Ulasan Restoran dan Bagaimana Cara Meningkatkannya

Ulasan Restoran dan Bagaimana Cara Meningkatkannya

Pelajari cara meningkatkan ulasan restoran Anda!

Diposting oleh Victor Delgadillo tanggal 30 September 2022

Apakah Anda ingin tahu apakah ulasan restoran Anda benar-benar penting?

Dalam artikel ini, saya menjawab pertanyaan ini dan pertanyaan lainnya yang lebih penting!

Semakin banyak orang meluangkan waktu untuk meninggalkan ulasan untuk memperingatkan pelanggan lainnya. Ini adalah sesuatu yang mulai terjadi di semua jenis bisnis, dari toko e-commerce hingga toko ritel kecil di berbagai kota di seluruh dunia.

Jika Anda berada di sini, mungkin Anda khawatir tentang hal itu.

Pada artikel ini, saya akan memberi tahu Anda tentang:

  • Pentingnya ulasan restoran.
  • Bagaimana ulasan online memengaruhi restoran Anda?
  • Dan langkah-langkah yang harus Anda ambil untuk meningkatkan ulasan bisnis Anda.

Jika Anda memiliki beberapa ulasan negatif pada situs bisnis web Anda atau Google Bisnisku, jangan khawatir — ambil tindakan nyata untuk memperbaikinya!

Terakhir, saya akan memberi tahu Anda tentang satu cara agar ulasan online pada restoran Anda tidak menjadi masalah sama sekali.

Mari kita mulai!

Apakah Ulasan Restoran Anda Penting?

Orang-orang melihat dan menunjuk sesuatu di layar laptop

Jadi… apakah hal itu penting?

Singkatnya, ya, dan sangat penting.

Dulu, jika Anda memiliki sebuah restoran, Anda harus menunggu ulasan yang muncul di majalah dan surat kabar dari kritikus yang diperlakukan seperti bangsawan.

Saat ini, semua hal ini menjadi jauh lebih buruk — atau lebih baik, jika Anda memikirkannya — karena setiap orang yang masuk ke restoran Anda akan memiliki pendapat tentang pelayanan Anda.

Bagian yang kompleks adalah bahwa semua pelanggan restoran Anda adalah kritikus dan memiliki kekuatan untuk meninggalkan pendapat mereka pada reputasi online bisnis Anda.

Ini mungkin terdengar seperti ulasan versi masa lalu yang lebih ringkas.

Karena akan banyak ulasan yang memiliki dampak yang lebih kecil pada bisnis Anda karena kualitasnya lebih rendah dibandingkan dengan pendapat seorang ahli.

Namun, kenyataannya adalah bahwa setiap orang memiliki pendapat, dan pendapat itulah yang ditunggu-tunggu oleh pelanggan lain di belakang mereka.

Mengapa? Karena lebih mudah untuk merasa diwakilkan dengan pendapat orang yang berada pada situasi yang sama dengan Anda.

Dibandingkan dengan pendapat seorang kritikus kuliner ternama yang mungkin memiliki sudut pandang atau motivasi berbeda.

Misalnya, apakah ulasan seorang kritikus makanan penting bagi orang yang sedang mencari restoran keluarga?

Dalam hal ini, orang tua ingin mendengar pendapat dari orang tua lain yang berbicara hal baik atau buruk tentang restoran Anda, untuk melihat apakah ini merupakan pilihan yang baik untuk makan malam keluarga.

Itulah mengapa setiap ulasan yang tertulis di situs web restoran Anda sangatlah penting.

Hal ini bisa menjadi perbedaan pendapat di antara tipe pelanggan tertentu, yang mungkin menjadi bagian dari audiens target Anda malah tidak memilih restoran Anda.

Bagaimana Ulasan Online Mempengaruhi Restoran Anda?

Pria memeriksa iPhone

Saat ini, kebanyakan orang yang mencari pilihan restoran melakukan riset online terlebih dahulu — yang akan membuat mereka mendapatkan informasi lengkap tentang apa yang akan mereka makan dan di mana lokasinya.

Namun tidak berarti restoran Anda harus sempurna, tetapi artinya, Anda harus berusaha lebih keras dalam melayani, dan memiliki strategi aktif untuk menangani setiap keluhan.

Ulasan Buruk Online Mempengaruhi Bisnis Anda dalam Banyak Cara

Jangan khawatir tentang satu ulasan negatif — kecuali jika Anda memiliki lebih banyak ulasan negatif daripada ulasan positif, tidak ada yang perlu ditakuti.

Inilah yang perlu diwaspadai jika Anda memiliki banyak ulasan buruk:

  • Ulasan buruk dapat menurunkan penjualan restoran Anda.
  • Mereka juga dapat menurunkan penjualan online dan penjualan pesan antar.
  • Mereka dapat memengaruhi arus pelanggan yang memasuki restoran Anda.
  • Mereka dapat memberi restoran Anda peringkat buruk secara keseluruhan, yang hanya dapat terjadi jika Anda memiliki banyak ulasan negatif.
  • Restoran Anda bisa mendapatkan reputasi buruk secara umum. Ini bisa terjadi bahkan jika ulasan negatif tidak 100% nyata.
  • Bahwa Anda menarik pelanggan yang ingin memanfaatkan keluhan umum dalam layanan untuk mendapatkan sesuatu dari Anda sebagai imbalannya, bahkan jika itu tidak benar-benar terjadi.
  • Penghasilan Anda mungkin akan turun secara signifikan.
  • Dan membuat restoran Anda mandek secara finansial.

Jika restoran Anda memiliki banyak ulasan buruk, sulit bagi brand untuk pulih, dan ini dapat menyebabkan bisnis Anda gulung tikar.

Juga, jika penjualan online atau pesan antar dan bawa pulang merupakan bagian penting dari penghasilan Anda, ini pasti tidak akan membantu restoran Anda.

Ulasan Online yang Baik Memiliki Efek yang Sangat Positif

Tentu, sejauh ini kita hanya berbicara tentang ulasan negatif — terutama karena tidak ada yang takut dengan ulasan positif. Ini dia manfaatnya:

  • Peningkatan dalam penjualan dan keuntungan Anda.
  • Lebih banyak pesanan, pelanggan memasuki bisnis Anda, dan banyak lagi.
  • Mereka juga dapat menarik pelanggan yang mungkin tidak memasuki restoran Anda.
  • Anda dapat menggunakannya dalam strategi pemasaran Anda untuk memamerkan restoran Anda. Sedikit membual tidak terlalu buruk!
  • Mereka dapat memberi restoran Anda posisi online yang bagus.
  • Mereka mungkin akan menarik kritikus makanan yang sedikit lebih penting, seperti pecinta kuliner, influencer, dan blogger — evolusi dari kritikus.
  • Dan banyak lagi yang lainnya.

Secara keseluruhan, sangat bagus jika restoran Anda memiliki ulasan yang baik.

Namun, terlalu banyak ulasan positif yang memberi Anda peringkat online yang sempurna juga bisa terlihat buruk.

Ini bisa terlihat seperti Anda membeli ulasan, menghapus komentar negatif untuk melindungi reputasi Anda, dan banyak lagi.

Tapi, bagaimanapun juga, Anda tidak bisa memuaskan semuanya .

Apakah Ulasan Majalah dan Surat Kabar itu Penting?

Koran lipat menyoroti bagian bisnis dunia

Tentu saja! Ulasan offline kritikus makanan juga sangat berarti.

Namun, Anda harus ingat bahwa ini juga tergantung pada audiens target Anda.

Jika Anda ingin menarik anak muda ke restoran Anda, secara umum, ulasan online akan memainkan peran yang lebih besar.

Tetapi jika Anda ingin menarik orang dengan minat teknologi yang lebih rendah, orang tua yang tidak tertarik pada hal semacam itu, ulasan kuno seperti ini akan lebih berpengaruh.

Bagaimana cara mengetahui jenis ulasan yang paling penting?

Cukup dengan mengetahui klien Anda, audiens target Anda, dan persona pembeli.

Anda harus melakukan studi pasar agar Anda dapat menentukan segmen pelanggan yang lebih cenderung memilih restoran Anda.

Langkah-langkah untuk Meningkatkan Ulasan Online Restoran Anda:

Ulasan bisnis peta Google tentang toko daging

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan ulasan dan reputasi online restoran Anda.

Ini adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti untuk mencapainya secara konsisten dan tanpa banyak mengubah cara Anda dalam berbisnis.

1. Pertimbangkan Ulasan Buruk untuk Meningkatkan Pelayanan

Orang yang melakukan gerakan tangan X negatif untuk menunjukkan ketidaksetujuan

Layanan restoran Anda tidak sempurna — terlepas dari bagaimana Anda menjalankannya, tidak mungkin menciptakan sesuatu yang akan memuaskan semua orang.

Namun, itu tidak berarti bahwa Anda tidak dapat meningkatkannya ke titik yang dapat memuaskan sebagian besar orang dalam audiens target Anda.

Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan ulasan negatif untuk meningkatkan berbagai aspek restoran Anda.

Inilah yang harus Anda lakukan:

  • Cobalah untuk mengikuti ulasan negatif serupa yang diterima oleh restoran Anda.
  • Identifikasi masalah umum dalam ulasan. Jika keluhan diulang lebih dari satu kali, Anda harus secara aktif mencoba memperbaikinya.
  • Setelah menerapkan peningkatan, pastikan untuk meninggalkan tanggapan yang menyatakan bahwa Anda telah memperbaiki masalah tersebut.
  • Ulangi ini pada sebanyak mungkin keluhan.

Anda selalu dapat meningkatkan restoran Anda dengan mempertimbangkan ulasan buruk yang masuk akal. Ada beberapa ulasan negatif dari orang-orang yang mengeluh tentang hal-hal yang tidak masuk akal — seperti restoran prasmanan Anda memiliki layanan meja yang buruk .

Dalam kasus tersebut, Anda memiliki dua opsi yang akan saya bicarakan selanjutnya.

2. Jawab Setiap Ulasan

Ulasan positif dan negatif dapat ditingkatkan dengan komentar sopan yang menghargai setiap ulasan — terlepas dari apakah itu baik atau buruk.

Bagaimanapun itu, dan dengan mempertimbangkan langkah sebelumnya, kedua hal ini dapat membantu restoran Anda untuk berkembang.

Jika Anda menerima ulasan negatif yang tidak masuk akal bagi Anda atau restoran Anda, Anda memiliki dua opsi:

  • Anda bisa mengabaikannya. Jika Anda menjawab semua ulasan lain, dan jika Anda memiliki deskripsi yang baik tentang restoran Anda di situs ulasan, maka orang akan memahami konteksnya dan mengabaikan ulasan itu.
  • Atau, Anda bisa menunjukkan kesalahannya. Ini adalah alternatif yang lebih baik karena dapat membantu orang lain memahami bisnis Anda.
  • Selain itu, Anda dapat menambahkan deskripsi pada bisnis Anda bahwa masalah khusus ini tidak benar-benar berlaku untuk restoran Anda.

Contoh lain dari jenis masalah ini adalah bahwa restoran Anda hanya untuk orang dewasa, dan seseorang mengeluh bahwa Anda tidak memiliki menu yang baik untuk anak-anak, atau menyatakan restoran Anda tidak memiliki suasana keluarga yang baik.

Bagaimanapun juga, meninggalkan jawaban di setiap ulasan memberi Anda manfaat bahwa setiap orang merasa bahwa pendapat mereka dihargai.

Dan juga memberi tahu pelanggan Anda bahwa Anda memperhatikan kritik yang membangun dan secara aktif menerapkan strategi untuk memecahkan masalah pada bisnis Anda.

3. Ingatkan Orang untuk Meninggalkan Ulasan

Jika Anda memulai bisnis restoran Anda, ulasan positif akan berdampak baik pada arus pelanggan di restoran Anda.

Jadi, merupakan ide yang bagus untuk mengingatkan orang-orang bahwa Anda hadir di situs ulasan paling penting di wilayah Anda.

Dari pengalaman, saya tidak menyarankan Anda menawarkan insentif tambahan atau meminta ulasan secara langsung, atau server Anda yang melakukannya.

Mengapa?

Karena ini akan berdampak negatif pada persepsi restoran Anda — Anda tidak ingin terlihat miskin.

Juga bukan ide yang baik untuk membeli ulasan untuk alasan yang sama.

Hal lain yang bisa terjadi adalah beberapa pelanggan restoran yang buruk merasa lebih nyaman dalam memeras restoran Anda dengan mengancam akan meninggalkan ulasan negatif.

Ini sangat mungkin terjadi, dan meskipun Anda harus menghargai pendapat pelanggan, Anda tidak dapat memberi mereka kekuasaan seperti ini atas bisnis Anda.

Apalagi jika menyangkut masalah yang sebenarnya tidak ada dalam bisnis Anda.

Tidak Ingin Berurusan Dengan Ulasan Restoran Anda?

Koki botak melihat ke bawah saat bekerja di dapur

Ulasan online tidak untuk semua bisnis. Ya, saya baru saja mengatakannya.

Ada beberapa bisnis yang mendasarkan layanan mereka pada kurangnya layanan atau bentuk alternatif layanan pelanggan.

Seperti restoran yang sengaja menghina pelanggan.

Jika itu masalahnya, maka lebih banyak kekuatan untuk bisnis Anda!

Ulasan online juga memiliki efek negatif pada cara restoran beroperasi.

Jadi, Anda memiliki pilihan untuk tidak memperhatikan ulasan online. Bangun alasan mengapa Anda tidak melakukannya dan didik pelanggan Anda sehingga mereka dapat lebih memahami bisnis Anda.

Itulah yang terjadi dengan Botto Bistro , sebuah restoran di San Francisco yang dijalankan oleh koki Davide Cerretini — yang sekarang menjalankan situs web kelas memasak Italia yang sukses.

Restoran ini menjadi terkenal berkat kisah inspiratifnya tentang perang melawan Yelp.

Inilah yang Dilakukan Davide Cerretini

Koki restoran Italia ini menggunakan keluhan dan masalahnya dengan platform Yelp dengan bijak:

  • Dia mengendalikan dialog dengan membiarkan keluhannya dipublikasikan.
  • Dia mengambil tindakan sendiri untuk menyingkirkan pelanggan yang percaya bahwa mereka bisa mendapat untung dengan mengancam restorannya dengan ulasan negatif.
  • Dia menjaga restorannya tetap otentik, tanpa mengubah aspek layanan seperti keluarga, berdasarkan kepercayaan yang ditawarkan kepada pelanggannya.
  • Dia memberi tahu audiens targetnya yang sebenarnya bahwa ini sedang terjadi.
  • Dia membuat promosi yang memberikan diskon 50% untuk pizza kepada setiap pelanggan yang memberikan ulasan buruk di Yelp.

Cerretini mendapatkan rasa hormat dari banyak orang, berkat kejujuran dan keasliannya. Dia bahkan memaksimalkan eksposnya berkat kasus itu, karena kasusnya menjadi sangat terkenal dan menjadi berita nasional.

Ini adalah sesuatu yang dapat Anda terapkan pada restoran Anda.

Cara yang benar untuk melakukannya adalah dengan membuat strategi yang memungkinkan Anda menjadikan ini sebagai bagian dari merek Anda.

Dengan cara ini, pelanggan Anda akan tahu apa yang diharapkan dari bisnis Anda sejak awal.

Namun, Anda tidak boleh mengabaikan aspek kunci dari bisnis Anda, seperti kualitas makanan, kebersihan restoran Anda, dan banyak lagi.

Hal-hal ini hanya menambah kualitas bisnis Anda, dan jika Anda tidak menginginkan keluhan yang nyata, jangan dapatkan keluhan tersebut .

Selain itu, pendekatan ini tidak berlaku untuk semua bisnis, jadi pastikan Anda mengetahui situasi Anda dengan baik sebelum memutuskan.

Jangan Abaikan Reputasi Bisnis Anda!

Bintang di dinding beton

Terlepas dari apakah Anda memilih untuk mementingkan ulasan restoran Anda atau tidak, Anda harus tetap melakukan sesuatu tentang hal itu.

Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang saya sebutkan di atas jika Anda ingin melakukan semuanya.

Atau Anda dapat mengikuti cara Davide Cerretini, tidak peduli dengan ulasan restoran Anda, dan menambahkan fakta ini ke merek Anda dengan cara yang ironis dan tidak sopan.

Bagaimanapun juga, mengelola reputasi restoran Anda sangat penting untuk menjalankan bisnis yang menguntungkan.

Bahkan jika Anda tidak terpengaruh oleh ulasan online, Anda akan terpengaruh oleh pemasaran restoran dari mulut ke mulut dan ulasan surat kabar dan majalah kuno.

Apakah Anda mempertahankan reputasi yang baik untuk restoran Anda?

Kembangkan bisnis makanan Anda dengan Waiterio POS

Bergabunglah dengan 40.000 restoran menggunakan sistem titik penjualan waiterio

The online ordering has been the perfect tool, especially with the ongoing COVID-19 pandemic as customers choose to limit face to face interaction. We have grown food delivery by over 112% which is solely due to the use of the free online ordering website.

- Matthew Johnson (Owner of MrBreakFastJa, Jamaica)

Download Gratis

Artikel Terbaru