Pemasok Restoran: Bagaimana Mendapatkan yang Terbaik?

Pemasok Restoran: Bagaimana Mendapatkan yang Terbaik?

Pelajari di sini cara mendapatkan pemasok restoran terbaik untuk bisnis Anda!

Diposting oleh Victor Delgadillo tanggal 6 September 2022

Anda tidak tahu bagaimana cara memilih pemasok untuk restoran Anda?

Apakah Anda perlu untuk mulai memilih pemasok bisnis makanan Anda?

Ketika berbicara tentang kebutuhan restoran, memilih penyedia yang paling baik dapat menolong Anda atau bahkan dapat menyebabkan banyak masalah. Mereka adalah orang-orang yang memiliki kemampuan sepenuhnya atau sebagian saja dalam menonaktifkan restoran Anda hanya dalam satu hari !

Pada artikel ini, saya akan berbicara kepada Anda tentang:

  • Pentingnya memilih pemasok terbaik untuk restoran Anda.
  • Proses dalam memilih pemasok.
  • Jenis penyedia yang harus Anda pertimbangkan.
  • Tips memilih yang terbaik.

Sebagai tambahannya, saya akan memberikan beberapa tips agar Anda dapat menjadi pelanggan terbaik bagi pemasok Anda, karena memperkuat hubungan dengan kolega komersial Anda sangatlah penting untuk bisnis Anda.

Mari kita mulai!

Pentingnya Memilih Pemasok Terbaik untuk Restoran Anda

pemasok restoran menurunkan van

Memilih pemasok terbaik untuk restoran Anda adalah ibarat masalah hidup dan mati — karena bisnis Anda adalah tentang bagaimana mengubah produk mereka menjadi hidangan lezat untuk pengunjung restoran Anda!

Jadi jika produk tersebut tidak ada, restoran Anda berada dalam masalah yang serius.

Memang benar bahwa pemasok yang buruk dapat melumpuhkan bisnis Anda dalam sehari, atau menghambat pengoperasian restoran Anda dengan tiba beberapa menit atau jam lebih lambat dari yang direncanakan.

Peran mereka sangat penting untuk restoran Anda sehingga Anda bahkan harus memasukkannya ke dalam rencana bisnis Anda .

Selain itu, mereka juga dapat membuat Anda menghabiskan banyak uang jika mereka mengirim Anda produk yang tidak Anda pesan (terutama jika Anda menerimanya tanpa meminta), atau produk yang berkualitas buruk, atau lebih buruk lagi, produk yang sangat dekat dengan tanggal kedaluwarsa yang harus Anda gunakan lebih cepat dari yang Anda rencanakan.

Di sisi lain, memiliki pemasok yang tepat dapat banyak membantu restoran Anda.

Bagaimana caranya? Dengan memberi Anda apa yang Anda butuhkan dan lebih dari yang diharapkan.

Ingatlah bahwa bisnis yang sehat adalah bisnis yang berkembang — jika pemasok Anda tumbuh, maka Anda akan memiliki lebih banyak peluang untuk mendapatkan produk yang lebih baik, lebih banyak variasi, dan lebih banyak lagi hal lainnya.

Untuk alasan inilah, memiliki mitra bisnis yang bertanggung jawab yang dapat menciptakan sinergi antara bisnis Anda dan mereka sangatlah penting.

Tapi, bagaimana Anda bisa mencapai sinergi ini? Semuanya dimulai dengan memilih penyedia.

Saya akan memberi tahu Anda lebih banyak tentang prosesnya di bawah ini.

Proses Memilih Pemasok untuk Bisnis Makanan Anda

berjabat tangan dengan pemasok restoran

Memilih pemasok terbaik untuk semua jenis restoran tidak harus menjadi tugas yang sulit. Sebenarnya, ini cukup sederhana, terutama jika Anda berada di area dengan ketersediaan penyedia yang luas.

Itulah sebabnya, di sini saya akan berbagi proses yang saya gunakan untuk memilih mereka.

1. Identifikasi Kebutuhan Restoran Anda

Kebutuhan dari restoran Anda akan menentukan jenis distributor seperti apa yang Anda perlukan sebagai mitra bisnis.

Anda harus mempertimbangkan:

  • Pemasok daging sapi.
  • Pemasok sayuran. Beberapa restoran mungkin akan membutuhkan pedagang sayur di luar daerahnya untuk mendapatkan satu atau dua jenis sayuran khusus.
  • Pemasok unggas untuk ayam, telur, dan burung lainnya.
  • Pemasok ikan dan makanan laut.
  • Distributor bumbu.
  • Distributor minyak nabati.
  • Distributor produk pembersih industrial.

Di beberapa negara, restoran perlu memiliki layanan khusus yang termasuk dalam kategori penyedia. Misalnya, layanan pembersihan peralatan industri, pembersihan perangkap lemak, layanan pengelolaan limbah yang berkelanjutan untuk hal-hal seperti minyak bekas, dan lainnya.

Selain itu, beberapa restoran menggunakan layanan tambahan dari vendor yang sama, seperti daging bersih yang sudah siap disajikan, bagian ayam tertentu, dan banyak lagi.

Pastikan Anda mempelajari daftar ini dengan baik.

Setelah Anda memiliki daftar kebutuhan spesifik dari restoran Anda, baru Anda dapat melangkah ke tahap selanjutnya.

2. Identifikasi Pemasok Potensial

sayuran berwarna-warni

Sekarang Anda sudah tahu apa yang dbutuhkan, saatnya untuk mulai mencari pemasok. Ada beberapa cara agar Anda bisa mendapatkan informasi pemasok.

  • Anda dapat mencari di situs web, seperti dari daftar penjual dan forum.
  • Anda dapat mencari di jejaring sosial.
  • Anda dapat meminta informasi dari kamar dagang tentang pemasok.
  • Anda bisa bertanya kepada rekan kerja dari restoran lain.
  • Anda bisa bertanya di restoran-restoran.

Jika Anda membutuhkan produk yang sulit ditemukan, Anda mungkin perlu mencari perusahaan yang sedikit asing bagi konsumen umum, untuk layanan seperti mengimpor bahan-bahan tertentu dan banyak lagi.

Jika itu masalahnya, Anda dapat mengamati restoran yang serupa dengan apa yang ada dalam pikiran Anda untuk belajar konsep tentang pemasok yang mereka gunakan, hal ini sangat penting jika Anda ingin mencapai kualitas yang autentik. Dan ini jauh lebih penting jika Anda ingin menerapkan gastronomi yang kurang begitu populer.

3. Hubungi Penyedia

Setelah Anda memiliki daftar penyedia yang layak yang Anda butuhkan, saatnya untuk menghubungi mereka.

Anda harus mengajukan beberapa pertanyaan yang berbeda terkait dengan layanan yang mereka berikan:

  • Apakah mereka dapat menangani volume yang Anda butuhkan untuk setiap pesanan.
  • Apakah mereka dapat menangani jumlah pesanan yang harus Anda lakukan dalam periode mingguan atau bulanan.
  • Biaya layanan.
  • Apakah memungkinkan untuk meningkatkan volume pesanan di masa depan — jika restoran Anda sukses, Anda pasti akan membutuhkan lebih banyak persediaan untuk tetap dapat beroperasional, dan Anda tidak dapat melakukannya jika Anda tidak memiliki infrastruktur yang solid.
  • Dan pertanyaan penting lainnya yang mungkin Anda miliki — sebaiknya tanyakan sebanyak mungkin untuk menghindari kesalahpahaman di kemudian hari.

Jangan lupa untuk menggambarkan bisnis Anda dan kebutuhan Anda secara menyeluruh, karena ini juga merupakan bagian penting dari hubungan yang baik dengan distributor Anda.

Tentu saja, Anda selalu dapat mencoba bernegosiasi tetapi tetap lakukan secara konservatif, karena mereka tidak dapat menawarkan layanan yang baik kepada Anda tanpa membebankan biaya yang diperlukan.

4. Uji Pemasok Anda

Terakhir, Anda harus mulai bekerja dengan pemasok, distributor, produsen baru, dan banyak lagi. Bagian ini termasuk pada tahap dari pencarian karena Anda harus mengubah daftar kebutuhan Anda dari langkah pertama menjadi daftar periksa.

Selama tiga bulan pertama, Anda harus memastikan bahwa penyedia harus menghormati akhir dari kesepakatan bersama.

Hal itu termasuk:

  • Menyampaikan pesanan tepat waktu.
  • Tidak ada produk yang rusak.
  • Tidak ada produk yang mendekati tanggal kedaluwarsa.
  • Bahwa mereka tidak membawa barang-barang yang tidak Anda butuhkan atau tidak Anda minta.
  • Dan bahwa mereka mempertahankan harga yang baik atau setidaknya harga konstan selama musim yang berbeda.

Akhirnya, jika mereka tidak dapat mempertahankan sisi kesepakatan mereka, Anda harus mulai mencari lagi — jika ada pihak lain, tentu saja.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Tidak Banyak Penyedia di Daerah Anda?

Jika ini masalahnya, Anda mungkin perlu menerapkan strategi lain untuk menyelesaikannya, seperti bermitra dengan pemasok kecil, atau peternakan keluarga, atau mungkin membuat pemasok sendiri dengan berinvestasi di peternakan, dan banyak lagi.

Yang pasti adalah, Anda harus mengeluarkan lebih banyak uang atau bahkan mempertimbangkan kembali apakah membuka restoran di daerah Anda adalah ide yang bagus. Itulah pentingnya peran penyedia.

Tips Memilih Pemasok Terbaik untuk Restoran Anda

tangan memegang anggur

Berikut adalah beberapa tip sederhana yang dapat Anda ikuti untuk menemukan pemasok terbaik:

  1. Cari sebagian besar pemasok di wilayah Anda — dengan cara ini Anda dapat memastikan semua bahan akan selalu segar. Ini sangat penting jika Anda harus menggunakan banyak sayuran di restoran Anda.
  2. Cari produsen lokal yang dapat mengirimkan produk penting kepada Anda dengan lebih cepat. Jika mereka bukan yang terbaik, Anda dapat menggunakan layanan mereka dalam keadaan darurat saja.
  3. Jangan mencoba mencari harga yang murah tanpa mencoba layanannya terlebih dahulu. Ada perusahaan dengan harga murah yang tidak dapat bersaing dalam hal kualitas layanan dengan perusahaan yang lebih mahal.
  4. Jika Anda membutuhkan produk dari daerah lain, carilah di daerah terdekat yang bisa menawarkannya. Ini akan menghemat biaya transportasi dan memastikan semuanya tetap berkualitas segar.
  5. Cari ulasan penyedia di internet dan jejaring sosial. Anda juga dapat berbicara dengan pemilik restoran lain untuk menanyakan tentang layanan tersebut dan apakah mereka merekomendasikannya.
  6. Jangan puas dengan penyedia yang pertama Anda temukan! Anda harus selalu menguji layanan untuk sementara waktu untuk memastikan bahwa mereka dapat memenuhi semua kebutuhan bisnis Anda. Jika ada sesuatu yang dapat ditingkatkan, Anda selalu dapat bermitra dengan penyedia lain.

Kiat ekstra: Jika Anda harus menggunakan produk impor, periksa metode mana yang terbaik. Mungkin akan lebih murah untuk mengimpornya sendiri daripada menggunakan layanan khusus untuk melakukannya. Selain itu, Anda dapat membuat bisnis sekunder dengan mengimpor produk yang digunakan oleh bisnis lain atau yang laris manis disukai konsumen.

Ingatlah untuk Selalu Menjadi Pelanggan yang Baik

menangani bisnis dengan laptop

Sesuatu yang tidak semua orang sebutkan adalah, memiliki penyedia yang baik bukan hanya tentang apa yang dapat mereka lakukan untuk Anda — seperti hubungan apa pun, ini adalah hubungan dua arah .

Oleh karena itu, Anda harus selalu ingat untuk menjadi pelanggan yang baik bagi distributor Anda.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan hubungan Anda dengan mitra bisnis tersebut:

  1. Bayar tepat waktu dan dengan jumlah penuh. Ini bisa menjadi langkah persahabatan, tetapi yang utama adalah hubungan bisnis.
  2. Perlakukan mereka yang bertanggung jawab atas pengiriman produk dengan baik. Tawarkan air, makanan sederhana, minuman, dan hadiah lainnya untuk mendapatkan kepercayaan mereka. Lagipula, menjadi orang baik tidak dikenakan biaya apa pun!
  3. Ucapkan selamat kepada distributor dan pemasok Anda karena telah berhubungan dan bekerja sama dengan baik. Anda juga dapat mengundang mereka untuk makan malam sebagai rasa hormat setidaknya sekali waktu.
  4. Atur pesanan Anda dan selalu buat tepat waktu. Ini juga akan membutuhkan manajemen persediaan yang baik.
  5. Sistematisasi penerimaan pesanan agar dapat berjalan secepat mungkin. Atur tim dapur Anda dan karyawan lain untuk membantu menerima pengiriman yang datang. Restoran Anda mungkin bukan satu-satunya tempat mereka harus mengirim!
  6. Jangan mencoba untuk bernegosiasi jika Anda puas dengan layanan yang mereka berikan kepada Anda.
  7. Bangun hubungan yang Anda miliki dengan setiap orang yang bekerja dengan pemasok Anda. Dari distributor dan penanggung jawab layanan pelanggan hingga orang-orang dengan jabatan tertinggi. Mereka akan senang bekerja sama dengan Anda!

Kiat-kiat sederhana ini akan banyak membantu Anda untuk menjaga hubungan baik dengan pemasok Anda.

Selama saya bekerja dengan restoran, saya mengenal banyak pemilik restoran yang tidak menyadari bahwa pemasoknya tidak buruk, tetapi mereka sendiri adalah pelanggan yang buruk, dan ini adalah bagian besar dari masalah ini.

Jangan menjadi klien yang tidak ingin diajak bekerja sama oleh siapa pun.

Pemasok Mendikte Kualitas Restoran Anda!

Mengingat pemasok adalah orang yang menentukan kualitas dari produk yang Anda gunakan untuk menyiapkan hidangan lezat pada menu Anda, sebaiknya Anda selalu menjaga hubungan baik dengan mereka.

Hubungan yang buruk dengan mereka dapat menyebabkan banyak masalah. Produk yang rusak, hampir kedaluwarsa, dikemas dengan buruk, atau tidak layak untuk dikonsumsi akan membuang banyak waktu — dan jika Anda menggunakannya, hal ini dapat membuat Anda kehilangan restoran Anda.

Itulah sebabnya, setiap bagian dari proses hidangan dari peternakan atau pabrik hingga ke meja, harus selalu terjaga, dan ini termasuk juga dengan berhubungan baik pada orang-orang yang memungkinkan semua ini terjadi.

Apakah Anda sudah memiliki infrastruktur pemasok yang baik di restoran Anda?

Kembangkan bisnis makanan Anda dengan Waiterio POS

Bergabunglah dengan 40.000 restoran menggunakan sistem titik penjualan waiterio

The online ordering has been the perfect tool, especially with the ongoing COVID-19 pandemic as customers choose to limit face to face interaction. We have grown food delivery by over 112% which is solely due to the use of the free online ordering website.

- Matthew Johnson (Owner of MrBreakFastJa, Jamaica)

Download Gratis

Artikel Terbaru