Printer Termal untuk Restoran [Panduan Utama]

Printer Termal untuk Restoran [Panduan Utama]

Pelajari lebih lanjut tentang printer termal di sini!

Diposting oleh Victor Delgadillo tanggal 27 Mei 2022

Masih tidak yakin jenis printer termal mana yang terbaik untuk Anda?

Printer termal telah menjadi bagian integral dari industri restoran sejak awal. Mereka efisien, sebagian besar mudah digunakan, dan dapat sangat bermanfaat bagi restoran. Masalahnya, seiring dengan teknologi, mereka telah maju dan terdiversifikasi, yang menyulitkan pengelola dan pemilik restoran. Printer termal mana yang harus Anda beli? Mana yang lebih baik untuk bisnis Anda? Mana yang paling sedikit menimbulkan masalah bagi Anda?

Itu semua adalah pertanyaan sulit untuk dijawab – tidak semua printer termal dibuat sama. Dalam panduan ini, kami tidak akan memaksakan jawaban pada Anda, tetapi kami akan membantu Anda membuat keputusan yang tepat. Mari kita langsung ke dalamnya!

Mengapa Printer Thermal Diperlukan?

Satu-satunya pertanyaan yang akan kami jawab adalah ini. Printer termal diperlukan karena berbagai alasan. Mereka dapat dibagi menjadi dua kategori - penting bagi pelanggan dan untuk restoran. Meskipun kategori ini ada, mereka masih berasal dari sumber yang sama – mereka penting karena pajak dan pemerintahan yang berbeda di seluruh dunia.

Thermal Printer Efisien untuk Restoran

Mencetak tanda terima untuk pelanggan di restoran

Untuk restoran dan pelanggan, tanda terima sangat penting sebagai bukti pembelian. Untuk restoran, mereka juga penting untuk melacak penjualan, metode pembayaran, detail tentang pelanggan, dan tanggal.

Di beberapa tempat di seluruh dunia, kwitansi masih digunakan untuk mencatat pembukuan dan penutupan kasir atau penyeimbangan kasir – yang, sekali lagi, sangat penting untuk pajak. Thermal printer masih relevan karena efisien.

Di beberapa restoran dan kwitansi bisnis makanan kecil lainnya digunakan untuk melacak pesanan harian

Selain itu, printer termal juga sangat berguna untuk mengoptimalkan aliran restoran. Misalnya, saat menggunakan aplikasi POS Restoran Waiterio, Anda dapat mengirim pesanan langsung ke dapur, dan dapat dicetak dengan printer termal. Itu membuat melacak pesanan jauh lebih mudah.

Manfaat lain yang lebih kecil dari printer termal adalah bahwa mereka mencetak menggunakan proses yang sangat efisien yang tidak memerlukan tinta. Itu dapat menghemat banyak uang untuk logistik karena restoran mencetak tanda terima setiap hari!

Pelanggan Membutuhkan Kwitansi Mereka!

Pelanggan restoran memeriksa tanda terima yang dia terima dengan pesanan

Printer termal tidak penting bagi klien – apa yang mereka hasilkan!Tanda terima penting bagi klien yang ingin melacak pengeluaran mereka untuk tujuan penganggaran atau pajak. Di beberapa negara, setiap pelanggan wajib memberikan tanda terima pembelian mereka, terlepas dari apakah mereka membuangnya nanti atau tepat di depan Anda.

Jenis Printer Termal

Berbagai jenis printer termal bersebelahan

Sekarang kita telah menetapkan bahwa printer termal dan tanda terima sangat penting untuk restoran dan kliennya, kita dapat berbicara tentang berbagai jenis printer termal. Kami tidak akan berbicara tentang model karena ada ribuan dari mereka! Sebagai gantinya, kami akan fokus pada berbagai jenis antarmuka koneksi yang dapat mereka gunakan.

Seperti yang akan Anda pelajari di bawah, jenis koneksi merupakan hal yang sangat penting karena menentukan kegunaannya, harganya, serta efektivitasnya untuk setiap skenario. Beberapa printer lebih cocok untuk bisnis tertentu!

Catatan: Kami telah membuat beberapa video tutorial tentang cara menginstalnya. Anda dapat menemukannya di saluran YouTube kami . Dengan begitu Anda dapat membandingkan dengan mudah mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Printer Termal USB

Printer termal USB mendapatkan tempat pertama dalam daftar ini karena lebih nyaman daripada yang lainnya. Mereka mudah digunakan dan dilengkapi dengan fitur Plug & Play yang bagus – cukup colokkan dan mulai gunakan!

Keuntungan utama dari printer termal USB adalah:

  • Mereka adalah yang paling mudah dipasang.
  • Bahkan jika Anda harus mengunduh driver untuk mereka, mereka mudah ditemukan.
  • Mereka cukup mudah jika mereka Plug & Play.
  • Mereka menyebabkan sangat sedikit masalah jika Anda menggunakan macOS.
  • Anda dapat menggunakannya dengan perangkat apa pun yang kompatibel dengan USB jika Anda menemukan driver yang tepat.
  • Mereka sangat andal setelah diinstal dan menyebabkan sangat sedikit masalah.
  • Mereka tahan terhadap masalah koneksi dan interupsi.
  • Anda bahkan dapat menghubungkannya ke perangkat seluler menggunakan komputer dengan WiFi atau Ethernet sebagai proxy dengan aplikasi Waiterio.

printer termal USB yang andal

Selain itu, printer termal USB sangat murah dan tersedia secara luas di mana-mana. Kelemahan utamanya adalah jika Anda menggunakan Windows, Anda harus mencari driver dan menginstalnya secara manual. Lihat panduan kami tentang cara menyiapkan printer termal USB untuk mendapatkannya

Printer Termal Kabel Ethernet

Printer termal khusus kabel Ethernet atau LAN adalah yang terbaik kedua dalam daftar ini. Model saat ini bahkan dilengkapi dengan USB dan port lainnya!

Kelebihan dari jenis printer ini adalah:

  • Mereka sedikit lebih mudah dipasang daripada printer WiFi.
  • Mereka sangat andal dalam hal konektivitas.
  • Mereka sedikit lebih cepat daripada printer USB.
  • Mereka juga lebih murah daripada printer WiFi.
  • Mereka lebih mudah ditemukan!

Namun, jenis printer ini dapat menyebabkan masalah selama penginstalan. Mereka mengandalkan kabel yang lebih halus daripada kabel USB jika tidak bermutu tinggi. Lihat panduan kami tentang cara memasang printer termal Kabel Ethernet untuk digunakan dengan aplikasi Waiterio!

Printer Termal WiFi

WiFi atau printer termal Bluetooth

Printer termal WiFi berada di urutan ketiga. Mereka mungkin tampak seperti yang terbaik tetapi berpikir dua kali jika mereka tampak terlalu nyaman.

Keuntungan utama dari printer termal WiFi adalah:

  • Biasanya, mereka dilengkapi dengan antarmuka tambahan, seperti port USB.
  • Anda dapat menempatkannya di mana saja di restoran Anda.
  • Mereka memiliki lebih sedikit masalah dengan koneksi dan gangguan yang terputus jika dibandingkan dengan printer Bluetooth.
  • Mereka memiliki lebih sedikit masalah kompatibilitas. Anda dapat menggunakannya dengan perangkat apa pun dengan koneksi WiFi.

Namun, printer termal WiFi tidak sempurna – mereka memiliki kelemahan yang signifikan:

  • Mereka adalah tipe ketiga yang paling sulit untuk dipasang.
  • Anda memerlukan router yang bagus untuk menggunakannya dengan nyaman.
  • Jika restoran Anda besar, Anda mungkin memerlukan repeater atau penguat sinyal WiFi.

Meskipun demikian, jika Anda tidak menyukai ide kabel USB atau Ethernet yang panjang, maka kabel tersebut mungkin cocok untuk Anda.

Printer Termal Bluetooth

Printer termal Bluetooth sulit untuk dinilai – tidak diragukan lagi kenyamanannya, tetapi juga bisa menyusahkan.

Keuntungan utama dari printer termal Bluetooth adalah:

  • Mereka agak mudah diatur dengan perangkat apa pun yang menggunakan Bluetooth.
  • Mereka menyelamatkan Anda dari keharusan menggunakan kabel.
  • Mereka dapat melakukan hal yang sama persis seperti printer termal lainnya.
  • Mereka kompatibel dengan sebagian besar perangkat Bluetooth yang dapat dihubungkan dengannya.
  • Mereka sedikit lebih murah daripada printer WiFi.
  • Mereka sempurna untuk bisnis makanan kecil seperti truk makanan dan gerobak makanan!

Tentu saja, Bluetooth bukanlah teknologi yang paling dominan dalam hal kekuatan sinyal. Itulah salah satu alasan utama mengapa jenis printer ini berada di urutan terakhir:

  • Perangkat Bluetooth dapat memiliki masalah yang mencakup area besar atau sedang.
  • Kekuatan sinyal dapat mengalami kesulitan bahkan dengan ruang kecil jika ada banyak dinding di antara perangkat utama.
  • Secara keseluruhan, masalah kekuatan sinyal mungkin terlalu banyak untuk diatasi dengan kelebihannya.

Jangan salah paham – printer ini bagus . Apalagi jika Anda tidak bisa membawa router atau perangkat hotspot dengan nyaman. Namun, mereka masih bagus dalam skenario tertentu, seperti truk makanan.

Jenis Printer Thermal Lainnya

Port printer termal paralel

Ada jenis printer termal lain yang menggunakan beberapa metode koneksi, seperti kabel USB/LAN, WiFi/Bluetooth atau Bluetooth/USB, dan lainnya. Ini juga berguna, tetapi bisa lebih mahal dan tidak perlu jika Anda dapat melakukan hal yang sama dengan printer Kabel USB atau Ethernet biasa. Jenis lainnya adalah printer port serial dan paralel tetapi ini sudah ketinggalan zaman dan digantikan oleh printer USB.

Kategori lainnya

Selain mengkategorikan printer termal menggunakan antarmuka koneksi mereka, mereka juga dapat dikategorikan menurut:

  • Ukuran.
  • Ukuran kuitansi yang mereka cetak.
  • Jenis kertas yang mereka gunakan.
  • Kompatibilitas – seperti printer yang digunakan dengan perangkat seluler atau komputer desktop.
  • Bisnis yang mereka tuju.

Seperti produk lainnya, mereka juga dapat dikategorikan dengan tingkatan harga, seperti high-end dan low-end. Kami memahami bahwa ini dapat membingungkan. Itu sebabnya kami membuat panduan pembelian:

Semoga panduan ini akan membantu Anda mendapatkan printer yang paling cocok untuk bisnis dan skenario penggunaan Anda.

Thermal Printers: Berkah atau Kutukan?

Kami percaya bahwa printer termal semakin menyakitkan. Industri restoran sedang melalui fase transisi menuju nirkabel, digital, dan solusi yang lebih nyaman secara keseluruhan.

Bagaimana keadaannya, segera kami akan mengelola semua ini secara virtual. Kuitansi virtual dan bukti pembelian seperti blockchain di dalam metaverse adalah masa depan – atau mungkin tidak!

Jadi, sampai kita tiba di sana, kita harus puas dengan salah satu printer termal yang andal, nyaman, dan mudah digunakan ini.

Apa pendapat Anda tentang masalah ini?

Kembangkan bisnis makanan Anda dengan Waiterio POS

Bergabunglah dengan 40.000 restoran menggunakan sistem titik penjualan waiterio

The online ordering has been the perfect tool, especially with the ongoing COVID-19 pandemic as customers choose to limit face to face interaction. We have grown food delivery by over 112% which is solely due to the use of the free online ordering website.

- Matthew Johnson (Owner of MrBreakFastJa, Jamaica)

Download Gratis

Artikel Terbaru