adalah, memungkinkan Anda untuk mempelajari interaksi yang berbeda dari target pasar Anda untuk mengoptimalkan konten Anda.

Misalnya, Anda dapat memeriksa pos mana yang paling banyak disukai, jenis video mana yang paling banyak ditonton, dan banyak lagi.

Dan kemudian Anda dapat mengoptimalkan video Anda untuk lebih menyesuaikan konten dengan selera target pasar Anda.

Membuat Situs Web

mendesain situs web untuk restoran

Membuat situs web juga penting untuk memasarkan restoran baru.

Seperti halnya media sosial, ada baiknya untuk membuat situs web sesegera mungkin setelah menentukan branding restoran Anda.

Mengapa?

Karena dengan cara ini Anda dapat memiliki lebih banyak waktu untuk memposisikan situs web Anda menggunakan praktik SEO (optimasi mesin pencari) lokal .

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan SEM dasar (pemasaran mesin telusur) untuk memberi peringkat situs web Anda lebih cepat secara lokal dengan iklan berbayar.

Kami telah membuat artikel bagus yang mengajarkan Anda metode terbaik untuk membuat situs web untuk restoran Anda .

Buat Promosi Pembukaan

Promosi pembukaan juga merupakan peluang besar bagi Anda untuk dengan mudah memberikan eksposur pada restoran Anda. Namun, sebelum Anda mulai membuat promosi ini, Anda harus memiliki infrastruktur yang solid di mana audiens Anda dapat melihat informasi ini.

Jika Anda memperhatikan, pada titik ini seharusnya Anda sudah memiliki halaman media sosial yang aktif dan halaman web aktif untuk melakukannya.

Promosi pembukaan bisa berupa apa saja dari makanan gratis tertentu, atau minuman gratis, atau musik live, dan banyak lagi.

Saya sarankan Anda membaca artikel kami tentang cara mengatur pembukaan restoran sehingga Anda menerapkan semua tips yang benar sebelum hari besar tiba.

Pemasaran Influencer

Pemasaran melalui influencer juga merupakan ide yang bagus. Bermula dengan bermitra bersama influencer atau selebritas lokal yang dapat menarik pengikut mereka berkunjung ke restoran Anda.

Proses untuk mencapai kolaborasi ini akan tergantung langsung pada masing-masing influencer dan praktik mereka untuk jenis acaranya.

Misalnya, Anda mungkin hanya perlu menghubungi mereka melalui jejaring sosial mereka, dan menjadwalkan kunjungan.

Tetapi beberapa influencer mungkin memiliki jadwal yang lebih ketat — umumnya, semakin terkenal influencer, maka semakin sulit untuk mendapatkan perhatian mereka.

Selain itu, ada berbagai jenis kolaborasi yang bisa Anda lakukan dengan influencer.

  • Sempatkan berfoto saat makan di restoran Anda.
  • Mereka merekomendasikan restoran Anda di media sosialnya.
  • Biarkan mereka membuat video yang merekomendasikan restoran Anda.
  • Berkolaborasi dengan Anda untuk iklan berbayar, seperti membuat beberapa postingan bersama, seperti cerita Instagram, foto, reels, dan lainnya.
  • Minta mereka membuat video YouTube tentang pengalaman mereka makan di restoran Anda.

Beberapa influencer bahkan mungkin terbuka untuk menjadi bagian dari citra merek Anda, sebagai model, dalam iklan, di iklan TV lokal, dan banyak lagi — meskipun tentu saja, ini bisa lebih mahal biayanya.

Namun, semua ini bisa sangat menguntungkan restoran Anda jika Anda memilih influencer yang tepat!

Menerapkan Strategi ini akan Memberikan Eksposur ke Restoran Baru Anda

Hal terpenting tentang mengiklankan restoran baru hanyalah memaksimalkan jangkauan eksposur Anda di mata target pasar Anda.

Sebagian besar pemasaran sebenarnya menyegmentasikan target pasar Anda dengan baik, mengenal mereka, mengenali di mana Anda dapat menemukannya, dan lebih banyak hal yang berkaitan dengan pelanggan Anda daripada dengan bisnis Anda.

Jadi bagian terpenting adalah — pelajari pelanggan Anda dengan baik, maka menjual ide restoran Anda kepada mereka akan jauh lebih mudah.

Belum mulai memasarkan restoran baru Anda? Mulailah secepatnya!

Kembangkan bisnis makanan Anda dengan Waiterio POS

Bergabunglah dengan 40.000 restoran menggunakan sistem titik penjualan waiterio

The online ordering has been the perfect tool, especially with the ongoing COVID-19 pandemic as customers choose to limit face to face interaction. We have grown food delivery by over 112% which is solely due to the use of the free online ordering website.

- Matthew Johnson (Owner of MrBreakFastJa, Jamaica)

Download Gratis

Artikel Terbaru