Pentingnya Konsep Restoran: bagaimana memilih atau membuatnya

Pentingnya Konsep Restoran: bagaimana memilih atau membuatnya

Pelajari pentingnya konsep restoran, bagaimana cara memilihnya atau membuatnya

Diposting oleh Michael Elkins tanggal 11 Oktober 2022

Saat Anda ingin membuka restoran, bar, atau kafetaria, Anda harus memahami beberapa hal sebelum memulainya. Misalnya, Anda harus tahu sedikit tentang cara pemasaran, sedikit tentang cara manajemen, dan banyak lagi. Namun Anda juga harus mengetahui definisi sebuah restoran, konsep restoran, dan juga tema restoran serta perbedaannya — meskipun dua hal terakhir ini sangat mirip.

Dalam artikel ini, saya akan berbicara dengan Anda tentang:

  • Definisi, konsep, dan tema sebuah restoran.
  • Pentingnya konsep restoran.
  • Bagaimana memilih konsep restoran Anda, jika Anda akan memilih yang sudah ada.
  • Dan cara membuat konsep sebuah restoran dari awal.

Selain itu, artikel ini akan membantu Anda untuk memahami secara mendalam ide-ide ini, bagaimana memahami konsep restoran untuk memuaskan para tamu, dan bagaimana caranya agar Anda dapat mengoptimalkan konsep Anda sendiri.

Ini adalah hal yang bagus jika Anda berniat untuk segera memulai restoran Anda sendiri atau jika Anda ingin meningkatkan performa restoran Anda saat ini. Mari kita mulai!

Apa itu restoran?

Ruang restoran yang indah

Pertama, saya akan menjelaskan definisi restoran. Hal ini penting untuk dibedakan, terutama karena kesamaan makna antara kata "definisi" dan "konsep".

Restoran adalah perusahaan jasa yang bertujuan untuk menyiapkan dan menjual makanan dan minuman untuk memuaskan pelanggan. Selain itu, restoran juga bertanggung jawab untuk menawarkan fasilitas lain kepada pelanggan, seperti pelayanan di meja, layanan pesan antar, metode pembayaran yang optimal, dan banyak lagi.

Tentu saja, itu adalah definisi yang sedikit sempit, karena mengabaikan aspek lain dari restoran yang dapat saya selami dengan mudah saat mendefinisikan konsep restoran.

Apa itu konsep restoran?

Konsep restoran lengkap

Singkatnya, konsep restoran adalah segalanya, semua pengalaman yang ditawarkan oleh restorannya.

Ini tidak hanya terbatas pada gaya kuliner dan gaya pelayanan. Sebaliknya, ini tentang banyaknya detail yang didefinisikan berdasarkan elemen-elemen pendukung itu. Misalnya:

  • Gaya kuliner (misalnya, masakan fusion, masakan Asia, dll.) menentukan peralatan yang Anda perlukan, bahan yang digunakan, rasa makanan, plating, peralatan makan, pasangan, dan bahkan serbet.
  • Gaya pelayanan menentukan pelatihan dari para pelayan Anda, jenis pelanggan yang diincar restoran, pelayanan yang mereka terima, dan bahkan hal seperti restoran Anda menerima tip atau tidak.
  • Dekorasi dan tata letak fisik restoran Anda menentukan pencahayaan, warna, suasana, jumlah pelanggan yang dapat Anda layani, aturan berpakaian, dan banyak lagi.
  • Dan elemen penting lainnya dari restoran Anda, seperti tempat penjualan, pengaturan dapur Anda, jumlah karyawan, dll.

Itulah mengapa konsep restoran Anda adalah ringkasan dari tindakan, keputusan, dan teknik yang digunakan di restoran Anda untuk memuaskan pelanggan Anda. Selain itu, pada tingkat dasar, segala sesuatu yang memengaruhi pelanggan dan pengalaman yang Anda tawarkan adalah bagian dari konsep Anda, terlepas dari apakah hal itu memengaruhi mereka secara disengaja atau tidak.

Kedengarannya tidak terlalu rumit, tetapi akan menjadi rumit ketika Anda menyadari bahwa restoran yang tampaknya tidak memiliki konsep pun ternyata memilikinya. Lebih sulit lagi untuk mendefinisikan apa konsep dari sebuah restoran karena ragamnya teknik dan praktik yang bisa disebut demikian.

Selain itu, konsep juga memiliki bobot dalam banyak aspek restoran Anda, seperti pemasaran, strategi yang Anda terapkan, reputasi restoran, jenis klien yang Anda tarik — itulah mengapa sulit untuk mengetahui di mana untuk memulai membuat konsep restoran Anda dari awal.

Apa itu tema restoran?

Restoran bertema

Tema restoran mirip dengan konsepnya. Namun, sebuah tema ditentukan secara terbalik, karena tema terkadang dipilih sebelum mendefinisikan konsep secara keseluruhan.

Tema bisa berupa apa saja.

Restoran bertema pantai Karibia menghadirkan pengalaman bersantap di pulau Karibia — itulah temanya.

Konsep restoran itu akan ditentukan oleh detail dapur yang berbeda, gaya pelayanan, dan detail lainnya untuk menawarkan pengalaman yang unik. Misalnya, minuman yang disajikan dalam kelapa, peralatan makan dan perak impor, gaya kuliner dan teknik memasak tradisional, bahan-bahan eksotis, dan banyak lagi. Itu mungkin terdengar seperti klise, tapi itu semua sebenarnya bagian dari keunikan restoran yang bertema.

Tema sebuah restoran berkaitan erat dengan konsepnya — bisa dikatakan semua restoran memiliki keduanya.

Pentingnya konsep restoran

Konsep restoran Anda sangat penting karena pada dasarnya, itu adalah batasan yang Anda berikan pada restoran Anda dalam hal profitabilitas, target pelanggan, dan detail lainnya yang terkait dengan keuangan.

Hal ini juga penting untuk mendefinisikan konsep Anda bersamaan dengan perencanaan bisnis Anda. Jika Anda mengubah konsep, Anda harus memulai proses perencanaan dari awal lagi dan membuat perubahan pada semua hal agar sesuai dengan pengalaman yang ingin Anda berikan dengan konsep Anda yang sesuai.

Bagian yang harus Anda rencanakan untuk dikoordinasikan dengan konsep Anda adalah:

  • Menamai hidangan untuk mencerminkan konsep restoran
  • Memilih nuansa dan dekorasi ruang makan untuk konsep Anda dan target audiens tamu.
  • Sumber makanan untuk konsep Anda, seperti memilih pemasok langsung dari pertanian, makanan olahan berbiaya rendah, bahan organik, atau daging dan hasil bumi kelas atas.
  • Gunakan tanda elektronik, seni ruang makan, dan tanda fisik untuk mempertahankan konsep Anda.
  • Latih staf Anda untuk memberikan tingkat layanan yang tepat, seperti mengajari pelayan tentang pengetahuan seputar anggur sebagai teman santapan lezat.
  • Beri restoran nama untuk menunjukkan konsep Anda.

Yang paling penting adalah mendesain menu Anda untuk menarik pelanggan yang mencari pengalaman yang Anda tawarkan. Pertimbangan manajemen penting lainnya untuk mempromosikan konsep Anda meliputi:

  • Memuaskan harapan pelanggan, seperti menerapkan aturan berpakaian untuk restoran mewah.
  • Kembangkan menu sebagai dokumen utama Anda sehingga Anda dapat merujuknya saat membuat keputusan lain.
  • Menawarkan pengalaman yang konstan di setiap kunjungan.
  • Merencanakan acara khusus yang selaras dengan konsep.

Beberapa restoran menawarkan pengalaman bersantap terpisah di berbagai bagian restoran. Misalnya, bar sering kali menyajikan konsep yang berbeda dari bagian yang lainnya. Namun, Anda harus menyatukan perbedaan ini dengan utas konseptual yang sama, seperti bahan dari asal yang sama, menawarkan kualitas layanan yang sama, dan banyak lagi.

Bagaimana memilih konsep restoran?

Infografis tentang cara memilih konsep restoran dalam tiga langkah

Sekarang Anda harus tahu mengapa memilih konsep restoran itu sulit, bahkan untuk pemilik restoran yang sudah berpengalaman sekalipun.

Sayangnya, memilih konsep restoran bukanlah sesuatu yang harus Anda lakukan berdasarkan naluri, pengetahuan kuliner, dan keterampilan. Bahkan passion itu terlalu dilebih-lebihkan dalam bisnis..

Bayangkan saja jumlah restoran gagal yang memiliki makanan lezat, inovatif, dan lezat, dengan terampil, bersemangat, dan bahkan memiliki koki terkenal, dan pengusaha yang melihat peluang untuk memulai bisnis.

Terlalu banyak yang harus disembunyikan — saya tidak mencoba untuk menghilangkan hasrat atau keinginan Anda untuk melakukannya.

Tapi mengapa itu bisa terjadi?

Karena meskipun konsep Anda luar biasa, jika Anda tidak dapat menarik cukup banyak orang yang mau merasakan pengalaman yang Anda tawarkan, restoran Anda akan gagal.

Koki dan pemilik restoran itu tidak gagal karena kurangnya pengalaman atau keterampilan — namun hal itu karena mereka tidak memahami pengunjung mereka, kebutuhan mereka, dan ukuran audiens target mereka.

Apa solusinya?

Sebenarnya, ada tiga solusi yang harus Anda terapkan sekaligus untuk memilih konsep yang paling cocok untuk restoran Anda:

  • Kenali pelanggan Anda.
  • Ketahui volume pelanggan di wilayah Anda.
  • Internalisasikan serta utamakan kebutuhan mereka di atas kebutuhan Anda dengan setiap aspek restoran Anda sejak awal.

Itulah mengapa restoran dengan harga murah yang menawarkan keseimbangan antara kualitas dan harga sering tidak gagal.

Restoran jenis ini mengenal pelanggannya dengan lebih baik, mereka memprioritaskan kebutuhan utama untuk makan tanpa menghabiskan banyak uang, dan mereka tahu bahwa lebih banyak orang memiliki lebih sedikit uang untuk makan di luar.

Dan di atas semua itu, mereka memperlakukan pelanggan tersebut dengan baik karena mereka mengetahui nilai pelanggan.

Sudah jelas, ini bukan aturan untuk membuat restoran yang hanya dapat menarik orang yang menginginkan makanan cepat, murah, dan layanan yang baik.

Faktanya, bahkan berpegang pada tiga solusi tersebut tidak akan menjamin kesuksesan Anda — restoran Anda selalu bisa gagal karena berbagai alasan, seperti kekurangan modal, masalah manajemen, dan banyak lagi.

Namun Anda harus selalu fokus untuk memahami ketiga aspek tersebut dan memilih konsep restoran yang sesuai untuk memaksimalkan peluang keberhasilan Anda.

Ada pengecualian, misalnya, jika Anda memiliki ide untuk konsep yang menurut Anda akan merevolusi industri dan menciptakan sejarah.Jika itu masalahnya, Saya sarankan Anda terus membaca

Catatan: Hal lain yang menarik untuk diketahui adalah Anda tidak akan pernah bisa memilih sebuah konsep dan menyalinnya secara keseluruhan. Jika Anda membuat sedikit perubahan pada aspek apa pun dari restoran Anda, secara teknis Anda telah membuat konsep baru.

Bagaimana cara membuat konsep restoran dari awal?

Membuat konsep restoran

Bagaimana jika Anda memiliki konsep restoran yang menurut Anda akan sangat revolusioner sehingga akan menandai nama Anda dalam sejarah? Saya tidak akan menjadi orang yang memberi tahu Anda bahwa hal itu tidak mungkin — kami benar-benar membutuhkan apa yang Anda pikirkan!

Jadi, sekarang saya akan memberikan panduan sederhana tentang cara membuat konsep restoran yang sukses menggunakan ide-ide yang telah saya sebutkan di atas.

1. Pelajari motivasi dan tujuan Anda

Pelajari tentang motivasi Anda sendiri sebagai pemilik restoran

Meskipun Anda harus selalu mengutamakan kebutuhan pelanggan, sebaiknya tinjau motivasi di balik bisnis Anda. Lagi pula, ini akan memengaruhi seberapa baik Anda menerapkan ketiga solusi ini nantinya.

Jika Anda ingin membuat konsep baru, Anda bisa menjadi juru masak atau koki yang berpengalaman dan bersemangat. Tapi, tidak menutup kemungkinan jika Anda juga seorang pengusaha dengan visi bisnis yang baik.

Terlepas dari itu, Anda perlu memahami motivasi Anda sendiri untuk membuka restoran, dan tentu saja, tetapkan tujuan Anda berdasarkan itu. Omong-omong, sasaran Anda mungkin berbeda dari sasaran restoran Anda.

Misalnya, jika motivasi Anda adalah kebutuhan akan uang, dan tujuan Anda adalah memperolehnya dengan cepat, Anda mungkin tidak dapat membuka restoran dengan konsep yang sangat mahal.

Di sisi lain, jika motivasi Anda adalah hasrat Anda, dan tujuan Anda adalah untuk memuaskan audiens target tertentu dengan selera tinggi yang menghargai keahlian Anda, membuka restoran cepat saji biasa tidak akan ideal.

Langkah ini tidak akan memakan waktu lama — Anda mungkin selalu memikirkan motivasi dan tujuan Anda.

Tetapi sangat penting untuk memperhitungkannya agar mengetahui jenis konsep apa yang lebih sesuai dengan motivasi pribadi Anda, dan yang dapat membawa Anda lebih dekat ke tujuan Anda.

2. Pelajari dan pahami klien Anda

Bertemu klien untuk mengenal mereka

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya di artikel pemasaran restoran hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat strategi yang efektif adalah mengenal pelanggan Anda. Dan, tentu saja, hal yang sama berlaku untuk memahami pelanggan Anda untuk membuat sebuah konsep.

Mempelajari pelanggan Anda adalah tentang menginternalisasi kebutuhan mereka, apa yang benar-benar mereka inginkan, dan memahami apakah konsep Anda akan memuaskan mereka. Itulah mengapa penting bagi Anda untuk melakukan studi pasar lokal.

Ini penting bagi Anda untuk membangun konsep restoran berdasarkan kebutuhan yang Anda temukan dari masyarakat setempat.

Tentu saja, Anda juga harus mempertimbangkan langkah sebelumnya. Namun, jika motivasi dan tujuan Anda tidak sesuai dengan kebutuhan audiens target di tempat Anda ingin membuka restoran, Maka Anda tidak akan dapat terhubung dengan mereka.

Dalam hal ini, daripada mengambil risiko dan berinvestasi, lebih mudah untuk mempertimbangkan salah satu keputusan berikut:

  • Abaikan motivasi dan tujuan Anda dan buat konsep yang hanya didasarkan pada kebutuhan klien Anda.
  • Atau ubah area, kota, kabupaten, atau bahkan negara untuk menemukan audiens target yang benar-benar dapat membantu Anda memenuhi motivasi dan tujuan Anda.

Membuat keputusan ini tidak mudah bagi semua orang, namun akan lebih mudah jika Anda memahami bahwa membuat keputusan yang salah akan menentukan kesuksesan restoran Anda.

Sekali lagi, ini bukan kunci terakhir untuk konsep restoran Anda — Anda harus melihatnya sebagai keputusan bisnis.

3. Pelajari ukuran audiens target Anda

Kelompok orang, ukur volume publik target Anda

Ini adalah langkah ketiga yang juga penting — Anda tidak dapat membangun bisnis jika Anda tidak mengetahui berapa banyak klien yang dapat Anda akses.

Anda mungkin berpikir bahwa Anda dapat memahami distribusi berbagai audiens target di kota Anda. Namun, informasi ini tidak sepenuhnya objektif — Anda hanya akan melihat apa yang paling dapat Anda akses.

Untuk alasan inilah, sangat disarankan agar berpatokan dengan studi pasar, Anda melakukan sensus terhadap orang-orang yang merupakan bagian dari audiens target Anda dan Anda juga melakukan studi tentang distribusi geografis.

Ini sangat penting karena:

  • Anda harus tahu apakah volume audiens target Anda di kota atau area cukup untuk membuat restoran Anda tetap menguntungkan dan kompetitif.
  • Dan Anda harus tahu di mana target audiens tersebut paling terkonsentrasi di kota tempat Anda berencana membuka restoran.

Inilah kenyataan di balik moto lokasi, lokasi, lokasi, dan penerapannya di industri restoran.

Bukan ide yang baik untuk menempatkan restoran keluarga biasa di area kota yang mahal.

Bukan juga ide yang baik untuk menempatkan restoran mahal di area dengan sumber daya yang lebih sedikit.

Ini hanya akal sehat, tetapi melakukan sensus dan studi pasar akan membantu Anda membuktikannya dengan bukti konkret.

Sebenarnya Anda dapat membuka restoran di mana saja di dunia dan menjadi sukses jika Anda mempelajari kedua aspek ini dan membuat konsep Anda sesuai dengan itu.

4. Langkah terakhir adalah Anda mulai membuat konsep

Ya, benar, Anda bahkan tidak boleh mulai merencanakan konsep Anda sebelum menyelesaikan langkah-langkah di atas — setidaknya tidak jika Anda ingin memaksimalkan peluang Anda untuk berhasil pertama kali.

Setelah Anda memahami motivasi dan tujuan, kebutuhan, volume, dan distribusi audiens target, Anda dapat mulai menentukan aspek berikut:

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, elemen-elemen ini pada gilirannya akan menentukan detail lainnya, seperti strategi branding Anda, strategi pemasaran, dekorasi, peralatan yang Anda perlukan, karyawan yang Anda perlukan, bagan organisasi restoran Anda, dan banyak lagi.

Konsep restoran Anda sangat penting

Tidak diragukan lagi bahwa konsep restoran sangat penting untuk kesuksesannya. Itulah mengapa Anda harus mulai memikirkan konsepnya bahkan sebelum Anda menulis rencana bisnis restoran Anda.

Seperti yang saya sebutkan di atas, mendapatkan konsep yang benar bukanlah sesuatu yang terlepas dari audiens target Anda. Sebaliknya, Anda harus membuat konsep restoran berdasarkan audiens target, volumenya, dan berdasarkan lokasi restoran.

Apakah konsep Anda sesuai dengan kebutuhan audiens target Anda? Semoga begitu!

Kembangkan bisnis makanan Anda dengan Waiterio POS

Bergabunglah dengan 40.000 restoran menggunakan sistem titik penjualan waiterio

The online ordering has been the perfect tool, especially with the ongoing COVID-19 pandemic as customers choose to limit face to face interaction. We have grown food delivery by over 112% which is solely due to the use of the free online ordering website.

- Matthew Johnson (Owner of MrBreakFastJa, Jamaica)

Download Gratis

Artikel Terbaru