Membeli Franchise vs. Buting a Restaurant vs. Memulai Dari Nol

Membeli Franchise vs. Buting a Restaurant vs. Memulai Dari Nol

Apa pilihan terbaik bagi pengusaha?

Diposting oleh Victor Delgadillo tanggal 12 Mei 2022

Apakah Anda ingin membuka bisnis makanan tetapi tidak tahu apakah akan membeli, membuka waralaba, atau memulai dari awal? Artikel ini untuk Anda!

Kewirausahaan dalam industri restoran memiliki banyak warna dan rasa. Saat ini bisnis makanan lebih sesuai dengan kebutuhan pengusaha, karena semuanya ada pasarnya. Itu membuat membuka bisnis lebih mudah, tetapi tidak mengurangi risiko melakukannya.

Pada artikel ini, saya akan berbicara kepada Anda tentang:

  • Keuntungan dan kerugian membuka restoran dari awal atau membeli yang sudah ada.
  • Dan keuntungan dan kerugian membuka waralaba.

Membuka restoran, bagi banyak orang, adalah salah satu jenis usaha bisnis terbaik yang pernah ada – dan tidak diragukan lagi. Namun, bagaimana Anda tahu opsi mana yang terbaik? Mengingat jenisnya sangat banyak, sulit untuk memutuskan. Ada waralaba, Anda bisa membeli restoran yang sudah ada, atau membuka restoran dari awal – semuanya tanpa menyebutkan model bisnis yang berbeda, seperti truk makanan, gerobak makanan, dapur hantu, dan banyak lagi. Artikel ini akan membantu Anda menemukan opsi terbaik untuk Anda!

Industri Restoran Sangat Besar Secara Global

Industri restoran bernilai triliunan dolar di seluruh dunia

Meskipun restoran hadir dalam berbagai ukuran, bentuk, dan warna, tidak diragukan lagi bahwa nilai industri ini secara keseluruhan sangatlah besar. Pada tahun 2020, industri restoran dengan layanan lengkap bernilai US$1,2 triliun secara global.

Demikian pula pada tahun 2020, industri restoran cepat saji mencapai nilai 862,05 miliar dolar AS di seluruh dunia. Jika itu tidak mengesankan, pertimbangkan bahwa persentase terkecil dari nilai tersebut dapat menjadi milik Anda dengan restoran – makanan cepat saji, rantai, atau lainnya.

Siapa yang tidak ingin membuka restoran? Tapi, pertanyaannya bukan itu, juga bukan hanya satu. Pertanyaan-pertanyaan seperti inilah yang membingungkan pengusaha:

  • Apakah Anda akan membuka restoran cepat saji atau restoran lengkap?
  • Apakah Anda akan membeli yang sudah ada atau membangunnya dari awal?
  • Apakah Anda akan membuka restoran cepat saji dari awal atau membuka waralaba?
  • Jika Anda akan membuka waralaba, waralaba mana yang lebih baik?

Dalam artikel ini, saya tidak akan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini – jika tidak, hasilnya akan menjadi buku yang sangat panjang. Namun, artikel ini akan membantu Anda menjawabnya dengan lebih mudah sebelum memutuskan bisnis mana yang akan Anda kejar.

infografik tentang keuntungan dan kerugian membeli restoran, mulai dari nol, dan membuka waralaba

Membuka Restoran atau Usaha Lain Dari Awal

Memulai bisnis dari nol seperti bermain dengan blok bangunan

Ini adalah area di mana kami memiliki pengalaman paling banyak. Di sini, di Waiterio, kami telah membuat banyak konten untuk membantu pengusaha membuka restoran dari awal. Anda dapat menemukannya secara gratis di blog ini dan di saluran YouTube kami .

Berdasarkan pengalaman kami, kami dapat memberi tahu Anda ini :

  • Membuka restoran dari awal adalah salah satu cara paling bebas untuk memiliki usaha gastronomi.
  • Tapi itu juga salah satu usaha yang paling menantang bagi pengusaha.

Sekarang saya akan berbicara kepada Anda secara mendalam tentang keuntungan membuka restoran dari awal.

Keuntungan Membangun Restoran atau Bisnis Makanan Lainnya Dari Awal

Memiliki restoran sendiri memberi Anda kebebasan atas setiap keputusan

Keuntungan membangun restoran dari awal cukup mudah dikenali. Seperti dalam segala hal, ada keuntungan yang hanya dapat Anda kenali jika Anda memiliki pengalaman di industri tersebut.

Hal paling keren tentang memiliki restoran adalah Anda dapat melakukan apa pun yang Anda inginkan.

Kamu bisa:

  • Ubah menu dan tawaran gastronomi secara umum.
  • Anda dapat dengan mudah menyesuaikan biaya menu Anda.
  • Anda dapat memilih peralatan dan perangkat lunak yang ingin Anda gunakan. Ini berlaku dari POS restoran Anda hingga panci yang Anda gunakan untuk memasak.
  • Anda dapat menerapkan strategi pemasaran apa pun yang dapat Anda pikirkan.
  • Anda dapat membuat promosi kapan saja sepanjang tahun atau bulan.
  • Dan banyak lagi.

Membuka restoran dari nol berarti Anda akan memiliki kebebasan untuk menerapkan semua yang keluar dari kreativitas Anda dan yang dapat ditanggung oleh kantong Anda . Selain itu, kecuali Anda ingin membuang-buang uang dan waktu, semua yang Anda lakukan harus baik untuk bisnis .

Anda memiliki kemampuan untuk menambah atau mengurangi kualitas hidangan Anda, variasi menu Anda, dan layanan yang Anda tawarkan tanpa masalah. Ini sangat penting untuk restoran tertentu yang ingin menawarkan pengalaman yang dipersonalisasi kepada pelanggan mereka.

Anda bahkan dapat memilih untuk menawarkan layanan Anda kepada siapa pun yang Anda inginkan, kapan pun Anda mau. Ada restoran yang menawarkan layanan berbeda untuk jenis pelanggan berbeda dan pada waktu berbeda – semuanya di hari yang sama.

Misalnya, restoran yang memiliki bar bisa berupa restoran keluarga di pagi hari, bar-restoran di sore atau malam hari, bahkan klub malam jika ukurannya cukup besar.

Usaha lain, seperti truk makanan, gerobak makanan, dan layanan katering juga memberi Anda semua atau sebagian keuntungan ini, plus keuntungan unik lainnya. Juga, mereka umumnya lebih murah . Saya mengundang Anda untuk membaca artikel kami tentang bisnis musim panas – artikel ini berisi informasi berguna tentang model bisnis ini.

Kerugian Membuka Restoran Dari Awal

Memiliki restoran Anda berarti Anda akan menangani banyak tanggung jawab

Kerugian membuka restoran dari awal sangat mudah diuraikan jika kita mempertimbangkan keuntungannya .

Masalah utamanya adalah, jika Anda berencana menjalankan restoran, Anda harus mengkloning diri sendiri dan menghabiskan seluruh waktu Anda untuk itu. Ini karena seorang manajer restoran memiliki banyak jabatan .

Administrator, pemasar, pembawa acara, koki, koki eksekutif, akuntan, kepala SDM, dan banyak lagi.

Kelemahan lain muncul di atas itu: Anda memegang kendali untuk mengoptimalkan setiap proses di restoran Anda . Anda, sebagai seorang manajer, harus memastikan bahwa semuanya berjalan sebagaimana mestinya, bahwa setiap proses di restoran menghasilkan kerugian sesedikit mungkin, dan setiap proses distandarisasi. Tidak ada yang akan melakukannya untuk Anda seperti di waralaba.

Jumlah tanggung jawab yang harus Anda penuhi untuk memiliki restoran yang menguntungkan tidak manusiawi – itulah mengapa Anda harus memiliki pengalaman dalam manajemen bisnis, menjadi ahli dalam multitasking, dan juga tahu cara mendelegasikan.

Jika Anda tidak berpengalaman dan ingin menangani semuanya sendiri, yang menanti Anda adalah kegagalan yang lambat dan sangat melelahkan. Di sisi lain, Anda bisa menutupi kelemahan tersebut dengan uang dan delegasi. Itu membawa Anda keluar dari persamaan ketika harus bekerja keras dan memiliki banyak tanggung jawab – tetapi itu tidak akan banyak menjamin kesuksesan. Tapi, setidaknya Anda punya pilihan! Selain itu, ada model bisnis yang lebih mudah dijalankan atau Anda juga bisa berhemat operasi sehingga Anda bisa menjalankan bisnis dengan lancar tanpa harus berkorban terlalu banyak.

Membeli Restoran yang Ada

Membeli restoran yang sudah ada mungkin terdengar lebih mudah daripada membuka restoran dari awal. Anda membeli bisnis yang lengkap, dengan personel, peralatan, infrastruktur, proses, dan banyak lagi. Ini hampir seperti membeli waralaba.

Kedengarannya mudah? Sebenarnya tidak. Namun, jika Anda mengikuti langkah-langkah yang tepat untuk membeli restoran , mungkin akan sedikit lebih mudah .

Baca terus untuk mengetahui mengapa itu tidak pernah benar-benar mudah.

Keuntungan Membeli Restoran yang Ada

Membeli restoran yang sudah ada dapat memiliki beberapa keuntungan jika Anda tidak tahu cara membuka restoran baru . Ini karena restoran yang ada, setidaknya secara teori , harus memenuhi semua persyaratan yang diperlukan agar dapat berfungsi.

Ini akan menghemat berbulan-bulan, mungkin bertahun-tahun perencanaan untuk memutuskan ribuan detail yang harus Anda pertimbangkan saat membuka restoran dari awal.

Itu termasuk hal-hal seperti:

Namun – “namun” besar – pembelian ini tidak datang tanpa pengorbanan.

Kerugian Membeli Restoran

Banyak kerugian membeli restoran, dan semuanya terkait dengan apa yang sudah ada pada saat pembelian. Ya, tepatnya hal-hal yang seharusnya tidak Anda khawatirkan di poin sebelumnya.

Saat Anda membeli bisnis, Anda juga membeli masalah yang dimilikinya . Dan, jika berbicara tentang restoran, ada ratusan masalah yang dapat muncul tanpa Anda sadari. Beberapa yang paling umum adalah:

  • Peralatan dalam kondisi buruk.
  • Reputasi buruk.
  • Strategi pemasaran dan branding yang tidak efektif.
  • Biaya tinggi dalam renovasi dan peningkatan peralatan.
  • Utang tersembunyi.
  • Biaya sewa yang tinggi untuk tempat komersial.
  • Masalah terkait penggajian dan karyawan restoran dan lainnya.

Itu sebabnya kami telah menyusun cukup lama tentang cara membeli restoran – Anda memerlukan perhatian terhadap detail untuk melakukannya dengan benar.

Membuka Waralaba

Waralaba ayam goreng Kentucky

Sekarang kita sampai pada apa yang dikatakan banyak orang sebagai jalan keluar yang mudah dari bisnis restoran – waralaba restoran.

Restoran waralaba adalah pilihan yang baik bagi banyak pengusaha karena mereka memiliki kelebihan yang meringankan beban pengusaha. Tentu, mereka juga memiliki beberapa kelemahan utama yang mungkin membuat mereka menjadi ide yang buruk.

Keuntungan Membuka Waralaba

Kerja tim pemasaran untuk sebuah restoran

Membuka waralaba relatif mudah. Pada dasarnya, ini seperti membeli bisnis yang dikemas dan siap digunakan.

Saat membeli waralaba – tergantung yang mana – Anda akan menerima bantuan tentang cara memulai operasi.

Anda dapat menerima:

  • Pelatihan.
  • Pelatihan untuk karyawan Anda.
  • Peralatan, dekorasi, furnitur, dan lainnya.
  • Persediaan dan inventaris.
  • Pedoman pada setiap proses.

Ini hampir semua yang Anda butuhkan untuk membuka waralaba. Sisanya adalah waktu luang dan penghasilan.

Dengan jenis bisnis ini, Anda dapat lebih mudah mendelegasikan fungsi manajerial, dan mempekerjakan seseorang untuk melakukannya untuk Anda.

Dan hebatnya lagi, Anda juga bisa memanfaatkan brand yang sudah dibuat, yang memiliki basis pelanggan yang sudah mengetahui produk yang Anda jual, dan banyak lagi. Anda dapat mulai menghasilkan keuntungan secepat dua bulan setelah dibuka ketika proses untuk restoran baru bisa memakan waktu tiga kali lebih lama atau lebih.

Kerugian Membuka Waralaba

Hanya ada tiga kelemahan memiliki waralaba, dan tergantung pada situasi dan kepribadian Anda, Anda mungkin menghadapinya atau tidak.

Yang pertama adalah uang . Membuka waralaba itu mahal karena merupakan solusi paket. Di Amerika Serikat, Anda dapat menghabiskan lebih dari satu juta dolar untuk membuka waralaba!

Ini tergantung franchise mana yang Anda pilih tentunya . Namun, waralaba termahal adalah yang paling mudah dioperasikan, karena mereka menjual lebih banyak solusi untuk setiap masalah.

Dan itulah kerugian kedua: membeli waralaba murah memberi Anda lebih sedikit solusi . Artinya cukup banyak kewajiban bagi Anda untuk mengambil alih bisnis, yang membuatnya sangat mirip dengan membuka restoran biasa.

Dan kerugian ketiga adalah semakin banyak solusi yang dijual waralaba, semakin sedikit kendali yang Anda miliki . Ini bisa menjadi masalah jika Anda adalah orang yang kreatif, dengan banyak ide untuk diterapkan terkait pemasaran, menu, dan lainnya.

Mulailah Semampu Anda, Tapi Mulailah!

memulai bisnis dari nol

Pada artikel ini, saya tidak akan memberi Anda keputusan tentang opsi mana yang lebih baik. Jawaban sebenarnya, seperti biasa, adalah tergantung pada Anda dan situasi keuangan Anda. Mengatakan bahwa ada keputusan tentang masalah ini berarti mengabaikan banyak detail yang penting untuk membuat keputusan yang tepat bagi Anda .

Itulah putusan yang sebenarnya .

Selain itu, jika Anda ingin memulai bisnis, lakukanlah sebisa Anda – itu adalah hal yang paling menguntungkan di industri saat ini. Anda dapat memiliki truk makanan yang sangat sukses, layanan katering terkenal di kota Anda, atau bahkan truk makanan yang berkeliling negara bagian mengantarkan kebahagiaan dan makanan lezat.

Terlalu memikirkan detail dan dikotomi dapat menghalangi Anda untuk memulai bisnis karena kelumpuhan analisis, dan itu akan menjadi kesalahan yang sebenarnya .

Apakah Anda siap untuk memulai bisnis Anda?

Kembangkan bisnis makanan Anda dengan Waiterio POS

Bergabunglah dengan 40.000 restoran menggunakan sistem titik penjualan waiterio

The online ordering has been the perfect tool, especially with the ongoing COVID-19 pandemic as customers choose to limit face to face interaction. We have grown food delivery by over 112% which is solely due to the use of the free online ordering website.

- Matthew Johnson (Owner of MrBreakFastJa, Jamaica)

Download Gratis

Artikel Terbaru