Bagaimana Memulai Bisnis Truk Makanan? [Panduan Lengkap]

Bagaimana Memulai Bisnis Truk Makanan? [Panduan Lengkap]

Cara Memulai Bisnis Truk Makanan

Diposting oleh Victor Delgadillo tanggal 9 Oktober 2022

Apakah Anda ingin membuka bisnis truk makanan?

Tapi tidak tahu harus mulai dari mana?

Bisnis truk makanan secara konsisten sudah mendapatkan tempat di industri restoran sebagai model bisnis yang layak untuk dicoba.

Bagi banyak orang, memiliki truk makanan adalah jawaban atas pencarian mereka atas kemandirian secara finansial — atau mungkin, Anda juga menginginkan hal yang sama?

Pada artikel ini saya akan memberi tahu Anda tentang:

  • Truk makanan dan industri pada umumnya.
  • Tentang cara memulai bisnis truk makanan dan semua yang perlu Anda pertimbangkan saat akan melakukannya.
  • Dan tentang beberapa hal lain yang harus Anda ketahui sebelum membuka bisnis jenis ini.

Artikel ini adalah sebuah panduan lengkap yang akan membantu Anda untuk lebih memahami bisnis truk makanan, apakah Anda ingin memulai bisnisnya atau hanya mempelajarinya saja.

Mari kita mulai!

Apa Itu Truk Makanan?

Truk makanan jalanan Vietnam diparkir

Truk makanan adalah kendaraan atau unit bergerak yang diperlengkapi dengan keperluan untuk menjalankan bisnis secara bergerak.

Tidak harus restoran, karena banyak jenis usaha lain yang bisa disesuaikan dengan modelnya, seperti kedai kopi, kedai es krim, toko kue, dan bisnis lainnya.

Unit ini harus dilengkapi dengan semua yang diperlukan untuk beroperasi dengan benar tergantung pada jenis bisnisnya. Anda juga perlu memiliki hal-hal penting lainnya, seperti AC dan pencahayaan yang bagus.

Kendaraan ini harus memenuhi beberapa fungsi dari setiap bisnis makanan, seperti menyimpan bahan, menyiapkannya, memasaknya, dan menawarkan pelanggan layanan yang tepat.

Keuntungan dari Truk Makanan

truk makanan beroperasi di sebuah acara

Truk makanan memiliki beberapa keunggulan dibandingkan restoran biasa, ini menjadikannya model bisnis yang sangat layak untuk dicoba.

Pertama-tama, biaya awalnya lebih rendah . Untuk memulai sebuah restoran yang sangat kecil, rata-rata Anda harus memiliki anggaran minimal Rp435.000.000.

Sebuah bisnis truk makanan dapat berharga 20% bahkan 50% lebih murah tergantung pada jenis truk makanan, peralatan, ukuran, dan pertimbangan lainnya. Saya akan merinci beberapa biaya spesifik selanjutnya.

Keuntungan lainnya adalah biaya operasional umumnya lebih rendah . Anda bisa menjual makanan sederhana yang tidak menggunakan bahan mahal dan tidak membutuhkan banyak persiapan dan tenaga.

Biaya penggajian juga lebih sedikit karena truk makanan dapat bekerja dengan baik hanya dengan tiga atau empat orang tergantung pada ukuran dan layanan yang ditawarkannya.

Juga tidak perlu membayar sewa, dan jika Anda harus membayarnya biaya di taman, atau tempat lain, maka biayanya akan jauh lebih sedikit daripada menyewa ruang komersial.

Dan terakhir, ini adalah bisnis yang selalu bergerak, sehingga Anda dapat membawanya ke mana pun yang Anda inginkan untuk menguji arus pelanggan, memanfaatkan acara festival dan acara apa pun untuk menjual lebih banyak, dan banyak lagi.

Tapi tentu saja, ada juga kekurangan tertentu yang harus Anda ketahui.

Kekurangan Truk Makanan

Truk makanan memiliki biaya perawatan yang terkait langsung dengan pengoperasian kendaraan — meskipun hal ini tidak menjadi masalah jika kendaraan Anda berupa trailer.

Biaya ini bisa tinggi jika kendaraan sering rusak. Anda juga harus menambahkan biaya bensin ke biaya operasional Anda, terutama jika Anda sering berpindah-pindah kota.

Kerugian lainnya adalah bahwa di beberapa negara, secara teknis ilegal untuk mengoperasikan truk makanan atau belum memiliki undang-undang yang disesuaikan dengan model bisnis yang agak baru ini.

Mendapatkan izin operasi juga bisa cukup merepotkan. Jika Anda pikir Anda akan mendapatkan lebih banyak waktu luang dengan memiliki truk makanan daripada memiliki restoran, pikirkan lagi! Menjadi bos dari usaha Anda sendiri akan memakan waktu di berbagai industri apa pun.

Kerugian besar lainnya adalah mereka sangat terpengaruh oleh cuaca, terutama cuaca dingin.

Iklim dingin sangat mempengaruhi penjualan karena pelanggan yang ada akan lebih sedikit dan juga dapat mempengaruhi pengoperasian peralatan dan staf jika bisnis tidak diisolasi dengan benar.

Bagaimana Memulai Bisnis Truk Makanan?

Pembukaan truk makanan biru di California

Membuka bisnis truk makanan tidak lebih mudah daripada membuka restoran — bisnis ini masih merupakan bisnis yang harus Anda persiapkan berbagai macam keperluannya.

Jika Anda tertarik untuk membuka truk makanan, di bawah ini saya merinci langkah-langkah yang harus Anda ikuti untuk mencapainya.

Perlu dicatat bahwa saya tidak akan menyebutkan hal-hal yang khusus untuk negara atau negara bagian Anda, karena undang-undang dan izin tertentu berbeda dari satu tempat ke tempat lain.

1. Pelajari Peluang dan Kondisi Hidup Sebelum Memulai Bisnis Food Truck

Ini adalah langkah pertama yang harus Anda pertimbangkan saat membuka bisnis truk makanan — atau jenis bisnis apa pun itu.

Secara khusus, saya menyarankan Anda untuk:

  • Pelajari truk makanan lokal lain yang sukses.
  • Bicaralah dengan pemilik bisnis ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang profitabilitas mereka di tingkat lokal. Jika Anda memiliki teman di industri ini, maka memulainya akan jauh lebih mudah.
  • Teliti berbagai penawaran gastronomi dari bisnis tersebut.
  • Pelajari lokasi, jika ada tempat parkir truk makanan dengan beberapa bisnis lain, cari tahu biaya per tempat, dan banyak lagi.
  • Pelajari persyaratan dan izin lokal untuk membuka jenis bisnis ini.

Langkah ini pada dasarnya mencakup semua yang perlu Anda perhitungkan saat membuat rencana bisnis. Jika Anda ingin membuatnya, saya sarankan Anda membaca artikel kami tentang cara membuatnya sehingga Anda dapat mempelajari semua yang harus Anda tambahkan ke dalam rencana Anda.

Langkah ini adalah yang pertama karena akan membantu Anda dalam memahami peluang di depan Anda, serta untuk lebih memahami berapa biaya untuk memulai bisnis ini di kota Anda dan sumber daya apa saja yang tersedia untuk Anda.

Terakhir, Anda dapat memproyeksikan profitabilitas bisnis, dan mengetahui apakah mungkin bagi Anda untuk menghasilkan keuntungan dalam jangka pendek, menengah, atau panjang.

Anda Juga Perlu Izin untuk Bisnis Truk Makanan

Mendapatkan izin yang diperlukan adalah bagian yang sangat penting dari bisnis Anda karena Anda akan membutuhkannya untuk beroperasi secara legal. Kabupaten, kota, perkebunan, dan negara yang berbeda memiliki izin berbeda yang harus Anda patuhi.

Sayangnya, mencakup semua izin truk makanan yang berbeda yang diperlukan di setiap bagian dunia tidak mungkin kami jelaskan dalam artikel ini, dan juga bukan itu yang kami lakukan.

Namun, kami telah membahas izin yang Anda perlukan di beberapa kota besar — izin tersebut dapat membantu Anda sebagai panduan untuk mengetahui jenis izin yang Anda perlukan bahkan jika Anda tidak tinggal di kota-kota tersebut. Periksa artikel di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut:

Anda juga harus menambahkan biaya izin ke anggaran penuh Anda nantinya, jadi sebaiknya Anda mencari tahu berapa besar biayanya. Juga, cari tahu berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan izinnya, dan pelajari dengan seksama setiap ketentuannya.

Anda juga dapat menyewa penasihat hukum untuk membantu Anda, tetapi terkadang yang dibutuhkan hanyalah kesabaran — ingatlah, bahwa Anda bukan satu-satunya pengusaha yang mencoba membuka bisnis!

2. Tentukan Konsep Anda dan Penawaran Gastronomi

taco makanan truk makanan dan hidangan sederhana lainnya

Konsep truk makanan sangat, sangat penting. Tidak semua truk makanan berhasil karena tidak memenuhi persyaratan tertentu yang akan saya sebutkan nanti — dan memiliki konsep yang longgar adalah bagian darinya.

Konsep Andalah yang akan menentukan berbagai aspek bisnis, mulai dari dekorasi hingga hidangan yang ditawarkan. Anda harus membuat konsep yang konsisten dan sesuai dengan batasan model bisnis.

Misalnya, Anda mungkin tidak bisa menjual makanan yang terlalu sulit untuk disiapkan atau membutuhkan banyak peralatan karena keterbatasan tempat. Kecuali, tentu saja, truk makanan Anda adalah kapal pesiar di atas roda.

Dalam hal ini, Anda harus membuat konsep yang sesuai dengan model bisnis , dan yang memungkinkan Anda membuat penawaran gastronomi yaitu:

  • Lezat.
  • Mudah disiapkan atau sangat dioptimalkan dengan tempatnya.
  • Tidak memerlukan banyak peralatan atau peralatan yang diperlukan dapat ditampung di dalam truk makanan.
  • Dan ramah kreativitas. Ini berarti Anda dapat menjual satu jenis hidangan saja, tetapi lebih baik jika Anda dapat membuat 10, 15, atau 20 variasi dari hidangan dasar ini.

Contoh mudah dari hidangan yang seperti ini adalah hot dog. Anda dapat membuat saus yang berbeda, bermain dengan topping, menggunakan berbagai jenis roti, menggunakan sosis yang berbeda, dan banyak lagi. Dan bahkan jika Anda menawarkan 20 jenis hot dog, pada dasarnya mereka adalah hidangan yang sama.

Tentu saja, ini hanya sebuah saran, karena ada truk makanan yang dapat menyiapkan semua jenis makanan tanpa masalah — seperti truk makanan yang menjual lobster roll di New York .

3. Buat Anggaran

Anggaran awal untuk membuka food truck sangat bervariasi tergantung banyak faktor. Ini adalah beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab untuk menghitungnya:

  • Apakah Anda akan membuat bisnis truk makanan Anda sendiri dari awal?
  • Apakah Anda akan membeli truk makanan pabrikan?
  • Jenis truk makanan apa yang ada dalam pikiran Anda?
  • Makanan apa yang akan Anda jual?
  • Berapa banyak yang perlu Anda keluarkan untuk peralatan dapur berdasarkan penawaran gastronomi Anda?
  • Berapa banyak yang Anda perlukan untuk berinvestasi dalam persediaan awal?
  • Berapa banyak yang harus Anda bayar untuk penasihat hukum dan izin?
  • Berapa banyak yang harus Anda bayarkan kepada karyawan Anda?
  • Berapa banyak sewa yang akan Anda bayar?

Anda juga harus menghemat uang untuk mempertahankan bisnis Anda sementara bisnis Anda mendapatkan popularitas, menginvestasikan sebagian anggaran untuk membuat dan menerapkan strategi pemasaran, dan lebih banyak tip yang juga saya sebutkan di artikel tentang membuka restoran.

4. Dapatkan Modal yang Diperlukan

Inilah tantangan utama sebagian besar pengusaha. Itulah mengapa ada baiknya ketika membuat rencana bisnis untuk mencari mitra dan investor.

Ada juga banyak faktor lain yang perlu dipertimbangkan:

  • Biaya truk makanan.
  • Biaya peralatan — jika Anda harus membelinya secara terpisah.
  • Biaya perizinan, pendaftaran usaha, dan penasihat hukum.
  • Biaya penggajian.
  • Biaya persediaan.
  • Biaya sewa di tempat parkir truk makanan lokal.

Namun, kendala terbesar adalah biaya truk makanan.

Apa Pilihan Truk Makanan yang Anda Miliki?

Pilihan berbeda yang Anda miliki dan yang harus Anda cari tahu di wilayah Anda sebelum membuat keputusan adalah:

Opsi Pertama dan Terbaik Adalah Membeli Truk Makanan Kustom atau Pra-bangun

Biaya truk makanan siap pakai sangat bervariasi tergantung di mana Anda tinggal. Secara umum, biayanya dapat berkisar dari sekitar Rp217.5 juta untuk yang paling sederhana, hingga Rp1.45M untuk truk makanan yang khusus. Truk makanan Moto juga bisa lebih murah, tetapi jenis ini juga memiliki lebih sedikit ruang.

Beberapa perusahaan bermunculan di seluruh dunia yang menciptakan truk makanan yang dibuat khusus dengan harga yang relatif tinggi tetapi akan menghemat banyak pekerjaan dan waktu untuk memulai bisnis truk makanan.

Opsi Kedua yang Anda Miliki Adalah Membuat dan Melengkapinya Sendiri

Meski begitu, ini adalah proyek yang tidak semua orang bisa jalankan tanpa pengalaman dan alat yang diperlukan. Membangunnya juga dapat memperlama untuk memulai bisnis ini dan tidak ada yang bisa menjamin bahwa hasilnya akan menjadi yang terbaik atau memenuhi persyaratan lokal.

Opsi Ketiga Adalah Menyewa Truk Makanan

Sama seperti menyewa ruang komersial, sekarang ada orang yang menyewakan truk makanan yang lengkap. Ini dapat membantu Anda untuk memulai bisnis ini secepat mungkin, mengukur profitabilitas bisnis, dan memulai pekerjaan lainnya. Namun, ini bukan pilihan jangka panjang yang terbaik.

Jenis Truk Makanan

Anda juga harus mempertimbangkan berbagai jenis truk makanan yang ada. Di bawah ini saya akan memberi tahu Anda sedikit tentang jenis truk makanan yang paling umum. Perhatikan bahwa ini tidak ada hubungannya dengan desain truk makanan !

Truk Makanan Mini atau Truk Makanan Sepeda Motor

Truk Makanan mini Makanan Jalanan Italia dengan sepeda motor

Truk makanan mini adalah truk yang dapat dengan mudah dioperasikan oleh satu orang. Mereka memiliki ruang yang sangat sedikit, jadi mereka biasanya menyiapkan beberapa hidangan atau beberapa macam variasi dari jenis hidangan yang sama.

Mereka dapat dimodifikasi sehingga desainnya mencakup sepeda motor atau kendaraan kecil. Ada juga model kecil yang dapat dipasang sebagai trailer kecil ke kendaraan yang sama, tanpa menjadi bagian dari desain utama.

Jenis ini adalah yang termurah, tetapi juga bagus untuk menjalankan bisnis keliling berbiaya rendah seperti kedai kopi, toko permen, dan banyak lagi lainnya.

Truk Makanan Kemping yang Dimodifikasi

Truk makanan ini adalah model kecil yang biasanya dibuat dari van — van Volkswagen 1950 dan van tipe UPS yang sangat terkenal, meskipun dapat juga dibuat dari model lain.

Tipe ini memiliki sedikit lebih banyak ruang daripada truk makanan mini, sehingga mereka dapat menampung lebih banyak peralatan, dan dua staf untuk beroperasi.

Biaya model ini relatif rendah, meskipun juga tergantung pada modifikasi dan peralatan.

Satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah bahwa mereka mungkin memerlukan perawatan yang tinggi, terutama jika mereka memiliki mesin asli — hal yang terbaik adalah jika Anda mendapatkannya dengan mesin baru atau yang baru disetel dengan baik.

Trailer Truk Makanan

Trailer truk makanan diparkir di gang

Trailer biasanya dibuat dari pabrik dan memiliki lebih banyak ruang — meskipun itu juga tergantung pada ukurannya.

Anda dapat menemukan berbagai macam ukuran dan fungsi, yang membuatnya lebih mudah untuk menyesuaikan sehingga mereka dapat memiliki lebih banyak peralatan, dan meningkatkan penawaran gastronomi Anda.

Jenis ini juga lebih murah daripada model bermotor. Tapi itu kerugiannya, karena Anda harus memiliki kendaraan untuk menarik mereka karena mereka tidak bisa bergerak sendiri.

Truk Makanan Asli

Truk makanan taco makanan Meksiko

Truk makanan asli biasanya dibuat dari motorhome atau kendaraan rekreasi. Truk ini memiliki lebih banyak ruang, seperti trailer, sehingga mereka dapat menampung hingga empat orang di dapur mereka pada truk yang lebih besar.

Truk ini memiliki keuntungan yang dapat bergerak tanpa memerlukan kendaraan lain.

Biaya Rata-Rata untuk Memulai Truk Makanan

Rata-rata, dari Argentina hingga Kanada, membuat biaya bisnis truk makanan antara:

  • Rp290 Juta, ini adalah biaya untuk memulai truk makanan dengan biaya minimum untuk beroperasi.
  • Rp2.9 M, ini adalah biaya truk makanan yang lebih lengkap dan berukuran baik. Meskipun biaya mereka bisa lebih mahal.

Ingatlah bahwa ini adalah biaya rata-rata secara umum. Anda mungkin selalu dapat menyesuaikan biaya awal dengan lebih baik untuk situasi spesifik bagi Anda pribadi, dimulai dengan truk makanan dan peralatan bekas, dengan memilih model yang lebih kecil, menyewa, dan banyak lagi.

Setelah Anda memiliki perkiraan anggaran, Anda harus mulai menabung, mendapatkan modal melalui pinjaman, mitra, atau investor. Jika Anda mencari modal dari luar, sekali lagi, rencana bisnis sangat penting .

Perlu dicatat bahwa, apakah Anda membeli truk makanan prafabrikasi atau membangunnya sendiri, Anda harus memastikan bahwa:

  • Anda mempertimbangkan waktu. Bahkan perusahaan yang membuat truk makanan custom bisa memakan waktu 3 bulan hingga satu tahun untuk menyelesaikannya.
  • Anda harus memastikan bahwa itu sesuai dengan persyaratan dan peraturan keselamatan di wilayah Anda.
  • Dan Anda harus memastikan Anda mendapatkan izin operasi dan semua dokumentasi yang diperlukan.

Seluruh proses ini bisa memakan waktu lebih dari satu tahun — bisa memakan waktu beberapa bulan jika Anda menyewa truk makanan. Itu sebabnya Anda harus yakin ketika Anda mulai merencanakan memulai bisnis ini!

5. Sempurnakan Detailnya — Hal Lain yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memulai Truk Makanan

truk makanan Meksiko berwarna-warni yang disebut truk makanan setan

Sekarang setelah Anda melakukan langkah-langkah sebelumnya dan truk makanan Anda sudah siap, saatnya untuk memulai bisnis Anda. Ini adalah waktu yang sangat menyenangkan, dan tidak peduli bagaimana kelanjutannya, Anda harus tetap realistis dan fokus pada saat ini.

Anda harus mempersiapkan pembukaan dengan cara berikut:

  • Mempekerjakan juru masak.
  • Melatih staf dalam alur kerja truk makanan. Ini adalah ide yang baik bagi mereka untuk menyempurnakan proses persiapan hidangan.
  • Bahwa Anda membeli semua perlengkapan yang diperlukan untuk hari pertama atau minggu pertama.
  • Bahwa Anda membuat sistem titik penjualan untuk jalur truk makanan Anda.
  • Tetapkan jam buka.
  • Bahwa Anda mencari lokasi yang kompetitif, sebaiknya dikelilingi oleh bisnis lain di atas roda yang sudah menerima lalu lintas secara konstan.
  • Dan banyak lagi. Tindakan pencegahan ini mirip dengan pembukaan restoran .

Anda juga perlu mempersiapkan bisnis Anda untuk dibuka dengan membuat strategi pemasaran dan rencana aksi.

  • Anda dapat memulai pemasaran di media sosial dengan strategi sederhana yang menunjukkan kepada orang-orang tentang penawaran dan konsep makanan Anda sebelum buka.
  • Anda dapat membuat promosi pembukaan untuk memaksimalkan eksposur Anda.
  • Anda dapat bekerja sama dengan pemilik truk makanan lain untuk meningkatkan lalu lintas konsumen Anda.
  • Anda dapat menggunakan pemasaran influencer untuk mulai menarik perhatian pengikut Anda.
  • Anda dapat membuat situs web sederhana yang memungkinkan Anda menerima pesanan online dengan menu digital dan banyak lagi.

Hal yang sangat disarankan adalah Anda mulai menjalin hubungan dengan pemilik food truck lainnya.

Secara umum, komunitas truk makanan cukup akrab, ramah, dan memiliki tujuan yang sama. Mereka mencari kebebasan ekonomi, memuaskan hasrat memasak, dan pekerjaan yang jujur. Jika Anda menunjukkan nilai-nilai itu sejak hari pertama, alih-alih melihat bisnis lain sebagai musuh atau pesaing Anda, mereka pasti akan menyambut Anda.

Catatan: Waiterio dapat membantu Anda mengelola truk makanan Anda!

5 Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Memulai Truk Makanan

truk makanan bakery yang menjual donat mini

Sekarang saya akan memberi tahu Anda tentang lima hal yang harus Anda ketahui sebelum membuka truk makanan. Ada ratusan hal yang harus Anda ketahui — saya akan memulai beberapa!

1. Memulai Truk Makanan Tidak Lebih Mudah Dari Membuka Restoran

Ini adalah kesalahan yang cukup umum di antara orang-orang yang tidak memiliki pengalaman dalam jenis bisnis ini atau dalam bisnis pada umumnya. Jika Anda berpikir demikian, Anda berada dalam situasi yang cukup sulit.

Sebuah truk makanan adalah sama atau lebih rumit dari sebuah restoran karena beberapa alasan.

  • Bisnis ini adalah ruang yang lebih kecil.
  • Bisnis ini lebih terbatas dalam hal penawaran gastronomi.
  • Mungkin menghasilkan lebih sedikit keuntungan daripada bisnis tradisional di beberapa bagian.
  • Mereka mungkin juga tidak diatur dengan baik di wilayah Anda.
  • Mungkin sulit untuk mendapatkan izin yang diperlukan untuk mengoperasikannya.
  • Dan banyak lagi.

Selain itu, pekerjaannya juga tidak sedikit. Membuka truk makanan berarti bekerja dengan sama atau lebih giat daripada di restoran, terutama jika Anda harus mencari lokasi setiap hari sebelum memulai pelayanan, dan kemudian memindahkan truk kembali ke penyimpanan, membersihkannya, dan banyak lagi.

Ini bisa menjadi tantangan yang sulit dengan cepat, jadi penting bagi Anda untuk mendapat dukungan dari mitra dan karyawan yang bertanggung jawab.

2. Anda Salah Jika Anda Berpikir Memulai Bisnis Truk Makanan Tidak Menguntungkan

Ini adalah kesalahan umum yang dilakukan oleh orang-orang yang mungkin memiliki pengalaman dengan restoran, atau yang lebih konservatif tentang bisnis makanan.

Yang benar adalah bahwa truk makanan yang memenuhi persyaratan berikut ini dapat menghasilkan lebih banyak keuntungan daripada restoran :

  1. Lokasi yang sangat bagus yang banyak dikunjungi orang.
  2. Penawaran gastronomi yang unik dan lezat.
  3. Biaya operasional rendah yang disesuaikan dengan volume penjualan.
  4. Sebuah strategi pemasaran yang baik.
  5. Operasi yang efisien dan terorganisir
  6. Dan layanan pelanggan yang luar biasa.

Jika Anda berhasil menyeimbangkan semua hal ini, Anda akan memiliki bisnis truk makanan yang dapat dengan mudah menghasilkan lebih dari sekadar restoran lokal. Juga, jika Anda mempertimbangkan ide untuk mengembangkan bisnis Anda, Anda dapat membuat waralaba truk makanan, dan memaksimalkan keuntungan Anda lebih banyak lagi.

Ini adalah sesuatu yang jarang disebutkan orang, tetapi berkat profitabilitas dan biaya awal yang rendah, Anda dapat membuat armada truk makanan lebih mudah jika dibandingkan dengan membuka beberapa cabang restoran.

Tentu saja, semua ini membutuhkan waktu.

3. Ada Kemungkinan Food Truck Tidak Menghasilkan Profit di Tahun Pertama

Sebuah truk makanan mungkin tidak dapat menghasilkan keuntungan pada tahun pertama operasinya. Namun, ini tidak berarti bahwa Anda tidak akan menghasilkan uang, atau ini berbeda dari restoran tradisional. Ini juga tidak berarti bahwa Anda tidak dapat menutupi pengeluaran Anda, terutama jika Anda memenuhi beberapa persyaratan pada poin sebelumnya.

Jika Anda memenuhi semua persyaratan yang saya sebutkan di atas sejak hari pertama, Anda dapat dengan mudah memulihkan investasi Anda dalam waktu sekitar enam bulan atau satu tahun.

Dan tentu saja, Anda harus membawa A-game Anda dan berusaha dengan keras untuk memastikan Anda melakukannya!

4. Truk Makanan Tidak Berfungsi Dengan Baik Di Mana Saja

Ini benar, truk makanan mungkin tidak akan berfungsi dengan baik di semua tempat.

Beberapa contohnya adalah:

  • Jika Anda tinggal di tempat di mana truk makanan bukan menjadi bagian dari budaya populer atau jalanan. Beberapa negara atau kota lebih konservatif, jadi ini akan mengurangi jumlah masyarakat yang mau makan di bisnis Anda.
  • Jika Anda tinggal di tempat yang cuacanya tidak mendukung Anda. Anda mungkin harus mempertimbangkan kembali jika salju turun, cuaca sangat panas atau berangin, dan masalah lain yang akan menghalangi Anda untuk membuka bisnis terus-menerus.
  • Jika Anda tinggal di tempat bisnis truk makanan tidak diatur dengan baik atau tidak diperbolehkan. Mungkin juga karena mereka sangat diatur dengan ketat dan mendapatkan izin operasi sangat sulit atau mahal.

Tantangan ini dapat menyebabkan Anda menemui banyak masalah, membuat model bisnis ini menjadi tidak begitu layak, atau tidak mungkin untuk dilakukan.

5. Anda Harus Membuat Sistem Manajemen/Administrasi untuk Food Truck Anda

Tepat sekali! Hanya karena ini bisnis truk makanan, namun bukan berarti Anda tidak harus memanajemen bisnis Anda. Anda tetap harus melacak:

  • Biaya produksi dan penjualan.
  • Biaya penggajian.
  • Harga jual dan profitabilitas hidangan Anda.
  • Pembayaran Pajak.
  • Dan banyak lagi.

Anda juga disarankan untuk memiliki sistem inventaris truk makanan. Anda mungkin tidak dapat membawa persediaan besar setiap saat. Itulah mengapa, Anda perlu membuat sistem penyimpanan di rumah untuk menjaga inventaris Anda agar tetap teratur dan makanan dapat disimpan dengan benar.

Ada baiknya Anda membeli beberapa barang yang biasa digunakan dalam bisnis Anda dan menyimpannya, sehingga Anda memiliki persediaan darurat setiap saat.

Semua ini penting untuk menjalankan bisnis apa pun, termasuk truk makanan.

Apakah Memulai Truk Makanan Menguntungkan?

Jawaban atas pertanyaan ini lebih kompleks daripada ya atau tidak. Sama seperti bisnis lainnya, truk makanan bisa menguntungkan jika Anda berhasil. Bagaimana caranya? Dengan praktik manajemen yang tepat.

Anda dapat menghasilkan banyak uang dengan truk makanan jika Anda memenuhi enam persyaratan yang saya sebutkan di atas.

Namun, jika Anda tidak memenuhi persyaratan tersebut, akan jauh lebih sulit untuk melakukannya, dan pada kenyataannya, Anda dapat kehilangan uang karena tidak dapat mengembalikan modal investasi Anda. Atau lebih buruk lagi, dipaksa untuk menutup bisnisnya.

Apakah Anda siap untuk memulai bisnis truk makanan Anda? Saya harap artikel ini bermanfaat bagi Anda!

Kembangkan bisnis makanan Anda dengan Waiterio POS

Bergabunglah dengan 40.000 restoran menggunakan sistem titik penjualan waiterio

The online ordering has been the perfect tool, especially with the ongoing COVID-19 pandemic as customers choose to limit face to face interaction. We have grown food delivery by over 112% which is solely due to the use of the free online ordering website.

- Matthew Johnson (Owner of MrBreakFastJa, Jamaica)

Download Gratis

Artikel Terbaru